Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

20 Makanan yang Membuat Otak Makin Cerdas Berhitung

by Ariesta on 5 April, 2016

sayur untuk penderita maag _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Sama seperti perut, otak juga butuh asupan makanan. Bedanya jika perut bisa menampung segala macam makanan, otak cenderung pilih-pilih. Jika konsumsi daftar makanan yang akan disebutkan di sini, dijamin soal berhitung tidak akan menjadi masalah yang sulit dipecahkan.

Asupan makanan yang tepat membuat otak bisa bekerja maksimal. Ingatan jadi lebih tajam, pelajaran lebih mudah dicerna, berpikir jadi lebih cepat, adalah sederet manfaat kalau kamu rutin memberi gizi pada otakmu. Sebaliknya ibarat processor pada komputer, otak juga bisa lemot kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi alkohol, nikotin, dan gula. Apa saja makanan yang membuat otakmu makin cerdas? Berikut daftarnya.

1. Alpukat

Mulai harimu dengan campuran protein dan lemak baik untuk nutrisi tubuh dan otakmu. Alpukat dan orak-arik telur menyediakan kedua nutrisi tersebut. Lemak tak jenuh melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar membuat otak dapat berfungsi optimal.

2. Bluberi

Buah berwarna biru keunguan ini tidak hanya lezat, tapi juga baik untuk otak. Bluberi mengandung serat tinggi dan kadar glycemic rendah sehingga tidak membayakan gula darah serta aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengonsumsi bluberi secara rutin dapat mengurangi risiko alzheimer, meningkatkan kemampuan belajar, dan menurunkan kadar stres.

(Baca juga: 4 Hal Sepele yang Bisa Membuat Pagi Lebih Produktif)

3. Salmon

Asam lemak omega 3 merupakan makanan yang dibutuhkan otak. Nutrisi ini mampu meningkatkan kognisi dan kewaspadaan, menguransi risiko penyakit mental seperti dimensia, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood,  mengurangi depresi, kecemasan, dan hiperaktivitas.

4. Kacang

Kacang-kacangan mengandung protein, serat tinggi, dan lemak baik. Kacang merupakan sumber terbaik saat kamu membutuhkan energi secara cepat. Kacang juga mengandung banyak vitamin E yang sangat penting untuk fungsi kognitif. Kamu tidak harus makan secara mentah. Tapi hindarilah kacang dengan tambahan pemanis atau bumbu. Hazelnut, kacang mete, almond dan kenari adalah pilihan terbaik.

5. Biji-bijian

Biji bunga matahari dan wijen mengandung banyak protein, lemak tak jenuh, vitamin E, dan antioksidan. Biji-bijian juga mengandung mineral penting magnesium yang bermanfaat mengoptimalkan fungsi otak.

(Baca juga: Peran Bank Kustodian dan Manajer Investasi dalam Reksadana)

6. Kopi

Ya, kopi memang mengandung kafein yang kata orang-orang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Tapi tahukah kamu kalau kopi juga mengandung serat? Serat baik untuk sistem kardiovaskular. Kopi merupakan sumber tepat disaat kamu membutuhkan energi secara cepat. Kopi murni aman  diminum setiap hari asal jangan menambahkan gula di dalamnya.

7. Oatmeal

Kalau ingin jantung dan otakmu sehat, masukan oatmeal dalam menu sarapanmu. Oatmeal semakin menyehatkan karena mengandung serat tinggi, protein, dan omega-3. Kabar baiknya lagi, dia membuatmu tidak mudah lapar sehingga bagus untuk kamu yang sedang berdiet.

8. Kacang merah dan kacang hijau

Kedua makanan ini kaya akan serat, vitamin, mineral, protein, dan harganya pun merah. Kacang merah dan kacang hijau secara stabil melepas glukosa ke otak yang berarti energi sepanjang hari tanpa gula. Seperempat cangkir untuk sarapan membuat berenergi sepanjang hari.

9. Buah delima

Sama halnya dengan bluberi, buah delima kaya akan antioksidan yang menyehatkan otak. Otak adalah organ pertama yang terkena efek stres sehingga mengonsumi makanan yang dapat mereduksi stres merupakan pilihan terbaik.

10. Beras merah

Beras merah merupakan karbohidrat kompleks rendah glisemik yang sangat baik untuk orang yang sensitif terhadap gluten. Beras merah baik untuk jantung dan peredaran darah. Semakin lancar jantung dalam memompa darah, semakin tajam otakmu.

11. Teh

Jika ingin mendapatkan semua manfaat teh, seduhlah daun teh murni tanpa tambahan apapun. The alami mengandung antioksidan yang mampu mengoptimalkan fungsi otak.

12. Cokelat

Cokelat yang sering dianggap biang kegemukan rupanya juga mengandung antioksidan. Cokelat menghasilkan serotonin yang membuatmu merasa  bahagia secara instan. Dark cokelat tanpa tambahan apapun (susu/gula) mengandung tinggi serat. (Tinggi serat = sistem kardiovaskuler sehat = otak sehat).

(Baca juga: Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga Buat yang Baru Nikah)

13. Tiram

Tiram kaya akan selenium, magnesium, dan protein yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan otak. Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa pria yang mengonsumsi tiram mengalami peningkatan kognisi dan mood ke arah lebih baik. Tidak semua jenis kerang baik dikonsumsi, tapi kini kamu jenis kerang mana yang bagus untuk otakmu.

14. Minyak zaitun

Meskipun kita tahu otak memerlukan glukosa dalam porsi kecil, jangan mengabaikan lemak. Penelitian telah secara konsisten menunjukkan bahwa diet rendah lemak bukan cara terbaik menurunkan berat badan. Justru jika kekurangan asupan lemak, kamu jadi sulit berpikir, bad mood, dan insomnia. Yang kamu butuhkan adalah mengonsumi lemak sehat yang membuat otak bekerja maksimal, menguatkan memori, dan memperbaiki mood.

Lemak sehat di antaranya  terdapat dalam minyak zaitun, alpukat, dan biji-bijian. Hindari lemak dalam kue-kue, keripik, permen, makanan ringan, junk food, makanan yang digoreng, dan makanan siap saji.

15. Tuna

Selain kaya akan Omega 3, tuna juga tinggi akan vitamin B6. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B6 berpengaruh terhadap penguatan memori, kemampuan kognisi, dan kesehatan otak jangka panjang. Vitamin B secara umum juga mampu membuat mood menjadi senang.

16. Bawang putih

Bawang putih merupaan senjata ampuh untuk mengurangi kolesterol jahat dan memperkuat sistem kardiovaskula. Ia juga mengandung antioksidan sebagai pelindung otak.

(Baca juga: Inilah Cara Menghitung PPH 21 Bagi Pekerja Lepas)

17. Telur

Telur mengandung protein dan lemak sebagi sumber energi otak. Selenium yang terkandung di dalamnya juga berguna memperbaiki moodmu. Tak perlu khawatir dengan kolestrol selama kamu mengonsumsinya tidak berlebihan.

18. Sayuran berdaun hijau

Bayam, selada, katuk, kangkung, dan sayuran berdaun hujau lainnya wajib ada di menu makananmu setiap hari. Mereka kaya akan zat biasa yang membuatmu terhindar dari sindrom gelisah, kelelahan, suasana hati buruk, sulit berkonsenterasi dan masalah kognisi lainnya.

19. Tomat

Likopen yang terkandung dalam tomat mampu mencegah dimensia. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat ini adalah menyantapnya secara segar dalam campuran salad.

20. Cokelat mentah

Cacao nibs atau cokelat mentah memang sulit didapatakan di supermarket. Namun makanan ini termasuk ke dalam lima makanan dengan nutrisi terbaik untuk otak, setara dengan salmon dan bluberi.

Belanja makanan sehat lebih hemat dengan promo kartu kredit. Temukan di CekAja!

Tentang Penulis