4 Tips Mempersiapkan Biaya Persalinan, Apa Saja?

Melihat biaya persalinan yang tidak sedikit, kamu dan pasangan bisa mulai menabung biaya tersebut dari sekarang. Agar lebih mudah dalam mempersiapkannya, simak 4 tips mempersiapkan biaya persalinan berikut ini!

4 Tips Mempersiapkan Biaya Persalinan, Apa Saja?

Mendekati waktu persalinan, menjadi momen yang paling mendebarkan dan penuh harapan bagi calon orang tua.

Sebagai calon ibu, kamu perlu mempersiapkan mental dan juga fisik ketika mendekati waktu persalinan. Selain itu, pasangan juga perlu mempersiapkan biaya persalinan.

Untuk pasangan yang baru pertama kali mengalami kehamilan, mungkin bingung berapa kisaran biaya persalinan yang perlu dipersiapkan dan bagaimana cara mempersiapkannya.

Agar lebih terarah, kamu bisa simak beberapa tips untuk mempersiapkan biaya persalinan yang telah CekAja rangkum untuk kamu!

4 Tips Mempersiapkan Biaya Persalinan

1. Perencanaan Keuangan

Tips mempersiapkan biaya persalinan yang pertama adalah melakukan perencanaan keuangan sejak awal kehamilan.

Pasangan perlu membuat anggaran khusus untuk biaya persalinan serta mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan terkait dengan kehamilan dan persiapan persalinan.

Contohnya seperti biaya prenatal, tes medis, nutrisi, dan juga vitamin untuk ibu hamil. Kamu bisa merencanakan keuangan ini sejak awal agar lebih mudah mengatur keuangan.

2. Memilih Fasilitas Kesehatan yang Sesuai

Fasilitas kesehatan selama masa kehamilan akan mempengaruhi pertumbuhan janin dan sang ibu. Selain itu, hal ini juga akan bersangkutan dengan biaya yang akan dikeluarkan.

Kamu dan pasangan bisa memilih fasilitas kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu.

Umumnya, fasilitas kesehatan yang lebih lengkap akan lebih mahal biayanya. Namun, kamu bisa mempertimbangkan fasilitas kesehatan pemerintah yang biasanya lebih terjangkau.

(Baca juga: 10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Penting untuk Calon Orang Tua)

3. Manfaatkan Asuransi Kesehatan

Tips mempersiapkan biaya persalinan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan asuransi kesehatan yang kamu miliki.

Adanya asuransi kesehatan, dapat membantumu mengurangi biaya persalinan. Kamu bisa baca kebijakan yang diterapkan oleh asuransi dan memahami jenis persalinan yang akan ditanggung oleh asuransi.

Jangan lupa untuk mengklaim biaya persalinan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan kamu akan lebih hemat dalam membayar tagihan persalinan.

4. Persiapkan Diri dengan Baik

Selama proses persalinan, mental dan fisik calon ibu sangat berpengaruh dalam berjalannya persalinan.

Kehamilan yang sehat dapat mengurangi risiko persalinan yang rumit, dan tentunya akan mengurangi biaya medis yang tinggi.

Pasangan perlu memperhatikan nutrisi dan kesehatan selama kehamilan, mengikuti prenatal care secara teratur, serta mengikuti saran dari dokter dan bidan.

Kisaran Biaya Persalinan

Setelah mengetahui beberapa tips mempersiapkan biaya persalinan, kamu pasti penasaran berapa sih biaya persalinan itu?

Biaya persalinan akan tergantung dengan jenis persalinan, fasilitas kesehatan yang dipilih, dan juga kondisi medis ibu dan juga bayi. Jadi, biaya ini akan berbeda tergantung kondisi kamu nantinya saat persalinan.

Jenis persalinan ada 2, yaitu secara normal dan juga caesar. Kedua jenis persalinan ini memiliki biaya persalinan yang berbeda dengan proses persalinan yang berbeda juga.

Biaya Persalinan secara Normal

Jenis persalinan pertama yaitu secara normal. Umumnya, biaya persalinan secara normal akan lebih murah dibandingkan secara Caesar.

Di Indonesia sendiri, biaya persalinan normal cukup bervariasi, sekitar Rp3 juta Rp15 juta tergantung pada fasilitas kesehatan dan wilayah tempat tinggal saat melakukan persalinan.

Biaya ini sudah mencakup biaya perawatan, biaya dokter, dan biaya pemeriksaan medis. Namun, jika ada komplikasi yang memerlukan perawatan tambahan, biaya persalinan normal dapat meningkat.

Biaya Persalinan secara Caesar

Selanjutnya ada persalinan secara caesar, dengan biaya yang lebih tinggi, sekitar Rp10 juta hingga Rp35 juta.

Harga ini lebih tinggi dibandingkan persalinan normal, karena persalinan caesar membutuhkan prosedur operasi yang lebih rumit dan memerlukan perawatan yang lebih lama.

Untuk kisaran harga tersebut, akan berbeda tergantung dari fasilitas kesehatan, rumah sakit yang dipilih, serta kondisi pasien.

Biaya di atas juga sudah mencakup biaya operasi, biaya dokter, biaya perawatan, rawat inap pasca persalinan, dan juga obat-obatan

(Baca juga: Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia yang Dapat Dipilih Sebagai Sarana Investasi)

Perlu diingat, biaya persalinan bukanlah satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan. Kamu perlu mempertimbangkan kesehatan ibu dan bayi, serta perawatan medis yang lebih penting.

Pilihlah fasilitas kesehatan yang terpercaya dan memiliki tenaga medis yang terlatih, serta perhatikan kesehatan ibu selama kehamilan agar persalinan berjalan dengan lancar.

Mempersiapkan biaya persalinan bisa kamu lakukan se-awal mungkin. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa kekurangan dalam persiapan persalinan nantinya.

Kamu bisa menabung sedikit demi sedikit agar tidak terasa berat. Ada banyak pilihan rekening tabungan terbaik yang bisa kamu pilih sebagai tempat menabung persiapan persalinan, seperti:

Pilihlah tempat menabung yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tiap tabungan di atas juga memiliki kelebihannya tersendiri, jadi kamu bisa sesuaikan juga kelebihan tersebut dengan kebutuhanmu.

Jika sudah memilih yang terbaik, kamu bisa melakukan pembukaan tabungan tersebut dengan mudah melalui CekAja.com.

Prosesnya juga cepat dan tentunya praktis, sebab pengajuan melalui CekAja berlangsung secara online. Jadi, kamu bisa ajukan kapan saja dan di mana saja.

Adanya persiapan biaya persalinan ini, akan membuat pasangan menjadi lebih tenang dan bisa fokus pada kesehatan ibu dan bayi selama persalinan.

Tunggu apalagi? Buka tabungan untuk persiapan dana persalinan melalui CekAja sekarang juga!