5 Asuransi Pendidikan Terbaik Buat Menjamin Kuliah Anak

4 min. membaca Oleh CekAja on

Akhir tahun lalu, media sosial dikejutkan dengan mahalnya biaya pendidikan anak, bahkan di jenjang sekolah dasar (SD). Biaya pendidikan memang salah satu hal penting bagi orang tua untuk dipersiapkan apalagi rata-rata inflasi biaya pendidikan naik sekitar 15 persen per tahun.

Tidak heran, banyak orang tua yang sengaja berinvestasi atau membeli asuransi untuk memproteksi pendidikan anak mereka. Meski begitu, jangan sembarangan dalam memililih asuransi pendidikan anak, apalagi kalau jenjang yang ditargetkan hingga perguruan tinggi.

Cobalah untuk menentukan rencana pendidikan anak, yang sangat penting karena bisa menjadi panduan dalam memilih asuransi pendidikan yang tepat.

Tentukan ke mana anak akan disekolahkan. Buat rencana sedetail mungkin dengan mencantumkan nama sekolah serta tahun rencana melanjutkan sekolah karena akan sangat berkaitan dengan biaya pendidikan yang dibutuhkan.

Selain itu, pilihlah asuransi pendidikan yang sesuai antara rencana pendidikan dan program asuransi yang disediakan. Buatlah kalkulasi biaya pendidikan yang tepat agar pada saat pencairan klaim asuransi tidak terjadi kekurangan biaya pendidikan.

Ada baiknya juga untuk memilih polis yang bisa berganti mata uang apabila kamu merencanakan untuk mengirim anak bersekolah ke luar negeri.

Berikut adalah 5 asuransi pendidikan terbaik untuk membantu kamu menyekolahkan anak hingga bangku kuliah:

  1. Asuransi Pendidikan Prudential

PRUlink Edu Protection merupakan asuransi andalan dari Prudential dengan minimum preminya sebesar Rp500 ribu tiap bulan. Asuransi tersebut bisa memberikan perlindungan untuk orang tua dan anak sekaligus dalam satu polis. Keuntungannya pun bisa didapatkan sampai anak berusia 18 hingga 25 tahun. Masa perlindungannya adalah sampai pihak tertanggung meninggal dunia dengan batas usia 99 tahun dan cacat total sebelum berusia 70 tahun.

  1. Asuransi Pendidikan Manulife

Salah satu produk Asuransi Pendidikan Manulife adalah Manulife Education Protector. Asuransi pendidikan ini jenisnya unit link, sehingga pengguna bukan hanya mendapatkan kepastian mengenai masa depan anak, namun juga berinvestasi pada produk-produk investasi Manulife, seperti Manulife Dana Pasar Uang, Manulife Dana Ekuitas, Manulife Dana Ekuitas Syariah, dan masih banyak lagi.

(Baca juga: Opsi Pinjaman Pendidikan Yang Ingin Lanjut Kuliah S2)

Pemegang produk asuransi ini bisa melalui orangtua atau anak. Syaratnya, kalau orangtua, usia minimal adalah 18 tahun dan maksimal 50 tahun. Sementara untuk anak minimal 30 hari maksimal 10 tahun. Masa pertanggungannya berlaku hingga tertanggung berusia 70 tahun. Masa pembayaran preminya fleksibel bisa 5 tahun dan 10 tahun disesuaikan dengan rencana pendidikan dan usia masuk anak.

Manulife juga menyediakan asuransi pendidikan jenis dwiguna. Produk asuransi tersebut adalah ProGraduate. Program ini memberikan manfaat pembayaran tunai sebagai dana pendidikan yang dibayarkan pada usia 18-23 tahun dan memberikan perlindungan jiwa kepada orangtua sebagai pihak tertanggung. Produk ini memiliki metode pembayaran premi yang fleksibel, kuartalan, semesteran, bulanan, dan tahunan.

  1. Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas

Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas adalah salah satu produk asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh AXA Mandiri. Konsepnya sendiri sebenarnya adalah produk asuransi unit link, yaitu manfaat asuransi yang dipadukan dengan investasi. Mandiri Sejahtera Cerdas merupakan produk asuransi pendidikan yang memberikan dana pendidikan dan juga manfaat uang pertanggungan.

Peserta akan mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan sebesar 100 persen ditambah total premi (manfaat investasi) jika meninggal dunia atau cacat tetap total selama masa pertanggungan. Ditambah lagi, ada pemberian loyalti bonus sebesar 1,5 persen di akhir tahun kelima.

Syarat untuk bisa membeli asurasnsi ini adalah pihak tertanggung harus berusia 17 tahun sampai 59 tahun dan anaknya harus berusia 0 sampai 15 tahun. Minimum preminya adalah Rp2,5 juta per tahun.

  1. BNI Solusi Pintar

Merupakan produk dari BNI Life dengan manfaat pemberian dana pendidikan mulai dari SD sampai dengan Perguruan Tinggi. Produk ini juga memberikan manfaat perlindungan jiwa yang juga bisa ditambahkan dengan rider (asuransi tambahan) seperti Personal Accident, Term Life, dan Personal Health.

Apalagi bila tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi dan polis masih berlaku, ahli waris akan dibayarkan 100 persen uang pertanggungan, polis bebas premi dan Dana Pendidikan tetap dibayarkan sesuai jadwal. Adapun syarat asuransi ini, tertanggung berusia minimal 20 tahun, maksimal 55 tahun. Sementara usia anak 0 hingga 9 tahun.

  1. Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) dari BCA

Produk asuransi jiwa ini bisa dibilang masih tradisional yang dapat membantu memenuhi kebutuhan dana pendidikan buah hati. Dengan membayar premi 5, 10, dan 15 tahun akan memperoleh total manfaat pendidikan yang dijamin sebesar total 200% dari Uang Pertanggungan ketika anak berusia 18 hingga 21 tahun.

Keunggulan lain adalah pembebasan pembayaran premi apabila pemegang polis meninggal atau menderita cacat tetap total. Ditambah lagi, manfaat tambahan tidak dijamin berupa bonus tahunan dan bonus akhir Polis.

Pinjam Dana Pendidikan di Cairin

Cara tradisional lain yang bisa kamu lakukan bila membutuhkan dana mendesak untuk keperluan pendidikan anak-anak adalah dengan meminjam uang.

Namun, jangan asal mengajukan pinjaman ke layanan pinjaman online (pinjol) ya, kamu harus memastikan perusahaan tersebut memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

(Baca juga: Cara Pinjam Dana Cepat Lewat Cairin.id yang Aman dan Terdaftar OJK)

Hanya dengan dua hal itulah kamu bisa menjamin keamanan dan privasi saat berutang ke pinjol. Sebab, seandainya ada masalah yang merugikan nasabah di kemudian hari, OJK bisa melakukan investigasi dan meminta pertanggungjawaban dari pihak pinjol dan AFPI. Sebab, fintech yang memperoleh izin dari OJK harus menjadi anggota asosiasi serta harus tunduk pada aturan asosiasi yang berlaku.

Salah satu layanan pinjol yang telah mengantongi izin dari OJK sekaligus anggota AFPI adalah Cairin, milik PT Idana Solusi Sejahtera. Cairin telah mengantongi izin dari OJK Nomor S-216/NB.213/2019, yang membuat layanan peer to peer lending-nya aman untuk digunakan.

3 Langkah Meminjam Uang di Cairin

Di platform Cairin, kamu tidak perlu repot datang ke bank untuk mengajukan pinjaman, melainkan cukup menggunakan ponsel untuk mendapatkan pinjaman dengan 3 langkah mudah dan cepat. Karena hanya dalam waktu beberapa jam saja, pengajuan pinjaman kamu bisa langsung cair asalkan syarat yang diminta bisa kamu penuhi.

  1. Langkah Pertama

Unduh aplikasi Cairin di ponsel lewat Google Play Store, dan daftarkan akun kamu.

  1. Langkah Kedua

Isi data di formulir yang sudah disediakan. Mulai dari nama lengkap, data identitas diri, hingga jumlah pinjaman (limit mulai dari Rp400 ribu – Rp20 juta).

  1. Langkah Ketiga

Nah, jika verifikasi selesai, persyaratan sesuai, dan telah disetujui, maka dana pun akan langsung cair! Selamat mencoba!

Tentang kami

CekAja

CekAja