5 Jenis Barang yang Bisa Digadai saat Butuh Uang Cepat

Disaat terdesak, mungkin menggadai sebuah barang bisa menjadi jalan keluar untuk mendapatkan uang. Namun, perlu kamu ketahui tidak semua barang bisa digadai. Berikut 5 jenis barang yang bisa digadai untuk mendapatkan pinjaman.

5 Jenis Barang yang Bisa Digadai saat Butuh Uang Cepat

Dana darurat memang dibutuhkan saat membutuhkan dana disaat terdesak. Namun, bagaimana jika belum menyiapkan dana darurat, atau dana tersebut masih kurang untuk menutupi kebutuhan?

Tenang, saat ini ada banyak pilihan untuk kamu mendapatkan pinjaman uang. Salah satunya adalah menggadai barang.

Dengan menggadaikan sebuah barang, kamu bisa mendapatkan uang untuk kebutuhan mendesakmu. Proses gadai barang juga umumnya tidak lama.

Saat ini ada banyak lembaga gadai yang bisa kamu pilih. Pastikan lembaga gadai tersebut sudah terpercaya dengan ditandai sudah terdaftar dalam OJK.

Sebelum itu, perlu diketahui juga bahwa tidak semua barang bisa dijadikan sebagai jaminan untuk digadai, meskipun barang tersebut bernilai tinggi.

Agar tidak salah, berikut ini CekAja berikan beberapa contoh jenis barang yang bisa digadai!

Jenis-jenis Barang yang Bisa Digadai

1. Emas

Emas menjadi jenis barang yang bisa digadai pertama. Emas juga menjadi barang yang paling populer untuk digadaikan.

Mulai dari emas batangan hingga emas dalam bentuk perhiasan seperti cincin, kalung, dan gelang, bisa kamu gadaikan.

Untuk perhiasan, tidak hanya emas saja yang bisa digadaikan. Perhiasan lainnya seperti berlian, permata, atau mutiara juga bisa kamu gadai.

2. Properti

Properti seperti tanah, rumah, apartemen, atau bangunan komersial bisa digadaikan sebagai jaminan pinjaman. Nantinya, barang yang akan dijadikan dari properti ini adalah sertifikat dari properti yang digadaikan.

Nilai dari menggadaikan sertifikat akan ditentukan dari nilai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta seberapa strategis posisi tanah tersebut.

Umumnya, gadai dengan sertifikat tanah atau rumah akan memberikan pinjaman dengan jumlah yang besar.

(Baca juga: Tips Wujudkan Wishlist Impian bersama Kredit Multiguna Adira Finance)

3. Barang Antik

Barang antik juga masuk dalam jenis barang yang bisa digadai. Mulai dari keris, lukisan, keramik, atau benda seni lainnya juga bisa digadaikan.

Beberapa lembaga gadai memiliki keahlian dalam menilai nilai barang antik, sehingga dapat memberikan pinjaman yang sesuai dengan nilai barang tersebut.

Namun, sebelum menggadaikan barang antik, pastikan bahwa barang tersebut asli dan memiliki nilai yang tinggi.

4. Barang Elektronik

Jenis barang yang bisa digadai selanjutnya adalah barang elektronik. Mulai dari televisi, kulkas, laptop, kamera, hingga smartphone bisa dijadikan sebagai jaminan gadai.

Nilai dari barang elektronik ini biasanya lebih rendah dibandingkan jenis barang gadai lainnya, namun proses pengadaannya lebih mudah dan cepat.

Kamu akan mendapatkan nominal uang yang disesuaikan dari barang elektronik yang akan digadai. Semakin baik kondisi barang, maka semakin tinggi nilai gadainya.

5. Kendaraan

Kendaraan seperti motor atau mobil, menjadi salah satu jenis barang yang bisa kamu jadikan sebagai jaminan untuk gadai.

Jaminan yang akan diserahkan ini berupa surat-surat kendaraan, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan faktur pembelian.

Namun, sebelum menjadikan kendaraan sebagai jaminan gadai, kamu perlu simak persyaratan yang diberikan oleh lembaga gadai.

Pasalnya, ada beberapa persyaratan seperti usia kendaraan atau jenis kendaraan yang baru bisa diterima sebagai jaminan.

Dapatkan Pinjaman dengan Jaminan dengan Mudah di Adira Finance!

Itu dia 5 jenis barang yang bisa digadaikan. Perlu kamu ketahui, tidak semua tempat gadai menerima banyak jenis barang gadai. Beberapa hanya bisa menerima produk-produk tertentu, dengan persyaratan yang perlu dipenuhi.

Jika kamu ingin menggadaikan kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil, kamu bisa lakukan dengan mudah di Adira Finance.

Adira Finance memberikan pinjaman uang dengan nominal yang cukup besar hingga Rp500 juta, namun akan disesuaikan dengan jenis agunan yang kamu berikan.

Pengajuan pinjaman di Adira Finance bisa dilakukan di seluruh Indonesia. Namun sebelum itu, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen berikut:

  • KTP Pemohon
  • KTP Pasangan (jika sudah menikah) dan KTP Penjamin (jika ada penjamin)
  • Kartu Keluarga
  • Akta Nikah
  • Slip gaji atau surat keterangan penghasilan 3 bulan terakhir untuk karyawan
  • Rekening tabungan/rekening koran 3 bulan terakhir untuk wiraswasta
  • SIUP/TDP/IB
  • NPWP
  • Mutasi Rekening
  • BPKB dan Faktur BPKB
  • STNK

Selain dokumen di atas, jaminan yang kamu ingin kamu berikan juga perlu memenuhi persyaratan. Untuk pinjaman dengan jaminan motor dan mobil memiliki sedikit perbedaan.

Pinjaman dengan Jaminan Motor

Pertama, untuk pinjaman dengan jaminan motor, kamu perlu menyiapkan BPKB motor sebagai persyaratan pertama.

Pastikan jenis kendaraan milik sendiri yang sesuai dengan BPKB. Jika kendaraan atas nama keluarga (seperti orang tua, kaka, adik) atau orang lain, dapat diproses dengan melampirkan Surat Jual Beli.

Jenis motor yang akan dijadikan jaminan sebaiknya bermerek Suzuki, Honda, Yamaha, dan Kawasaki Ninja, dengan usia kendaraan maksimal 10 tahun.

Masa tenor untuk pinjaman dengan jaminan motor adalah 12 48 bulan, dengan suku bunga per bulan mulai dari 1,67%.

Pinjaman dengan Jaminan Mobil

Persyaratan untuk pinjaman dengan jaminan mobil tidak berbeda jauh dengan motor. Jaminan yang akan kamu berikan adalah BPKB mobil.

Kendaraan harus milik sendiri sesuai dengan nama yang ada di BPKB. Jika kendaraan atas nama keluarga (orang tua, kaka, adik) atau orang lain, dapat diproses dengan melampirkan Surat Jual Beli.

Pinjaman dengan jaminan mobil memiliki masa tenor hingga 48 bulan, dengan suku bunga mulai dari 0,65% per bulan.

Semua merk kendaraan berlaku untuk dijadikan jaminan, seperti sedan, MPV, hingga pick up. Usia kendaraan maksimal 15 tahun.

(Baca juga: Kelebihan Kredit Multiguna, Salah Satunya Promo Cashback dari Adira!)

Setelah semua persyaratan telah terpenuhi, kamu bisa ajukan pinjaman Adira Finance dengan mudah melalui CekAja.com.

Proses pengajuan pinjaman di sana juga berlangsung dengan cepat dan praktis. Terlebih kamu bisa ajukan secara online, tanpa perlu keluar rumah. Jadi, kamu bisa ajukan pinjaman kapan saja dan di mana saja dengan mudah!

Tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman Adira Finance melalui CekAja sekarang juga!