Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Kebiasaan Kecil Saat Belanja yang Bisa Bikin Hemat

by Rafly Aditia on 18 Mei, 2016

belanja bulanan hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Beberapa orang memiliki kebiasaan tersendiri saat belanja. Ada yang terbiasa belanja hanya saat akhir bulan, ada yang punya kebiasaan belanja di beberapa tempat untuk kebutuhan yang sama, ada yang punya kebiasaan belanja menggunakan kartu kredit dan macam-macam kebiasaan lain. Kebiasaan tentu berbeda antar individu. Namun, banyak kebiasaan saat belanja yang bikin pengeluaran lebih boros.

Tetapi, tahukah kamu kalau ada beberapa kebiasaan belanja yang bisa bikin kamu lebih hemat? Mau tahu apa saja kebiasaan menguntungkan tersebut, berikut ini 5 kebiasaan kecil saat belanja yang bisa bikin kamu lebih hemat:

Cek koran supermarket

Kebiasaan yang satu ini khas ibu-ibu rumah tangga. Banyak ibu-ibu yang hobi mengecek koran dan brosur supermarket. Kalau lagi beruntung, biasanya kita bakal menemukan promo-promo tertentu misalnya promo saat weekend atau diskon produk tertentu. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memulai kebiasaan yang satu ini. Karena, anggaran belanja bisa jadi lebih hemat dengan melakukan hal yang dianggap sepele ini.

Rajin minta brosur

Kebiasaan lain yang bisa bikin belanja lebih hemat adalah rajin minta brosur. Karena rajin minta brosur, kamu jadi tahu apa saja promo dan diskon yang ada. Lalu, kamu juga tahu kapan waktu yang tepat untuk belanja karena sudah tahu dari kapan sampai kapan promo dan diskon besar-besaran diselenggarakan. (Baca juga: Baru Nikah dan Ingin Beli Perabotan? Begini Cara Bikin Anggaran Belanjanya)

Jadi member

Hal yang satu ini berlaku untuk kamu yang suka belanja banyak dalam waktu sama dan di tempat yang itu-itu saja. Misalnya, setiap belanja bulanan kamu pergi ke supermarket A dan belanja semua kebutuhan sekaligus.

Untuk itu, manfaatkan kartu keanggotaan atau member yang biasanya ditawarkan oleh kasir maupun bagian sales supermaket. Dengan menjadi member di supermarket tersebut, kamu bisa menghemat pengeluaran belanja bahkan hingga 30 persen dari seharusnya.

Gunakan kartu kredit

Kebiasaan menggunakan kartu kredit jika dilakukan dengan bijak juga dapat memberikan banyak keuntungan. Kamu bakal mendapatkan kredit reward, potongan harga, bahkan cashback saat belanja dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini bakal bikin anggaran belanja kamu menjadi lebih hemat. Kalau kamu belum punya kartu kredit, sebaiknya segera bikin. Karena, kamu bisa ajukan kartu kredit secara online di sini.

Bandingkan harga antar supermarket

Kebiasaan lain yang bikin belanja lebih hemat adalah membandingkan harga antar supermarket. Misalnya bulan ini kamu belanja di supermarket A, lalu bulan depan di supermarket B, dan bulan depannya lagi di supermarket C.

Lewat kebiasaan tersebut, kamu bakal mengetahui mana supermarket yang memiliki harga lebih murah. Pastinya, ketika sudah mengetahuinya kamu bakal memilih yang lebih murah bukan? (Baca juga: Kenapa Kmau Mesti Merasa Takut Untuk Habiskan Uang?)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami