5 Tips Agar Bebas Jeratan Utang Saat Kredit Rumah

Dikejar-kejar penagih utang adalah mimpi buruk yang bisa membuat hidup tidak lagi nyaman. Apalagi kalau yang menjerat adalah utang Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

bebas utang - CekAja.com

Pastinya semua orang bakal pusing tujuh keliling dibuatnya. Untuk kamu yang baru akan mengajukan KPR atau sudah memiliki KPR, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa meringankan utang tersebut.

Sehingga, utang KPR tidak lagi mengganggu hidup kamu. Ingin tahu caranya? Berikut 5 tips bebas jeratan utang KPR.

1. Transfer Balance

Permasalahan yang sering membuat pengguna KPR pusing adalah cicilan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Akibatnya, banyak yang harus nunggak dalam membayar cicilan dan bahkan membayar menggunakan kartu kredit.

Tentu hal ini sangat tidak baik, karena selain memperburuk catatan kredit, kondisi keuangan akan makin berantakan karena utang kartu kredit sangat tinggi.

Maka dari itu, manfaatkanlah fitur transfer balance yang disediakan sejumlah bank di Indonesia. Alihkan utang lama ke kartu kredit baru. Agar semakin ringan, cari penyedia kartu kredit yang menawarkan bunga cicilan paling rendah.

(Baca juga: Ketahui Hal Ini Saat Jual Beli Tanah Agar Lebih Untung)

2. Kurangi Konsumsi Bulanan

Kebanyakan masyarakat Indonesia terutama di kota besar seperti Jakarta punya tingkat konsumsi yang tinggi. Bahkan, banyak pula yang melakukan konsumsi lebih tinggi dari penghasilan.

Sifat konsumtif yang tinggi juga jadi satu penyebab orang tidak bisa membayar cicilan rumah. Sebab, semuanya sudah dipakai untuk menunjang gaya hidup yang boros.

Oleh karenannya, mulailah mengurangi konsumsi. Lakukanlah pembelian sewajarnya agar kamu memiliki uang lebih untuk membayar cicilan kredit rumah.

3. Pinjam dengan Keluarga

Sehebat-hebatnya orang, pasti suatu saat membutuhkan keluarga. Hal itu pun bisa terjadi pada orang yang tengah mencicil rumah.

Memang berutang pada keluarga sangat dihindari banyak orang. Tetapi kalau sudah mendesak, upaya ini bisa menjadi solusi terbaik.

Mengapa demikian? Karena lebih baik kita berutang dengan keluargamu dibandingkan harus terlilit utang dan bunga bank. Namun ingat, tetaplah bertanggung jawab meski berutang kepada anggota keluarga sendiri.

4. Gunakan Tabungan Darurat

Dana darurat adalah salah satu bentuk perencanaan keuangan. Dana darurat juga bisa menjadi penyelamat saat kamu terjerat utang kredit rumah yang tertunggak selama beberapa.

Disinilah fungsinya tabungan darurat, ketika menghadapi hal-hal yang benar menekan dan bersifat emergency maka kamu akan merasakan manfaatnya. Maka, sisihkan pendapatan bulanan untuk menyiapkan dana darurat.

5. Deadlock? Jual Saja Rumahmu

Kalau sudah mengalami deadlock, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah menjual rumah kepada orang lain secara over kredit.

Setidaknya, akan ada uang yang diperoleh dari hasil penjualan rumah yang bisa dimanfaatkan untuk mencari tempat tinggal lain.

Hal ini mungkin bisa dihindari kalau kamu punya tabungan dana darurat. Sebab itu, sebelum mengajukan KPR ada baiknya kamu siapkan dulu dana darurat.

(Baca Juga: Tips Mempersiapkan Dana Darurat Untuk Kebutuhan Mendesak!)

Kalau perlu, buat tabungan khusus dana darurat supaya tidak terpakai untuk kehidupan sehari-hari.  Kamu bisa buat tabungan khusus untuk dana darurat melalui CekAja.com. Ada beragam produk tabungan yang bisa dipilih, ini beberapa di antaranya:

Proses pengajuannya pun sangat praktis dan bisa dilakukan secara online. Tunggu apalagi? Yuk ajukan sekarang juga!