Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Tips Efektif Belajar SBMPTN

by Anes Saputra on 10 Februari, 2020

Bagi sebagian pelajar SMA khususnya yang duduk di bangku kelas XII, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) adalah impian. Karena itu, berbagai cara dilakukan agar bisa menjadi mahasiswa kampus negeri tersebut.

situs soal latihan sbmptn

Sedikitnya, ada dua seleksi nasional yang bisa kamu ikuti untuk dapat berkuliah di universitas negeri. Kedua seleksi itu adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Soal waktu, SBMPTN biasanya dilakukan setelah SNMPTN.

Perbedaan keduanya, proses SNMPTN dilakukan dengan cara menyeleksi kemampuan akademis siswa kelas XII melalui nilai rapor pada 5 semester terakhir. Selain itu, seleksi ini juga mempertimbangkan prestasi akademik serta akreditasi sekolah. Kendati demikian, jalur SNMPTN tidak mensyaratkan pesertanya mengikuti tes tertulis.

Adapun jalur SBMPTN merupakan seleksi yang mensyaratkan pesertanya mengikuti tes tertulis. Pada jalur ini, ada dua tes yang akan kamu jalani dalam satu hari, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD).

Nah, untuk kamu yang tahun ini akan mengikuti SBMPTN, ada baiknya persiapkan dirimu dari sekarang. Mempelajari ulang semua materi di bangku sekolah rasanya tidak mungkin. Namun, kamu bisa menerapkan cara-cara belajar yang efektif agar tes SBMPTN bisa dilalui dengan baik.

Berikut ini 5 tips belajar efektif untuk menghadapi SBMPTN yang bisa kamu lakukan:

1. Mengerjakan soal tahun lalu

Sebelum kamu mulai berkutat dengan materi-materi yang berhubungan dengan tes SBMPTN, ada baiknya kamu menguji kemampuan awalmu dengan mengerjakan soal tes SBMPTN tahun sebelumnya. Jika kamu bisa mengerjakan soal ini dengan baik, kamu bisa mengukur sejauh mana kemampuanmu di titik awal ini.

Hasil dari mengerjakan soal ini bisa kamu jadikan pijakan dalam menentukan fokus belajarmu dalam penguasaan materi. Misalnya, dari soal yang sudah kamu kerjakan ternyata kamu masih lemah dalam hal tes verbal yang meliputi kata dan bahasa.

Kamu bisa memberi porsi belajar yang lebih besar pada bidang ini. Pahami konsep dasarnya dan sering-sering mengerjakan soal bidang ini.

Kendati demikian, jangan pula abai terhadap materi lainnya yang pada soal tes sebelumnya bisa kamu kerjakan dengan baik ya. Sebab, bisa saja modifikasi soal dengan materi yang sama bisa mengecohmu pada tahun ini. Tetap pelajari konsep dasar dari setiap soal ataupun materi.

2. Susun agenda belajar dan target

Begitu kamu sudah mengetahui kemampuan awalmu berdasarkan hasil dari mengerjakan soal tes SBMPTN sebelumnya, kini saatnya kamu membuat agenda belajarmu sendiri. Jangan lupa untuk mencantumkan target capaian kamu atas penguasaan materi yang kamu pelajari.

(Baca juga: Daftar Bimbel Terbaik untuk Masuk UI dan PTN Terfavorit 2020)

Jangan menunda-nunda waktu belajar. Ingat, kamu punya saingan yang tidak sedikit untuk masuk ke jurusan yang kamu idam-idamkan di kampus impian pula!

Buatlah agenda belajar senyaman kamu. Misalnya, hari ini belajar Matematika bab persamaan kuadrat, besok belajar Bahasa Indonesia bab ide pokok, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa belajar dengan lebih fokus.

3. Beri tanda materi penting

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk dapat memahami dan mengingat materi-materi yang sudah atau tengah dipelajari. Setiap orang pun bisa jadi memiiki metode yang berbeda-beda dalam hal ini.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memudahkan dalam mengingat materi belajarmu adalah dengan memberi tanda pada kata-kata penting atau materi yang penting dari buku pelajaranmu.

Ketimbang hanya membaca atau mempelajari dari tulisan bertinta hitam di lembaran putih, memberi tanda pada bagian-bagian tertentu yang dianggap penting dinilai lebih efisien untuk menyimpan informasi tersebut ke dalam memori seseorang.

Hal itu bisa kamu lakukan dengan menorehkan stabilo berwarna kontras atau sekadar menyelipkan kertas post-it pada halaman yang kamu anggap penting.

4. Jauhkan ponsel

Bagian ini kadang menjadi tantangan tersendiri ketika kamu ingin fokus belajar. Tidak jarang muncul gangguan begitu kamu tengah asyik-asyiknya bergelut dengan materi ajar. Jika terlena, bisa saja kamu malah lebih fokus kepada hal yang menjadi gangguan daripada terus belajar untuk SBMPTN.

Namun, bukan berarti hal itu tidak bisa kamu hindari. Sebelum memulai belajar sesuai dengan agenda yang sudah kamu tentukan, pasti kamu bisa membaca kemungkinan-kemungkinan gangguan yang bakal muncul di tengah waktu belajarmu. Antisipasi hal itu sebelum terjadi.

Sebagai contoh, kamu bisa memberi tahu anggota keluargamu bahwa kamu akan fokus belajar pada jam-jam yang sudah kamu agendakan. Dengan begitu, kamu malah akan mendapatkan dukungan, bukannya gangguan.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah jauhkan ponsel dari jangkauan selama jam belajar. Biasanya, kehadiran ponsel di sekitar area belajar membuat kamu sulit untuk tidak menyentuh atau mengeceknya tiap beberapa waktu sekali. Karena itu, jauhkan perangkat ini sementara sampai kamu selesai belajar.

5. Evaluasi dan terus berlatih mengerjakan soal

Dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti SBMPTN, kamu jangan hanya terpaku mempelajari materi-materi yang berhubungan dengan tes tersebut. Lakukan juga evaluasi terhadap apa yang telah kamu pelajari. Bila perlu, evaluasi juga cara belajarmu jika kamu merasa hasil dari proses itu belum maksimal.

Salah satu cara melakukan evaluasi itu adalah dengan mengerjakan soal-soal tes SBMPTN. Saat ini sudah banyak beredar soal-soal latihan SBMTPN, baik di buku-buku kumpulan soal maupun di internet. Kamu bisa memanfaatkan soal-soal ini untuk menguji progres dari penguasaan materimu.

(Baca juga: 5 Situs Soal Latihan SBMPTN Beserta Kiat Mengerjakannya)

Jangan mudah puas jika hasilmu cukup baik pada satu latihan soal. Lakukan ini secara rutin dan sesering mungkin agar kamu terbiasa dalam mengerjakan soal dengan metode yang sama. Tidak hanya itu, sering berlatih mengerjakan soal juga akan melatih kamu dalam me-manage waktu pengerjaan tes.

Itu dia beberapa tips belajar efektif untuk menghadapi tes SBMPTN yang bisa kamu ikuti.

Pantau terus informasi dan tips terbaru seputar SBMPTN di CekAja.com agar kamu tidak ketinggalan. Semoga kamu bisa kuliah di jurusan yang kamu cita-citakan ya!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke