6 Daftar Podcast Dongeng Anak yang Sarat Makna dan Pesan Moral

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sebenarnya, ada banyak sekali daftar podcast dongeng anak yang bisa dijadikan pilihan, sebagai teman dan hiburan anak-anak dalam melakukan aktivitas selama #dirumahaja. Karena seperti yang diketahui, melakukan aktivitas yang itu-itu saja di rumah untuk waktu yang lama sangat membosankan.

Oleh sebab itu, podcast hadir sebagai salah satu hiburan dalam bentuk audio, yang dapat mengusir rasa bosan.

Terlebih, podcast ini hadir dalam banyak tema, mulai dari komedi, horror, politik, informasi finansial, gaya hidup sampai podcast yang berisi dongeng anak.

Kamu tinggal memilih tema podcast apa yang ingin didengarkan. Seperti misalnya podcast dongeng anak, ini merupakan podcast yang sangat cocok untuk didengarkan bersama anak.

Pasalnya, podcast dongeng anak ini biasanya akan membawakan cerita yang mengandung pesan moral untuk anak-anak.

Perkembangan Podcast di Indonesia

Nah, sebelum mengetahui daftar podcast dongeng anak, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu perkembangan podcast di Indonesia.

Yang mana, di awal kehadirannya podcast belum terlalu tersentuh di Indonesia, namun sudah lama dikenal dikenal di dunia.

Sebab, melansir dari cultura.id, pada 2004 The Guardian menyebut podcast sebagai “audible revolution”. Dan sejak 2014 juga, pendengar podcast melalui ponsel mengalami kenaikan hingga 157 persen.

Itu baru dari ponsel saja, belum lagi podcast yang didengarkan dari perangkat lain, seperti komputer atau tablet, mungkin juga mengalami kenaikan yang jauh lebih tinggi.

Jika dilihat dari jumlah pendengarnya, ada sepuluh besar negara yang memiliki pendengar podcast terbanyak di dunia, di antaranya yaitu Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Australia, Amerika, Italia, Kanada, Prancis, Jepang dan Jerman.

(Baca Juga: Rekomendasi Podcast Indonesia)

Indonesia sendiri belum masuk ke dalam peringkat tersebut, namun sekitar 67,97 persen masyarakat Indonesia mengaku sudah familiar dengan podcast.

Kemudian jika dilihat sekitar satu tahun terakhir, pendengar podcast di Indonesia meningkat 80,82 persen. Namun, hal itu bukan berarti semua pendengar podcast tersebut, mendengarkan podcast secara rutin.

Hal tersebut dikarenakan, sebagian dari pendengar podcast belum yakin untuk mendengarkannya secara intens. Padahal, podcast sendiri memiliki potensi yang besar, untuk dijadikan sebagai sumber keuntungan.

Seperti misalnya Amerika, pada 2020 Amerika diperkirakan menghabiskan sekitar 659 juta dolar untuk iklan di podcast.

Tidak hanya itu, beberapa brand pun sudah mulai merambah podcast, sebagai salah satu strategi marketing mereka untuk mengiklankan produknya.

Dan pemanfaatan podcast semacam itu, belakangan ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Terlihat, beberapa influencer maupun masyarakat biasa sudah melirik podcast, sebagai media edukasi masyarakat atau hanya sekadar berbagi cerita, serta pengalaman pribadi.

Sejatinya, ini merupakan sebuah perkembangan yang pesat, mengingat di awal kehadirannya di Indonesia, podcast belum terlalu tersentuh oleh masyarakat.

Meski begitu, namun podcast di Indonesia masih bisa sangat berkembang. Sebab, podcast merupakan wadah yang dapat dibuat sebagai sumber informasi, edukasi dan hiburan oleh semua orang secara gratis.

Intinya, semuanya tergantung bagaimana masyarakat memanfaatkannya sebaik mungkin, dan tentunya menyajikan konten-konten bermanfaat untuk para pendengarnya.

Daftar Podcast Dongeng Anak

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sejarah perkembangan podcast di Indonesia, maka kali ini kamu akan mengetahui daftar podcast dongeng anak.

Yang mana, daftar podcast dongeng anak sendiri pada dasarnya sangat banyak. Kamu bisa menemukan berbagai macam podcast dongeng anak di beberapa platform, seperti Spotify dan Apple Podcast.

Namun, untuk memudahkanmu mengetahui apa saja podcast dongeng anak terbaik, di bawah ini CekAja.com telah merangkum enam podcast yang wajib kamu coba dengarkan bersama anak.

Adapun enam daftar podcast dongeng anak tersebut, di antaranya yaitu:

1. KalaDhila

Daftar podcast dongeng anak yang pertama ada KalaDhila. Ini merupakan salah satu podcast dongeng anak, yang akan menceritakan berbagai macam cerita, seperti kisah nabi, fabel, kisah nasionalisme dan lain sebagainya.

Podcast dongeng anak yang satu ini dibawakan dengan lembut, sehingga ini bisa dijadikan pilihan media pembelajaran, khususnya tentang moral dan agama untuk anak-anak.

2. Dongeng Anak Masa Kini

Berikutnya ada podcast Dongeng Anak Masa Kini, yang menjadi bagian dari daftar podcast dongeng anak versi CekAja.com.

Dibawakan oleh tiga orang pendongeng, yaitu Kak Ana, Kak Budi dan Kak Mandy, podcast besutan Happy Kids Project ini, sangat cocok untuk didengarkan anak-anak di pagi hari.

Pasalnya, tiga orang pendongeng tersebut akan menceritakan berbagai jenis cerita, yang berasal dari seluruh dunia secara menarik.

Meski cerita-cerita yang dibawakan berasal dari seluruh dunia, namun kamu jangan khawatir. Sebab, cerita yang menggunakan bahasa Inggris nantinya akan diceritakan kembali menggunakan bahasa Indonesia.

Dengan begitu, pendengar pun akan lebih mudah untuk mengikuti, serta memahami jalan cerita yang dibawakan.

Hingga saat ini, podcast Dongeng Anak Masa Kini sudah memiliki 32 episode, dari tiga season yang bisa didengarkan.

3. Sebelum Tidur

Podcast ketiga yang masuk ke dalam daftar podcast dongeng anak, adalah podcast Sebelum Tidur.

Dibawakan oleh Salsabilla Azzahra, podcast ini banyak bercerita tentang dongeng anak-anak, yang sarat akan hiburan dan nilai-nilai universal.

Podcast ini sebenarnya bisa didengarkan dimana saja dan kapan saja. Namun, akan lebih baik jika didengarkan bersama anak-anak pada malam hari sebelum tidur.

4. Dongeng Anak dan Legenda Nusantara

Selain tiga podcast di atas, Dongeng Anak dan Legenda Nusantara juga menjadi salah satu daftar podcast dongeng anak yang patut didengarkan.

Hal tersebut dikarenakan, podcast ini banyak bercerita tentang legenda-legenda nusantara, maupun cerita anak-anak lainnya yang cocok dijadikan sebagai pengantar tidur.

Dan untuk legenda nusantara sendiri, biasanya Agus Setiawan selaku pendongeng akan membawakan cerita legenda yang sudah terkenal, seperti misalnya Malin Kundang, Legenda Rawa Pening dan beberapa kisah fabel lainnya.

5. Circle Round

Di urutan keempat ada Circle Round, sebagai salah satu rekomendasi daftar podcast dongeng anak yang wajib didengarkan.

Sebab, podcast yang berasal dari Amerika Serikat ini, banyak menghadirkan cerita-cerita daerah dari seluruh dunia, yang ditujukan untuk anak-anak usia 4-10 tahun. Untuk durasinya sendiri, setiap episode memiliki durasi sekitar 10-20 menit.

Dan menariknya, setiap cerita atau dongeng yang dibawakan memiliki pesan moralnya tersendiri, baik itu pesan tentang kebaikan, berbagi maupun kerja keras.

Karena berasal dari Amerika Serikat, podcast ini tentunya dibawakan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, podcast ini sangat cocok untuk kamu dan anak-anak, yang ingin atau sedang belajar bahasa Inggris.

Terlebih, podcast Circle Round ini sudah mendapatkan berbagai macam penghargaan sebagai Parents Choice Gold Award dengan nominasi Webby.

Tidak hanya itu, podcast ini juga pernah di featured di The UK International Radio Drama Festival dan Hear Now Festival.

Jadi, sangat wajar bukan apabila Podcast Circle Round masuk ke dalam daftar podcast dongeng anak terbaik versi CekAja.com?

6. Cerita Anak Pengantar Tidur

Podcast terakhir, yang menjadi bagian dari daftar podcast dongeng anak adalah podcast Cerita Anak Pengantar Tidur.

Podcast yang ditujukan untuk anak-anak dan sahabat petualang Indonesia ini, berisi kumpulan cerita atau dongeng anak yang diambil dari buku 365 Fabel Pengantar Tidur.

Semua cerita atau dongeng anak tersebut, dibawakan dengan pembawaan yang menyenangkan dan menarik, sesuai dengan ceritanya.

Dengan demikian, cerita atau dongeng tersebut tidak hanya cocok didengarkan sebagai pengantar tidur saja, tetapi juga cocok untuk didengarkan bersama keluarga pada saat bersantai.

Waktu Terbaik Mendengarkan Podcast Dongeng Anak

Jika berbicara tentang waktu terbaik mendengarkan podcast dongeng anak, sebenarnya semua podcast dongeng anak bisa didengarkan kapan saja, baik pagi hari, siang hari maupun malam hari.

Sebab, hal tersebut menyesuaikan dengan keinginan anak. Namun, jika dongeng yang akan didengarkan memiliki intonasi nada yang rendah dan mendayu-dayu, maka kamu bisa mendengarkannya di malam hari sebagai pengantar tidur.

Sementara, apabila kamu dan anak berencana untuk mendengarkan dongeng dengan intonasi nada tinggi dan semangat, maka kamu bisa mendengarkannya di pagi hari, sebagai pembuka aktivitas anak agar semakin semangat.

Untuk di pagi hari, kamu dan anak bisa mendengarkan beberapa dongeng fabel, maupun dongeng dari cerita-cerita nasionalisme.

Sementara untuk di malam hari, kamu dan anak bisa mendengarkan dongeng dari cerita legenda, maupun dongeng fabel.

(Baca Juga: Alat-alat yang Dibutuhkan untuk Podcast)

Beberapa daftar podcast dongeng anak versi CekAja.com dan beberapa informasi lainnya terkait podcast kini sudah kamu ketahui.

Untuk daftar podcast dongeng anak sendiri, semuanya bisa langsung kamu nikmati di beberapa platform seperti Spotify, Soundcloud, Apple Podcast, Google Podcast, maupun Anchor.

Hanya saja, untuk bisa mendengarkannya secara puas tanpa gangguan iklan, kamu perlu berlangganan terlebih dahulu, baik itu harian, mingguan atau bulanan.

Untuk mempermudah proses berlangganan, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, yuk segera lakukan pengajuan kartu kredit melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak pilihan kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Sebelum mengajukan pun, kamu bisa melakukan perbandingan kartu kredit terlebih dahulu.

Hal itu berguna untuk meyakinkan dan memastikan, bahwa kartu kredit yang akan kamu ajukan nantinya adalah kartu kredit yang memang sesuai dengan kebutuhan.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengajukannya dengan mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani