6 Manfaat Mie Shirataki yang Rendah Kalori dan Baik untuk Kesehatan Tubuh

Siapa sangka, kalau manfaat mie shirataki ternyata ada sangat banyak. Selain berguna untuk menurunkan berat badan, mie shirataki juga mampu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko kanker usus.

Pariwara

Namun selain itu, manfaat mie yang memiliki bentuk seperti soun atau bihun ini masih banyak lagi. Jika ingin tahu lebih jelas, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas sederet manfaat mie shirataki secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu Shirataki?

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu shirataki? Satu tahun belakangan ini shirataki sangat familiar di masyarakat, karena menjadi salah satu jenis makanan utama pengganti nasi, yang mampu menurunkan berat badan.

Shirataki sendiri pada dasarnya merupakan jenis makanan yang sering dijumpai dalam bentuk mie dan nasi.

Untuk warnanya sendiri, shirataki memiliki warna putih cenderung bening. Hal tersebut dikarenakan shirataki dibuat dari glucomannan, yaitu sejenis serat yang berasal dari tanaman konjac.

Yang mana, tanaman konjac tersebut banyak tumbuh di Jepang, Tiongkok dan beberapa wilayah Asia Tenggara lainnya.

Nah, karena terbuat dari sejenis serat yang berasal dari tanaman konjac, maka shirataki yang berbentuk mie juga seringkali disebut dengan nama mie konjac.

(Baca Juga: Efek Mengonsumsi Mie Instan saat Puasa)

Kandungan Nutrisi Shirataki

Sebenarnya jika berbicara tentang kandungan nutrisi, shirataki memiliki kandungan nutrisi yang baik dan mampu mencukupi kebutuhan tubuh.

Selain serat glucomannan, shirataki juga memiliki kandungan nutrisi berupa karbohidrat, kalori, air dan kapur.

Untuk karbohidrat sendiri, shirataki mengandung sedikit karbohidrat. Bahkan, karbohidrat yang dimiliki shirataki didominasi oleh serat, bukan hanya zat tepung dan pati.

Oleh karena itu, kandungan kalori shirataki sangat rendah. Sehingga, shirataki banyak digunakan sebagai panganan utama pengganti nasi, untuk orang-orang yang menjalankan program diet.

Sementara, shirataki mengandung air yang sangat banyak. Bisa dikatakan sekitar 97 persen dari kandungan shirataki adalah air, tiga persen serat glucomannan dan sedikit kapur.

Dalam pembuatannya, ketiga bahan tersebut dicampur agar nantinya shirataki dapat dibentuk menjadi mie atau nasi dengan sempurna.

Setelah dicampur, adonan shirataki tersebut direbus sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jika sudah, kemudian adonan dibentuk panjang tipis seperti mie atau nasi.

6 Manfaat Mie Shirataki

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa hal terkait shirataki, mulai dari definisi sampai kandungan nutrisinya, maka kali ini kamu akan mengetahui manfaat mie shirataki bagi tubuh.

Pasalnya selain berguna dalam menurunkan berat badan, mie shirataki juga memiliki banyak manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan.

Penasaran apa saja manfaat mie shirataki tersebut? Yuk, simak bersama-sama ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Menurunkan berat badan

Manfaat mie shirataki yang pertama, yaitu menurunkan berat badan. Ini merupakan salah satu manfaat mie shirataki yang paling populer dan paling banyak diincar masyarakat.

Bagaimana tidak, serat glucomannan yang terkandung dalam mie ini nyatanya mampu menunda pengosongan perut dan rasa lapar.

Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang lebih lama sesaat setelah makan mie shirataki. Tidak hanya itu, makan mie shirataki juga dapat membuat porsi makan mu jadi lebih sedikit dan memperlambat gerakan usus besar.

Suatu penelitian yang tercantum dalam jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine juga mengatakan, kalau orang yang mengonsumsi serat glucomannan selama empat sampai delapan minggu berturut-turut, dapat membuat berat badan menurun sebanyak 1,4 – 2,5 kg.

2. Melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit

Melancarkan pencernaan juga menjadi salah satu manfaat mie shirataki yang bisa kamu dapatkan. Hal tersebut karena, mie shirataki kaya akan serat glucomannan.

Yang mana, serat glucomannan tersebut mengandung polisakarida yang dapat membantu kerja usus menjadi lebih baik. Sehingga, serat glucomannan dapat menstimulasi pertumbuhan bakteri baik di usus.

Dengan banyaknya bakteri baik di dalam usus, maka pergerakan usus menjadi semakin lancar dari sebelumnya, bahkan hingga ke pembuangan feses.

Selain melancarkan pencernaan, mengonsumsi shirataki secara rutin juga dapat membantu mengatasi sembelit kronis pada anak-anak dan orang dewasa.

Untuk masalah sembelit kronis sendiri, ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau gangguan sembelit kronis berhasil diatasi pada 45 persen partisipan anak-anak.

Sementara untuk partisipan dewasa, suplemen glucomannan setidaknya sudah terbukti mampu melancarkan pergerakan usus, yang membuat sembelit dapat diredam.

3. Menurunkan kolesterol

Selain menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan, mengonsumsi mie shirataki juga bisa menurunkan kolesterol.

Ya, manfaat mie shirataki yang satu ini bisa kamu rasakan, karena serat glucomannan yang terkandung dalam mie ini mampu meningkatkan pembuangan kolesterol melalui feses.

Dengan demikian, kolesterol yang akan diserap kembali ke aliran darah akan lebih sedikit.
Serat glucomannan yang terkandung dalam mie shirataki juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekitar 16 mg/dL, serta trigliserida sekitar 11 mg/dL.

4. Menurunkan kadar gula dalam darah

Kadar gula dalam darah juga akan menurun, apabila mie shirataki dikonsumsi secara rutin sesuai takarannya.

Lagi-lagi manfaat mie shirataki ini didapatkan dari serat glucomannan. Serat ini sudah terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam darah para penderita diabetes. Hal itu karena, serat glucomannan yang kental mampu menunda pengosongan lambung.

Sebuah riset juga menunjukkan, kalau penderita diabetes tipe 2 berhasil menurunkan kadar fruktosamin (penanda kadar gula darah), setelah mengonsumsi glucomannan selama tiga minggu berturut-turut.

Tidak hanya itu, serat glucomannan juga mampu mengurangi kadar gula darah hanya dalam waktu dua jam pada penderita diabetes tipe 2, apabila mengonsumsi glucomannan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi glukosa.

5. Menstimulasi pertumbuhan bakteri baik

Di urutan kelima ada menstimulasi pertumbuhan bakteri baik. Manfaat mie shirataki yang satu ini bisa kamu rasakan, karena serat glucomannan yang menjadi bahan utama mie shirataki, berfungsi sebagai prebiotik dan menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar.

Seperti yang diketahui, di usus besar bakteri baik akan membantu proses fermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek, yang dapat melawan peradangan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Serat glucomannan sendiri merupakan serat yang dapat menyerap air dan membentuk gel. Ketika dikonsumsi, mie shirataki ini sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

6. Mengurangi risiko kanker usus besar

Manfaat mie shirataki yang terakhir, yaitu mengurangi risiko kanker usus besar. Meski mudah dicerna sistem pencernaan, namun shirataki tidak dicerna tubuh sepenuhnya.

Ketika dikonsumsi, serat glucomannan hanya melewati sistem pencernaan dan dibuang melalui usus besar.

Nah pergerakan yang terjadi tersebut, dapat menstimulasi otot pada usus yang berguna untuk membersihkan saluran pencernaan. Dengan begitu, semua racun dalam tubuh beserta sisa-sisa makanannya akan keluar melalui feses.

Efek Samping Mie Shirataki

Kamu sudah tahu, kalau manfaat mie shirataki yang diberikan untuk tubuh sangat banyak. Walaupun begitu, mie shirataki juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai, salah satunya yaitu gangguan sistem pencernaan ringan.

Mie shirataki memang dikenal mampu melancarkan sistem pencernaan, namun jika dikonsumsi terlalu sering, itu akan menyebabkan gangguan sistem pencernaan ringan, seperti misalnya perut kembung dan terlalu lembek.

Maka dari itu, untuk mencegah timbulnya risiko tersebut, kamu perlu mengubah pola makan secara perlahan dan bertahap. Hal itu ditujukan agar tubuh dapat beradaptasi terlebih dahulu.

Selain bisa memicu gangguan pencernaan ringan, kandungan glucomannan yang terdapat dalam mie shirataki juga bisa mengganggu beberapa jenis pengobatan, seperti misalnya obat diabetes.

(Baca Juga: 3 Resep Mie Goreng Jawa)

Beberapa informasi terkait shirataki sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya, mulai dari definisi, kandungan nutrisi, manfaat mie shirataki hingga efek samping.

Untuk manfaat mie shirataki sendiri ada sangat banyak. Semua manfaat yang diberikan tersebut tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Agar bisa mendapatkan semua manfaatnya, kamu perlu mengonsumsi mie shirataki secara rutin. Namun tetap saja, kamu perlu memperhatikan porsinya.

Jangan sampai kamu mengonsumsinya terlalu banyak. Sebab, hal itu dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Maka dari itu, untuk mencegah timbulnya efek samping, kamu perlu mengonsumsi mie shirataki sesuai porsinya.

Selain itu, kamu juga sebaiknya melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Karena, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Maka dari itu, buat kamu yang belum menggunakan dan melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Pariwara