7 Hal Berbahaya Namun Sering Dilakukan Bikers Indonesia

2 min. membaca Oleh CekAja on

Pengendara sepeda motor di Indonesia punya karakter tersendiri ketika berada di jalan raya. Mulai dari cara bekendara, barang bawaan yang aneh, sampai hapal sejumlah trik menghindari aturan lalu lintas.

motor matic - CekAja.com

Apa saja ya kelakuan saat berkendara yang masuk kategori berbahaya namun sering kita jumpai di jalan raya? Ini dia daftarnya:

1. Mengangkut ayam hingga kambing dengan motor

Pengendara yang membonceng ayam, bebek, sampai kambing masih bisa ditemukan di kawasan pinggiran kota. Entah apa yang merasuki para pengendara ini, sampai kepikiran untuk mengangkut hewan di jok belakang.

2. Boncengan bertiga

Cengtri alias bonceng tiga saat berkendara dengan sepeda motor masih bisa kita temukan. Belakangan istilah ini popular untuk menggambarkan aktivitas para remaja yang kerap kali berjalan-jalan dengan sepeda motor dan duduk berboncengan bertiga saling berdempetan. Sepeda motor sesungguhnya dirancang hanya untuk dinaiki oleh dua orang, tidak lebih.

Apapun alasannya, memudahkan mobilitas jarak dekat ataupun hemat ongkos, membonceng lebih dari satu orang di atas sepeda motor dapat merusak shock breaker pada motor itu sendiri. Risiko kecelakaan pun akan jauh lebih besar. Jadi masih mau dempet dempetan?

3. Menggunakan payung sambil bawa motor

Payung sejatinya digunakan oleh pejalan kaki, bukan saat mengendarai sepeda motor. Selain merusak konsentrasi, juga dapat mengganggu keseimbangan tubuh saat duduk di sepeda motor.

aksesoris motor berbahaya_kredit motor - CekAja.com

Lebih baik menggunakan jas hujan setelan jika memang memaksakan diri berkendara di kala hujan turun.

4. Membawa muatan lebih

Selain melanggar tata tertib berlalu lintas, muatan berlebih sebenarnya juga berbahaya bagi pengendara sepeda motor. Hal ini sering kita jumpai di jalan raya, terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai pengantar barang dan ojek online.

(Baca juga: Cara Lengkap Merawat Motor Listrik di Daerah Rawan Banjir)

Hal ini tentu menyulitkan pengendara untuk melakukan manuver-manuver tajam terutama jika melintasi tikungan tajam. Bayangkan saja jika pengendara tidak bisa mengendalikan keseimbangannya, hasilnya selain motor dan badan pengendara bisa babak belur, barang-barang yang dibawa bisa rusak semua.

5. Melintas di trotoar dan menerjang banjir

Saat banjir dan takut terlambat kerja, orang-orang yang mengendarai sepeda motor ke kantor terkadang lupa diri dan terus menerjang meskipun jalan yang dilaluinya tergenang air. Padahal sudah tahu, kalau air itu dapat merusak mesin motor. Selain itu pengendara motor juga kerap kali menanjak trotoar yang seharusnya digunakan untuk penjalan kaki.

6. Tidur di atas sepeda motor

Nah, kalau yang satu ini sering juga kita jumpai dipinggir jalan. Banyak pengendara terutama abang ojek online yang memutuskan beristirahat di atas sepeda motornya di pinggir jalan.

(Baca juga: Cara Lengkap Merawat Motor Listrik di Daerah Rawan Banjir)

Agar lebih aman dan nyaman serta tidak mengganggu pengendara lain, sebaiknya beristirahat di pom bensin yang menyediakan tempat “rebahan” atau warung-warung yang menyediakan tempat untuk “ngaso”.

7. Membuka ponsel di tangan kiri, tangan kanan memutar gas

Hal berbahaya yang satu ini umumnya juga dilakukan oleh pengemudi ojek online. Entah karena tidak mau membuat pengguna jasanya menunggu terlalu lama, si abang ojek tetap sanggup mengendarai sepeda motor dengan hanya mengandalkan tangan kanan. Sementara tangan kirinya sibuk membalas pesan di ponsel atau mencari alamat lewat aplikasi peta online.

Wah berbahaya semua ya kebiasaan bikers di Indonesia yang sering kita temui di jalan raya? Kalau kamu juga seorang bikers, mohon selalu diingat bahwa setiap kali kita berangkat beraktivitas keluar rumah, anggota keluarga selalu berharap kita kembali dalam keadaan selamat.

Untuk itu, hilangkan kebiasaan melakukan aktivitas di atas sepeda motor yang bisa membahayakan. Fokuskan pandangan ke depan, serta jangan kebut-kebutan di jalan. Jangan lupa lindungi diri dan keluarga dengan asuransi kecelakaan diri yang bisa kamu pilih secara mudah dan cepat lewat CekAja.com.

Tentang kami

CekAja

CekAja