7 Jenis Gula dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui untuk Kamu Penggemar Makanan Manis

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Bagi kamu penggemar makanan manis, sudahkan mengetahui tentang jenis gula dan manfaatnya? Faktanya, gula memiliki beragam jenis beserta manfaat yang berbeda-beda lho.

Gula diketahui merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk menambah rasa manis pada berbagai hidangan.

Biasanya ditemukan di makanan manis seperti kue dan roti, nyatanya gula juga merupakan salah satu bahan paling penting yang harus ada di jenis-jenis makanan lainnya, seperti nasi goreng, gulai, sayuran bening bayam, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: 5 Ide Usaha Kue Kekinian)

Sebab, gula dianggap memiliki peran dalam menyeimbangkan rasa pada suatu sajian makanan. Akan tetapi untuk hidangan asin, umumnya selalu gula dikombinasikan dengan garam.

Menjadi salah satu bumbu paling penting, ternyata gula itu sendiri memiliki beraneka ragam jenis, yang disertai pula dengan manfaatnya yang berbeda-beda.

Kamu termasuk penggemar makanan manis? Ketahui dulu jenis gula dan manfaatnya yang akan kita bahas kali ini. Jangan sampai salah ya!

Jenis Gula dan Manfaatnya

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis gula dan manfaatnya yang mungkin perlu kamu ketahui, yaitu adalah:

1. Gula Pasir

Jenis gula dan manfaatnya yang akan kita bahas pertama adalah gula pasir, yang tentunya sudah tak asing lagi di telinga kalian.

Sebab, gula pasir ini memang merupakan salah satu jenis gula yang paling populer dan seringkali digunakan sebagai penambah rasa manis untuk berbagai makanan dan minuman.

Berbentuk seperti kristal halus dengan tekstur yang kasar, gula pasir terbuat dari air tebu yang dikentalkan dan dihaluskan hingga menjadi butiran gula.

Jenis gula satu ini terbilang multifungsi, karena dapat digunakan sebagai pemanis, baik itu untuk kue, minuman, penambah rasa makanan, hingga menjadi bahan utama dalam membuat karamel.

Walaupun jenis gula satu ini dianggap tidak baik dikonsumsi berlebihan karena bisa memicu timbulnya penyakit diabetes, namun nyatanya gula pasir juga memiliki sejumlah manfaat lho, diantaranya seperti bisa dijadikan sebagai scrub tubuh, mengatasi bibir kering, mengatasi selulit, hingga membantu dalam menghidrasi kulit.

2. Gula Kastor

Jenis gula dan manfaatnya yang akan kita bahas selanjutnya adalah gula kastor, yang memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan gula pasir.

Umumnya, gula ini digunakan untuk membuat berbagai hidangan manis seperti roti, permen, mousse, dan sejenisnya.

Walaupun memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan gula pasir, namun gula kastor juga memiliki sedikit tekstur butiran. Jadi, tidak sepenuhnya halus layaknya bubuk.

Selain dimanfaatkan untuk membuat roti, permen, dan sejenisnya, gula kastor juga seringkali digunakan sebagai campuran untuk icing dan whipped cream.

3. Brown Sugar

Nah, jenis gula dan manfaatnya yang akan kita bahas selanjutnya adalah brown sugar. Seperti namanya, brown sugar memiliki yang lebih terang dan gelap dibandingkan dengan jenis gula lainnya.

Hal tersebut dikarenakan, brown sugar terbuat dari gula pasir yang dicampurkan dengan sirup molase guna memberikan warna kecokelatan pada gula.

Biasanya, jenis gula satu ini seringkali digunakan di dalam resep untuk membuat karamel atau toffee halus.

Selain dijadikan sebagai campuran dalam sejumlah hidangan, nyatanya brown sugar juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh lho.

Dilansir dari situs alodokter.com, beberapa manfaat dari brown sugar adalah untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan produksi hemoglobin, yang disebabkan oleh kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya.

Akan tetapi, kandungan zat besi yang terdapat di brown sugar itu sendiri terbilang sedikit, sehingga kamu perlu mendukungnya dengan mengkonsumsi makanan-makanan lain, seperti bayam, brokoli, kerang, dan hati ayam.

4. Gula Batu

Sesuai dengan namanya, gula batu memang merupakan salah satu jenis gula yang memiliki bentuk menyerupai batu kristal berukuran sedang.

Terbuat dari larutan air tebu yang direbus bersamaan dengan air, gula batu memiliki tekstur yang sangat keras sehingga tidak mudah dilarutkan ke dalam air.

Di Indonesia itu sendiri, gula batu seringkali dimanfaatkan untuk menambahkan rasa manis pada teh, kopi, dan minuman tradisional lainnya.

Tak hanya itu, gula batu bahkan juga bisa dikonsumsi secara langsung lho, sebagai penawar rasa pahit akibat mengkonsumsi obat atau jamu tradisional.

Namun, tahukah kamu? Ternyata gula batu juga memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh lho. Dilansir dari situs lemonilo.com, beberapa manfaat gula batu diantaranya adalah seperti meredakan stress, menjadi sumber energi pada tubuh, meredakan nyeri haid untuk wanita, meningkatkan tekanan darah bagi penderita penyakit darah rendah, hingga menyembuhkan luka.

5. Gula Merah atau Gula Jawa

Jenis gula dan manfaatnya selanjutnya yang akan kita bahas adalah gula merah atau yang juga dikenal sebagai gula jawa.

Gula ini terbuat dari air nira atau air sari buah aren yang direbus hingga berwarna kecoklatan. Walaupun bernama gula merah, namun sejatinya gula ini justru berwarna coklat.

Memiliki tekstur yang keras dengan rasa yang tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan gula pasir, jenis gula satu ini biasanya digunakan sebagai isian makanan tradisional klepon, saus manis untuk lupis, atau menjadi pengganti gula batu untuk menghilangkan rasa pahit setelah mengkonsumsi jamu.

Dilansir dari situs hype.grid.id, terdapat sejumlah manfaat gula merah bagi tubuh, diantaranya seperti membantu dalam menurunkan berat badan, membersihkan darah, meringankan efek kram bagi wanita yang tengah haid, mencegah anemia, mencegah gangguan sistem pada saraf, dan masih banyak lagi.

6. Gula Kristal

Jenis gula dan manfaatnya selanjutnya adalah gula kristal, yang memiliki tampilan seperti gula pasir namun dengan ukuran dan tekstur yang lebih kasar.

Dikarenakan sifatnya yang tidak mudah meleleh ketika dipanaskan, maka jenis gula satu ini seringkali digunakan hanya sebagai taburan di aneka ragam makanan manis, seperti kue, pretzel, dan cookies.

Tak hanya itu, untuk mempercantik tampilan sebuah hidangan, gula kristal juga kerap dicampurkan dengan beberapa tetes pewarna makanan.

7. Gula Bubuk

Jenis gula dan manfaatnya yang akan kita bahas terakhir adalah gula bubuk. Intinya, gula ini hanyalah gula pasir yang dihaluskan sehingga menyerupai susu putih bubuk.

Di dalam pembuatanya, gula pasir yang telah digiling hingga halus akan dicampurkan dengan tepung jagung, yang membuat bubuk gula tidak mudah menggumpal.

Akan tetapi, campuran tepung jagung justru membuat gula memiliki cita rasa yang terlalu manis, sehingga tidak cocok dijadikan campuran untuk penambah rasa hidangan maupun minuman.

Dikarenakan hal itula, gula bubuk hanya biasa digunakan untuk garnish atau hiasan pada kue atau dessert manis.

Jadi, itulah beberapa jenis gula dan manfaatnya yang mungkin perlu untuk kamu ketahui. Namun, satu hal lagi yang tak kalah pentingnya adalah, mengkonsumsi gula juga tidak boleh berlebihan lho.

Sebab, umumnya gula ini merupakan salah satu penyebab utama dari munculnya penyakit diabetes. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila kamu mulai mengontrol konsumsi gula sejak dini.

(Baca Juga: 11 Manfaat Garam)

Nah, sebagai bentuk perlindungan ekstra, jangan lupa juga untuk memiliki asuransi kesehatan, guna meminimalisir timbulnya masalah kesehatan yang tak diinginkan.

Sejatinya, asuransi kesehatan memang tidak bisa menjamin seseorang dapat terbebas dari penyakit. Akan tetapi, hadirnya asuransi kesehatan itu sendiri justru bisa membantu perihal finansial yang setidaknya harus kamu keluarkan dalam berobat.

Seiring berjalannya waktu, biaya fasilitas kesehatan, khususnya di Indonesia, kian meningkat dari waktu ke waktu, sehingga membuat kita terkadang merasa khawatir apabila suatu saat membutuhkan pengobatan di rumah sakit namun tidak memiliki dana yang cukup.

Dengan asuransi kesehatan, kamu tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut! Sebab, pihak asuransi kesehatan pada nantinya akan mengcover sebagian biaya pengobatan kamu, yang tentunya disesuaikan pula dengan program dan premi yang kamu bayarkan.

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya asuransi kesehatan setidaknya dapat memberikan kamu sedikit keringanan perihal biaya apabila suatu saat membutuhkan pengobatan di rumah sakit.

Belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com! Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, pastinya akan membuat proses menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha