Ini Cara Sukses Program Hamil Bagi Pasutri yang Baru Menikah

6 menit membaca Oleh Ayunindya Annistri pada

Setelah menikah, kamu dan pasangan tentu sudah berangan-angan ingin segera memiliki momongan bukan? Jika iya, berarti kamu mesti membaca dan memahami cara sukses program hamil berikut ini seperti yang sudah dirangkum CekAja dari berbagai sumber. Yuk, disimak!

Ini Cara Sukses Program Hamil Bagi Pasutri yang Baru Menikah

Tidak Hanya Istri, Suami juga Memegang Peranan Penting dalam Program Hamil

Cara sukses program hamil bisa saja terjadi, jika kamu dan suami sama-sama memiliki tekad yang kuat. Karena sejatinya, kehamilan bukan hanya tentang perjuangan sang istri saja, sebab hal tersebut juga menjadi tanggung jawab suami.

Dukungan moril dan tanpa membebani satu pihak adalah kewajiban yang mesti dilakukan oleh suami kepada istri tercintanya.

Selain sama-sama memastikan diri dalam kondisi sehat, seorang suami juga harus memperhatikan beberapa hal agar cara sukses program hamilan yang dijalani oleh sang istri benar-benar berhasil. Berikut diantaranya:

  • Mengetahui masa subur istri dan lakukan hubungan seksual saat 3 hari sebelum masa ovulasi, hingga 3 hari setelah masa ovulasi tersebut.
  • Memperhatikan posis seks, yang mana posisi misionaris dan doggy style adalah dua posisi terbaik yang dianggap bisa membuat istri cepat hamil.
  • Melakukan olahraga bersama-sama minimal 30 menit setiap harinya.
  • Baik suami maupun istri wajib menerapkan pola makan yang sehat dan menghindari gaya hidup yang buruk.
  • Menjaga mood istri agar tetap bagus, terutama saat berhubungan intim.
  • Melakukan tes kesuburan bersama-sama.

(Baca Juga: 8 Ramuan Herbal agar Cepat Hamil)

Cara Sukses Program Hamil Bagi Pasutri

Kalau sudah memenuhi 6 poin di atas, itu berarti suami kamu siap untuk bersama-sama mencoba cara sukses program hamil (promil) ini.

Ingat, program hamil hanya bisa terwujud jika kamu dan pasangan benar-benar bekerjasama dengan baik. Sehingga tak hanya pihak istri saja yang berjuang keras untuk menyukseskan promil ini, namun juga suami.

Berikut beberapa cara suskses program hamil bagi pasangan suami istri yang baru menikah:

1. Cari Tahu Masa Subur

Cari Tahu Masa Subur - Ini Cara Sukses Program Hamil Bagi Pasutri yang Baru Menikah

Ini termasuk hal mendasar ketika pasutri mencoba cara sukses program hamil. Dengan mengetahui masa subur, kamu jadi bisa memprediksi kapan sel telur sedang aktif-aktifnya dan siap untuk dibuahi. Sehingga peluang untuk bisa hamil sangat besar.

Kamu bisa menghitung sendiri masa subur dengan cara kurangi 14 hari dari siklus menstruasi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alat prediksi ovulasi untuk mendeteksi masa suburmu.

Cara kerja dari alat tersebut adalah dengan memperhatikan apakah ada terjadi peningkatan luteinizing hormone (LH) dalam urin.

Hormon ini membantu sistem reproduksi tidak hanya pada wanita saja melainkan juga pria. Di dalam sistem reproduksi, hormon LH dibantu oleh hormon FSH.

Fungsi keduanya adalah untuk memastikan siklus menstruasi berjalan lancar pada wanita. Sementara untuk sistem reproduksi pria, baik hormon LH maupun hormon FSH sama-sama bekerjasama dalam memastikan proses pembentukan sel sperma terjadi secara sempurna.

2. Terapkan Pola Hidup Sehat

Terapkan Pola Hidup Sehat - Ini Cara Sukses Program Hamil Bagi Pasutri yang Baru Menikah

Menerapkan pola hidup sehat terutama untuk pasutri yang baru menikah juga termasuk dalam cara sukses program hamil lho. Ini termasuk wajib hukumnya agar kualitas sel telur maupun sperma tetap terjaga baik, dan peluang untuk cepat hamil semakin terbuka lebar.

Hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menghambat program kehamilan, diantaranya seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula, kafein, makanan yang mengandung lemak jahat, merokok, maupun mengonsumsi minuman beralkohol.

Selain itu, sebagai calon ibu kamu juga harus menjaga berat badan agar kadar lemak tidak melebihi ambang batas normal. Soalnya kalau berat badanmu mengalami kenaikan secara drastis atau biasa disebut dengan obesitas, maka hormon estrogen dalam sistem reproduksi juga akan terganggu dan akibatnya siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Makanya mulai dari sekarang cobalah terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayur bayam, gandum, daging sapi dan ayam yang rendah lemak, ikan salmon, oatmeal, dan hati sapi.

Tak lupa untuk mengonsumsi berbagai aneka vitamin dan suplemen seperti vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat 400 mcg, serta koenzim Q10.

Asupan tersebut juga harus diimbangi dengan melakukan olahraga teratur setiap harinya selama 30 menit atau lebih bersama suami. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan adalah jogging, pilates, yoga dan stretching sesaat setelah bangun tidur.

3. Lakukan Hubungan Intim Sebelum Datangnya Masa Ovulasi

Lakukan Hubungan Intim Sebelum Datangnya Masa Ovulasi - Ini Cara Sukses Program Hamil Bagi Pasutri yang Baru Menikah

Cara sukses program hamil berikutnya juga dilihat dari waktu melakukan hubungan seks. Lewat alat prediksi ovulasi, idealnya kamu dan suami bisa berhubungan intim dua atau tiga hari sebelum masanya ovulasi.

Pasanya, sel telur hanya dapat bertahan selama 12 hingga 24 jam saja setelah dilepaskan, sementara sel sperma bisa bertahan hidup lama dalam rahim dan tuba falopi, yakni sekitar dua sampai tiga hari.

Maka dari itu, cobalah berhubungan seks dua atau bahkan satu hari sebelum waktu ovulasi terjadi. Sehingga peluang sperma bertemu sel telur setelah dilepaskan dari indung telur sangat besar.

Apabila durasi siklus menstruasimu terjadi dalam 28 hari, berarti normalnya ovulasi terjadi pada hari ke-14.

Itu berarti kalian bisa berhubungan intim setiap dua hari sekali dalam seminggu, dimulai saat hari ke-10 hingga hari 15 setelah selesai menstruasi.

4. Penuhi Kewajiban saat Berhubungan Intim

Penuhi Kewajiban saat Berhubungan Intim - Ini Cara Sukses Program Hamil Bagi Pasutri yang Baru Menikah

Biar makin afdal ketika berhubungan seks, setidaknya kamu harus memenuhi beberapa kewajiban berikut, agar hubungan seks yang dilakukan berkualitas. Diantaranya seperti:

  • Cobalah posisi misonaris sebagai awal mula berhubungan intim, karena posisi ini sangatlah dianjurkan terutama untuk pasutri yang ingin mencoba cara sukses program hamil.
  • Bagi wanita, tetaplah berbaring telentang bahkan setelah berhubungan seks. Karena dalam posisi ini sperma tidak akan tumpah ke luar dan tetap tinggal dalam vagina, sehingga mempermudah sperma untuk menuju ke rahim.
  • Berhubungan intim saat pagi ataupun malam hari. Namun yang paling dianjurkan adalah berhubungan saat malam hari, karena kemungkinan besar setelah itu kamu dan pasangan akan tetap berbaring di kasur.

Seluruhan kewajiban di atas harus dilakukan apabila kalian ingin mencoba cara sukses program hamil.

5. Hindari Menggunakan Pelumas pada Wanita

Hindari Menggunakan Pelumas pada Wanita - Ini Cara Sukses Program Hamil Bagi Pasutri yang Baru Menikah

Cara sukses program hamil berikutnya adalah dengan tidak menggunakan pelumas terutama pada vagina. Jika memang dibutuhkan pun, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter untuk mengetahui apa saja pelumas paling direkomendasikan untuk menjaga kesuburan.

Soalnya dengan menggunakan pelumas tambahan, keseimbangan pH dalam vagina turut mengalami perubahan dan pergerakan sperma menjadi lebih lambat, karena kandungan zat yang ada dalam pelumas itulah yang mempengaruhi hal tersebut.

6. Konsultasi ke Dokter Kandungan

Konsultasi ke Dokter Kandungan - Ini Cara Sukses Program Hamil Bagi Pasutri yang Baru Menikah

Apabila kelima cara sukses program hamil tersebut telah kamu coba, maka selanjutnya yang bisa kamu lakukan bersama pasangan adalah mendatangi dokter kandungan untuk cek kesehatan.

Ini adalah cara terakhir untuk kamu mengetahui apakah tubuh siap untuk memulai program kehamilan atau tidak.

Tidak hanya itu saja, dengan berkonsultasi ke dokter, kalian juga akan mengetahui kemungkinan masalah yang bisa jadi pemicu gagal hamil, seperti mengalami gangguan tiroid atau bahkan menderita kista ovarium.

(Baca Juga: 8 Manfaat Alpukat bagi Ibu Hamil)

Hindari Kesalahan Ini Sebelum Memulai Program Hamil

Nyatanya mengikuti promil bukanlah perkara mudah, meskipun mungkin kamu sudah coba seluruh cara sukses program hamil tersebut. Soalnya ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh pasangan suami istri, baik secara sengaja ataupun tanpa disengaja.

Untuk itu, jika ingin sukses promil, hindarilah beberapa kesalahan berikut ini:

  • Tidak melakukan hubungan intim sesuai anjuran, yakni 78 kali dalam kurun waktu 6 bula 3 hari penuh.
  • Tidak bervariatif dalam hal posisi seks.
  • Seringnya menggunakan celana dalam yang ketat, khususnya pada pria.
  • Masih menggunakan pelumas tambahan yang tidak direkomendasikan.
  • Malas berkonsultasi ke dokter kandungan.
  • Menyepelekan perhitungan masa subur.
  • Hanya berhubungan seks saat masa subur berlangsung.

Tetap Lindungi Keluarga Kecilmu dengan Asuransi Kesehatan Terbaik

Nah itu tadi pembahasan mengenai cara sukses program hamil. Informasi tersebut bisa kamu jadikan acuan saat ingin memiliki momongan. Yang terpenting ketika menjalani program tersebut, kamu dan pasangan harus tetap sehat, bahkan saat menuju hari kelahiran.

Biar perlindungannya semakin maksimal, ada baiknya memang kalau kamu dan suami memiliki asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Di CekAja, asuransi kesehatan yang ditawarkan memiliki perlindungan lengkap dengan bantuan klaim cepat. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan penawaran hemat premi setahun 2 bulan.

Beberapa produk unggulan yang dimiliki CekAja untuk kategori asuransi kesehatan datang dari tiga perusahaan ternama, yaitu Asuransi Cigna, PFI Mega Life, dan Asuransi Ciputra Life.

Yuk, tunggu apalagi? Segera ajukan asuransi kesehatan dari CekAja.com agar program kehamilan yang dilakukan berjalan lancar bahkan hingga saat masa kelahiran tiba.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri