Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

7 Tempat Wisata untuk Perayaan Tahun Baru Anti-Mainstream

by lhmdi on 28 Desember, 2017

destinasi liburan_asuransi perjalanan - CekAja.com

Setiap tahunnya, berbagai macam perayaan tahun baru dilakukan dengan cara yang unik dan berbeda-beda. Hal yang paling umum dan sering kita lakukan adalah menjauh dari pusat Kota yang penuh dengan kepadatan dan kesibukan.

Jika kita selama ini melalui tahun baru hanya dengan membakar kembang api atau mendaki gunung, beberapa alternatif kegiatan wisata berikut ini akan memberikan kesan dan suasana pergantian tahun baru yang berbeda dari waktu sebelumnya.

 Jelajah pulau kecil di wisata Sukabumi

Pilihan pertama untuk merayakan tahun baru adalah berwisata di Sukabumi, Jawa Barat. Meskipun tidak sebesar kota Bandung, namun Sukabumi punya cerita-cerita menarik tentang tempat wisatanya. Terdapat sekitar delapan hingga sembilan wisata air terjun di Sukabumi seperti Curug Curug Sawer yang bisa dijadikan sebagai.

Selain itu, masih terdapat tempat-tempat wisata dengan dataran tinggi seperti Puncak Cikiara atau Mekarsakti hingga sebuah pulau kecil seperti Karang Deu yang masih banyak belum diketahui banyak orang.

Di sekitar tempat wisata seperti Curug atau dataran tinggi di Sukabumi bahkan dapat digunakan bagi kita yang ingin berkemah sambil merayakah tahun baru dengan suasana yang berbeda. Tertarik mencobanya?

Sekeping surga dari Tanjung Lesung

Sudah pernah mendengar tempat wisata bernama Tanjung Lesung? Jika belum terlalu familiar, Tanjung Lesung adalah salah satu tempat wisata yang akan dijadikan sebagai “The Next Bali” oleh pemerintah Indonesia.

Lalu, apa istimewanya tempat wisata yang satu ini untuk menikmati pergantian tahun? Dalam beberapa tahun terakhir, pengelola kawasan wisata ini menampilkan seni budaya hingga kuliner khas dari Banten yang selama ini mungkin masih belum banyak diketahui masyarakat.

Semua suasana ini masih akan ditambah dengan keindahan Tanjung Lesung yang memiliki pantai dengan pasir putih, batu-batu karang yang tidak teratur, sebuah kolam renang bersih yang menghadap ke pantai dan air laut yang sangat cantik.

Ketika malam pergantian tahun baru segera tiba kita bisa ikut larut dalam berbagai kegiatan yang diadalkan di tempat wisata ini seperti acara Barbeque, hingga pesta kembang api. (Baca juga: 7 Destinasi Wisata Lokal Mengisi Liburan Tahun Baru)

 Tahun baru dari Gunung Puntang, Bandung

Tahun baru di Bandung tidak hanya selalu di alun-alun, atau daerah Dago saja. Jika ingin melewati malam pergantian tahun baru adalah dengan Bikecamping di Gunung Puntang.

Gunung Puntang sendiri merupakan gugusan-gugusan dari Gunung Malabar. yang terletak di Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Bandung Selatan. Di tempat ini kita bisa menikmati liburan dengan cara bersepeda melewati trek gunung yang cukup menantang.

Mulai dari trek lurus, hingga trek yang berkelok dengan tikungan yang cukup tajam. Selama bersepeda, kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menarik di sekitar Gunung Puntang yang menyegarkan mata.

Jika sudah puas bersepeda dan bersiap menyambut tahun baru kita bisa melakukan kegiatan berkemah di Gunung Puntang sembari menikmati pergantian tahun dan melihat keriuhan pesta kembang api dari pusat kota Bandung.

Widget TRV Insurance

Pesta kembang api dari Tanjung Perak, Surabaya

Jika memilih berllibur di Surabaya, kita bisa merasakan suasana pergantian tahun yang berbeda dengan mengunjungi pelabuhan Tanjung Perak.

Meskipun berstatus pelabuhan kapal untuk perdagangan, namun ketika perayaan tahun baru, Tanjung Perak berbenah menjadi salah satu tempat untuk pesta kembang api.

Selain sangat dekat dengan laut lepas, semarak tahun baru di Tanjung Perak memberikan pengalaman yang berbeda, karena kita bisa melihat beberapa kapal-kapal pesiar yang sedang bersandar.

Selain itu, kita juga bisa berjalan menuju sebuah dermaga yang sengaja dibuat sebagai salah satu tempat untuk menikmati suasana pelabuhan dengan cara yang berbeda.

Jika waktu sudah menunjukkan pergantian tahun maka suara terompet akan bersahut-sahutan dengan suara kembang api hingga sirine pelabuhan untuk membuat suasana tahun baru yang lebih seru.

Melihat Milky Way dari Pantai Jungwok, Yogyakarta

Sebagian dari kita tentunya belum terlalu familiar dengan Pantai Jungwok yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Meskipun belum familiar, nmaun pantai ini merupakan salah satu tempat perayaan tahun baru yang yang bisa kita coba ketika sedang berlibur di Yogyakarta.

Pasir pantainya masih sangat putih. Di sekelilingnya lingkungan yang benar-benar asri masih benar-benar terjaga dengan baik. Bahkan pantai ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan lainnya. (Baca: Tempat Wisata Murah yang Harus Kamu Kunjungi di Yogyakarta)

Serunya di tempat ini setiap pengunjung yang datang bisa membangun tenda sendiri di pinggir pantai. Jadi, bagi yang ingin merayakan tahun baru dengan suasana yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Yogyakarta bisa memilih datang ke Pantai Jungwok ini.

Jika sudah tepat pukul 00.00 kita bisa menikmati suasana tahun baru yang berbeda. Kita dapat melihat suasana Milky Way dan Star Trail di langit sembari merayakan pergantian tahun dengan menyalakan kembang api.

Jika beruntung kita bahkan melihat warga di sekitar yang sedang memancing di kala air surut, seolah-olah melihat orang sedang berjalan di atas air laut.

Tahun baru dari puncak Umbul Sidomukti, Semarang

Ingin menikmati suasana tahun baru yang berbeda di Semarang? Kita bisa berkunjung ke Desa Umbul Sidomukti. Salah satu tempat menarik di desa ini adalah dengan kehadiran pondok kopi nya.

Sambil menunggu pergantian tahun baru kita bisa bercengkrama dengan keluarga atau teman-teman sambil ngopi-ngopi dan melihat pemandangan kerlap-kerlip lampu kota Semarang. (Baca juga: Liburan Akhir Tahun Jadi Lebih Hemat dan Aman dengan Cara Ini)

Jika pergantian tahun baru sudah tiba kita bisa melihat keriuhan pesta kembang api hingga sayup-sayup suara terompet dari kejauhan sembari menikmati berbagai jenis kopi dari Desa Umbul Sidomukti.

Tahun baru rasa Betawi di Setu Babakan

Tidak berencana kemana-mana saat tahun baru, atau hanya berada di Jakarta saja? Kita bisa mengunjungi Setu Babakan yang terletak di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dalam dua tahun terakhir, Setu Babakan merupakan salah satu pusat perayaan tahun baru di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Apa yang menarik saat merayakan tahun baru di Setu Babakan?

Di tempat ini kita tidak akan melihat suasana tahun baru yang penuh dengan tiupan terompet, namun diganti dengan sirine dari mobil pemadam kebakaran. Tidak ada pula peluncuran kembang api sebagai pertanda tahun baru tiba.

Namun, kembang api akan diganti dengan tabuhan bedug-bedug yang sudah berjejer rapi di Setu Babakan. Selain itu, masih ada keseruan lain yang bisa kita rasakan jika merayakan tahun baru di Setu Babakan.

Berbagai acara budaya Betawi akan dipadukan dengan berbagai acara modern seperti musik dan penampilan teater. Jangan lupa pula, khusus tahun baru kita akan menemukan surga kuliner khas Betawi.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.