7 Tips Memakai Kartu Kredit Limit Kecil

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Memakai kartu kredit memberikan banyak sekali kemudahan. Namun pada pemakai kartu kredit pemula, biasanya limit yang paling kecil terlebih dahulu yang diberikan oleh pihak bank. Limit awal ini menjadi salah satu hal yang dilihat oleh bank, apakah seorang pemegang kartu kredit layak mendapatkan pinjaman.

7 Tips Memakai Kartu Kredit Limit Kecil

Limit kecil kartu kredit berkisar antara Rp 2 hingga Rp 5 juta. Pada limit kecil ini, pengguna kartu kredit akan dilihat seberapa baik kemampuan membayar kartu kredit.

Jika kamu bisa melakukan pembayaran dengan tepat waktu, maka otomatis bank akan memberikan kepercayaan yang lebih dan kamu akan lebih mudah naik limit.

Hal ini tentu bakal menguntungkanmu.

Akan tetapi, bagi kamu yang sering melakukan transaksi besar mungkin bakal tidak mudah memakai kartu kredit dengan limit kecil.

Apalagi, jika kebutuhan besar yang diperlukan seperti modal usaha dan lainnya. Namun, kamu masih bisa menghemat anggaran dengan memakai kartu kredit limit kecil.

Sebelum itu, pastikan kartu kredit dan transaksi yang kamu lakukan dengan kartu kredit sudah sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini tips memakai kartu kredit limit kecil:

1. Mengetahui Jumlah Hutang

Pastikan kamu selalu mengetahui jumlah hutang yang ditagihkan setiap bulannya.

Dengan mengetahui jumlah hutang dan barang apa saja yang telah kamu beli, diharapkan kamu bisa mengontrol pengeluaran.

Mengetahui jumlah hutang juga akan membuat kamu lebih berhati-hati dalam bertransaksi.

Sebaiknya, jangan terlalu banyak hutang dan membeli sesuai dengan kebutuhan saja. Beberapa barang yang telah kamu beli biasanya diubah menjadi cicilan dan tenor cicilan menyesuaikan.

Jadi, akan lebih baik jika cicilan yang kamu lakukan itu bisa kamu bayarkan setiap bulannya. Setiap kartu kredit dengan proses pengajuan cepat pasti membuat banyak orang ingin memiliki kartu kredit.

Jangan sampai, kamu merasa terjebak dengan hutang hanya karena kamu tidak mengetahui pasti jumlah hutangmu.

Pastikan kamu membaca apa saja syarat dan ketentuan yang telah diberikan bank penerbit kartu kredit.

Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari status pembayaran yang tidak lancar. Pasalnya, jika pembayaran tidak lancar, namamu akan tercatat pada Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan.

SLIK ini adalah salah satu pertimbangan besar bagi penyedia jasa keuangan untuk memeriksa seseorang yang akan mengajukan permohonan pinjaman maupun kartu kredit.

Oleh karena itu, jangan sampai penggunaan kartu kredit tidak dikontrol, supaya tagihan tetap berjalan lancar.

Jangan lupakan transaksi apapun yang telah kamu lakukan. Pada beberapa bank penerbit kartu kredit sekarang ini memiliki fitur untuk melihat transaksi kartu kredit apa saja yang telah dilakukan dan bisa di cek secara online.

Namun, tidak semua bank memiliki fasilitas ini, jadi ada beberapa nasabah yang tidak bisa melakukan penelusuran histori transaksi yang telah dilakukan.

Jadi, akan lebih baik jika kamu memilih bank yang memiliki fasilitas ini, agar setiap transaksi tercatat secara terbuka.

Batasi transaksi kartu kredit jika ada hal yang tak terlalu darurat atau sangat penting.

Akan lebih baik jika kamu menyesuaikan dengan pemasukan agar pembayaran kartu kredit berlangsung tanpa halangan.

Dengan demikian, limit kartu kredit tidak mudah cepat habis.

2. Bayar Tepat Waktu

Selalu bayar tepat waktu tagihan kartu kredit. Jangan sampai terlewat dari tanggal jatuh tempo.

Sebab, jika terlewat tentunya kamu juga bakal mendapatkan denda. Hal ini akan menambah lagi pos pengeluaran kamu.

Bahkan, denda ini bisa diakumulasikan dari total tagihan dan berbunga sejak keterlambatan pembayaran berlangsung. Pasti nilai tagihanmu jadi makin membengkak, bukan?

Awalnya tagihan hanya sedikit, tapi dengan keterlambatan jadi tambah besar. Saat akan membayar pun jadi makin berat.

Untuk itu, kamu harus selalu mengetahui kapan tanggal jatuh tempo pembayaran kredit yang berlangsung.

Telat sedikit, pengeluaranmu bakal makin banyak. Misalnya, bunga yang ditarik sekitar tiga persen dari total tagihan.

Jika hutangmu Rp 2 juta, maka dalam sehari bunganya bisa mencapai Rp 60 ribu. Jika kamu terlambat sampai satu minggu, jumlah dari denda bakal mencapai Rp 420 ribu.

Jumlah yang cukup banyak dari total tagihan. Bayangkan jika lebih dari itu, bisa-bisa jumlah dendanya lebih banyak dari pokok hutang.

Kesalahan kecil yang berefek besar ini mesti kamu perhatikan. Jangan sampai kamu lupa dengan tanggal jatuh tempo kartu kredit.

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa melakukan autodebet dari rekening gajimu, agar kamu tidak terlambat membayar tagihan.

Namun, pastikan juga dana yang ada pada tabunganmu cukup untuk membayar tagihan. Sebab jika tidak, maka pembayaran kartu kredit mu bakal mengalami kendala.

3. Hindari Transaksi Hingga Overlimit

Setelah mengetahui besaran hutang setiap bulannya, dan berapa jumlah tagihan yang harus dibayarkan, serta mengingat tanggal jatuh tempo.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan juga adalah transaksi yang bisa overlimit. Sebaiknya kamu menghindari transaksi kartu kredit yang berlebihan hingga overlimit.

Sebab, kamu bisa terkena biaya over limit pada kartu kredit.

Belum tentu limit kartu kredit akan naik seketika, namun terlebih dahulu kamu bakal dikenai biaya overlimit.

Hal ini tentu bakal menambah pengeluaran dalam tagihanmu. Perlu kamu ketahui, limit dari kartu kredit biasanya akan menyesuaikan dari penghasilan.

Adapun akan lebih baik jika keuangan kamu membatasi maksimal 30 persen kredit dari total penghasilan atau pemasukan yang kamu peroleh.

Dengan demikian, keuanganmu bisa tetap sehat. Jika lebih dari itu, kamu bisa kesulitan membayar.

Jadi, ada baiknya limit kecil pada kartu kredit kamu gunakan dengan maksimal, tanpa overlimit.

4. Manfaatkan Promo Kartu Kredit dengan Bijak

Meski kartu kredit memiliki limit yang kecil, kartu kredit tetap punya promo yang cukup beragam.

Nah, kamu bisa memanfaatkan promo kartu kredit ini dengan bijak. Promo akan membuat kamu lebih hemat dalam pengeluaran.

Sebaliknya, jika kamu tergoda dengan semua promo, maka bukan hal yang tidak mungkin jika kamu malah memiliki tagihan yang membengkak.

Oleh karena itu, manfaatkan prom pada kartu kredit dengan bijak agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Baca syarat dan ketentuan pada promo yang sedang berlangsung dengan merchant yang telah bekerjasama tersebut, dengan teliti.

Hal ini bisa membuatmu terhindar dari pemakaian kartu kredit yang berlebihan. Limit kartu kredit kecil tetap punya banyak manfaat dengan promo dan cashback yang bisa kamu maksimalkan.

Pada kartu kredit limit kecil juga tetap ada poin rewards yang bisa kamu dapatkan dan kamu manfaatkan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk memanfaat poin rewards ini.

Pada beberapa kartu kredit, poin juga bisa ditukarkan dengan cashback maupun pembayaran iuran tahunan.

5. Bayar Tagihan dengan Penuh

Bayar tagihan kartu kredit mu dengan penuh, sesuai dengan jumlah tagihan. Hal ini akan membuat transaksi ke depan bakal makin lancar.

Sebaiknya jika tidak terpaksa atau kepepet sekali, jangan bayar tagihan dengan minimum pembayaran. Sebab, kamu justru akan menambah hutang lagi dengan banyaknya bunga yang ditagihkan.

Pembayaran minimum ini bakal membuat sisa dari hutangmu yang belum dibayar, terkena bunga lagi.

Jadi, nilai pembayaran pun bakal makin besar jika ada transaksi di luar sisa tagihan.

Maka jangan heran kalau tagihan bulan berikutnya akan berlipat-lipat dibandingkan tagihan sebelumnya.

Hal ini tentu bakal memiliki dampak yang kurang baik pada cash flow keuangan.

Meski limit kartu kredit kecil, jangan remehkan hal ini. Bayar tagihan secara penuh sebisa mungkin.

Jika kamu belum mampu, bayar sebagian dari nilai tagihan dan cepat-cepat lunasi saat kamu punya uang lebih.

Hal ini akan membuatmu terhindar dari lilitan hutang akibat bunga yang terus bertambah.

6. Hindari Tarik Tunai

Limit kartu kredit kecil bukan berarti kamu bisa melakukan tarik tunai dengan sesuka hati.

Perhatikan pada syarat dan ketentuan tarik tunai. Semua kartu kredit bakal memberlakukan biaya tarik tunai, sekitar 3 persen dari nilai tarik tunai.

Kamu bisa melakukan tarik tunai di beberapa minimarket yang membebaskan biaya tarik tunai atau charge jika kamu terpaksa dan sangat membutuhkan uang tunai.

Namun, biasanya jumlah tarik tunai lebih kecil daripada limit tarik tunai kartu kredit.

Ketimbang digunakan untuk tarik tunai, kartu kredit limit kecil lebih baik dipakai untuk membeli barang.

Lalu, kamu bisa mengubah transaksi dari pembelian barang tersebut menjadi cicilan. Dengan demikian, manfaat dari kartu kredit limit kecil ini bisa terasa lebih maksimal.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan kartu kredit dengan perencanaan keuangan yang baik. Hal ini akan menghindarkan kamu dari kesulitan finansial,

7. Gunakan Kartu Kredit Untuk Membayar Tagihan Bulanan

Kartu kredit limit kecil tetap memiliki fitur untuk pembayaran tagihan bulanan.

Agar kamu lebih mudah dalam melakukan pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, TV berlangganan, kartu pascabayar hingga tagihan telepon.

Sebaiknya, memanfaatkan fasilitas kartu kredit yang satu ini agar tagihan bulananmu jadi berada dalam satu pintu alias satu tagihan saja.

Hal tersebut tentunya bakal memberikan kamu kemudahan.

Oleh karena itu, kamu harus bisa memaksimalkan dari setiap fitur kartu kredit. Limit kartu kredit kecil bukan berarti tak memiliki fasilitas dan promo menarik.

Jadi, selalu ketahui apa saja fitur dan fasilitas dari kartu kredit limit kecil yang kamu miliki.

Jangan lewatkan berbagai kesempatan promo menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapat keuntungan dalam setiap transaksi menggunakan kartu kredit.

(Baca Juga: Ini Daftar Kartu Kredit BRI dengan Free Akses Lounge)

Selain bisa digunakan untuk membayar tagihan bulanan, pada beberapa kartu kredit limit kecil juga bisa kamu gunakan untuk belanja kebutuhan. Justru dengan limit yang kecil, kamu malah lebih mudah dalam mengatur keuangan agar tidak mudah kebobolan. Selain itu, dengan kartu kredit limit kecil, otomatis tagihan kartu kredit juga lebih kecil dan terjangkau. Dengan demikian, siklus keuangan bulanan kamu akan lebih terkontrol dan sehat. Jika kamu sudah terbiasa dengan kartu kredit limit kecil ini, kamu tetap bisa mendapatkan berbagai benefit.

Itulah beberapa tips memakai kartu kredit limit kecil yang bisa kamu terapkan agar anggaran keuangan kamu tetap sehat. Jangan lupa untuk selalu melihat transaksi yang telah kamu lakukan. Pilih kartu kredit limit kecil yang sesuai dengan kebutuhanmu di CekAja.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas