8 Hal Baik yang Bisa Dilakukan Saat Tahu Tetangga Kamu ODP Corona

4 min. membaca Oleh CekAja on

Banyak kepanikan yang terjadi saat di sebuah kawasan ada seseorang yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) karena virus Corona alias Covid-19. Tidak jarang muncul stigma negatif, sampai akhirnya orang tersebut dikucilkan.

Padahal asalkan ditangani dengan tepat, kamu tidak perlu takut jika mendapati tetangga sendiri berstatus ODP Corona. Simak 8 hal baik yang bisa kamu lakukan untuk mendukung kesembuhan orang tersebut sekaligus menjaga kesehatan lingkungan dan orang lain di sekitar kita:

1. Sarankan isolasi mandiri

Kalau di daerah kamu ada ODP, kamu bisa tetap berkomunikasi dengannya asal menggunakan masker dan menjaga jarak aman 2 meter. Namun pertemuan kamu dengannya hanya untuk hal yang sangat penting saja.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan isolasi diri sendiri bisa berlaku pada seseorang yang menunjukkan gejala Covid-19 yang berisiko sedang (midle risk), termasuk juga ODP.

Hal ini perlu dilakukan agar orang tersebut bisa beristirahat dengan cukup, membuat imun tubuh berangsur lebih baik dan meminimalisir orang lain tertular dari penyakit yang dialaminya.

Ditambah lagi, dokter juga akan menyarankan agar tetap berada di rumah, membatasi diri untuk bertemu orang lain, istirahat cukup, makan makanan bergizi serta mengonsumsi multivitamin.

Adapun ODP yang wajib melakukan isolasi mandiri adalah mereka juga yang mengalami demam, nyeri, batuk atau pilek, sakit tenggorokan, dan penyakit pernafasan lainnya.

2. Jalin komunikasi intens dengan ODP

Saat ada rekan, saudara, atau tetangga yang ODP dan tengah berada dalam isolasi mandiri, pastikan ada yang selalu memonitor gejalanya dengan intens berkomunikasi melalui aplikasi perpesanan singkat atau panggilan video.

Kamu juga perlu memastikan ada fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dihubungi apalagi bila tetangga ODP yang tengah mengisolasi mandiri mengalami susah bernapas, sakit atau nyeri di dada secara berkesinambungan, linglung hingga sulit untuk berkomunikasi, serta kebiruan pada wajah dan bibirnya.

3. Gotong royong memasok kebutuhan makanan ODP

Keharusan ODP untuk mengisolasi diri dan keluarganya secara mandiri, dipastikan akan mempersulit seluruh anggota keluarga tersebut untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Mereka tentu saja tidak bisa lagi berbelanja ke pasar untuk makan sehari-hari selama paling tidak 2 minggu.

(Baca juga: Menyusul Jakarta, 4 Wilayah Ini Juga Akan Lakukan Pembatasan Sosial)

Oleh karena itu, sebagai tetangga yang baik maka sudah menjadi kewajiban kamu dan warga lain di sekitar tempat tinggal untuk bergotong royong memasok kebutuhan makanan keluarga ODP tersebut.

4. Anjurkan untuk banyak minum air putih dan makan bergizi seimbang

Selain multivitamin dan minum obat sesuai gejala, sangat penting bagi ODP untuk banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Air putih sangat penting agar mulut dan tenggorokan kita selalu lembap, sehingga dianjurkan minum air setiap 15 menit sekali.

Sedangkan makanan dengan gizi seimbang dimaksudkan agar imunitas terjaga dengan memenuhi standar nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Jadi pastikan makanan yang kamu pasok untuk membantu proses isolasi mandiri keluarga ODP sudah memenuhi standar kecukupan gizi ya.

5. Tingkatkan prosedur pencegahan Corona

ODP bukan berarti dipastikan positif Corona, oleh karena itu langkah-langkah pencegahan harus tetap dijalankan di lingkungan kamu bahkan kalau perlu ditingkatkan. Contoh mudahnya, adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Karena tengah berada di rumah alangkah lebih baik cuci tangan dengan sabun dibandingkan dengan hand sanitizer.

Sediakan fasilitas cuci tangan sederhana di area pintu masuk komplek perumahan kamu secara bergotong royong, lengkap dengan keran air yang selalu mengalir serta sabun untuk mencuci tangannya.

Kamu bisa memanfaatkan kartu kredit Citibank untuk membeli stok sabun tersebut, sehingga harga yang kamu bayarkan bisa lebih murah. Kok bisa? Pasti bisa dong, karena Citibank memanjakan pemegang kartu kreditnya dengan beragam diskon dan promo menarik yang bisa digunakan untuk berbelanja.

Kalau kamu belum punya kartu kredit Citibank, segera ajukan sekarang juga lewat CekAja.com ya. Prosesnya cepat, dan syaratnya mudah.

Promo Lengkap Citi Rewards Card, Dari Berbelanja Hingga Jalan-jalan

Selain itu, tutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk menggunakan tisu atau siku bagian dalam. Setelah itu langsung buang tisu di tempat sampah tertutup dan bersihkan tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer.

Jaga jarak sosial setidaknya 1 meter dari orang lain, terutama dari mereka yang demam, batuk, dan bersin. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan. Jika mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera cari perawatan medis.

6. Rajin bersihkan barang pribadi

Hindari penggunaan barang pribadi secara bersama-sama, termasuk gelas minum, peralatan makan, handuk atau bahkan tempat tidur. Cuci barang-barang ini dengan seksama setelah digunakan.

Tidak lupa, selalu bersihkan semua barang yang disentuh seperti meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, dan meja samping tempat tidur.

(Baca juga: Cara Memilih Asuransi yang Tepat Saat Wabah Corona)

Bersihkan pula segala permukaan yang mungkin terkontaminasi dengan darah, tinja atau cairan tubuh apa pun. Bagian ruang di rumah harus memiliki aliran udara yang baik, gunakan AC atau jendela yang terbuka.

Usahakan untuk membatasi kontak dengan hewan peliharaan, ada kemungkinan kecil manusia dapat menularkan penyakit ini ke anjing atau hewan peliharaan lainnya. Meskipun hanya satu kasus penularan semacam itu telah dilaporkan yaitu pada anjing Pomeranian di Hong Kong yang hidup dengan seorang wanita yang didiagnosis menderita Covid-19.

7. Semprot desinfektan

Penyemprotan desinfektan boleh dilakukan meski tidak begitu banyak manfaatnya karena yang terpenting tetap menjaga jarak. Misalnya, lakukan sekali saja di lingkungan tempat tinggal saat ada ODP.

Berdasarkan penelitian diketahui kalau menggunakan cairan desinfektan untuk membersihkan permukaan berisiko lebih tinggi terkena penyakit paru obstruktif kronis. Sedangkan berdasarkan penelitian pada 2017 lalu paparan desinfektan dikaitkan dengan munculnya asma pada orang dewasa di Jerman. Kedua penelitian tersebut berhubungan dengan paparan desinfektan jangka panjang atau selama bertahun-tahun.

Sementara itu ada juga peringataan perihal bahaya pencemaran lingkungan dari menyemprotkan cairan desinfektan berulang kali pada permukaan luar ruangan seperti ruas jalan, lapangan, atau halaman rumput.

8. Beri dukungan

Stres juga bisa membuat imun tubuh menurun, oleh karena itu saat ada ODP disekitar ada baiknya juga didukung secara moral. Di saat seperti ini, banyak berita buruk bersliweran yang sangat mungkin menjadi beban pikiran banyak orang. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mendukung dan memberikan energi positif bagi rekan atau tetangga yang ODP di sekitar kamu.

Selalu jaga kesehatan yaaa!

Tentang kami

CekAja

CekAja