Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

8 Jenis Buah-buahan yang Bermanfaat Meredakan Stres

by lhmdi on 4 November, 2017

Buah-buahan Penghilang Stres - CekAja

Stres berlebihan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan hal buruk bagi tubuh. Ada beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk meredakannya. Apa saja?

Berbagai penelitian sudah mengungkapkan, stres disebabkan oleh peningkatan hormon yang ada dalam tubuh kita, khususnya hormon adrenalin dan kortisol. Dua hormon ini sebenarnya tidak berbahaya dan bermanfaat bagi tubuh. Namun saat stes, hormon-hormon tersebut menjadi berlebihan dan naik kadarnya.

Contohnya hormon kortisol yang sebenarnya memiliki fungsi untuk membantu tekanan darah dan membangun sistem kekebalan tubuh. Di saat stres, hormon ini akhirnya menjadi tinggi dan menyebabkan gangguan tidur, dan mendorong kenaikan gula darah dan berat badan.

Itulah sebabnya, tanpa sadar, di saat stres terkadang kita ingin banyak makan. Sebab hormon kortisol memberitahu tubuh agar lebih banyak menerima asupan kalori. Lebih berbahaya lagi bila peningkatan konsumsi makan terjadi untuk makanan-makanan yang tidak sehat atau junk food.

Tapi jangan khawatir. Sebab beberapa jenis buah-buahan yang akan disebutkan di bawah ini memiliki manfaat yang mampu meredakan stres.

Pasalnya, kandungan yang ada di dalamnya bisa meredakan beberapa peningkatan zat merugikan yang disebabkan oleh stres. Apa saja buah yang dimaksud, berikut adalah daftarnya;

1. Citrus

Buah yang terlihat seperti jeruk ini ternyata juga ampuh untuk meredakan stres. Namun caranya adalah dengan tidak memakan buah ini, melainkan dengan menghirupnya.

Sebuah studi yang dilakukan di Brazil pada tahun 2015 menyebutkan ketika peserta penelitian menghirup buah citrus selama 10 menit dan kemudian diuji dengan sebuah tes stres, hasilnya adalah tidak terlihat susana tegang, depresi binggung dan mood yang buruk.

Meskipun penelitian ini masih dikembangkan, namun setidaknya bisa menjadi rekomendasi bahwa manfaat buah-buahan dari kelompok citrus merupakan salah satu jenis buah yang mampu meredakan ketegangan atau menurunkan kadar stres pada manusia.

2. Alpukat

Buah yang biasanya diubah menjadi minuman berupa jus ini ternyata cukup ampuh meredakan stres. Pertama, alpukat kaya akan vitamin B. Kandungan vitamin B inilah yang mampu meredakan hingga menghilangkan rasa stres pada manusia.

Selain itu, alpukat memiliki kandungan glutathione, yaitu senyawa yang menghadang serapan lemak di dalam tubuh. Nah, kandungan di dalam alpukat ini mampu menyerap lemak yang di dalam tubuh dan dapat hilangkan stres.

Sebagai tambahan untuk kesehatan tubuh, alpukat juga mengandung  vitamin E, Folat, hingga beta-karoten yang baik untuk membantu membuat kondisi daya tahan tubuh untuk lebih kuat ketika stres mulai datang.

3. Buah berry

Kita pastinya pernah mendengar nama buah berry. Jenis buah-buahan yang paling sering kita dengan dari kelompok ini adalah blueberry, raspberry hingga strawberry.

Jenis dan manfaat buah-buahan dari semua berry ini memiliki  kandungan antosianin yang bermanfaat untuk menyegarkan kognitif otak sehingga mampu meredam stres.

Jika rajin mengonsumsi buah berry dengan jumlah yang tepat, maka secara alami tubuh manusia pun mampu terhindar dari stres. Bahkan semua buah berry mampu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Kandungan serat yang banyak dalam buah berry juga bisa membuat kita mampu menahan rasa lapar, sehingga membantu manusia untuk mengonsumsi makanan tidak sehat yang justru dapat memicu terjadinya stres.

4. Jeruk

Berbagai macam penelitian mengungkapkan bahwa stres yang berlebihan dapat mengurangi kadar vitamin C di dalam tubuh. Hasilnya bisa berpengaruh pada daya tahan tubuh.

Jika ini terus terjadi bakteri dan virus akan mudah masuk ke dalam tubuh dan membuat kita bisa jatuh sakit. Namun, dengan buah jeruk semua hal-hal buruk tadi bisa dihindari.

Kehadiran vitamin C pada jeruk mampu mengurangi penyebab fisik dan psikologis yang buruk akibat stres.

5. Yogurt

Bakteri jahat yang tidak kasat mata merupakan salah satu faktor yang dapat memicu stres muncul di dalam tubuh.

Berbagai macam penelitian pun mengungkapan bakteri jahat ini bekerja menganggu otak dan mengirimkan sinyal menuju usus sehingga munculah gejala gangguan pencernaan.

Ketika terus dibiarkan akhirnya gangguan pencernaan menjadi penyebab kenapa stres hinggap di tubuh manusia. Untuk mengatasi ini terdapat satu jenis buah yang ampuh menghadang stres.

Probiotik di dalam buah yogurt ternyata mampu mengendalikan otak untuk mengontrol emosi termasuk stres.

6. Pisang

Ketika stres, jantung bisa saja berdetak lebih cepat dari biasanya. Hal ini dapat  membuang kalium di dalam tubuh lebih cepat. Disinilah pisang berperan meredakan stres.

Kandungan kalium yang tinggi pada pisang akan melancarkan pengiriman oksigen ke otak, sehingga merangsang otak untuk berpikir dengan tenang dan menetralisir kerja jantung agar berdetak kembali normal.

Tidak hanya itu, kandungan asam triptophan yang dimiliki pisang dapat diubah menjadi serotonin ketika dikonsumsi oleh tubuh.

Nah, zat serotonin ini sendiri dikenal sebagai zat yang mampu mengubah suasana hati manusia. Jika suasana hati sedang berada dalam tekanan dan bisa berujung stres, maka setelah mengonsumsi pisang sertonin akan menyebar di dalam tubuh dan mengatur pikiran serta hati menjadi lebih tenang.

Terakhir, kandungan vitamin B6 yang tersimpan di dalam pisang juga mampu mengubah mood manusia dari negatif menjadi positif.

7. Semangka

Dehidrasi merupakan salah satu hal yang mampu memicu sakit kepala. Jika ini terus dibiarkan bukan tidak mungkin dehidrasi akan menyerang tubuh manusia dan bisa menimbulkan stres.

Agar tehindar dari dehidrasi, semangka adalah jenis buah-buahan yang tepat untuk dikonsumsi. Kandungan air atau mineral di dalam buah ini sangat tinggi.

Selain itu, semangka juga memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah tinggi dibandingkan dengan jeruk dan sangat tepat dikonsumsi ketika gejala stres mulai dirasakan muncul di dalam tubuh.

8. Tomat

Selama ini, berbagai penelitian mengungkapkan bahwa tomat adalah jenis buah-buahan yang mampu menurunkan risiko kanker prostat dan jantung melalui zat bernama lycopene.

Namun, lycopene juga memiliki fungsi lain yaitu melindungi kesehatan mental dan fisik manusia dari stres.

Selain itu, tomat juga memiliki kandungan vitamin C serta pigmen merah yang mampu meningkatkan senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh. Jika ini terjadi, maka tomat mampu mengolah antioksidan di dalam tubuh lebih baik dan merangsang pikiran manusia untuk lebih bahagia dan terhindar dari stres.

Yuk, kita konsumsi jenis buah yang sudah disebutkan tadi. Dibanding karena stres akhirnya kita terkena penyakit serius dan membuat beban biaya kesehatan yang bikin bangkrut.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.