8 Keuntungan Kredit Mobil Bekas untuk Kamu yang Memiliki Dana Terbatas

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Punya rencana untuk beli mobil? Ketahui dulu beberapa keuntungan kredit mobil bekas yang akan kita bahas kali ini.

Memang tak dapat dipungkiri bahwa mobil sungguh memberikan kemudahan kita dalam bermobilitas.

Dengan bangku yang nyaman dan ber AC, kehadiran mobil setidaknya mampu memberikan kenyamanan, baik itu bagi pengendara maupun penumpang, dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum.

Ditambah lagi di saat pandemi Covid-19 masih mewabah di Indonesia hingga saat ini, banyak orang yang merasa lebih aman dan nyaman mengendarai kendaraan pribadi, karena bisa dengan mudah menjaga kehigienisan sekaligus mengurangi adanya kontak fisik dengan orang asing.

(Baca Juga: 7 Tips Beli Mobil Bekas Secara Kredit)

Akan tetapi, harga mobil yang cukup mahal seringkali menjadi kendala untuk sebagian orang yang belum memiliki kondisi finansial yang mumpuni.

Kabar baiknya, saat ini ternyata hampir semua orang sudah bisa membeli mobil. Mengapa? Karena adanya mobil bekas yang bisa dibeli dengan harga yang lebih murah serta fasilitas kredit, yang memungkinkan masyarakat untuk membeli mobil dengan cara mencicil.

Lantas, bagaimana jika ternyata kamu bisa melakukan kredit untuk mobil bekas? Tentunya hal ini akan sangat meringankan beban keuangan kamu, bukan?

Nah, untuk kamu yang saat ini masih ragu untuk membeli mobil bekas, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa keuntungan kredit mobil bekas yang mungkin perlu kamu ketahui. Yuk disimak bersama!

Keuntungan Kredit Mobil Bekas

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa keuntungan kredit mobil bekas, yaitu adalah sebagaimana berikut ini:

1. Langsung Mendapatkan Mobil Meski dengan Uang Terbatas

Keuntungan kredit mobil bekas yang paling pertama akan kita bahas adalah, kamu bisa langsung membawa pulang mobil meskipun hanya memiliki uang yang terbatas.

Hal inilah yang seringkali menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk membeli mobil secara kredit.

Perlu diketahui bahwa kredit mobil ini tidak hanya berlaku pada mobil baru saja, melainkan juga mobil bekas.

Sehingga, ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat yang masih belum memiliki uang yang cukup untuk tetap memiliki mobil.

Dilansir dari otospector.co.id, secara psikologis ternyata banyak orang yang ketika membeli mobil bekas secara kredit justru terasa lebih menyenangkan dan ringan.

Hanya dengan jumlah uang yang terbatas, kamu sudah bisa pulang dengan mengendarai mobil yang dipilih.

2. Bisa Memilih Kualitas Sesuai dengan Dana yang Dimiliki

Keuntungan kredit mobil bekas selanjutnya adalah, kamu bisa memilih kualitas mobil yang dapat disesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Saat ini, sudah semakin banyak mobil-mobil bekas yang bisa kamu jadikan pilihan. Sehingga, kamu bisa dengan mudah memilih mobil sesuai dengan keinginan dan budget.

Jika beruntung, tentunya tak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang bagus namun dengan harga yang cukup miring.

Sebab, pabrik mobil rajin mengeluarkan mobil-mobil dengan tipe terbaru yang membuat para pemilik mobil menjual mobil lama mereka untuk menggantinya dengan yang baru.

Hal ini membuat bursa mobil bekas dengan kondisi yang masih sangat baik menjadi semakin melimpah.

3. Angsuran yang Ringan

Tak dapat dipungkiri bahwa angsuran yang ringan merupakan salah satu keuntungan kredit mobil bekas yang seringkali menjadi pertimbangan banyak orang.

Selain harganya yang relatif lebih murah dibandingkan mobil baru, kamu pun juga bisa memilih jangka waktu pembayaran dan jumlah cicilan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan. Sehingga, kamu sudah tidak perlu khawatir lagu perihal membayar cicilan.

4. Persyaratan yang Mudah

Persyaratan yang mudah, proses yang cepat, dan bisa membayar secara mencicil. Siapa sih yang tidak mau?

Salah satu keuntungan kredit mobil bekas, kamu hanya perlu mempersiapkan uang yang dimiliki untuk membayar DP serta membawa beberapa berkas persyaratan yang diperlukan.

Umumnya, hampir semua pembelian mobil bekas secara kredit memerlukan dokumen berupa fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK), Slip Gaji, dan Rekening koran 3 bulan terakhir saja.

Pada nantinya, berkas-berkas tersebut akan dijadikan sebagai jaminan apabila kamu memang benar-benar ingin mengajukan kredit.

Selain itu, slip gaji juga diperlukan untuk menjadi bukti mengenai kesanggupan kamu dalam membayar cicilan dan tidak memiliki masalah keuangan.

Nah, setelah semua data sudah lengkap dan disetujui, maka kamu hanya perlu menandatangani perjanjian kredit dan mobil bisa langsung dibawa pulang.

5. Tidak Perlu Menunggu Ketersediaan Mobil

Keuntungan kredit mobil bekas selanjutnya adalah, kamu tidak perlu menunggu ketersediaan mobil.

Para pembeli mobil baru biasanya akan dimasukan ke daftar inden terlebih dahulu apabila mobil yang mereka inginkan belum tersedia.

Namun, hal ini pastinya tidak berlaku untuk kamu yang ingin membeli mobil bekas. Yang perlu kamu lakukan hanyalah datang ke showroom dan memilih mobil dengan merek dan tipe yang kamu inginkan.

Tanpa dipusingkan dengan persyaratan yang rumit seperti melakukan kredit mobil baru, kamu sudah bisa membawa unit mobil secara langsung lho.

6. Tidak Perlu Takut Harga yang Jatuh

Umumnya, orang membeli mobil baru dengan mempertimbangkan harga jualnya kembali. Sebab, ada beberapa jenis mobil dengan harga yang lumayan mahal, justru dibanderol dengan harga yang sangat jauh lebih murah ketika dijual kembali.

Nah, hal ini tidak perlu kamu khawatirkan ketika membeli mobil bekas. Sebab, umumnya mobil bekas memang sudah memiliki harga yang lebih murah dibandingkan mobil baru.

Dilansir dari situs garasi.id, penyusutan harga pada mobil baru dalam lima tahun pertama biasanya sekitar 15%-20%.

Sementara itu, untuk menjual mobil bekas, penyusutan harga relatif tidak terlalu signifikan, karena dapat disesuaikan dengan kondisi terkini dari mobil tersebut ketika dijual.

Apabila kondisi mobil masih cukup bagus, maka tidak menutup kemungkinan penyusutannya tidak terlalu jauh dari sebelumnya.

7. Bisa Mendapatkan Mobil Jenis Baru dengan Harga Murah

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, seringnya pabrik mengeluarkan mobil jenis baru, umumnya membuat para pemilik mobil rela menjual mobil mereka untuk menggantinya dengan yang baru.

Nah, dikarenakan hal inilah, tak jarang banyak mobil-mobil jenis baru dengan kondisi yang masih sangat baik justru dijual dengan harga yang lebih rendah, karena sudah termasuk ke dalam jajaran mobil bekas.

Ini tentunya membuat kamu bisa dengan mudah mendapatkan mobil keluaran terbaru dengan harga yang miring.

8. Mendapatkan Asuransi

Keuntungan kredit mobil bekas yang terakhir dan tak boleh dilewatkan adalah, kamu juga bisa mendapatkan asuransi.

Umumnya, membeli mobil secara kredit akan diarahkan untuk langsung mengasuransikannya. Bahkan, tak jarang pula ada mobil bekas yang memang sudah memiliki asuransi.

Dengan begini, kamu hanya tingga perlu melanjutkan pembayarannya saja. Apabila terjadi masalah maupun kerusakan yang terdapat pada mobil, kamu juga tak perlu pusing lagi untuk membayar reparasi atau perbaikan, sebab pihak asuransi yang akan mengcover sebagian biaya yang dibutuhkan.

(Baca Juga: 7 Mobil Bekas Tahun Muda Di Bawah Rp100 Juta)

Nah, apabila kamu belum memiliki asuransi kendaraan ketika membeli mobil bekas, kamu juga bisa kok segera mengasuransikannya melalui CekAja.com.

Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, pendaftaran juga bisa dilakukan secara online sepenuhnya, sehingga proses pengajuan menjadi lebih cepat dan menghemat waktu. Kamu bahkan juga bisa melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun lho.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kendaraanmu di CekAja.com agar berkendara menjadi lebih nyaman dan aman.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha