9 Manfaat Buah Tin, Buah dari Surga yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat buah Tin ternyata sangatlah baik bagi kesehatan tubuh. Sebab, selain disebut di dalam Al-Quran dan bahkan mendapatkan julukan sebagai ‘Buah Surga’, buah Tin juga mengandung beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, diantaranya seperti mineral, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B, kalium, zat besi, hingga bersifat antioksidan.

Melihat banyaknya kandungan yang terdapat di dalam buah dengan kulit berwarna ungu gelap dan daging berwarna merah ini, tentunya manfaat buah Tin sama sekali tidak boleh diremehkan, bukan?

(Baca Juga: 11 Manfaat Buah Pir)

Untuk kamu yang penasaran, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejumlah manfaat buah Tin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Kandungan Buah Tin

Sebelum kita membahas tentang beberapa manfaat buah Tin, alangkah lebih baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu tentang kandungan yang terdapat di dalam buahnya itu sendiri.

Buah dengan nama ilmiah Ficus carica ini dulunya banyak tumbuh di daerah Asia Barat dengan memiliki rasa yang manis.

Diketahui sudah ada sejak zaman dahulu kala, buah ini bahkan juga disebutkan di dalam Al-Quran, yang mana di dalam sebuah hadist, Tin merupakan salah satu buah yang diturunkan dari surga.

Dikarenakan hal itulah, buah ini juga seringkali dijuluki sebagai ‘Buah Surga’. Tak hanya itu, nyatanya manfaat buah Tin juga dinilai sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari situs doktersehat.com, buah yang juga bisa disebut sebagai buah Ara ini memiliki kandungan mineral meliputi tembaga, kalium, zat besi, mangan, magnesium, kalsium, zinc, sodium, dan selenium.

Bukan hanya itu, buah ini turut mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah Tin turut mengandung fitonutrien dalam bentuk karotenoid berupa beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang sangat berguna bagi senyawa antioksidan.

Untuk kamu yang sedang menjalankan diet, buah Tin juga bisa dikonsumsi karena merupakan salah satu buah yang tidak memiliki kandungan lemak dan rendah akan kalori.

Manfaat Buah Tin

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat buah Tin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, yaitu adalah:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah Tin yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan serta mengobati berbagai permasalahan yang berhubungan dengan pencernaan, seperti sembelit.

Hal tersebut dikarenakan buah satu ini memiliki kandungan serat yang dapat berfungsi sebagai prebiotik.

Serat tersebut akan mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Dilansir dari situs orami.co.id, buah Tin merupakan salah satu buah dengan kandungan serat yang tinggi, sehingga hal tersebut bisa membantu pergerakan usus yang sehat dan mengurangi penyakit sembelit.

Hal ini mampu menambah massa pada tinja serta meningkatkan kelancaran perjalanannya ke seluruh tubuh, yang bisa menenangkan sistem pencernaan.

Untuk bisa mendapatkan manfaat buah Tin satu ini, kamu hanya perlu merendam 2 – 3 buah tin dalam air semalaman dan konsumsilah bersamaan dengan madu keesokan paginya.

2. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil

Manfaat buah Tin selanjutnya adalah untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, bahwa buah Tin memiliki kandungan serat yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Sebab, serat tersebut bisa membantu dalam melancarkan metabolisme tubuh dan pencernaan.

Oleh karena itu, tak jarang bahwa buah satu ini seringkali direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah berat badan, seperti kegemukan atau bagi orang yang sedang menjalankan program diet.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang paling banyak menjadi penyebab kematian di dunia.

Maka dari itu, menjaga kesehatan jantung sejak dini memang sangat perlu untuk dilakukan. Nah, mengkonsumsi buah tin nyatanya dapat membantu dalam menekan kadar lemak dalam darah sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit jantung yang bisa memberikan akibat yang fatal.

Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan yang terdapat di dalam buah tin mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh lho.

Perlu diketahui bahwa kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah bisa menyebabkan terbentuknya plak yang memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung.

4. Mengatasi Sembelit

Manfaat buah Tin selanjutnya adalah untuk mengatasi sembelit. Hal tersebut dikarenakan, kandungan serat yang terdapat di dalam buah Tin bisa membantu dalam meningkatkan fungsi usus yang sehat dan teratur serta mencegah terjadinya sembelit.

Tak hanya itu, kandungan serat yang tinggi tersebut juga bisa membantu dalam mengatasi diare serta pergerakan usus yang tidak sehat atau tidak teratur lho.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Ternyata, penyakit kanker yang dikenal sangat berbahaya bisa dicegah sejak dini hanya dengan mengkonsumsi buah Tin.

Buah Tin memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal efek negatif dari radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh, salah satunya seperti perkembangan penyakit kanker.

Dilansir dari situs alodokter.com, terdapat sebuah penelitian yang menunjukan bahwa ekstrak buah Tin memiliki aktivitas kanker yang bisa bekerja pada sel kanker payudara.

Tak hanya itu, kandungan enzim proteolitik yang terdapat di dalam buah Tin juga dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan kanker di lambung.

6. Kesuburan

Manfaat buah Tin selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah kesuburan, baik itu bagi pria maupun wanita.

Untuk pria, buah Tin diketahui mampu mengatasi kemandulan, yaitu dengan meningkatkan jumlah motilitas sperma.

Sedangkan untuk wanita, manfaat buah Tin bisa membantu dalam mengontrol ketidakteraturan menstruasi dan ketidakseimbangan hormon.

Namun, tentu saja manfaat buah Tin satu ini juga perlu didukung oleh pola makan yang sehat untuk bisa merasakan dampaknya.

7. Mengatasi Anemia

Manfaat buah Tin yang selanjutnya akan kita bahas adalah, fungsinya yang bisa membantu dalam mengatasi gejala anemia.

Anemia itu sendiri umumnya bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Nah, kandungan zat besi ini dimiliki oleh buah Tin, yang bisa membantu dalam memproduksi sel darah merah, sehingga kadar eritrosit pun akan naik.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Buah Tin memiliki sifat antioksidan yang dinilai baik untuk menjaga sel kulit, mengurangi kerusakan kolagen, serta memperbaiki kerutan pada kulit.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa krim yang terbuat dari ekstrak buah Tin yang dioleskan sebanyak dua kali dalam sehari selama dua kali seminggu bisa efektif dalam mengobati gejala dermatitis atau kulit kering atau gatal akibat alergi.

Tak hanya itu, kombinasi ekstrak buah Tin bahkan juga terbukti memberikan efek antioksidan pada sel kulit, mengurangi kerusakan kolagen, serta menghindari kulit keriput, alias awet muda.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Nah, manfaat buah Tin yang akan kita bahas terakhir adalah fungsinya untuk menjaga kesehatan tulang.

Buah Tin diketahui mengandung kalsium, kalium, dan magnesium yang semuanya bisa membantu dalam menjaga kesehatan tulas.

Dilansir dari situs orami.co.id yang turut mengutip dari Huffington Post, mengungkapkan bahwa buah Tin bisa meningkatkan kepadatan tulang sekaligus mengurangi kerusakan pada tulang karena bertambahnya usia seseorang.

Selain menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium juga bisa membantu perkembangan tulang dan gigi janin serta ibu.

Oleh karena itu, ibu hamil seringkali direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah Tin, untuk memperkuat tulang yang membuat tubuh menjadi lebih bugar dan kuat hingga menuju hari perkiraan lahir.

Jadi, itulah beberapa manfaat buah Tin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, walaupun kamu sudah bisa melakukan pencegahan dengan mulai menjaga pola makan, bukan berarti asuransi kesehatan sama sekali tidak diperlukan.

(Baca Juga: 10 Jenis Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas)

Sebab, asuransi kesehatan bukan untuk menyembuhkan penyakit, namun lebih kepada perlindungan finansial apabila suatu saat kamu mengalami masalah kesehatan yang diharuskan untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan di rumah sakit.

Memang tak dapat dipungkiri bahwa biaya rumah sakit kerap meningkat dari tahun ke tahun. Sedangkan di sisi lain, kita semua tidak ada yang bisa memprediksi kapan masalah kesehatan akan datang.

Dikarenakan hal itulah, asuransi kesehatan tetap perlu dilakukan sebagai salah satu bentuk ‘berjaga-jaga’ apabila suatu saat masalah kesehatan datang.

Nah, apabila kamu belum memiliki asuransi kesehatan, segera ajukan saja di CekAja.com. Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, pendaftaran juga dapat dilakukan secara online lho, sehingga membuat proses pengajuan menjadi lebih cepat dan menghemat waktu. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lindungi diri bersama asuransi kesehatan dari CekAja.com.