11 Manfaat Buah Pir yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

6 min membaca Oleh Kyla Damasha on

Sudahkah kamu mengetahui tentang manfaat buah pir? Buah berwarna hijau yang banyak tumbuh di negara Eropa dan Asia ini memang disukai karena rasanya yang manis.

Namun, siapa sangka bahwa dibalik rasanya yang lezat, ditemukan pula sederet manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

(Baca Juga: 10 Jenis Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas)

Nah, bagi kamu yang gemar mengkonsumsi buah, tak ada salahnya untuk menambahkan buah pir ke dalam deretan menu diet sehari-hari.

Lantas, apa saja sih manfaat buah pir? Yuk kita simak saja pembahasannya berikut ini!

Kandungan Buah Pir

Buah pir memang tidak seterkenal Apel, Pisang, atau Mangga, yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Akan tetapi, buah satu ini mengandung sederet nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Dilansir dari GoodDoctor.com yang turut mengutip dari BBC Good Food, buah pir mengandung 11,3 gram karbohidrat yang semuanya merupakan gula alami, 0,3 gram protein, dan 0,1 gram per 100 gram lemak.

Tak hanya itu, dengan kandungan kalori yang relatif sangat rendah, yaitu 44 kkal, tentunya buah ini juga aman dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

Selain kandungan yang baru saja disebutkan tadi, baik itu buah pir hijau maupun kuning, keduanya merupakan sumber serat yang baik, yaitu dengan 2,7 gram per 100 gram.

Tidak sampai disitu, buah pir juga memiliki kandungan pantotenat, kilin, zat besi, kalsiu, fosfor, kalium, seng, dan selenium.

Masih dilansir dari situs GoodDoctor.com yang mengutip dari Healthline, buah pir mengandung vitamin C dan K yang setidaknya mampu memenuhi hingga 12 persen dari total kebutuhan harian nutrisi manusia.

Manfaat Buah Pir

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat buah pir yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, yaitu adalah:

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat buah pir yang pertama adalah menjaga sistem pencernaan tubuh. Hal ini diakibatkan karena kandungan serat yang terdapat di dalamnya.

Selain itu, buah pir juga mengandung sekitar 84 persen air, yang bisa membantu dalam menjaga pencernaan dari racun dan membuat kotoran menjadi lebih mudah untuk keluar.

Dilansir dari merdeka.com, terdapat studi pada tahun 2015 silam yang menunjukan bahwa manfaat buah pir bisa didapat dari kandungan serat dan gula alaminya.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Nah, manfaat buah pir selanjutnya adalah fungsinya yang bisa mencegah salah satu penyakit paling berbahaya, yaitu penyakit jantung.

Sama halnya seperti point sebelumnya, manfaatnya yang dapat mencegah penyakit jantung juga didapat dari kandungan seratnya yang tinggi.

Tak hanya itu, mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah pir juga dinilai mampu mengurangi risiko penyakit stroke hingga mencapai 50 persen lho.

3. Menyehatkan Usus

Menjaga kesehatan usus juga merupakan salah satu manfaat buah pir yang tak boleh diremehkan begitu saja.

Sebab, buah pir kaya akan serat pektin dan probiotik yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi.

Perlu diketahui bahwa satu buah pir berukuran sedang diperkirakan mengandung kurang lebih 6 gram serat, yang bisa memenuhi sekitar 22 persen dari kebutuhan serat serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi buah pir sangatlah bagus. Karena ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, maka hal tersebut juga bisa sekaligus membantu dalam melancarkan pencernaan.

Ketika pencernaan tubuh sudah menjadi lancar, maka perasaan kenyang pun juga akan meningkat dan keinginan untuk ngemil pun akan berkurang.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah pir selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, yang diakibatkan dari kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya.

Selain itu, kandungan flavonoid yang tinggi, yang disertai dengan vitamin K dan tembaga, membuat buah ini juga dinilai ampuh dalam melawan peradangan, sehingga tubuh menjadi terasa lebih fit dan tidak mudah terkena berbagai jenis penyakit dan virus.

5. Mempercepat Detoksifikasi

Buah pir memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga bisa membantu untuk mempermudah dalam mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh.

Dilansir dari GoodDoctor.com yang turut mengutip dari penelitian yang dimuat di dalam NCBI pada tahun 2015 silam, buah pir memiliki efek pencahar yang berasal dari kandungan serat dan fruktosa yang tinggi.

6. Membantu Dalam Menjaga Berat Badan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa buah pir bisa memberikan efek mengenyangkan lebih lama, yang diakibatkan dari kandungan serat dan air yang terdapat di dalamnya.

Nah, dikarenakan hal itulah, secara tak langsung mengkonsumsi buah pir juga bisa membantu dalam menjaga berat badan agar tetap ideal.

Tak hanya itu, sebuah penelitian juga menunjukan bahwa mengkonsumsi buah pir secara rutin dapat membantu dalam menurunkan kadar lemak tubuh sekaligus mengecilkan lingkar pinggang lho.

Jadi, kamu tidak hanya bisa memiliki berat tubuh yang ideal, melainkan juga pinggang yang lebih kecil.

7. Mengandung Antioksidan

Manfaat buah pir selanjutnya berasal dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Dilansir dari merdeka.com yang turut mengutip dari hellosehat.com, buah pir mampu memberikan efek antioksidan glutathione dan anti kanker, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dari hasil penelitian National Cancer Institute, mengkonsumsi buah pir secara rutin setiap hari dianggap bisa memberikan efek positif pada kemampuan tubuh dalam mencegah penyakit kanker, menurunkan peradangan, serta menjaga keseimbangan pH tubuh.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi di dalam pir ternyata juga mampu mengikat sel-sel karsinogenik yang menjadi penyebab kanker lho.

Kandungan antosianin dan asam sinamat di dalam pir juga telah terbukti dapat melawan kanker.

Mengkonsumsi buah pir secara rutin dinilai mampu mencegah terjadinya penyakit kanker usus besar dan mencegah penyakit kanker payudara hingga mencapai 34 persen untuk para wanita setelah menopause.

8. Menurunkan Risiko Diabetes

Selain dapat menurunkan risiko penyakit kanker, ternyata manfaat buah pir lainnya adalah bisa menurunkan risiko diabetes, yang mana hal tersebut disebabkan karena kandungan serat yang tinggi.

Dilansir dari situs GoodDoctor.com yang mengutip dari salah satu penelitian di dalam The American Journal Clinical Nutrition, menemukan bahwa mengkonsumsi 5 atau lebih porsi mingguan buah-buahan yang kaya antosianin seperti pir merah, diketahui dapat membantu dalam menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 hingga 23 persen.

9. Mencegah Inflamasi

Manfaat buah pir selanjutnya adalah fungsinya yang mampu mencegah inflamasi. Sebuah riset telah membuktikan bahwa kandungan serat dan antioksidan flavonoid yang terdapat di dalam buah pir dinilai bisa membantu dalam meregulasi sistem imun dan mencegah inflamasi.

Dengan kata lain, mengkonsumsi buah pir bisa menurunkan risiko sejumlah penyakit, seperti diabetes, kanker dan obesitas.

10. Membantu Menjaga Kesehatan Saraf

Buah pir mengandung tembaga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel saraf. Tak hanya itu, kandungan ini juga memiliki peran yang penting dalam pembentukan sel darah merah, kolagen, dan penyerapan zat besi lho.

11. Mencegah Osteoporosis

Nah, manfaat buah pir yang terakhir adalah untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Tulang memang sangat penting untuk dijaga sejak dini, guna mencegah terjadinya penyakit di masa yang akan datang, seperti osteoporosis.

Bagi yang belum tahu, osteoporosis merupakan kondisi ketika tulang mulai kekurangan kepadatannya. Sehingga, hal tersebut bisa membuat tulang menjadi lebih mudah keropos dan patah.

Maka dari itu, tulang memang harus mulai dijaga sejak dini. Nah, salah satunya caranya yaitu dengan menjaga pH tubuh dan mengkonsumsi kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

pH tubuh itu sendiri bisa kamu dapatkan dengan melakukan diet dan mengkonsumsi buah dan sayuran setiap harinya.

Dan kandungan boron yang terdapat di dalam buah pir nyatanya mampu membantu dalam menyerap kalsium yang kita konsumsi dengan mudahnya.

Jadi, itulah beberapa manfaat buah pir yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan sama sekali tidak boleh diremehkan begitu saja.

Namun, perlu diketahui bahwa selain dengan menjaga pola makan sejak dini, memberikan perlindungan ekstra berupa asuransi kesehatan juga tak kalah pentingnya lho.

(Baca Juga: 9 Manfaat Buah Carica)

Sebab, hadirnya asuransi kesehatan bisa memberikanmu sedikit keringanan perihal biaya rumah sakit ketika suatu saat kamu mengalami masalah kesehatan yang mengharuskan untuk mendapatkan tindakan medis.

Jadi, jangan lupa untuk segera mengajukan asuransi kesehatanmu segera. Nah, apabila kamu masih bingung dalam memilih asuransi kesehatan terbaik, kamu bisa lho mengunjungi situs CekAja.com.

Kamu tak hanya bisa mengajukan asuransi kesehatan disini, tetapi kamu juga bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi kesehatan manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Sehingga, kamu tak perlu bingung lagi untuk menentukan jenis asuransi manakah yang akan diajukan.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online lho, yang membuat kamu menjadi lebih mudah dan cepat dalam melakukan pengajuan. Yuk, segera lindungi diri dan keluarga bersama asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha