9 Manfaat Genjer untuk Tubuh Beserta Cara Mengolahnya

5 min membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Mungkin sebagian orang terutama yang tinggal di wilayah perkotaan belum mengetahui seberapa besar manfaat genjer untuk tubuh. Padahal tanaman yang bernama ilmiah Limnocharis flava ini punya segudang manfaat baik untuk tubuh.

Genjer atau paku rawa dianggap punya bentuk yang hampir serupa dengan tanaman eceng gondok.

Bedanya hanya terletak pada tempat tumbuhnya, yang mana genjer biasa hidup di dalam lumpur dan tidak mengapung di air.

Genjer memang sulit ditemukan di swalayan. Makanya, kebanyakan orang yang gemar mengonsumsi genjer mesti pergi ke pasar tradisional untuk membelinya.

Tanaman ini lebih banyak ditemukan di sawah atau wilayah dangkal yang biasa terdapat di perdesaan, sehingga jangan heran kalau namanya sendiri masih terdengar asing terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Genjer

Meski begitu, ternyata ada begitu banyak manfaat genjer untuk tubuh yang pastinya akan membuat kamu takjub.

Nah, sebelum membahas manfaatnya sendiri, mari kita telisik lebih dalam mengenai apa saja kandungan yang terdapat dalam genjer. Berikut ini pemaparannya.

  • Diperkaya serat tinggi
  • Diperkaya protein tinggi, bahkan dalam 100 gr genjer terdapat kurang lebih 1,7 gr protein 
  • Mengandung zat besi
  • Mengandung kalsium
  • Diperkaya fosfor tinggi
  • Mengandung vitamin C
  • Mengandung flovanoid

(Baca Juga: 12 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan)

Manfaat Genjer untuk Tubuh

Dengan kandungan gizi yang super lengkap seperti itu sih, berarti manfaat genjer untuk tubuh enggak perlu diragukan lagi ya.

Nah, kalau begitu sekarang mari kita cari tahu mengenai kebenarannya. Seperti yang sudah dihimpun CekAja dari berbagai sumber, ini dia manfaat genjer untuk tubuh.

1. Mengatasi kondisi anemia

Manfaat genjer yang pertama adalah untuk mengatasi anemia.

Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah atau sel darah merah tersebut tidak berfungsi dengan baik dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat penderitanya mudah lelah dan terlihat pucat.

Anemia terbagi menjadi beberapa jenis jika dilihat dari penyebabnya, yakni anemia di masa kehamilan, anemia karena kerusakan pada sum-sum tulang (anemia aplastik), anemia akibat penyakit kronis, dan anemia karena kekurangan zat besi.

Nah, umumnya anemia yang sering terjadi adalah karena kekurangan zat besi.

Zat besi ini bisa didapat dari mengonsumsi makanan sehat yang efektif untuk bantu memproduksi sel darah merah, salah satunya adalah genjer.

Bisa dibilang genjer memiliki kandungan zat besi tinggi untuk membantu pembentukan sel darah merah, sehingga aliran darah dalam tubuh bisa kembali lancar.

2. Kulit tampak awet muda

Memiliki kulit yang tampak awet muda meski sudah berumur 30an ke atas tentu menjadi idaman tiap kaum hawa. Selain rutin menggunakan skincare anti-aging, untuk meremajakan kulit dari sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan, juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi genjer.

Diperkaya protein dan kadar zat besi yang tinggi, manfaat genjer dalam hal meregenerasi sel kulit mati ini benar-benar patut diacungi jempol lho.

Jadi, tunggu apalagi? Segera konsumsi genjer agar kamu bisa menikmati manfaatnya yang satu ini.

3. Penambah nafsu makan

Selain membuat kulit awet muda, ternyata genjer juga bisa dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan. Kok bisa? Ya, faktanya dalam satu ikat genjer terdapat banyak nutrisi baik, seperti fosfor, vitamin B, zat besi, lemak, dan karbohidrat.

Tidak hanya dijadikan lalapan, kamu bisa memasak genjer menjadi sayur tumis dengan tambahan leunca dan oncom.

Dimakan dengan seporsi nasi hangat dan sambal pedas, dijamin deh manfaat genjer ini benar-benar menggugah selera.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Karena mengandung serat yang tinggi, genjer bisa dijadikan obat alami untuk atasi masalah sembelit sekaligus bantu memenui asupan gizi, sehingga metabolisme tubuh turut mengalami peningkatan.

Metabolisme sendiri merupakan proses mengubah makanan dan minuman yang ada dalam tubuh menjadi energi.

Nantinya energi ini bisa membuat tubuh menjadi sehat, serta fungsi yang terdapat dalam organ tubuh dapat bekerja maksimal.

5. Sebagai antibiotik tubuh

Mengobati infeksi bakteri sebetulnya tidak hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan. Sebab, kamu bisa mendapatkan antibiotik alami dari manfaat genjer.

Tanaman yang memiliki bentuk serupa eceng gondok ini, punya kandungan vitamin C dan flovanoid yang termasuk dalam antibiotik alami untuk mencegah dan mengobati infeksi bakteri pada tubuh.

6. Sumber energi bagi tubuh

Tubuh mudah lelah saat beraktivitas? Atasilah dengan mengonsumsi genjer yang kaya akan gizi.

Dengan memakan tumis genjer, kamu bisa mendapatkan zat protein dari makanan tersebut.

Sehingga tubuh kembali berenergi dan kamu pun tak lagi mudah merasa kelelahan saat beraktivitas.

Nah, agar manfaat genjer makin maksimal, kamu bisa mengonsumsinya bersama dengan makanan lainnya yang juga mengandung zat gizi tinggi.

7. Memperkuat tulang dan gigi

Agar terhindar dari masalah pengeroposan tulang, selain rutin meminum segelas susu kaya kalsium cobalah penuhi kebutuhan akan fosfor juga dengan mengonsumsi genjer.

Manfaat genjer sendiri tidak hanya untuk mencegah osteoporosis, namun juga menjaga kesehatan gigi agar enggak mudah rapuh.

(Baca Juga: 12 Makanan Penyebab Kista Ovarium)

8. Mengatasi keracunan jengkol

Meski lezat, jengkol bisa menjadi racun bagi sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsinya.

Hal ini disebabkan karena adanya penyumbatan pada bagian saluran kemih akibat kristal asam jengkolat.

Saat keracunan jengkol, penderitanya akan merasakan beberapa gejala, mulai dari mual dan nyeri pada perut, sulit buang air kecil, hingga terdapat darah dalam urin.

Untuk mengatasinya, kamu bisa coba mengonsumsi genjer yang diyakini sebagai penetral dari zat-zat yang terkandung dalam jengkol.

Sehingga, secara tak langsung bisa dibilang manfaat genjer sendiri adalah sebagai obat alami untuk mengatasi masalah keracunan jengkol.

9. Obat pencegah kanker

Manfaat genjer yang terakhir adalah sebagai obat untuk mencegah kanker. Penyakit ini merupakan penyakit berbahaya karena efeknya yang benar-benar sangat mematikan.

Sifat antioksidan dari zat polifenol dalam genjerlah yang diyakini bisa mencegah dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga tubuh tetap sehat dan terlindungi dari risiko penyakit kanker maupun jantung.

Cara Mengolah Genjer agar Terasa Lezat saat Dikonsumsi

Nah, itulah tadi sembilan manfaat genjer untuk tubuh. Agar tanaman ini tidak terasa pahit dan enak untuk dikonsumsi, kamu bisa memperhatikan dulu kualitas dari genjer itu sendiri.

Pilihlah genjer yang masih muda dengan bentuk bunga tampak kuncup. Kemudian saat mengolahnya, rendam dulu genjer ke dalam air hingga layu, lalu remas secara perlahan menggunakan air garam.

Setelah itu, basuhi genjer dengan air hangat atau bisa juga merebusnya ke dalam air mendidih yang sudah diberi sedikit garam.

Tumislah segera genjer yang sudah layu, dan masak dengan berbagai bumbu yang dapat menghasilkan cita rasa pedas.

Lengkapi Perlindungan Diri Sendiri dengan Asuransi

Gimana, tertarik untuk mencicipi kenikmatan genjer? Meski sayuran ini punya banyak manfaat baik. Namun, kamu juga harus melengkapi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya, sekaligus dikombinasikan dengan rutin berolahraga.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan perlindungan untuk diri sendiri dengan asuransi kesehatan.

Lewat asuransi, kamu bisa mendapatkan manfaat perlindungan yang luas, apabila sewaktu-waktu membutuhkan tindakan medis.

Tidak cuma itu, asuransi kesehatan juga bisa meringankan ongkos medis yang seperti kita tahu jumlahnya tidak bisa diprediksi.

Nah, salah satu produk asuransi kesehatan yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan perlindungan menyeluruh dan bantuan klaim cepat adalah dari CekAja.com.

Melalui CekAja, kamu tak hanya bisa membeli produk asuransi saja namun juga membandingkannya terlebih dulu, sehingga asuransi yang dimiliki benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, miliki segera asuransi kesehatan dari CekAja.com dan nikmati manfaatnya untuk dirimu sendiri.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri