9 Tips agar Kamu Lebih Hemat di Apartemen, Cobain Yuk!

Apartemen merupakan salah satu hunian yang banyak diminati. Selain karena fasilitasnya yang lengkap, biasanya lokasi apartemen jauh lebih strategis dibandingkan kontrakan rumahan.

9 Tips agar Kamu Lebih Hemat di Apartemen, Cobain Yuk!

Namun, tinggal di apartemen masih dianggap sebagai gaya hidup mewah. Padahal, jika dapat menyiasatinya, kamu juga bisa hidup hemat di apartemen lho.

Untuk dapat berhemat ketika tinggal di apartemen, kamu tidak harus menekan pengeluaran sampai nol rupiah.

Akan tetapi, kamu harus menerapkan tips hidup hemat di apartemen, agar isi kantong kamu tetap sehat. Dan Berikut 9 tips agar lebih hemat di apartemen yang bisa kamu coba.

Tips Hidup Hemat Tinggal di Apartemen

1. Menyusun anggaran pemasukan dan pengeluaran

Untuk dapat hidup hemat di apartemen, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyusun anggaran pemasukan dan pengeluaran.

Hitunglah besar pemasukan serta perkiraan pengeluaran setiap bulannya, lalu dibagi sesuai kebutuhan.

Misalnya, kamu menggunakan sistem 50-30-20, dimana 50% dari pemasukan digunakan untuk memenuhi kebutuhan bulanan (termasuk sewa apartemen), 30% untuk ditabung, dan 20% untuk hobi maupun hiburan.

Dalam mengatur budget, jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan agar kamu terhindar dari hutang. Usahakan juga untuk menaati budget yang sudah kamu bagi ya!

2. Belanja sesuai kebutuhan

Ketika memiliki uang, kita terkadang lupa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jika kamu ingin berhemat di apartemen, mulailah untuk berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak terus menerus mengikuti keinginan.

Karena keinginan sifatnya tidak begitu penting, sedangkan kebutuhan kamu harus dipenuhi.
Contohnya, ketika di supermarket, kamu ingin membeli peralatan dapur dan dekorasi ruangan.

Peralatan dapur tentunya merupakan kebutuhan yang akan digunakan setiap hari. Namun untuk dekorasi ruangan, kamu harus mempertimbangkan kembali, apakah kamu benar-benar membutuhkannya, atau hanya keinginan semata.

(Baca Juga: 6 Tips Mengatur Keuangan Bagi Sandwich Generation)

3. Pilih apartemen yang lokasinya strategis

Lokasi apartemen yang strategis akan sangat membantu kamu untuk hemat ketika tinggal di apartemen.

Ciri apartemen yang strategis adalah dekat dengan akses transportasi, seperti dekat stasiun KRL/MRT, halte Transjakarta, maupun akses ojek online.

Dengan keberadaan akses transportasi, tentunya akan membantumu dalam memangkas pengeluaran ketika berpergian.

Selain akses transportasi, kamu juga harus memperhatikan fasilitas umum di sekitar lokasi apartemen, seperti pasar, supermarket, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya.

Hal ini bertujuan agar nantinya kamu tidak kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan.

4. Belajar memasak makanan

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok sehari-hari. Setiap manusia tentunya membutuhkan makanan untuk memenuhi asupan gizi.

Jika kamu membeli makan di luar, biaya yang dibutuhkan tentunya tidak sedikit. Apalagi jika dalam sehari, kamu makan tiga kali dengan menu yang berbeda-beda.

Agar bisa lebih hemat, cobalah belajar memasak makanan sendiri. Kamu juga bisa memilih bahan makanan yang sehat dan bergizi.

Namun, jangan berlebihan ketika berbelanja bahan masakan agar tidak ada bahan yang terbuang.

5. Cuci pakaian sendiri

Harga jasa laundry seringkali dianggap murah. Padahal jika ditotal dalam sebulan, pengeluaran untuk laundry bisa cukup besar lho!

Bila kamu berencana untuk tinggal dalam jangka waktu yang lama, tidak ada salahnya untuk membeli mesin cuci dan mencuci pakaianmu sendiri.

Dalam penggunaan mesin cuci, kamu juga harus lebih bijak dalam menentukan baju yang harus dicuci.

Jangan lupa juga untuk membuat jadwal mencuci setiap minggu agar penggunaan listrik lebih hemat.

6. Perhatikan penggunaan listrik

Biaya listrik di apartemen merupakan salah satu pengeluaran yang cukup besar.

Apalagi jika kamu menggunakan berbagai peralatan listrik, seperti kulkas, AC, televisi, microwave, dan peralatan lainnya. Maka dari itu, kamu harus mencari cara untuk menghemat pengeluaran listrik.

Misalnya, matikan seluruh peralatan listrik ketika kamu pergi ke luar. Jangan lupa untuk sering membuka jendela agar sirkulasi udara dan pencahayaan ruangan lebih baik tanpa menggunakan lampu maupun AC.

Pertimbangkan juga untuk mengganti lampu apartemen dengan lampu hemat energi agar biaya listrik lebih hemat.

7. Pertimbangkan membeli furniture multifungsi

Membeli furniture multifungsi merupakan salah satu cara agar hemat tinggal di apartemen. Pilihlah peralatan yang memiliki banyak manfaat untuk digunakan.

Misalnya, pilihlah meja yang memiliki laci agar dapat dijadikan tempat menyimpan barang.

Untuk peralatan dapur, pilihlah panci multifungsi yang bisa digunakan untuk memasak nasi dan menggoreng lauk pauknya.

8. Ajak orang lain untuk tinggal bersama

Saat kamu memilih tinggal sendiri di apartemen, biaya sewa apartemen tentunya kamu tanggung sendiri.

Opsi ini cocok untukmu yang memang lebih suka sendiri dibandingkan harus berbagi tempat tinggal dengan orang lain.

Namun, jika kamu tipe orang yang tidak nyaman sendirian, tidak ada salahnya untuk mengajak teman atau saudara untuk tinggal bersama.

Dengan begitu, kamu bisa berbagi biaya sewa agar bisa lebih hemat tinggal di apartemen.

9. Mempertimbangkan sewa unit dalam jangka panjang

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempertimbangkan sewa apartemen dalam jangka panjang.

Apalagi jika kamu berencana untuk tinggal di apartemen dalam jangka waktu yang lama.

Ketika kamu memilih sewa unit dalam jangka panjang, kamu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan sewa unit secara harian maupun bulanan.

Sewa apartemen secara tahunan juga bisa membantumu dalam menghindari kenaikan harga sewa setiap tahunnya, sehingga kamu bisa lebih menghemat pengeluaran.

(Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Keborosan Berkedok Self Reward)

Itulah 9 tips hemat di apartemen yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau kamu ingin mencari apartemen dengan harga sewa yang murah, kamu bisa cari di Jendela360.

Pada website Jendela360, terdapat ribuan daftar apartemen dengan harga sewa yang sangat terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa mencicil harga sewanya lho!

Kalau kamu bingung memilih apartemen, kamu juga bisa berkonsultasi dengan Property Manager Jendela360 untuk mendapat rekomendasi apartemen yang dekat dengan kantor maupun kampusmu.