10 Aplikasi Apotek Online Terbaik yang Bantu Beli Obat Jadi Makin Mudah

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Bagi sebagian orang, mereka mungkin akan lebih memilih membeli obat melalui aplikasi apotek online terbaik, dibandingkan harus membelinya langsung di apotek. Karena selain mudah, membeli obat di aplikasi apotek juga efisien, sehingga tidak memakan banyak waktu.

Hadirnya aplikasi apotek online terbaik, tentunya sangat memudahkan masyarakat dalam mendapat obat-obatan yang dibutuhkan.

Dan tidak hanya itu, melalui aplikasi apotek online terbaik, kamu dan pelanggan lainnya juga bisa mendapatkan banyak informasi seputar kesehatan, obat-obatan, hingga bisa melakukan konsultasi dokter gratis.

Dengan kata lain, aplikasi apotek online terbaik menyediakan banyak informasi dan fitur yang bisa dinikmati para pelanggan.

10 Aplikasi Apotek Online Terbaik

Berbicara tentang aplikasi apotek online terbaik, sejatinya di awal pembahasan kamu sudah tahu sedikit banyak informasi, mengenai aplikasi tersebut serta keuntungannya.

Adapun semua keuntungan itu, bisa kamu dapatkan di beberapa aplikasi apotik online terbaik, yang di antaranya akan CekAja.com ulas secara lengkap sebagai berikut. Simak bersama-sama, yuk!

1. K24Klik

Aplikasi apotek online terbaik yang pertama, yaitu K24Klik. Dari namanya saja sudah sangat jelas, kalau K24Klik merupakan aplikasi milik apotek K24.

Apotek yang sudah sangat terkenal karena jam operasionalnya yang 24 jam ini, memiliki banyak sekali gerai yang tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia.

Dan bukan hanya itu, apotek ini pun kini sudah menambah inovasi baru, dengan menghadirkan aplikasi apotek online yang bisa dijumpai di Play Store dan App Store.

Jika dilihat secara tampilan, aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Kamu bisa langsung mencari obat yang dibutuhkan berdasarkan kategori yang tersedia, seperti misalnya obat untuk lambung, demam, batuk pilek, suplemen maupun berbagai alat kesehatan lainnya.

Selain memilih obat sendiri berdasarkan kategorinya, kamu juga bisa mengunggah resep dari dokter di aplikasi tersebut. Nantinya, apoteker akan memberikan konfirmasi terkait ketersediaan obat yang dibutuhkan.

(Baca Juga: Cara Mengetahui Obat Dan Penyakit yang Ditanggung Asuransi Kesehatan)

2. KALBE Store

KALBE Store nyatanya juga menjadi salah satu aplikasi apotek online terbaik yang patut dicoba. Hal tersebut karena, aplikasi ini memiliki banyak pilihan produk yang beragam.

Tidak hanya itu, KALBE Store juga menawarkan kemudahan berbelanja, keamanan pembayaran, jangkauan area pengiriman yang sangat luas, serta promo yang selalu ada setiap harinya.

Dengan begitu, maka kamu bisa membeli berbagai produk kesehatan dengan hemat, dan tidak lagi khawatir kantong jebol.

Untuk produknya sendiri, KALBE Store menyediakan berbagai jenis produk yang dibagi ke dalam beberapa kategori, seperti obat khusus ibu, bayi dan anak, suplemen dan vitamin, nutrisi hingga kategori untuk peralatan kesehatan.

Menariknya, aplikasi apotek online ini memiliki layanan live chat dengan Kalina, yang bisa kamu gunakan untuk menanyakan sesuatu terkait obat dan peralatan kesehatan, maupun komplain.

3. Kimia Farma Mobile

Sebagai perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia, Kimia Farma tentu saja tidak mau kalah dengan apotek lainnya, yang mengeluarkan aplikasi apotek online terbaik.

Ya, bisa dilihat Kimia Farma juga turut mengeluarkan aplikasi apotek online bernama Kimia Farma Mobile.

Yang mana, aplikasi ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi apotek online lainnya, karena menyediakan berbagai jenis obat dan produk-produk perawatan kulit yang lengkap, dan terjamin keamanan serta keasliannya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dan calon pembeli lainnya bisa melihat daftar obat yang paling banyak dipesan, beserta testimoni dari pelanggan yang sudah menggunakan obat tersebut.

4. Apoplus

Selain tiga aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan Apoplus sebagai aplikasi apotek online terbaik.

Buat kamu yang belum tahu, Apoplus merupakan aplikasi apotek online yang memberikan layanan kesehatan lengkap, mulai dari pembelian berbagai macam obat yang dibutuhkan, kemudian unggah, kirim dan tebus resep dokter, hingga melakukan konsultasi dengan apoteker.

Satu hal yang menarik dari aplikasi ini, dan bisa dibilang keunggulan yang dimiliki Apoplus adalah semua resep dan riwayat pembelian pelanggan, tersimpan dengan sangat baik.

Sehingga, apabila sewaktu-waktu kamu membutuhkan obat yang sama, maka kamu bisa melihat resep dan riwayat pembelian sebelumnya dengan mudah.

5. Apotik Online Medicastore

Di urutan kelima ada Apotik Online Medicastore, yang juga masuk ke dalam daftar aplikasi apotek online terbaik versi CekAja.com.

Aplikasi yang sudah diunduh oleh ribuan orang ini, menyediakan layanan super cepat untuk pemesanan obat, pemilihan dan pembayarannya, yang dapat dinikmati para pelanggan hanya dalam satu tempat.

Apabila kamu membutuhkan obat yang berdasarkan resep dokter, maka kamu juga bisa mengunggahnya atau menuliskannya kembali resep tersebut pada aplikasi ini.

Dengan begitu, semua obat yang kamu butuhkan bisa didapat dengan mudah dan cepat. Sehingga, tidak heran apabila aplikasi ini mendapat banyak testimoni baik dan memuaskan dari para pelanggannya.

6. Klik-Apotek

Siapa di antara kamu yang pernah mendengar, atau bahkan menggunakan aplikasi Klik-Apotek?

Dengan slogan “Solusi Cepat Layanan Medikasi Terbaik”, aplikasi apotek ini memang benar-benar memberikan layanan terbaik, karena bekerja sama dengan dokter profesional dan apotek konvensional.

Disebut profesional, karena dokter yang ingin mendaftar di Klik-Apotek diharuskan untuk memiliki Surat Izin Praktek (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR) terlebih dahulu.

Secara umum, aplikasi apotek online terbaik ini memberikan layanan yang tidak jauh berbeda aplikasi apotek online lainnya, yaitu menyediakan berbagai jenis obat secara lengkap, hingga memungkinkan para pelangannya mendapatkan obat dengan cara mengunggah resep dokter ke dalam aplikasi ini.

7. Apotek Alfa Medika

Berikutnya ada Apotek Alfa Medika, yang juga menjadi aplikasi apotek online terbaik yang bisa diandalkan.

Bagaimana tidak, aplikasi ini pasalnya menjanjikan berbagai macam tawaran menarik, seperti sistem pembayaran yang aman, garansi kirim cepat, hingga layanan pengembalian tujuh hari hingga 24/7 customer support.

Dan untuk obat-obatannya sendiri, Apotek Alfa Medika menyediakan berbagai jenis obat yang sangat lengkap, di antaranya ada antiseptik, obat maag, kontrasepsi, obat herbal, suplemen dan multivitamin, obat kardiovaskular hingga peralatan kesehatan dan beberapa produk skincare.

8. GoApotik

Meski jarang terdengar, namun GoApotik menjadi salah satu dari sekian banyak aplikasi apotek online terbaik yang ada.

Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan dan membeli berbagai jenis obat-obatan yang dibutuhkan dengan mudah.

Kamu pun bisa mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan, dengan cara mengunggah resep obat yang diberikan dokter ke aplikasi ini.

Lalu manfaatkan layanan chat yang tersedia, untuk berkonsultasi dan berkomunikasi dengan apoteker dalam memesan obat.

Membeli obat di aplikasi apotek ini pun bisa dibilang menguntungkan. Sebab, setiap harinya selalu ada promo dan diskon menarik, untuk berbagai jenis produk kesehatan.

9. PharmaNet B2B

PharmaNet B2B atau yang lebih dikenal dengan sebutan PharmaNet ini, merupakan aplikasi apotek online terbaik, yang bisa digunakan untuk membeli produk kesehatan sekaligus kecantikan dalam satu waktu.

Uniknya, selain bisa digunakan untuk memesan obat, aplikasi ini juga bisa dipakai oleh kamu yang ingin mendaftarkan diri sebagai pemilik apotek, untuk memasarkan produk yang kamu miliki.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi cukup banyak dan terperinci, mulai dari Surat Izin Apotek (SIA), Surat Izin Praktek Apoteker (SIPA), hingga NPWP.

Jadi, dengan melengkapi semua persyaratan tersebut dan mengikuti beberapa langkah selanjutnya, maka kamu sudah bisa menjadi pemilik apotek resmi dan bisa memasarkan sendiri produk yang dimiliki.

10. NJA Online

Aplikasi apotek online terbaik yang terakhir, yaitu NJA Online. Buat kamu yang baru tahu, yuk mari kenalan terlebih dahulu.

NJA Online merupakan sebuah aplikasi milik perusahaan farmasi bernama PT. Nutrindo Jaya Abadi, atau yang lebih dikenal dengan logonya yang bertuliskan NJA.

Aplikasi apotek ini pun serupa dengan aplikasi apotek online lainnya, karena menyediakan banyak produk kesehatan dan kecantikan dengan lengkap.

Jika kamu tertarik dengan aplikasi ini dan ingin menggunakannya, maka kamu bisa langsung mengunduhnya secara gratis di Play Store.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Obat di Apotek Online

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui 10 aplikasi apotek online terbaik, maka kali ini kamu akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari membeli obat di apotek online.

Untuk kelebihannya sendiri, sedikit banyak kamu mungkin sudah tahu, karena sudah sempat disinggung di awal pembahasan. Namun untuk kekurangannya sendiri, apakah kamu sudah tahu?

Oleh sebab itu, agar kamu tahu lebih jelas apa saja kelebihan dan kekurangan dari membeli obat di apotek online, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa di antaranya yang akan diulas sebagai berikut.

Kelebihan

  • Bisa mendapatkan informasi seputar kesehatan dengan mudah dan lengkap
  • Bisa melakukan konsultasi gratis
  • Bisa mengetahui berbagai macam tipe obat yang tersedia
  • Bisa mendapatkan obat yang dibutuhkan dengan mudah
  • Transaksi pembelian obat menjadi lebih mudah dan efisien
  • Sistem online yang digunakan mampu menjaga kerahasiaan pelanggan.

Kekurangan

  • Membuat komunikasi antara pelanggan atau pasien dengan apoteker, terkait penyakit yang diderita dan mendapat penaksiran yang tepat dari apoteker berkurang dan semakin sulit
  • Rentan untuk terjadi penyelewengan atau penipuan yang bisa dilakukan oleh apoteker
  • Tidak bisa mengetahui kondisi obat yang sebenarnya.

(Baca Juga: Obat Tanpa Resep Dokter Penyakit Asam Lambung)

Nah, beberapa informasi terkait aplikasi apotek online terbaik, beserta kelebihan dan kekurangan dari membeli obat di aplikasi apotek online, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Aplikasi apotek ini pada dasarnya membantu kamu dan pelanggan lainnya, untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan dengan mudah secara online.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi tersebut kamu juga bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter dan apoteker.

Sehingga, apabila terjadi sesuatu pada kondisi kesehatanmu, maka kamu bisa langsung mengkonsultasikannya secara online di salah satu aplikasi online terbaik pilihanmu, dan mendapatkan obat-obatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Tetapi agar kondisi kesehatanmu semakin terjaga, kamu juga bisa melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada kondisi kesehatanmu, maka kamu bisa langsung memeriksanya ke dokter, dan semua biaya pengobatan akan ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa secara mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani