Aplikasi Pembukuan Toko Terbaik untuk Pebisnis Pemula dan Profesional

Dalam menjalankan sebuah bisnis, dibutuhkan penggunaan aplikasi pembukuan toko terbaik, untuk memudahkan proses mencatat seluruh laporan bisnis. Apalagi di zaman yang serba canggih ini, sebagian besar masyarakat bisa dibilang sudah melek teknologi.

Dengan hadirnya banyak aplikasi pembukuan toko, para pelaku usaha tidak perlu lagi mencatat dan menyusun laporan bisnis secara manual di sebuah buku.

Mereka hanya perlu mencari dan memilih satu aplikasi pembukuan toko terbaik, yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan, untuk mencatat semua laporan bisnis, mulai dari aspek keuangan, beban dan lain sebagainya.

Nah dari semua aplikasi pembukuan toko yang ada, kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi pembukuan toko terbaik, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk. Jadi, simak bersama-sama, yuk!

Seputar Aplikasi Pembukuan Toko

Sebelum membahas lebih jauh tentang aplikasi pembukuan toko terbaik, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu informasi dasar seputar aplikasi pembukuan toko.

Yang mana, aplikasi pembukuan toko ini merupakan suatu teknologi, yang akan memudahkan para pengusaha untuk mengetahui dan mengawasi keuangan, yang masuk dan keluar dari alur kasir toko.

Di dalam aplikasi ini, akan ada suatu program yang menyediakan keperluan terkait data toko mu.

Tentunya, program tersebut akan disertai dengan berbagai fitur dan menu sederhana, serta beberapa fasilitas pokok yang disediakan.

Dengan semua fitur canggih yang terdapat dalam aplikasi pembukuan toko, maka kamu tidak perlu pusing dan khawatir lagi memikirkan apakah ada rincian keuangan yang terlewat atau tidak.

Sebab, semua hal sudah langsung terekam secara rinci dan rapi dengan waktu singkat. Aplikasi pembukuan toko pun, biasanya dipakai untuk beberapa jenis bisnis, seperti bisnis restoran, retail, kopi dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Software Akuntansi Terbaik)

Manfaat Menggunakan Aplikasi Pembukuan Toko

Setelah mengetahui informasi dasar seputar aplikasi pembukuan toko, maka kini saatnya kamu mengetahui apa saja manfaat yang bisa dirasakan dari menggunakan aplikasi ini.

Selain memudahkan para pebisnis dalam mencatat seluruh laporan bisnis, aplikasi ini juga memberikan banyak manfaat lainnya, yang terdiri dari:

  • Memudahkan proses pengawasan pemasukan dan pengeluaran bisnis
  • Bisa mengetahui status keuangan bisnis
  • Meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pencatatan keuangan, atau selisih keuangan
  • Membantu menentukan strategi keuangan terbaik untuk bisnis agar semakin akurat
  • Mempermudah evaluasi kinerja bisnis
  • Menyimpan data bisnis dengan jumlah yang tidak terbatas
  • Meningkatkan branding bisnis yang dijalan
  • Mempercepat proses pelacakan produk bisnis.

Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Toko Terbaik

Untuk bisa menemukan aplikasi pembukuan toko terbaik, tentu kamu harus tahu terlebih dahulu cara memilih aplikasi pembukuan toko.

Yang mana, cara memilih aplikasi pembukuan toko ini sangat sederhana dan mudah dilakukan, di antaranya yaitu:

  • Perhatikan dengan seksama suatu aplikasi pembukuan, beserta aspeknya
  • Periksa keamanan data yang dimiliki aplikasi pembukuan toko
  • Periksa kredibilitas pelayanan aplikasi
  • Pastikan aplikasi pembukuan toko yang akan dipilih memiliki pilihan ekspor data
  • Pastikan suatu aplikasi pembukuan toko tahan lama, sehingga bisa dipakai untuk jangka panjang
  • Pilih aplikasi pembukuan toko yang memiliki fitur sesuai kebutuhan bisnis
  • Pilih aplikasi yang memiliki tampilan ringkas dan sederhana, agar mudah dioperasikan.

Aplikasi Pembukuan Toko Terbaik

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sejumlah informasi seputar aplikasi pembukuan toko, termasuk manfaat dan cara memilihnya, maka kali ini kamu akan mengetahui sejumlah rekomendasi aplikasi pembukuan toko terbaik versi CekAja.com.

Seperti yang diketahui, aplikasi pembukuan toko yang tersedia saat ini ada sangat banyak. Namun, untuk memudahkanmu mengetahui dan menemukan aplikasi pembukuan toko terbaik, di bawah ini CekAja.com telah merangkum enam di antaranya yang terdiri dari:

1. Moka

Menempati posisi pertama sebagai aplikasi pembukuan toko terbaik, Moka hingga kini sudah banyak memiliki pengguna, khususnya yang berasal dari pebisnis restoran dan retail.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur, yang dapat memudahkan aktivitas para pelaku bisnis, seperti misalnya fitur Manajemen Promo.

Fitur tersebut pada dasarnya memungkinkanmu menghadirkan berbagai program menarik, untuk menjaring dan menarik minat konsumen.

Maka dari itu, tidak heran apabila fitur ini banyak digunakan para pelaku bisnis. Terlebih mereka yang bergerak dibidang restoran, kedai kopi, retail dan lain sebagainya.

2. Kashoo

Berikutnya ada Kashoo, yang juga menjadi aplikasi pembukuan toko terbaik, yang bisa dijadikan pilihan.

Bagaimana tidak, pasalnya Kashoo dinilai cukup aktif dalam maintaining para penggunanya. Hal itu terlihat dari visitasi yang kerap dilakukan Kashoo kepada penggunanya.

Tidak hanya itu, Kashoo pun tak jarang menggunakan webinar sebagai media untuk memudahkan para pengguna, dalam mengetahui dan memahami cara pakai aplikasi pembukuan toko tersebut.

Namun sayangnya, untuk bisa menggunakan aplikasi ini dalam jangka waktu panjang, kamu perlu membayar sejumlah biaya yang cukup mahal.

3. Paper.id

Selain dua aplikasi pembukuan toko di atas, ada juga aplikasi Paper.id yang patut kamu coba. Hal tersebut karena, aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 40 ribu pelaku usaha kecil dan menengah.

Di aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa melakukan pembukuan secara mudah dan cepat, melainkan kamu juga bisa membuat dan mengirim invoice ke supplier atau mitra.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki sistem pengelolaan stok yang sudah terhubung dengan invoice.

Jadi apabila kamu mengirim invoice, maka barang yang ada dalam stok secara otomatis akan berkurang.

Satu hal yang menarik dari aplikasi ini, yaitu standar bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Sehingga, buat kamu yang kurang mengerti bahasa Indonesia, jangan khawatir untuk mengoperasikan aplikasi ini dan mengelola laporan bisnismu.

4. Freshbooks

Di urutan keempat ada Freshbooks, yang juga menjadi aplikasi pembukuan toko terbaik, yang patut diperhitungkan.

Sudah hadir sejak 2004, aplikasi yang bisa disebut “senior” ini sudah memiliki pengguna lebih dari lima juta, yang berasal dari berbagai negara.

Oleh karena itu, Freshbooks menghadirkan beberapa macam bahasa, yang disesuaikan dengan kategori negaranya.

Hanya saja, untuk bisa menggunakan aplikasi ini dengan puas dan jangka panjang, kamu perlu membayar sejumlah biaya berlangganan per bulannya.

5. Quickbooks

Quickbooks menjadi aplikasi pembukuan toko selanjutnya, yang juga tak boleh dilewatkan. Pasalnya, aplikasi ini sudah memiliki pengguna lebih dari 6,5 juta dan terus bertambah setiap hasilnya.

Hal itu tentu saja disebabkan oleh canggihnya fitur-fitur yang dimiliki dan saling terintegrasi, seperti fitur akunting, pembukuan, hingga fitur pengiriman invoice ke pelanggan.

Aplikasi ini juga sangat menarik di mata pengguna, karena memiliki tampilan yang sederhana dan ringkas.

Namun satu kekurangan yang dimiliki aplikasi ini, yaitu kamu tidak bisa menggunakannya secara gratis terus-menerus. Kamu tetap akan dikenakan harga, jika menggunakan aplikasi ini dalam jangka panjang.

6. Wave Apps

Aplikasi pembukuan toko terbaik yang terakhir, yaitu Wave Apps. Buat kamu yang belum tahu, ini merupakan aplikasi pembukuan toko gratis, yang bisa diunduh di Play Store maupun App Store.

Dengan begitu, aplikasi ini bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang tidak ingin mengeluarkan budget khusus, untuk sebuah aplikasi pembukuan toko.

Yang membuat aplikasi terlihat sangat hebat, yaitu Wave Apps sudah terintegrasi ke dalam sistem cloud. Dengan demikian, kamu juga bisa mengaksesnya melalui website.

Hanya saja, aplikasi ini didesain tidak menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga, di dalam aplikasi ini tidak ada pilihan bahasa Indonesia, dan para pengguna diharuskan untuk mengerti bahasa Inggris, agar bisa mengoperasikan aplikasi ini.

(Baca Juga: Strategi Mengelola Keuangan Bisnis untuk Pemula)

Itulah beberapa aplikasi pembukuan toko terbaik, yang sudah kamu ketahui secara lengkap daftar dan informasinya di pembahasan sebelumnya.

Dari semua aplikasi tersebut, kamu bisa memilih satu di antaranya yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Nah, sesudah memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan, maka kamu perlu berlangganan terlebih dahulu, dan membayar sejumlah uang agar aplikasi tersebut bisa digunakan untuk jangka panjang.

Agar proses berlangganan berjalan lebih mudah, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Sebab, dengan menggunakan kartu kredit, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke ATM, untuk membayar biaya berlangganan.

Selain itu, adanya kartu kredit juga memudahkanmu membayar biaya langganan, tanpa harus memiliki sejumlah dana terlebih dahulu.

Maka dari itu, keberadaan kartu kredit sangat penting, Dan jika hingga saat ini kamu belum memiliki kartu kredit, jangan khawatir. Langsung saja ajukan melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit dari bank ternama, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!