Lima Asuransi Rumah untuk Antisipasi Bencana Alam

Asuransi rumah untuk antisipasi bencana alam penting dimiliki oleh siapa saja, mengingat awal tahun ini Indonesia ditempa berbagai bencana alam yang sangat besar.

Belum selesai permasalahan hilangnya pesawat Sriwijaya dari Jakarta menuju Pontianak, kini Nusantara kembali berduka atas bencana alam yang terjadi, seperti gempa di Majene Sulawesi dan banjir di Kalimantan Selatan.

Alhasil, ratusan ribu orang terdampak dan harus mengungsi karena rumah mereka mengalami kerusakan berat.

Kerusakan yang terjadi tentu menyisakan kesedihan mendalam bagi korban. Pasalnya, rumah adalah salah satu aset berharga dalam hidup.

Apalagi, mengingat faktanya bahwa untuk bisa membangun sebuah rumah dibutuhkan kerja keras, bahkan bisa sampai bertahun-tahun lamanya.

Dari kondisi yang dialami itu, sudah sepatutnya kamu memberikan perlindungan lebih terhadap rumahmu sendiri, guna mencegah risiko kerugian yang datangnya tidak dapat diprediksi.

Manfaat Asuransi Rumah

Memang sih bisa dibilang produk finansial yang satu ini tidak setenar asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa.

Namun dalam realitanya, seseorang memang semestinya juga memiliki asuransi rumah, karena cakupan manfaat yang diberikan sangat banyak.

Bahkan kepemilikan asuransi rumah bukan hanya ditujukan untuk menghindari risiko bencana alam yang terjadi.

Lebih dari itu, berikut beberapa manfaat lainnya dari memiliki asuransi rumah:

  • Meminimalisir kejadian tidak terduga, seperti kebakaran, pencurian, sampai kerusakan
  • Menopang kondisi finansial agar tidak semakin merosot akibat kerugian yang dialami

Jenis-jenis Asuransi Rumah

Asuransi rumah yang ditawarkan pihak perusahaan asuransi biasanya terbagi menjadi dua jenis.

Masing-masing jenisnya memiliki keunggulan tersendiri dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Adapun jenis-jenis dari asuransi rumah, diantaranya:

  • Asuransi All Risk, adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan menyeluruh terhadap risiko yang terjadi pada harta benda akibat kerusuhan dan bencana alam.
  • Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia, adalah jenis asuransi yang diberikan untuk melindungi harta benda dari kondisi kebakaran, petir, ledakan, sampai kejatuhan pesawat terbang.

(Baca Juga: Manfaat dan Cara Memilih Asuransi Properti Terbaik)

Rekomendasi Asuransi Rumah untuk Antisipasi Bencana Alam

Nah, buat kamu yang berminat untuk memiliki asuransi rumah, yuk ketahui beberapa produk terbaiknya dari perusahaan asuransi ternama, berikut ini.

1. Asuransi Rumah ACA

Produk asuransi rumah untuk antisipasi bencana alam yang pertama direkomendasikan adalah asuransi rumah dari perusahaan ACA Insurance.

Diberi nama Asuransi Rumah Idaman (ASRI), produk ini diklaim dapat melindungi rumah tinggal dan harta benda yang ada di dalamnya dari segala risiko kerugian, seperti bencana alam hingga terorisme.

Namun, produk asuransi ini hanya berlaku untuk bangunan rumah tinggal konstruksi kelas I, yang artinya sebagian besar bangunan terbuat dari material tidak mudah terbakar, termasuk pula perabotan di dalamnya.

Untuk rate preminya, produk Asuransi Rumah Idaman memiliki standar umum yakni 0,88 persen, atau tergantung dari besaran Jumlah Nilai Pertanggungan (JNP).

Selain Asuransi Rumah Idaman, pihak ACA Insurance juga memiliki beberapa jenis asuransi properti lainnya untuk antisipasi bencana alam, salah satunya seperti Asuransi Gempa Bumi Indonesia.

Menyoal pembelian produk, kamu bisa langsung mengakses laman https://www.aca.co.id/Beli dan mengisi data diri untuk nantinya ditindaklanjuti oleh pihak asuransi ACA.

2. Asuransi Rumah AXA

Selain ACA Insurance, produk asuransi rumah untuk antisipasi bencana alam lainnya yang dapat dimiliki adalah AXA SmartHome.

Produk asuransi ini tak hanya memberikan perlindungan untuk rumah dan perabotan di dalamnya saja, namun juga menawarkan sederet manfaat lain, diantaranya:

  • Biaya tenaga ahli
  • Biaya pembersihan puing
  • Tanggung jawab hukum
  • Kehilangan uang sewa
  • Akomodasi sementara

Menariknya lagi, pihak AXA juga memberikan fasilitas perlindungan terhadap barang-barang yang dibawa saat bepergian.

Cukup menambahkan premi atas barang-barang berharga tersebut, maka jaminan yang dimiliki berlaku di seluruh dunia.

3. Asuransi Rumah Bintang

Rekomendasi produk asuransi rumah untuk antisipasi bencana alam yang berikutnya datang dari perusahaan asuransi ternama yaitu Asuransi Bintang.

Lewat produk Asuransi Rumah Tinggal, Asuransi Bintang menawarkan produk asuransi untuk melindungi rumah beserta aset di dalamnya dari segala risiko kerugian, termasuk pula bencana alam, kebakaran, sampai tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Untuk periode penggunaannya, asuransi rumah tinggal ini berlaku selama kurang lebih satu tahun khusus bangunan rumah pribadi, flat atau apartemen.

Sementara untuk rumah yang disewa dari pihak ketiga, maka cakupan perlindungannya hanya meliputi isi bangunan saja.

(Baca Juga: 5 Tempat Lelang Rumah Online)

4. Asuransi Rumah Allianz

Kehadiran produk RumahKu Plus, menjadikan Allianz Insurance sebagai salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi rumah untuk antisipasi bencana alam.

Jenis perlindungannya terbagi menjadi dua kategori, yaitu Houseowner dan Householder.

Houseowner adalah jenis perlindungan dari asuransi RumahKu Plus yang khusus ditujukan untuk bangunan, termasuk dinding, atap, lantai, garasi, maupun pagar rumah.

Sedangkan Householder adalah jenis perlindungan yang diberikan untuk isi bangunan tempat tinggal, tak terkecuali perabotan elektronik dan furniture di dalam rumah tersebut.

Jenis rumah yang dapat diasuransikan dengan produk ini adalah rumah tinggal yang tidak dibangun lebih dari 3 lantai dengan konstruksi bangunan kelas satu (material beton atau baja), serta jalannya bisa dilalui oleh mobil pemadam kebakaran.

5. Asuransi Rumah Sinarmas

Produk asuransi rumah untuk antisipasi bencana alam yang terakhir adalah asuransi Simas Rumah Hemat++.

Produk asuransi dari Sinarmas ini dirancang khusus untuk memberikan perlindungan terhadap rumah tinggal dan perabotannya atas segala risiko kerugian, seperti bencana alam, kebakaran, huru-hara, serta terorisme.

Di bawah polis asuransi ini, nasabah dapat mengasuransikan bangunan rumah dengan konstruksi kelas I dan bukan ruko ataupun apartemen.

Selain melindungi dari risiko kerugian yang tadi disebutkan, Simas Rumah Hemat++ juga menawarkan tujuh jaminan tambahan, berupa:

  • Kecelakaan diri
  • Biaya pengobatan
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga
  • Biaya tempat tinggal sementara
  • Biaya pembersihan puing
  • Penambahan objek pertanggungan
  • Pengabaian penilaian pertanggungan

Nah itu dia beberapa rekomendasi produk asuransi rumah untuk antisipasi bencana alam.

Di momen seperti ini memang sudah seharusnya kita menambahkan perlindungan, baik untuk properti maupun diri sendiri.

Selain memiliki asuransi rumah, kamu pun wajib memiliki asuransi kesehatan. Apalagi di musim pandemi dan terjadinya bencana alam seperti banjir yang biasanya akan menimbulkan berbagai jenis penyakit menular.

Asuransi kesehatan terbaik bisa kamu dapatkan lewat CekAja.com.

Di sini, kamu juga bisa mengajukan perbandingan terlebih dulu, sehingga produk yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan maupun bujetmu.

Yuk, langsung saja miliki asuransi kesehatan dari CekAja.com, dan rasakan manfaatnya untuk kehidupan.