Intip, 10 Bank yang Tawarkan KTA Bunga Rendah, Beserta Tipsnya

Selain Pinjaman Online, Kredit Tanpa Agunan (KTA) juga bisa menjadi solusi, bagi kamu yang butuh dana cepat dengan mudah tanpa jaminan. Apalagi banyak bank yang tawarkan KTA bunga rendah, menarik bukan?

KTA bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti pendidikan, renovasi rumah, pernikahan, liburan, kebutuhan rumah tangga, maupun kebutuhan lainnya. Sebelum membahas apa saja bank yang tawarkan KTA bunga rendah, kamu harus tahu dulu tips menentukan pinjaman KTA bunga rendah di bank agar tidak salah pilih.

Tips Menentukan Pinjaman KTA

Sebelum mengajukan pinjaman KTA ke bank, ada baiknya kamu tahu dulu tips menentukan pinjaman KTA yang tepat, agar tidak menyesal kalau ternyata salah pilih produk pinjaman.

Berikut tips yang bisa kamu coba sebelum memilih KTA yang tepat:

  • Tentukan Jumlah Pinjaman

Kamu harus menentukan lebih dulu jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan kamu, karena biasanya setiap bank memiliki jenis-jenis produk pinjaman yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan kredit nasabahnya.

Misalnya jika nominal pinjaman nasabah lebih dari Rp200 juta, maka skema kredit serta persyaratannya tentu akan berbeda dengan nasabah yang mengajukan pinjaman dengan nominal Rp 5 juta.

Pastikan jumlah pinjaman yang kamu ajukan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan untuk mengembalikannya. Akan lebih baik, jika kamu bisa mengukur risiko sehingga pinjaman yang diajukan bisa diterima oleh bank.

(Baca Juga: Bank BUMN yang Turunkan Bunga Kredit Tahun Ini)

  • Bandingkan Bunga dan Biaya Lainnya

Kamu harus melakukan perbandingan pada produk pinjaman mulai dari bunga, biaya administrasi dan biaya di awal (provisi).

Idealnya kamu harus mencari pinjaman dengan bunga terendah dan biaya lainnya yang tidak besar sehingga bisa mengurangi jumlah cicilan tiap bulannya.

Tips ini berlaku juga untuk pinjaman online yang ditawarkan fintech.

  • Siapkan Syarat Dokumen

Pinjaman Online maupun KTA termasuk yang bunganya rendah selalu mensyaratkan dokumen pribadi sebelum mengajukan dana.

Biasanya dokumen pribadi yang diminta bank berupa identitas diri seperti KTP dan Kartu Keluarga, Slip Gaji (bagi karyawan), nomor pokok wajib pajak (NPWP), fotocopy kartu kredit, dan surat domisili/izin usaha dari kelurahan (jika kamu mencari pinjaman usaha).

Jangan tergiur dengan pinjaman online illegal yang menawarkan syarat mudah tanpa dokumen yang mungkin tidak seribet KTA dari bank.

Namun, biasanya kemudahan itu berdampingan dengan risiko bunga yang lebih besar hingga membebani kamu saat pelunasan.

  • Pilih Tenor Singkat

Pertimbangkan dulu tenor pinjaman sebelum mengajukan dana, jika kamu merasa mampu mencicil dalam tenor satu tahun, kamu jangan memilih tenor dua tahun bahkan lebih.

Sebab, itu berdampak pada tingginya bunga yang harus kamu bayarkan, akan menjadi lebih berat.

  • Melakukan Simulasi Pinjaman

Lakukan simulasi cicilan disesuaikan dengan penghasilan serta pengeluaran bulanan kamu. Hal ini bisa memberikan kamu gambaran berapa jumlah cicilan yang perlu dibayar setiap periodenya sesuai dengan suku bunga dan masa tenornya.

Jadi, perhitungkan secara detail kondisi keuangan kamu. Estimasikan kebutuhan bulanan, lalu bandingkan dengan penghasilan bulanan. Setelah itu, membagi pos-pos pengeluaran, termasuk pos bayaran cicilan pinjaman.

  • Perhatikan Kredibilitas Bank

Pilih bank berkualitas dengan reputasi terbaik agar kamu merasa nyaman dan aman dalam melakukan peminjaman dana.

Misalnya, lihat dari banyak kantor cabang di berbagai daerah hingga persyaratan yang tidak mempersulit nasabah.

Nah, setelah mengetahui tips menentukan pinjaman KTA Bank. Kamu harus tahu apa saja bank yang tawarkan KTA bunga rendah.

Daftar KTA Bank dengan Bunga Rendah

Berikut CekAja merangkum beberapa rekomendasi daftar bank yang tawarkan KTA bunga rendah:

1. Bank DBS Indonesia

Bank yang tawarkan KTA bunga rendah pertama ini asal Singapura dan menjadi bank terbesar di Asia Tenggara, yaitu Bank DBS.

Perbankan ini pernah dinobatkan sebagai World’s Best Bank pada 2019 lalu oleh majalah Euromoney dan tercatat sebagai penyedia digital banking ternama di Indonesia.

KTA DBS atau yang biasa dikenal sebagai Dana Bantuan Sahabat sempat meroket karena menawarkan pengajuan KTA secara online sejak 2017.

Nama Dana Bantuan Sahabat kini berganti menjadi Digibank KTA dengan menawarkan maksimum pinjaman dana Rp 300 juta.

Tenor dan Bunga Digibank KTA Instant:

  • Suku bunga 15,48%-35,88% per tahun atau kisaran 1,29%-2,99% per bulan
  • Pinjaman minimal Rp3 juta-Rp30 juta
  • Tenor pinjaman mulai 6 bulan-3 tahun

2. Standard Chartered Bank

Bank yang tawarkan KTA bunga rendah kedua ini merupakan perusahaan jasa keuangan multinasional yang berpusat di London, Inggris.

SCB sudah beroperasi di lebih dari 70 negara termasuk Indonesia dan menawarkan produk pinjaman tanpa agunan bernama KTA Standard Chartered.

Tenor dan bunga KTA Standard Chartered:

  • Suku bunga 1,49% untuk plafon pinjaman Rp5 juta-50 juta (untuk karyawan)
  • Suku bunga 1,39% untuk plafon pinjaman Rp50 juta-100 juta
  • Suku bunga 1,19% untuk plafon pinjaman Rp100 juta-150 juta
  • Suku bunga 0,95% untuk plafon pinjaman Rp150 juta-200 juta
  • Suku bunga 0,65% untuk plafon pinjaman Rp200 juta-300 juta
  • Tenor pinjaman mulai dari 2-5 tahun

Standard Chartered membuka layanan online khusus KTA via official websitenya di https://www.sc.com/.

3. Bank BCA

Bank swasta terbesar dengan jaringan terluas di Indonesia ini juga menjadi bank yang tawarkan kta bunga rendah bernama Personal Loan BCA.

Dibandingkan produk KTA lainnya, Personal Loan BCA begitu kompetitif menawarkan bunga terendah di pasaran.

Tenor dan bunga Personal Loan BCA:

  • Pinjaman minimal Rp5 juta dan maksimal Rp100 juta
  • Tenor pinjaman mulai dari 1-3 tahun
  • Suku bunga tetap (flat) 12% sampai 12,84% per tahun
  • Untuk produk KTA BCA Tenor 1 tahun suku bunganya 1% per bulan, untuk KTA BCA Tenor 2 tahun suku bunganya 1,03% per bulan, dan KTA BCA Tenor 3 tahun suku bunganya 1,07% per bulan

4. Bank Mandiri

Bank yang tawarkan KTA bunga rendah selanjutnya dari salah satu bank terbesar di Indonesia yaitu Bank Mandiri. Pada tahun 2018, nama produk KTA Mandiri berubah menjadi Kredit Serbaguna Mandiri (KSM) dan banyak diminati masyarakat Indonesia.

Fasilitas pinjaman in diberikan Bank Mandiri kepada pegawai yang punya penghasilan dan profesi tetap, pensiunan atau konsumen khusus.

Tenor dan bunga KSM Mandiri:

  • Pinjaman minimal Rp5 juta dan maksimal Rp1 miliar
  • Tenor pinjaman mulai dari 1-15 tahun
  • Untuk pinjaman 1-2 tahun bunga 0,50% per bulan, untuk pinjaman 3-5 tahun bunga 0,52% per bulan dan untuk pinjaman 6-15 tahun bunga 0,61% per bulan
  • Untuk pegawai tetap payroll maksimal pinjamannya 15 tahun, untuk pegawai tetap non payroll maksimal pinjamannya 10 tahun dan untuk CPNS maksimal pinjamannya 1 tahun

5. Bank BRI

Bank milik pemerintah dengan laba terbesar ini ternyata menjadi bank yang tawarkan kta bunga rendah juga, produk KTA nya bernama BRIGuna.

BRIGuna menawarkan pinjaman tanpa agunan untuk calon debitur atau debitur dengan sumber pembayaran (repayment) dari penghasilan tetap (fixed income) dan tenornya selama aktif bekerja sampai masa pensiun.

Tenor dan Bunga BRIGuna:

  • Suku bunga 1,45% per bulan untuk masa tenor 1-2 tahun
  • Suku bunga 1,54% per bulan untuk masa tenor 3-5 tahun
  • Pinjaman mulai Rp10 juta sampai Rp500 juta

6. Bank Panin

Salah satu bank komersial utama di Indonesia ini tidak mau kalah memudahkan nasabahnya dengan produk KTA bernama Kredit Express.

Bank Panin merupakan hasil merger Bank Kemakmuran, Bank Industri Jaya, Bank Industri Dagang Indonesia, dan Bank Industri Dagang Indonesia yang berdiri sejak tahun 1971.

Tenor dan bunga Kredit Express:

  • Suku bunga flat 0,88% per bulan atau 10,56%-15,48% per tahun. Untuk Kredit Express tenor 1 tahun suku bunganya 0,88%, untuk tenor 2 tahun suku bunganya 0,99% dan untuk tenor 3 tahun suku bunganya 1,29%
  • Jangka waktu alias tenor mulai dari 1-3 tahun
  • Pinjaman mulai Rp3 juta-Rp500 juta

7. Bank Permata

Bank yang tawarkan kta bunga rendah lainnya dari Bank Permata yang sudah diakuisisi oleh Bangkok Bank.

Berdiri sejak tahun 1954, Bank Permata sudah melayani dua juta nasabah yang tersebar di 59 kota se-Indonesia.

Ada tiga jenis produk KTA yang ditawarkan Bank Permata, yakni KTA Online yang diajukan di aplikasi Permata Mobile X, KTA Payroll untuk nasabah yang rekening gajinya di Permata, dan KTA Non Payroll untuk nasabah umum.

Tenor dan bunga Permata KTA:

  • Suku bunga tetap dengan tingkatan 1,69% (pinjaman Rp5-50 juta), 1,49% (pinjaman Rp50-125 juta), 0,99% (pinjaman Rp125-200 juta) dan 0,88% (pinjaman Rp200-300 juta)
  • Khusus calon debitur yang tidak memiliki kartu kredit bunga tetap 1,99% per bulan
  • Plafon pinjaman mulai Rp5 juta-Rp300 juta (pemohon dengan kartu kredit) dan mulai Rp3 juta-Rp10 juta (pemohon tanpa kartu kredit)
  • Tenor mulai 1-3 tahun untuk pemilik kartu kredit dan 1-2 tahun tanpa kartu kredit

8. Bank Danamon

Bank yang tawarkan KTA bunga rendah selanjutnya merupakan salah satu bank swasta yang banyak dipilih masyarakat. Produk KTA Dana Instant dari Bank Danamon ini bisa jadi pertimbangan solusi keuangan kamu loh.

Tenor dan bunga KTA Dana Instant:

  • Suku bunga 1,89% per bulan atau 13,08%-16,68% per tahun dengan pinjaman Rp5-50 juta, pinjaman Rp50-100 juta bunganya 1,69% per bulan, dan pinjaman Rp100-200 juta bunganya 1,49% per bulan
  • Jangka waktu alias tenor mulai dari 1-3 tahun
  • Minimal pinjam Rp5 juta dan maksimal Rp200 juta

9. Bank HSBC

The Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC) merupakan bank terbesar di Hong Kong menjadi salah satu bank yang tawarkan KTA bunga rendah juga loh.

HSBC juga memiliki produk KTA untuk pangsa pasar Indonesia bernama Personal Installment Loan. Bisa banget jadi solusi dana mendesak yang gak perlu ribet jaminan.

Tenor dan bunga Personal Installment Loan:

  • Suku bunga 14,40%-15,60% per tahun dengan rincian flat 1,2% per bulan (tenor 2 tahun) dan 1,3% per bulan (tenor 3 tahun)
  • Tenor mulai dari 2-3 tahun
  • Plafon pinjaman mulai dari Rp10 juta-Rp125 juta

10. Bank BTN

Masih belum menemukan yang cocok? kamu bisa mencoba produk KTA bank pemerintah lainnya yaitu Bank BTN. Bank ini sudah berdiri sejak tahun 1987 pada masa penjajahan Belanda dan mampu bertahan lama menyediakan aneka produk kredit bagi masyarakat Indonesia.

Pinjaman KTA dari Bank BTN ini bernama Kredit Ringan BTN, memiliki suku bunga yang relatif rendah dan sudah dilengkapi dengan asuransi jiwa kredit.

Tenor dan bunga Kredit Ringan BTN:

  • Suku bunga 9,75%-10,25% per tahun atau tergantung kerjasama perusahaan calon debitur dengan BTN
  • Untuk nasabah yang perusahaannya bekerjasama dengan BTN, memperoleh bunga tetap 9,75% untuk tenor 1 tahun, bunga 10% untuk tenor 3 tahun dan bunga 10,25% untuk tenor 3-5 tahun
  • Untuk nasabah yang perusahaannya tidak bekerjasama dengan BTN, memperoleh bunga tetap 10,5% untuk tenor 1 tahun, bunga 10,7% untuk tenor 3 tahun dan bunga 11,25% untuk tenor 3-5 tahun
  • Tenor mulai dari 1-5 tahun
  • Pinjaman mulai dari Rp5 juta-Rp100 juta

Nah, itu dia 10 rekomendasi bank yang tawarkan KTA bunga rendah yang bisa kamu pertimbangkan.

(Baca Juga: Promo Bunga KPR Murah BCA)

Setiap produk KTA dari berbagai perbankan ternama ini pasti memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Sudah menentukan pilihan? segera ajukan melalui CekAja.com secara online dengan cepat dan mudah yuk!

Di laman CekAja.com kamu bisa membandingkan dulu berbagai produk KTA dari bank ternama di Indonesia.

Jangan khawatir, proses pengajuan KTA di CekAja.com terjamin aman karena sudah terdaftar di OJK.

Jadi, tunggu apalagi? temukan solusi permasalahan keuangan kamu di CekAja.com