6 Tips Memulai Bisnis Frozen Food, Cocok untuk Pemula!

Karena kemudahannya, frozen food menjadi salah satu makanan yang dipilih oleh masyarakat. Tak heran jika saat ini bisnis frozen food sangat mudah dijumpai dimana-mana. 

6 Tips Memulai Bisnis Frozen Food, Cocok untuk Pemula!

Frozen food menjadi makanan yang sangat praktis dimasak untuk orang-orang yang memiliki kesibukan tinggi. Untuk memasaknya kamu tidak membutuhkan waktu yang lama.

Oleh karena itu, bisnis frozen food memiliki peluang yang tinggi dan menjanjikan untuk dijalani.

Tidak hanya itu, biasanya modal yang diperlukan untuk memulai bisnis frozen food juga cenderung lebih kecil dibandingkan dengan usaha lain. 

Deretan Tips Memulai Bisnis Frozen Food 

Ingin memulai bisnis frozen food? Yuk simak beberapa hal berikut supaya bisnismu dapat berjalan lancar minim kendala!

1. Menentukan Produk 

Untuk memulai bisnis frozen food, sebaiknya kamu menentukan terlebih dahulu apa yang ingin kamu jual. Mengingat terdapat berbagai macam jenis makanan beku yang disukai masyarakat. 

Tentukan juga apakah kamu akan menjadi reseller atau membuat produk frozen food sendiri.

Jika kamu memilih untuk membuat frozen food sendiri, tentunya akan lebih banyak hal yang harus kamu pertimbangkan seperti kualitas produk, bahan yang digunakan, pengelolaan produk, serta izin dari BPOM. 

Selain itu, pilihlah produk frozen food yang unik agar kamu memiliki nilai jual lebih. 

2. Menentukan Modal 

Langkah selanjutnya adalah untuk menentukan besaran modal yang akan kamu gunakan. Buatlah rincian apa saja kebutuhan operasional dan besaran dana yang perlu kamu keluarkan.

Biaya yang diperlukan untuk tempat, listrik, serta air yang digunakan juga harus kamu hitung dan jangan sampai terlewatkan. 

Dalam menentukan modal, kamu bisa menggunakan business plan untuk membantu tidak hanya mengetahui biaya yang dibutuhkan namun juga arah dan tujuan usahamu ke depannya.

(Baca Juga: 10 Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Besar)

3. Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan 

Alat utama yang dibutuhkan dalam bisnis frozen food tentunya adalah freezer. Pastikan freezer yang kamu gunakan memiliki sistem suhu yang baik.

Jangan sampai produk frozen food yang kamu jual malah basi karena kualitas penyimpanan yang kurang baik. 

Masing–masing produk frozen food juga memiliki ketentuan penyimpanan yang berbeda-beda tiap produknya. Jangan lupa untuk memperhatikan hal tersebut. 

Namun, jika kamu berniat untuk membuat sendiri, peralatan pendukung untuk produksi frozen food juga harus kamu siapkan. 

4. Pertimbangkan Metode Pengemasan 

Pengemasan produk frozen food tidak boleh asal saja. Pengemasan yang baik akan mendukung kualitas produk yang kamu jual. 

Plastik yang digunakan untuk membungkus frozen food tidak memiliki pori yang kemudian memperpanjang masa ketahanan makanan beku.

Selain itu, pada beberapa makanan beku, kamu juga perlu memvakum kemasan agar semakin kedap udara. 

5. Strategi Promosi 

Metode promosi adalah suatu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Produk yang berkualitas tanpa promosi tetap saja hanya akan mendapatkan pembeli yang sedikit. 

Maka dari itu, penting untuk kamu mencari tahu metode promosi apa yang tepat dilakukan agar produk yang kamu jual diminati dan dibeli banyak orang. 

Jangan lupa untuk memanfaatkan platform sosial media yang banyak digunakan oleh target pembeli seperti Facebook, Instagram, Tiktok hingga Twitter.  

Manfaatkan juga platform marketplace agar kamu bisa menggapai pembeli yang lebih luas dan tidak hanya berasal dari wilayah sekitar saja.

Untuk hal ini, jangan lupa juga untuk melihat ketentuan yang diberikan jasa kirim terhadap pengiriman makanan. 

6. Cari Supplier yang Bagus 

Walaupun sedikit sulit, coba lah carilah supplier yang menawarkan bahan dengan harga murah namun kualitasnya. Dengan begini kamu dapat menekan harga penjualan. 

Mengetahui kualitas supplier frozen food yang baik tentu penting dalam memulai bisnis frozen food. Pastikan produsen memiliki dokumen persyaratan izin usaha yang lengkap dibarengi dengan proses pembuatan produk yang terjaga.

Sebagai calon pembeli, kamu dapat meminta detail produksi frozen food mulai dari sourcing bahan baku, proses pembuatan, penyimpanan, hingga distribusi.

Setelah menemukan supplier tersebut, segera buat perjanjian dagang agar kedepannya, proses jual beli berjalan lebih lancar. 

(Baca Juga: 3 Cara Pengajuan Pinjaman Cepat Cair dengan Adira, Bonus Cashback!)

Cari Modal Usaha? Ajukan Pinjaman di CekAja.com!

Masih ragu untuk memulai bisnis frozen food karena modal? Tidak usah bimbang karena kamu dapat mengajukan Kredit dengan Agunan di CekAja.com.

Di CekAja.com, proses pengajuan kredit berjalan mudah dan cepat. Kamu hanya perlu untuk mengisi formulir dengan data yang dibutuhkan pada situs CekAja.com.

Jika kamu berniat mengajukan pinjaman multiguna, gadai BPKB mobil dan BPKB motor jadi solusi ampuh agar segera mendapatkan dana modal usaha yang dibutuhkan.

Produk pinjaman yang ditawarkan juga beragam, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan yang kamu miliki. 

Keamanan juga sudah terjamin dengan terdaftar dan diawasi nya CekAja.com oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai bisnis frozen food sekarang dengan mendapatkan dana cepat cari di CekAja.com!