5 Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023 dan Tips Memulainya

Akhir tahun seringkali dijadikan sebagai waktu untuk refleksi, mengevaluasi hasil kerja sebelumnya dan membuat resolusi untuk tahun baru. Selain itu, tak ada salahnya untuk mencari referensi bisnis menjanjikan di tahun 2023 yang mungkin bisa dicoba.

5 Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023 dan Tips Memulainya

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk mendirikan bisnis baru pada tahun 2023, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai merencanakan ke depan dan memulai keputusan penting tersebut.

Hal pertama dan penting untuk dilakukan adalah memutuskan jenis bisnis apa yang ingin kamu jalankan. Untuk membantumu, CekAja telah menyusun beberapa ide bisnis menjanjikan di tahun 2023.

Deretan Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023

1. Dropship

1. Dropship - Deretan Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023

Ingin menjalankan toko online sendiri, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Tidak mau menanggung biaya logistik dan pergudangan? Usaha dropship bisa jadi pilihan!

Dengan dropshipping, pemasok pihak ketiga memenuhi pesanan atas namamu, dan kamu bertindak sebagai perantara yang memfasilitasi penjualan dan mengantongi keuntungan.

Tren belanja online yang terus meningkat juga bisa menjadi salah satu situasi yang menguntungkan.

Cobalah untuk fokus pada produk khusus yang bergerak cepat yang menarik audiens tertentu untuk hasil terbaik.

2. Pembelajaran dan Kursus Online

2. Pembelajaran dan Kursus Online - Deretan Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023

Berbagi pengetahuan dalam bentuk kursus online bisa sangat menguntungkan, dengan biaya awal yang sangat rendah.

Mulailah membangun situs web, kumpulkan pengikut, pamerkan pengetahuanmu dengan konten online, dan mulailah untuk membuka kursus online yang bisa diikuti banyak orang.

(Baca Juga: 5 Ide Bisnis Rumahan Buat Ibu Rumah Tangga yang Hasilkan Uang Tambahan)

3. Blogging

3. Blogging - Deretan Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023

Membuat blog sendiri adalah cara yang bagus untuk memudahkanmu memasuki bisnis baru. Blogging juga cara yang menyenangkan untuk menulis tentang hal-hal yang kamu sukai!

Jika kamu pandai dan suka menulis, ini bisa jadi ide bisnis menjanjikan di tahun 2023 yang cocok untukmu.

Kamu dapat memulainya sebagai proyek sampingan di samping pekerjaanmu saat ini, dan kemudian secara bertahap beralih saat dan ketika blog menjadi lebih mapan.

Mulailah dengan menemukan kursus menulis blog terkemuka di mana kamu dapat mempelajari dasar-dasar blogging, branding, dan SEO.

4. Digital Marketing

4. Digital Marketing - Deretan Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023

Pandemi mendorong semakin banyak bisnis ke ranah digital dan begitulah bisnis terus berjalan.

Tetapi banyak pemilik bisnis tidak memiliki pengetahuan untuk memasarkan diri mereka di platform digital.

Jika kamu mahir menggunakan media sosial dan menguasai kata-kata, mendirikan bisnis pemasaran digital bisa menjadi ide bisnis menjanjikan di tahun 2023 yang sempurna.

5. Menjual Barang Buatan Tangan

5. Menjual Barang Buatan Tangan - Deretan Bisnis Menjanjikan di Tahun 2023

Pernahkah kamu mempertimbangkan untuk mengubah hobi menjadi bisnis? Bukankah itu luar biasa? Jika kamu memiliki bakat khusus, bagikan dan buat jadi menguntungkan!

Baik kamu seorang pembuat roti, desainer, perajin, atau seniman, menjual barang-barang buatan tangan terbukti menjadi ide bisnis yang sangat populer.

Kamu bisa mulai dengan membuat item di waktu luang dan menjualnya kepada teman atau mempromosikannya lewat media sosial.

Tips Memulai Bisnis Baru

Oke, katakanlah kamu sudah menyiapkan ide bisnis. Lalu apa lagi yang perlu dipertimbangkan sebelum mendirikan bisnis baru? Simak tips-tips berikut ini.

1. Riset, Riset, dan Riset Lagi!

1. Riset- Tips Memulai Bisnis Baru

Penting untuk sepenuhnya memahami ide bisnis, industri, target pasar, dan lain-lain. Adakah yang dapat membantumu menjadi lebih baik, dalam hal pelatihan atau pengembangan? Dan apakah ada kualifikasi atau sertifikasi yang perlu dicapai sebelum membuka usaha?

Membuka bisnis baru adalah hal yang berisiko. Sebab itu, penting untuk melakukan riset dengan baik mulai dari hal yang besar sampai detail kecil sekalipun.

2. Buat Rencana Bisnis yang Menyeluruh

2. Buat Rencana Bisnis - Tips Memulai Bisnis Baru

Ini adalah langkah penting saat menyiapkan bisnis baru. Kamu harus memiliki deskripsi bisnis yang jelas, mencakup kebutuhan manajemen, modal, pasar, analisis pesaing, dan lain-lain.

Membuat dan memelihara rencana bisnis adalah kunci untuk menjalankan usaha yang sukses dalam jangka panjang.

3. Putuskan Jenis Bisnis

3. Putuskan Jenis Bisnis - Tips Memulai Bisnis Baru

Apakah kamu lebih suka menjadi wirausaha, perusahaan terbatas, atau kemitraan? Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta dilengkapi dengan aturan dan peraturannya sendiri.

Jadi, sangat penting untuk mengevaluasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu. 

(Baca Juga: 12 Ide Bisnis untuk Anak Muda yang Mudah Dilakukan dan Menguntungkan)

4. Siapkan Modal

4. Siapkan Modal - Tips Memulai Bisnis Baru

Modal adalah kunci dari berjalannya suatu usaha. Tanpa modal, kamu tidak akan bisa memulai bisnis menjanjikan di tahun 2023.

Sebab itu, kamu harus menyiapkan modal yang realistis untuk kebutuhan bisnismu. Modal pertama bisa kamu ambil dari dana pribadi.

Selain dari modal pribadi, kamu juga bisa memanfaatkan pinjaman seperti KTA Standard Chartered untuk tambahan modal usaha.

Dengan bunga ringan mulai 0,65% saja per bulannya, kamu sudah bisa mendapat pinjaman sampai Rp300 juta. Masa tenornya pun panjang, yaitu 12 60 bulan.

Kamu bisa ajukan KTA Standard Chartered melalui CekAja.com secara online. Untuk mengajukannya, kamu perlu memenuhi syarat seperti berikut.

– Warga Negara Indonesia (WNI)

– Usia 21-60 tahun

– Pendapatan bersih minimal Rp96 juta per tahun

– Memiliki kartu kredit dari bank lain dan telah terdaftar minimal satu tahun

– Minimal limit kartu kredit lebih besar atau sama dengan Rp12 juta

– Tinggal dan bekerja di Jabodetabek, dan Surabaya

Jika semua persyaratan tersebut sudah terpenuhi, maka kamu bisa langsung melakukan pengajuan secara online melalui CekAja.com agar lebih mudah, cepat, dan aman!