Yuk Simak! Rekomendasi 5 Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan

Susah naik gaji tapi kebutuhan semakin membengkak? Coba bisnis sampingan untuk karyawan berikut ini, agar hidupmu lebih sejahtera!

Bisnis Sampingan untuk Karyawan, Raih Penghasilan Tambahan Mulai Dari Sekarang!

Menjadi seorang karyawan swasta, BUMN, atau PNS tentu saja membuat seseorang memperoleh penghasilan tetap setiap bulannya. Namun, susahnya kenaikan jabatan dan gaji membuat penghasilan terlalu stagnan.

Terkadang penghasilan tersebut juga belum mampu memenuhi segala macam tagihan. Tidak perlu risau, kamu bisa mencoba bisnis sampingan untuk karyawan.

Selain menambah penghasilan, bisnis sampingan untuk karyawan juga bisa menyalurkan hobi dan bakat kamu, lho. Selain itu, bisa jadi kamu malah lebih sukses di bisnis sampingan dibanding di pekerjaan tetap.

Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan

Buat kamu yang ingin memiliki bisnis sampingan, ada baiknya pikirkan ide bisnis yang bisa kamu geluti dari sekarang.

Akan tetapi, perhatikan juga waktu yang tersita dalam menggeluti bisnis sampingan. Jangan sampai kamu mengorbankan pekerjaan tetap demi bisnis sampingan.

Masih bingung mencari ide bisnis sampingan untuk karyawan yang cocok dan tidak terlalu menyita banyak waktu? 

Tenang saja, CekAja telah merangkum rekomendasi bisnis sampingan untuk karyawan, yang bisa menjadi mata pencarian kedua. Simak rekomendasinya berikut ini!

1. Menjual Makanan

Jika kamu senang memasak dan hobi mengolah resep-resep baru, tidak ada salahnya mencoba untuk menjual makanan yang kamu masak.

Kamu bisa menawarkan makanan yang kamu masak kepada rekan kerja. Makanan tersebut bisa menjadi santapan makan siang atau sarapan bagi yang belum sempat sarapan di rumah.

Kamu bisa membuka pesanan dan merinci daftar makanan sehari sebelumnya. Setelah itu, kamu bisa memasak pagi hari sebelum berangkat kerja.

Agar lebih meningkatkan penjualan, kamu bisa mengiklankan masakan di Status WhatsApp. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang namun masih dalam tahap terkendali.

2. Jajal Bisnis Baju Bekas

Menjual baju bekas bisa menjadi pilihan memulai bisnis sampingan untuk karyawan. Apalagi tren bisnis baju bekas akhir-akhir ini sedang menggila.

Dengan menjajal bisnis baju bekas, pekerjaan utama tidak akan terganggu. Kamu bisa menggunakan waktu luang dan mengatur sendiri waktunya.

Tidak perlu ribet, kamu bisa membeli beberapa potong baju bekas di pasar induk atau pasar khusus baju bekas saat pulang bekerja. Kemudian pasarkan di media sosial atau tawarkan ke rekan kerja.

Ketika ada pembeli dari luar daerah, kamu cukup mempacking dan mengantarkannya ke jasa ekspedisi terdekat.

(Baca Juga: 10+ Bisnis Franchise Terbaru 2022 bersama OCTO Loan, Siap Raup Untung Besar?)

3. Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele barangkali bisa menjadi pilihan bisnis sampingan untuk karyawan. Terlebih bagi kamu yang senang mengurus hewan dan tertarik dengan dunia perikanan.

Saat ini, ikan lele menjadi salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Kamu bisa menjualnya ke restoran ataupun warung pecel lele pinggir jalan.

Tidak perlu tempat yang luas, kamu bisa memanfaatkan lahan terbatas di rumah untuk memulai budidaya ikan lele. Membuat kolam kecil di area taman rumah atau bahkan budidaya ikan lele di ember pun bisa kamu lakukan.

4. Jual Foto di Internet

Bagi kamu pecinta fotografi, ide bisnis sampingan berikut akan sangat menggiurkan. Selain memenuhi hobi, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari fotografi.

Daripada foto yang kamu hasilkan bisa dinikmati secara gratis dan hanya memenuhi ruang penyimpanan laptop, kamu bisa memanfaatkan internet untuk menjualnya.

Saat ini, terdapat beberapa situs di internet yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual foto seperti Shutterstock, Istockphoto, dan Pexels.

Situs tersebut memberikan bayaran dalam mata uang dolar. Kamu bisa memperoleh keuntungan yang lebih banyak ketika nilai tukar dolar terhadap rupiah sedang naik.

Namun, kamu harus menunggu verifikasi foto terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga harus bersabar menunggu pembeli karena foto yang tersedia di situs tersebut sangat banyak.

5. Bisnis Rental Barang

Bisnis rental barang adalah salah satu usaha yang memiliki banyak peminat. Kamu bisa membuka bisnis rental barang seperti kamera, alat pendakian, kendaraan, atau bahkan gawai.

Misalnya kamu bisa membuka bisnis rental alat-alat pendakian dengan hitungan sewa per hari. Kamu bisa menyewakan tenda, tas carrier, matras, headlamp, hingga kompor portable.

Untuk meminimalisir risiko barang yang disewakan tidak dikembalikan, kamu bisa meminta KTP atau identitas lainnya sebagai jaminan. Kamu juga bisa memberikan denda ketika ada barang yang rusak oleh penyewa.

Namun untuk membuka bisnis rental barang dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba menggunakan salah satu produk keuangan, yakni kredit dengan agunan.

(Baca Juga: 8 Cara Mulai Bisnis Rumahan Paling Ampuh, Auto Jadi Juragan!)

Ajukan Kredit Dengan Agunan Mudah Melalui CekAja.com

Pengajuan pinjaman melalui skema kredit dengan agunan bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan seperti foto KTP, slip gaji, serta harta yang ingin kamu agunkan.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, dan pihak pemberi dana menyetujui, kamu bisa langsung mendapatkan dana yang diinginkan.

Pinjaman dengan skema kredit dengan agunan memiliki berbagai keuntungan, salah satunya suku bunga yang rendah. Selain itu, jangka waktu pinjaman juga bisa lebih lama.

Melalui CekAja.com, kamu bisa mengajukan kredit dengan agunan secara mudah dan cepat. Tidak perlu ke luar rumah, semua proses pengajuan berlangsung online.

CekAja.com dipastikan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga kamu tidak perlu khawatir akan legalitas.

Tunggu apalagi? Ajukan kredit dengan agunan sekarang juga melalui CekAja.com!