Pilih Buku Fisik atau Buku Digital? Ini Perbandingannya!

Pertimbangan soal memilih buku fisik atau buku digital sering membuat banyak orang bingung. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang juga harus disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Advertisement

“Buku adalah jendela dunia”. Demikian istilah yang menggambarkan manfaat membaca buku. Dengan rajin membaca, kita bisa memiliki wawasan yang luas, setara dengan berilmu keliling dunia.

Dulu, kamu pasti ingat bagaimana sulitnya mendapat referensi buku terbaik serta mencarinya ke berbagai toko buku terdekat. Namun sekarang, di zaman modern yang disertai kemajuan teknologi informasi, kita bahkan bisa membaca buku tanpa harus memegang fisik buku itu sendiri.

Ya, kemunculan buku digital atau e-book membuat kegiatan membaca pun lebih mudah, praktis, bahkan ramah lingkungan. Buku yang sebelumnya diproduksi dalam bentuk fisik berupa lembaran-lembaran kertas, kini bisa dibaca dalam bentuk digital dan dibaca secara online.

Sejarah Singkat Buku

Jika membicarakan soal sejarah buku, maka asal-usulnya tidak bisa diperkirakan secara pasti, karena berkembang di berbagai belahan dunia sejak masa lampau.

Sejarah buku diperkirakan berawal di Mesir pada tahun 2400-an Sebelum Masehi. Sejak ditemukannya kertas papirus, gulungan kertas yang berisi tulisan diperkirakan menjadi buku pertama di dunia.

Kemudian ada juga yang mengatakan buku sudah ada sejak zaman Sang Budha di Kamboja, lalu berkembang hingga ke Tiongkok tahun 200-an Sebelum Masehi.

Buku masuk ke Eropa bersamaan dengan perkembangan industri kertas di abad ke-11. Disusul revolusi buku karena terciptanya mesin cetak oleh Johann Gutenberg.

Sedangkan sejarah buku digital dimulai sebelum Perang Dunia II. Vannevar Bush yang memahami Memex atau mesin percarian online berniat menyimpan teks buku secara digital agar informasi yang tersedia di Memex semakin banyak.

Akhirnya lahirlah Project Gutenberg yang mendigitalkan teks pada tahun 1971. Sudah banyak buku yang dimasukkan ke dalam perpustakaan buku digital tertua yakni www.gutenberg.org.

Kini, banyak bermunculan situs buku digital lainnya yang mudah ditemukan. Sebagian di antaranya menjual buku atau membuat layanan langganan berbayar dengan sistem pembayaran digital, sedangkan yang lainnya menjadi purpustakaan online yang bisa diakses secara gratis.

(Baca Juga: 5 Toko Buku Online Terbaik, Yuk Beli!)

Perbandingan Buku Fisik atau Buku Digital

Memilih buku fisik atau buku digital memang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu dibandingkan untuk menjadi pertimbang. Selain itu, semua hal tersebut juga harus disesuaikan dengan kebutuhan tiap individu yang pastinya berbeda-beda.

Untuk memudahkan perbandingan buku fisik atau buku digital, simak dulu kelebihan dan kekurangan dari keduanya berikut ini.

Kelebihan Buku Fisik

  • Buku fisik memiliki bentuk yang nyata, sehingga cocok untuk dijadikan koleksi pribadi.
  • Buku fisik bisa menjadi sumber kebahagiaan. Untuk kamu yang suka dengan bentuk buku fisik serta aroma buku baru, buku fisik biasanya menjadi pilihan karena dapat menenangkan pikiran dan memunculkan rasa nyaman saat membaca.
  • Buku fisik lebih mudah untuk diberi tanda yang juga memudahkanmu untuk menandai bagian terpenting dari isi buku tersebut.
  • Membaca buku fisik lebih aman untuk kesehatan mata. Tentunya dengan posisi membaca dan pencahayaan yang baik.
  • Buku fisik dinilai membantu menstimulasi pemahaman pembacanya. Dilansir dari Fimela, penelitian menunjukkan bahwa murid yang membaca buku digital memiliki tingkat pemahaman isi tulisan yang lebih rendah daripada saat mereka membaca buku fisik, karena adanya kontak indera peraba saat menyentuh buku.

Kekurangan Buku Fisik

  • Bentuk buku fisik yang terdiri dari lembaran-lembaran kertas sangat rentan rusak jika tidak disimpan dan dirawat dengan baik.
  • Penyimpanan buku fisik lebih rumit karena membutuhkan tempat penyimpanan, seperti di dalam kardus atau di rak buku.
  • Buku fisik dalam jumlah banyak kurang praktis untuk dibawa kemana-mana.
  • Harga buku fisik terbilang mahal dibandingkan dengan buku digital.
  • Dinilai tidak ramah lingkungan karena terbuat dari kertas yang berasal dari pepohonan.

Kelebihan Buku Digital

  • Mudah dibawa kemana saja karena tersimpan di dalam penyimpanan gadget.
  • Koleksi buku digital mudah disimpan maupun diarsipkan dalam jumlah banyak. Sehingga lebih rapi, dan mudah ditemukan saat dibutuhkan.
  • Tidak rentan rusak terkena air, jamur, atau robek.
  • Harga buku digital lebih murah, bahkan ada yang bisa diunduh secara gratis.
  • Lebih ramah lingkungan dibandingkan buku fisik.

Kekurangan Buku Digital

  • Untuk sebagian orang, membaca buku digital dirasa kurang nyaman karena melelahkan mata saat harus menatap layar gadget terus menerus.
  • Membaca buku digital kurang memberikan pemahaman karena tidak ada kontak fisik.
  • Buku digital sulit ditandai secara langsung.

(Baca Juga: Aplikasi Pembukuan Toko Terbaik untuk Pebisnis Pemula dan Profesional)

Jadi, Pilih Buku Fisik atau Buku Digital?

Setelah menyimak beberapa perbandingan antara buku fisik atau buku digital, kamu mungkin bisa lebih mudah menentukan pilihan, dan tidak lagi bingung dalam memilih buku fisik atau buku digital.

Semuanya kembali dengan kebutuhan setiap orang. Jika kamu merasa lebih nyaman membaca buku fisik, maka tidak ada salahnya untuk membeli buku fisik di toko buku konvensional.

Karena sebagian orang merasa memiliki keterikatan lebih saat membaca buku fisik. Mulai dari aromanya yang khas, kemudahan untuk menandai bagian isi terpenting, atau bahkan memberi tandatangan pada halaman depan buku.

Sedangkan jika kamu memilih kepraktisan dalam penyimpanan, maka buku digital bisa menjadi pilihan tepat. Apalagi dengan harganya yang murah dijamin enggak bikin kantongmu boncos.

Langganan Beli Buku? Bayar Saja Pakai Kartu Kredit dari CekAja.com!

Pembelian buku fisik atau buku digital memiliki metode pembayaran yang berbeda, karena buku digital tidak bisa dibayar dengan tunai. Agar lebih praktis, bayar saja keduanya dengan kartu kredit.

Kartu kredit cicilan ringan saat ini sudah banyak tersedia. Buat kamu yang bingung memilih produk kartu kredit terbaik, bandingkan saja lewat sistem perbandingan yang ada di CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding berbagai produk finansial terpercaya. Semua produk sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga aman untuk diajukan.

Untuk pengajuan kartu kredit dari berbagai bank bisa kamu lakukan hanya dengan mengisi formulir pengajuan secara online.

Cek terlebih dulu perbandingan kartu kredit, pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, lalu ajukan dengan mudah. Suku bunga dijamin terjangkau dan kompetitif.

Segera nikmati kebebasan finansial untuk beli kebutuhan apa saja dengan kartu kredit yang diajukan melalui CekAja.com!

Advertisement