Cara Bayar Cicilan Kartu Kredit CIMB Niaga di Tokopedia

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Bayar cicilan kartu kredit CIMB Niaga kini bisa dilakukan dengan lebih mudah lewat Tokopedia. Jadi, dari sekian opsi yang bisa kamu gunakan untuk pembayaran, bayar cicilan di Tokopedia adalah salah satu transaksi yang bakal memudahkan. Kamu pun bisa belanja kebutuhan sehari-hari hingga mencicil kartu kredit. Hal ini bakal sangat membantu banyak orang dalam membayarkan tagihannya setiap bulan.

Cara Bayar Cicilan Kartu Kredit CIMB Niaga di Tokopedia

Sebelumnya, selain bisa membayar tagihan kartu kredit di Tokopedia, kamu juga bisa melakukan pembayaran kartu kredit lewat ATM, hingga otomatis dari rekening debit mu. Tapi, salah satu metode pembayaran ini layak dicoba, pasalnya kamu bisa memanfaatkan berbagai promo yang tengah digelar Tokopedia.

Tentu saja, ini adalah salah satu kabar gembira bagi kamu yang sudah memiliki kartu kredit CIMB Niaga. Sebab, kamu bisa dengan mudah membayarkan cicilan kartu kredit tanpa harus ke ATM. Kamu bisa membuka aplikasi Tokopedia saja di ponsel kamu untuk melakukan pengecekan tagihan, hingga membayar kartu kredit. Lebih mudah dan simpel!

Pembayaran yang Mudah

Metode pembayaran kartu kredit CIMB Niaga di Tokopedia ini juga sangat mudah. Selain Itu, kamu bisa memilih beberapa metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia. Selain OVO, metode pembayaran lainnya seperti transfer ATM, transaksi virtual account hingga transaksi lewat Alfamart dan Indomaret juga bisa kamu lakukan. Kemudahan ini belum ditambah dengan sederet promo yang bisa kamu dapatkan kalau bertransaksi di Tokopedia.

Untuk melakukan pembayaran Cicilan Kartu Kredit CIMB Niaga di Tokopedia, berikut ini caranya:

  1. Akses aplikasi Tokopedia lewat ponsel kamu. Jika kamu belum punya, unduh di playstore dan buat akun terlebih dahulu.
  2. Kemudian, pilih Tokopedia Tagihan Kartu Kredit
  3. Pilih CIMB Niaga dan masukkan nomor kartu kredit kamu
  4. Setelah itu akan ada detail tagihan Kartu Kredit yang belum dibayarkan. Sebelum dibayar, pastikan jumlahnya sudah sesuai.
  5. Kemudian, masukkan nominal jumlah tagihan kartu kredit CIMB Niaga yang akan kamu bayarkan. Setelah itu klik Lanjut.
  6. Pilihlah metode pembayaran yang kamu inginkan, kemudian segera lakukan pembayaran sesuai instruksi yang telah tersedia.
  7. Jika sudah, maka pembayaran Kartu Kredit CIMB Niaga akan segera diproses. Tunggu hingga 3 x 24 jam untuk proses verifikasi.
  8. Jika pembayaran sudah berhasil, selanjutnya bukti pembayaran kartu kredit akan dikirimkan melalui email kamu. Mudah dan simpel bukan?

Setelah melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, kamu bisa belanja di Tokopedia dan nikmati berbagai promo maupun cashback yang bisa kamu dapatkan dengan belanja di Tokopedia. Jangan lupa, pastikan kamu membayar tagihan kartu kredit paling lambat seminggu sebelum jatuh tempo. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari tagihan yang membengkak karena biaya yang bertambah dari denda keterlambatan pembayaran cicilan.

(Baca Juga: Membeli Kebutuhan Saat Corona dengan Kartu Kredit)

Perlu diingat, kamu tidak bisa melakukan pembayaran tagihan kartu kredit CIMB Niaga ini dengan kartu kredit lainnya. Menggunakan kartu kredit lain untuk membayar hutang, sama saja kamu menggali lubang tutup lubang, bukannya hutangmu hilang, malah masih saja ada, dan bisa saja kian bertambah. Ketimbang menggunakan kartu kredit lain, kamu bisa menggunakan saldo OVO atau kartu debit mu. Lebih mudah dan tidak menumpuk hutang kartu kredit. Kamu pun tak bakal kesulitan karena hutang yang bertambah.

Jika kamu mengalami kendala dalam melakukan pembayaran kartu kredit CIMB Niaga di Tokopedia, pembayarannya gagal, maka saldo atau dana yang digunakan untuk pembayaran tersebut akan dikembalikan lagi ke Saldo Tokopedia maupun OVO Points jika kamu melakukan pembayaran dengan Ovo Points. Setelah itu, coba lagi pembayarannya beberapa saat kemudian.

Jangan ragu untuk menghubungi customer care Tokopedia jika kamu mengalami kendala dalam pembayaran tagihan kartu kredit. Kamu juga tidak perlu khawatir, sebab dana yang tidak bisa dibayarkan itu akan dikembalikan lagi ke akun kamu. Selain itu, dana yang sudah tersimpan di Tokopedia juga bisa dicairkan kembali ke rekening bankmu. Jadi, tak perlu khawatir dana atau uangmu bakal hilang. Sebab, segala transaksi akan tercatat pada sistem. Untuk mengantisipasi, kamu bisa melakukan skrinsut tiap melakukan transaksi pembayaran sebagai bukti bila terjadi kendala yang harus diurus.

Kendala lainnya yang mungkin bisa dialami adalah tagihan yang masih saja muncul, padahal kamu sudah membayar lewat Tokopedia. Nah, hal ini pun bisa diselesaikan dengan mudah. Kamu cukup menghubungi pihak bank untuk melakukan konfirmasi. Sebab, mungkin saja ada kesalahan pada sistem mereka yang mengakibatkan tagihannya masih muncul.

Ketentuan Pembayaran Tagihan Kartu Kredit CIMB Niaga di Tokopedia

Dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit CIMB Niaga di Tokopedia, ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus kamu pahami. Pertama, tagihan kartu kredit yang bisa dibayarkan lewat Tokopedia adalah Kartu Kredit yang sudah terdapat logo Visa dan/atau Mastercard yang dikeluarkan oleh CIMB Niaga.

Kedua, Tokopedia akan membutuhkan waktu 3 (tiga) hari kerja untuk memproses transaksi yang telah kamu lakukan terhitung sejak status pembayaran berhasil. Status yang berhasil ini akan tertulis pada Daftar Transaksi Berhasil.

Ketiga, kamu akan disarankan untuk melakukan pembayaran tagihan sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini akan menghindarkan kamu dari denda keterlambatan dan tagihan yang menumpuk. Jika kamu mendapatkan tagihan dan denda itu, maka hal ini  bukan tanggung jawab Tokopedia. Jadi, selalu ingat tanggal jatuh tempo ya, kalau perlu pasang alarm, agar tidak terlewat dan mendapatkan denda.

Keempat, pastikan kerahasiaan kartu kredit kamu selalu terjaga. Sebab, pihak Tokopedia tidak akan meminta nomor kartu kredit kamu, sekalipun kamu sedang mengalami kesulitan atau kendala tertentu dalam melakukan pembayaran tagihan Kartu Kredit CIMB Niaga. Jangan pernah memberikan data ini ke pihak manapun. Kamu hanya perlu menyebutkan nomor komplain yang telah didapatkan. Untuk beberapa transaksi yang perlu kelengkapan data, saat masih pending atau tagihan yang masih saja muncul, baru data ini mungkin saja akan ditanyakan. Tapi, tak ada salahnya untuk tetap waspada dan berhati-hati.

Kelima, kamu juga harus mengetahui jika pembayaran tagihan kartu kredit ini tidak bisa dibayarkan dengan memakai pembayaran cicilan. Setiap transaksi akan ditambah biaya administrasi, sesuai bank penerbit kartu masing-masing. Nominalnya juga berbeda tiap kebijakan bank. Pastikan kamu tahu, jika rincian tagihan seperti jumlah dari tagihan dan minimum pembayaran, hingga tanggal jatuh tempo dan rincian tagihan adalah ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya dari kamu dengan bank penerbit kartu kredit, dalam hal ini adalah bank CIMB Niaga.

Tidak hanya bisa melakukan pembayaran tagihan kartu kredit saja, kamu juga dapat melakukan transaksi pembayaran produk lainnya di Tokopedia dari pulsa, paket data, voucher game, token listrik, tiket pesawat hingga donasi online. Setelah itu, jangan lupa menikmati berbagai transaksi menggunakan kartu kredit CIMB Niaga untuk mendapatkan promo dan cashback menarik dari Tokopedia.

Promo Kartu Kredit CIMB Niaga di Tokopedia

Kamu bisa mendapatkan hadiah Spesial Diskon 50% Hingga Rp 20.000 dengan memakai CIMB Clicks untuk belanja khusus di hari hari tertentu. Program promo ini berlaku untuk kamu yang melakukan pembayaran dengan CIMB Clicks. Syaratnya, promo hanya berlaku untuk metode pembayaran penuh CIMB Clicks dengan periode 10 Februari hingga 31 Agustus 2020 mendatang. Promo ini dimulai pukul 10.00 WIB dan hanya berlaku untuk 120 transaksi pertama di hari yang ditentukan.

Selain itu, promo berlaku di hari Senin, Rabu, & Jumat. Untuk mendapatkan diskon 50 persen hingga Rp 20.000 ini, kamu juga diharuskan memasukkan kode promo: CLICKS20 pada halaman pembayaran yang tersedia di Tokopedia. Promo hanya dapat diikuti oleh satu pengguna Tokopedia sebanyak 1 kali per bulan selama periode promo yang ditentukan.

Selain itu, promo ini akan berlaku untuk minimum pembelanjaan Rp 150.000 di Marketplace dan Official Store dan tidak berlaku kelipatan & tidak termasuk ongkos kirim. Kamu juga harus tahu, bahwa promo ini tidak dapat digabung dengan promo dan voucher lain yang sedang berlangsung di Tokopedia. Kamu tidak bisa menggunakan promo ini jika bertransaksi sebagai Dropshipper.

Program promosi ini tidak berlaku untuk produk Logam Mulia, Emas Batangan, Voucher, dan Paket Data. Promo Tokopedia satu ini juga tidak berlaku untuk produk tertentu produk tembakau, rokok elektrik, dan turunannya) khusus di aplikasi Android. Ingat, jika penjual menolak pesanan kamu, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem Tokopedia, dan/atau transaksi masuk ke Pusat Resolusi. Sementara kode promo yang digunakan akan hangus dan tidak bisa digunakan kembali.

(Baca Juga: Review Kartu Kredit Maybank White Card, Banyak Fitur dan Manfaatnya)

Selain itu, Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada konsumennya, melakukan beebrapa tindakan-tindakan yang diperlukan jika diduga adanya tindak kecurangan dari pengguna. Jadi, pastikan kamu juga menggunakan promo ini sesuai dengan aturan ya. Jangan lupa untuk selalu melihat beberapa syarat maupun ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara promo.

Jika kamu kesulitan melakukan pembayaran cicilan kartu kredit CIMB Niaga di Tokopedia, kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan maupun cek cicilan kamu lewat ATM. Caranya pun akan sangat mudah. Pertama, kamu harus mengunjungi ATM CIMB Niaga terdekat dengan tempat tinggal kamu. Kemudian, pada menu utama ATM, segera lakukan proses pembayaran dengan memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM.

Selanjutnya, masukkan nomor PIN kamu, lalu pilih menu Pembayaran dan pilih menu Kartu Kredit. Kamu hanya perlu memasukkan nomor Kartu Kredit kamu lalu ikuti instruksi selanjutnya yang telah tersedia. Mudah juga bukan? Ya, memiliki kartu kredit memang akan memberikan banyak kemudahan, apalagi saat pandemi corona berlangsung, kamu mungkin akan membutuhkan banyak transaksi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Belanja online dengan kartu kredit merupakan salah satu solusi yang tepat buat kamu yang saat ini harus menerapkan social distancing.

Belum punya kartu kredit? Kamu bisa segera mengajukan kartu kredit CIMB Niaga yang memiliki banyak keunggulan dan fitur menarik. Jangan ragu untuk membandingkan tiap kartu kredit sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini. Pastikan juga kamu telah memilih kartu kredit yang sesuai dengan kondisi finansial kamu saat ini. Untuk itu, segera bandingkan setiap kartu kredit di Cekaja.com dan ajukan sekarang juga untuk mendapatkan berbagai penawaran dan promo menarik.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas