6 Cara Cek Nomor NPWP Terlengkap 2021 bagi Wajib Pajak

Zaman sudah canggih. Kini, kamu bisa cek nomor NPWP, baik secara online ataupun offline. Dan berikut cara cek nomor NPWP terlengkap 2021 bagi Wajib Pajak (WP).

6 Cara Cek Nomor NPWP Terlengkap 2021 bagi Wajib Pajak

Seputar Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Istilah NPWP tentunya terasa sangat familiar bagi kamu. NPWP atau disebut pula Nomor Pokok Wajib Pajak, merupakan nomor yang wajib dimiliki oleh Wajib Pajak, yakni tiap individu ataupun badan usaha yang berpenghasilan.

Dalam NPWP, tertera serangkaian nomor yang nantinya dapat digunakan oleh Wajib Pajak untuk memenuhi kewajibannya, dalam mengurus segala hal yang menyangkut administrasi perpajakan Indonesia.

Dengan memiliki NPWP, otomatis kamu terbukti sebagai peserta Wajib Pajak yang statusnya terdaftar, sekaligus diakui oleh DJP alias Direktorat Jenderak Pajak.

Hal itu juga dijelaskan pula dalam UU Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 1 Nomor 6. Dimana, istilah NPWP sendiri merujuk pada tanda pengenal Wajib Pajak yang diberikah oleh DJP, sebagai pihak yang bertanggung jawab menyoal perpajakan nasional.

Apakah NPWP Wajib Dimiliki Oleh Tiap Wajib Pajak?

Tiap Wajib Pajak, baik itu perseorangan atau badan usaha memang perlu memiliki NPWP. Namun, untuk urusan membayar pajaknya, memang tidak semua WP diwajibkan.

Kalau berbicara mengenai perseorangan, pembayaran pajaknya sendiri umumnya ditentukan berdasarkan pendapatan yang dimiliki.

Apabila pendapatan yang diterima kurang dari nominal Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), maka orang tersebut tidak diwajibkan untuk membayar pajak, walaupun sudah memiliki NPWP.

Ketentuan mengenai PTKP ini biasanya didasarkan atas status dan disesuaikan dengan tiga kode PTKP, yaitu TK (status lajang), K (menikah), serta PTKP penggabungan (K/I).

Lalu, bagaimana dengan Wajib Pajak yang berpenghasilan cukup? Tentunya wajib membayar pajak dan memiliki NPWP.

Sebaliknya, jika mereka tidak membayar pajak atau belum punya NPWP, maka akan dikenai sanksi penjara minimal 6 bulan-6 tahun, atau denda dua kali lipat dari utang pajak. Ini berdasarkan ketentuan UU Nomor 28 Tahun 2007.

Enggak mau kan harus sampai dikenai sanksi? Jadi, kalau saat ini kamu sudah memiliki NPWP, segera urus ya masalah perpajakan, baik itu lapor hingga bayar pajak.

(Baca Juga: Mengenal Kriteria Pengusaha Kena Pajak dan Tidak Kena Pajak)

6 Cara Cek Nomor NPWP Terlengkap 2021

Lalu, bagaimana jika lupa nomor NPWP atau ingin mengetahui apakah nomor NPWP telah aktif? Tenang, kamu bisa mencoba cara cek nomor NPWP terlengkap 2021, di bawah ini.

1. Cara cek nomor NPWP via situs resmi

situs resmi - Cara Cek Nomor NPWP Terlengkap 2021

Cara cek nomor NPWP terlengkap 2021 yang pertama adalah melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Kamu bisa mengakses langsung situs mereka di https://ereg.pajak.go.id/.

Setelahnya, kamu dapat langsung mengikuti sederet langkah cara cek nomor NPWP-nya berikut ini:

  • Pilih menu Cek NPWP untuk cek apakah NIK sudah ber-NPWP
  • Kamu juga bisa langsung isi kolom NPWP dan tunggu beberapa saat hingga pointer mouse beralih ke kolom email.
  • Apabila nomor NPWP masih aktif, otomatis nomor dan identitas lainnya akan langsung muncul
  • Namun jika tidak, itu berati NPWP yang kamu miliki masih belum aktif dan harus kembali diurus ke kantor pelayanan pajak terdekat.

2. Cara cek nomor NPWP via aplikasi DJP

aplikasi DJP - Cara Cek Nomor NPWP Terlengkap 2021

Selain melalui situs resmi, kamu juga bisa mencoba alternatif lain yang CekAja suguhkan pada ulasan mengenai cara cek nomor NPWP terlengkap 2021 ini, yaitu melalui aplikasi DJP.

Aplikasi mobile ini bisa kamu unduh kapanpun saat dibutuhkan melalui Play Store ataupun App Store.

Namun perlu dipahami, bahwa cek nomor NPWP lewat aplikasi DJP ini hanya bisa dilakukan jika status NPWP kamu telah aktif.

Jika belum, maka kamu perlu mendatangi dulu kantor pajak untuk meminta konfirmasi pengaktifan NPWP.

Dan berikut cara cek nompr NPWP via aplikasi DJP:

  • Unduh aplikasi DJP
  • Setelahnya, buka kembali aplikasi tersebut dan masuk dengan menggunakan akun yang telah terdaftar di website.
  • Buka dashboard dan cek nomor NPWP serta identitas lainnya di halaman dashboard tersebut
  • Jika tidak muncul, berarti nomor NPWP masih belum aktif dan harus segera diurus kembali ke kantor pajak untuk meminta konfirmasi lebih lanjut.

3. Cara cek nomor NPWP via Kring Pajak

Kring Pajak - Cara Cek Nomor NPWP Terlengkap 2021

Cara cek nomor NPWP terlengkap tahun 2021 yang berikutnya adalah melalui Kring Pajak. Buat kamu yang belum tahu, Kring Pajak sendiri adalah sebuah layanan dari DJP berupa call center.

Lewat Kring Pajak, kita dapat mengetahui segala informasi yang berkenaan dengan Wajib Pajak, baik secara perorangan atau badan usaha.

Termasuk pula jika kamu ingin mengecek nomor NPWP pribadi, bisa melalui Kring Pajak di nomor 1500200.

Tenang, layanan ini aman kok dan sudah terjamin validitasnya jika kamu ingin menanyakan seputar nomor NPWP.

Sebab memang, layanan Kring Pajak sendiri ditangani langsung oleh operator pajak yang terbukti ahli dalam bidang perpajakan.

4. Cara cek nomor NPWP via e-mail

via e-mail - Cara Cek Nomor NPWP Terlengkap 2021

Cara cek nomor NPWP terlengkap 2021 yang keempat ialah melalui e-mail. Tak perlu ragu pesan tidak terbalas, selama alamat e-mail yang dimasukkan benar, pihak pelayanan pajak pasti akan memproses pengaduan kamu kok.

Oiya, untuk cara cek nomor NPWP-nya sendiri, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Masukkan alamat e-mail kantor pajak dimana NPWP kamu terdaftar, atau bisa juga melalui pengaduan@pajak.go.id
  • Lampirkan hasil scan KTP dan data lainnya seperti surat-surat dari kantor pajak dalam pesan e-mail
  • Tulis tujuan mengirim pesan, misalnya ingin mengetahui cara cek nomor NPWP
  • Kirim langsung pesan tersebut melalui alamat e-mail yang telah dipilih dan tunggu pesan balasan dari pihak layanan perpajakan.

5. Cara cek nomor NPWP via faksimile

via faksimile - Cara Cek Nomor NPWP Terlengkap 2021

Masih berlanjut, kamu dapat mencoba cara cek nomor NPWP melalui faksimile. Terlihat lawas memang, namun Dirjen Pajak masih menyediakan layanan ini lho buat masyarakat.

Kamu dapat mengecek nomor NPWP via mesin faksimile milik Dirjen Pajak sendiri. Yang perlu kamu tahu, untuk pengecekan via faksimile, kamu mesti menghubungi nomor khusus yakni 021-5251245.

Sayangnya, fasilitas ini memakan waktu tunggu yang cukup lama. Dan nampaknya, hanya diperuntukan bagi mereka yang kondisinya tidak terlalu urgent perihal perpajakan.

Sebab, pesanmu tidak akan langsung dibalas saat itu juga oleh DJP, melainkan baru akan dibalas sekitar dua hingga lima hari dari waktu pengiriman.

(Baca Juga: 10 Negara dengan Pajak Tertinggi di Dunia)

6. Cara cek nomor NPWP via Kantor Pajak

via Kantor Pajak - Cara Cek Nomor NPWP Terlengkap 2021

Kalau tak mau lama menunggu, mungkin alternatif yang satu inilah paling tepat dicoba. Yakni dengan mendatangi langsung kantor pajak.

Cara cek nomor NPWP terlengkap 2021 ini menjadi penutup pada poin pembahasan artikel CekAja terkait pengurusan nomor NPWP sendiri.

Cara manual ini mungkin terlihat agak merepotkan. Tapi paling efektif dilakukan jika kamu memang butuh informasi lebih jelas perihal NPWP.

Adapun cara cek nomor NPWP melalui kantor pajak, langkah-langkahnya seperti ini:

  • Datangi kantor pajak terdekat atau sesuai dengan domisili KTP
  • Siapkan KTP yang sesuai dengan data pembuatan NPWP
  • Datangi konter Divis Pelayanan, lalu sampaikan tujuan kamu misalnya ingin cek nomor NPWP

Untuk prosedur pengecekan NPWP Badan Usaha, biasanya petugas pajak akan meminta Akta Perusahaan serta surat kuasa, jika kondisinya staf perusahaan yang mengurus dan bukan direkturnya langsung.

Selain untuk Bayar Pajak, Ini Dia Kegunaan NPWP

Nah, itu tadi 6 cara cek nomor NPWP terlengkap 2021. Selain untuk bayar pajak, adanya NPWP ini juga sangat berguna lho, apalagi jika kamu ingin mengajukan kredit di bank.

Ya, rata-rata bank akan meminta NPWP calon debiturnya untuk mengetahui indikator taat pajak atau tidaknya si calon debitur tersebut. Terlebih bila pengajuan kredit yang diambil mencapai lebih dari Rp50 juta.

Ini juga berlaku saat kamu akan mengajukan pinjaman di CekAja.com. Sebab, CekAja juga akan meminta NPWP kamu sebagai salah satu syarat utama pengajuan pinjaman, terutama yang nilainya diatas Rp50 juta.

Tidak hanya itu saja alasannya. CekAja meminta NPWP debitur juga karena produk pinjaman yang tersedia merupakan fasilitas kredit dari mitra perbankan.

Pinjaman yang ada di CekAja ini merupakan produk KTA dari beberapa mitra perbankan, dengan bunga kompetitif, mulai dari 0,65 persen.

Pengajuannya juga sangat mudah, bahkan kamu dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun saat dibutuhkan, sebab dilakukan secara online.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai KTA dari CekAja.com, yuk akses halaman utama website CekAja atau langsung apply lewat tabel pengajuan di bawah ini. Semua kamu yang tentukan!