Cara Ganti Kartu ATM Strip Magnetic Ke Chip, Mudah dan Gratis!

Kamu harus tahu prosedur cara ganti kartu strip magnetic ke chip, sebab Bank Indonesia akan mengeluarkan kebijakan baru guna meningkatkan keamanan dalam bertransaksi.

Hal ini sesuai amanat Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

Mulai 1 Januari 2022, penggunaan teknologi strip magnetic masih diperbolehkan, terbatas pada kartu ATM atau Debet yang diterbitkan atas dasar rekening tabungan memiliki saldo paling banyak Rp5 juta.

(Baca Juga: Kartu Kredit Khusus Orang Kaya, Limit Miliaran Rupiah)

Para pemegang kartu ATM berbasis strip magnetic perlu mengetahui cara mengganti kartu ATM berbasis chip segera, sebab sejumlah bank sudah menetapkan jadwal pemblokiran kartu akhir tahun ini.

Risiko Kartu ATM Magnetic Stripe

Kebijakan mutasi ini muncul karena faktor lemahnya keamanan kartu ATM berbasis stripe magnetic dari pembobolan rekening.

Mungkin kamu pernah mendengar berita nasabah yang menjadi korban skimming sehingga kehilangan uangnya secara misterius di ATM.

Cara kerja aksi jahat ini dengan membobol informasi dengan menggunakan alat yang dipasang pada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dengan teknik tersebut, si pelaku bisa menggandakan data yang terdapat di stripe magnetic kartu kredit maupun debit, kemudian memindahkan informasi ke kartu ATM kosong. Akhirnya, si pelaku bisa dengan mudah menguras saldo rekening nasabah.

Di sinilah pentingnya mulai mengganti kartu ATM kamu dari teknologi stripe magnetic ke berbasis chip. Sesuai dengan National Standard Indonesia Chip Card Specification (NSICCS) yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) sebagai standar nasional teknologi chip kartu ATM untuk seluruh penyelenggara kartu ATM atau debit di Indonesia.

Cara Ganti Kartu ATM Strip Magnetic ke Chip

Berikut CekAja merangkum cara mutasi kartu ATM standar teknologi chip dari beberapa bank Nasional:

1. BCA

Cara ganti kartu stripe magnetic ke chip dari Bank BCA yaitu dengan kunjungi kantor cabang BCA terdekat dan meminta pergantian kartu ATM lama ke yang berbasis chip melalui Customer Service.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan mesin CS Digital yang merupakan layanan Customer Service dalam mesin dan bekerja secara self service di cabang BCA.

Kamu bisa mengecek daftar lokasi CS Digital melalui laman resmi Bank BCA di www.bca.co.id

2. Mandiri

Cara ganti kartu strip magnetic ke chip dari Bank Mandiri juga dapat melalui cabang Bank Mandiri terdekat. Penggantian Mandiri debit stripe magnetic ke chip tidak dikenakan biaya alias gratis.

Bank Mandiri mengumumkan pada laman resminya bahwa nasabah yang tidak segera mengganti kartu ATM lama sesuai batas waktu yang ditentukan, akan diblokir.

Pemblokiran kartu ATM lama akan dilakukan bertahap sesuai kriteria expiry date kartu, berikut batas waktu yang ditentukan:

  • Tahap pertama: 1 April 2021, berlaku untuk kartu dengan expiry date 2021-2022.
  • Tahap kedua: 1 Juni 2021, berlaku untuk kartu dengan expiry date 2023-2025.
  • Tahap ketiga: 1 Juli 2021, berlaku untuk kartu dengan expiry date 2026-2030.

3. BNI

Cara ganti kartu stripe magnetic ke chip dari Bank BNI juga dapat melalui cabang Bank BNI atau mesin BNI SONIC (self service opening account) terdekat tanpa dikenakan biaya apapun.

Hal yang perlu dibawa saat ingin penggantian kartu yaitu KTP asli dan kartu ATM BNI lama berbasis stripe magnetic.

Pihak Bank BNI akan memblokir kartu debit nasabahnya yang masih menggunakan stripe magnetic per 1 Mei 2021.

BNI menawarkan cashback atas transaksi pertama di kartu debit BNI berbasis chip, baik transaksi e-commerce maupun transaksi melalui EDC.

4. BRI

Cara ganti kartu magnetic ke chip dari BRI juga bisa melalui cabang Bank BRI terdekat dan membawa kartu Debit lama dan KTP asli tanpa dikenakan biaya apapun.

Jika ada Kartu Debit BRI Simpedes berbasis magnetic stripe yang berelasi dengan rekening pasif (tidak bermutasi selama 365 hari) maka akan dinonaktifkan. Dapat diaktifkan kembali jika nasabah sudah mengganti kartu Debit berbasis chip.

Keuntungan Kartu ATM Chip

Dilihat dari segala risiko, pihak bank menyarankan agar nasabah segera mengganti kartu ATM dengan teknologi chip agar lebih aman dan sebagainya.

Berikut detail keuntungan jika kamu sudah mengganti kartu ATM berbasis teknologi chip:

  • Lebih Aman

Melansir dari Detik.com, Menurut Direktur Bank Central Asia (BCA) Santoso Liem, kartu debit yang sudah menggunakan chip maka memiliki tingkat keamanan lebih baik. Chip juga digunakan untuk menghindari terjadinya kejahatan seperti skimming.

Memang dari segi keamanan, kartu yang disertai chip lebih aman, karena kartu chip lebih sulit digandakan dibanding kartu ATM atau debit lama yang menggunakan stripe magnetic.

  • Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Kartu berteknologi chip juga memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih besar serta dapat melakukan pemrosesan transaksi lebih cepat.

Lakukan! Untuk Transaksi Lebih Aman

  • Tidak hanya menggunakan kartu ATM berbasis chip, kamu juga harus rajin mengganti PIN secara berkala guna meminimalisir pembobolan rekening.
  • Kadang orang masih menganggap remeh ini, saat mengetik nomor PIN di mesin ATM, tutuplah dengan tangan supaya tidak terintip orang lain.
  • Jangan mudah percaya dengan telepon yang mengatasnamakan bank dan meminta nomor telepon, nama ibu kandung, sampai nomor PIN.

Semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin canggih pula modus kejahatan seseorang untuk memperkaya diri sendiri.

Jadilah nasabah yang cerdas dengan selalu waspada terhadap kejahatan yang mengintai di sekitar kamu. Jika kamu mendapati transaksi mencurigakan pada saldo rekening, segera hubungi call center bank.

(Baca Juga: Tabungan Haji Syariah Terbaik)

Untuk kamu yang ingin membuka tabungan di bank ternama Indonesia namun malas atau tidak ada waktu datang ke kantor perbankan, kamu bisa mengajukannya melalui CekAja.com

Proses pengajuannya secara online jadi sangat praktis, cepat, aman dan nyaman karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Persyaratan yang diminta pun mudah dan ringan, di CekAja.com bisa memilih produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Agar masa depan tidak jadi beban, sebaiknya isi masa muda dengan bekerja, berusaha, dan menabung, di produk tabungan yang tepat. Yuk, ajukan tabungan terbaikmu melalui CekAja.com!