Cara Klaim Asuransi Kesehatan Cigna dan Sederet Produk Unggulannya

Kamu adalah nasabah asuransi kesehatan Cigna, namun belum tahu bagaimana cara klaim asuransi kesehatan Cigna? Eits, jangan khawatir! Ini adalah waktu yang tepat untuk kamu untuk mengetahui semuanya!

Perusahaan asuransi kesehatan satu ini, memberikan beberapa cara klaim asuransi kesehatan Cigna yang sederhana dan mudah dilakukan.

Pasalnya, kamu bisa melakukan klaim asuransi kesehatan menggunakan prosedur klaim reguler atau speedy klaim.

Untuk prosedur klaim reguler sendiri, kamu bisa melakukannya dengan mengirimkan formulir dan dokumen melalui kurir POS/Portal, maupun datang langsung ke kantor pusat/cabang.

Prosedur tersebut tidak jauh berbeda dengan prosedur untuk speedy klaim. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk memproses pengajuan klaim, dan mendapat keputusannya lebih cepat dibandingkan klaim reguler, yaitu hitungan menit saja.

Meski begitu, kedua cara klaim asuransi kesehatan Cigna ini sama-sama mudah dilakukan. Jika ingin tahu lebih jelas mengenai cara klaim asuransi kesehatan yang satu ini, yuk langsung simak bersama-sama ulasannya sebagai berikut!

Seputar Asuransi Kesehatan Cigna

Poin pertama yang harus kamu ketahui, sebelum mengulik lebih jauh bagaimana cara klaim asuransi kesehatan, yaitu informasi dasar seputar asuransi kesehatan Cigna itu sendiri.

Jadi, PT Asuransi Cigna atau yang dikenal dengan Cigna Indonesia, merupakan sebuah perusahaan layanan kesehatan, yang mengabdikan diri untuk membantu meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan rasa aman masyarakat Indonesia.

Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1990 ini, sudah terdaftar secara resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bahkan, legalitas perusahaan ini pun sudah tidak perlu diragukan. Sebab, Cigna Indonesia sudah memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa patungan.

Hal itu tentunya berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: Kep-369/KM.13/1990 tertanggal 24 Agustus 1990, juncto Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 572/KMK.017/1994 tertanggal 25 November 1994, juncto Surat Menteri Keuangan Nomor S.324/MK.6/2001 tertanggal 22 Mei 2001, juncto Surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-4302/NB.111/2015 tertanggal 13 Agustus 2015.

(Baca Juga: Produk Asuransi Kesehatan Cigna Khusus Keluarga)

Produk Asuransi Kesehatan Cigna

Setelah mengetahui informasi dasar seputar asuransi kesehatan Cigna, selanjutnya kamu akan mengetahui sejumlah produk terbaiknya.

Yang mana, untuk asuransi kesehatan sendiri, Cigna memiliki 12 produk yang terbagi ke dalam enam kategori, yaitu:

  • Asuransi Kesehatan Internasional
  • Asuransi Kesehatan Keluarga
  • Asuransi Kesehatan Individu
  • Asuransi Kesehatan Karyawan/Kumpulan/Employee Benefit (EB)
  • Asuransi Kesehatan Gigi dan Mulut
  • Asuransi Kesehatan sebagai Manfaat Tambahan.

Jika kamu ingin tahu, apa saja produk dari keenam kategori tersebut, di bawah ini CekAja.com akan mengulasnya khusus untuk kamu.

1. Asuransi Kesehatan Internasional

Kategori asuransi kesehatan Cigna yang pertama, yaitu Asuransi Kesehatan Internasional. Kategori ini memiliki produk-produk yang ditujukan untuk melindungi kamu dan keluarga, pada saat tinggal di Indonesia maupun luar negeri.

Adapun produk Asuransi Kesehatan Internasional, di antaranya yaitu:

Cigna Global Health

Ini merupakan salah satu produk Asuransi Kesehatan Internasional dari Cigna, yang menawarkan manfaat utama hingga Rp15 juta, dengan harga premi mulai dari Rp251.750,-.

Dengan besarnya manfaat yang ditawarkan, maka tidak heran apabila produk ini mengklaim dirinya mampu melindungi kamu dan keluarga, ketika di Indonesia dan di luar negeri.

Cigna Premium Health Protection

Produk Asuransi Kesehatan Internasional berikutnya, yaitu Cigna Premium Health Protection. Ini adalah produk milik Cigna, yang juga mampu melindungi kamu dan keluarga pada saat di Indonesia maupun luar negeri.

Namun, yang membedakan adalah asuransi ini menawarkan manfaat utama yang jauh lebih besar, yaitu Rp760.499.968,- namun dengan harga premi yang lebih rendah, karena dimulai dari Rp228 ribu.

Satu hal yang menarik dari asuransi kesehatan ini, yaitu nasabah bisa mengajukan asuransi kesehatan Cigna Premium Health Protection sejak usia 21 tahun.

2. Asuransi Kesehatan Keluarga

Kategori selanjutnya, yaitu Asuransi Kesehatan Keluarga. Kategori asuransi kesehatan satu ini, memiliki dua produk terbaik yang bisa dijadikan pilihan oleh kamu dan keluarga, di antaranya yaitu:

Cigna Family Care Optima

Ini adalah produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat perawatan, serta pembedahan yang disebabkan penyakit atau kecelakaan, beserta manfaat pengembalian premi.

Asuransi kesehatan ini juga menawarkan harga premi mulai dari Rp590 ribu per bulan, untuk lima anggota keluarga.

Yang mana, besaran premi tersebut bisa dibayar secara bulanan, triwulanan, semesteran, maupun tahunan.

Cigna Family Care

Cigna Family Care merupakan salah satu produk Asuransi Kesehatan Keluarga, yang juga memberikan manfaat tidak jauh berbeda dengan Cigna Family Care Optima.

Hanya saja, produk asuransi ini tidak memberikan manfaat pengembalian premi. Selain itu, produk ini juga mengenakan biaya premi yang jauh lebih murah, yaitu dimulai dari Rp340 ribu per bulan.

3. Asuransi Kesehatan Individu

Di urutan ketiga ada kategori Asuransi Kesehatan Individu, yang memiliki lima produk terbaik di kelasnya, yaitu Cigna Proteksi Sehat Optima, Cigna Proteksi Sehat, Cigna Health Protection, Cigna Care and Save, dan Cigna EaziHealth.

Semua produk itu tentunya memiliki manfaatnya masing-masing, yang dapat melindungi kesehatan kamu. Jika ingin tahu apa saja manfaat yang diberikan, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cigna Proteksi Sehat Optima

Dilengkapi dengan fitur pengembalian premi setiap tiga tahun, sebesar 50 persen dari total premi yang dibayarkan, Cigna Proteksi Sehat Optima memberikan masa perlindungan hingga usia 75 tahun.

Dengan lamanya masa perlindungan tersebut, produk ini pun memberikan manfaat utama yang sangat besar, yaitu hingga Rp165 juta dengan harga premi mulai dari Rp251.750,-.

Cigna Proteksi Sehat

Cigna Proteksi Sehat adalah produk yang ditujukan untuk memberikan kemudahan masyarakat Indonesia, dalam memperoleh perlindungan kesehatan.

Hal itu karena, produk asuransi kesehatan ini memberikan manfaat rawat inap dan pembedahan di seluruh jaringan rumah sakit rekanan AdMedika, serta layanan kesehatan tambahan seperti ambulans lokal dan domestik.

Cigna Health Protection

Produk Asuransi Kesehatan Individu terbaik lainnya, yaitu Cigna Health Protection. Produk yang menawarkan manfaat utama hingga Rp70 juta ini, memberikan masa perlindungan hingga usia 65 tahun.

Tidak hanya itu, masa tenor yang disediakan produk ini pun cukup terjangkau, karena dimulai dari Rp36 ribu per bulan untuk kamu yang berusia 18 – 29 tahun, dan Rp412 ribu per bulan untuk kamu yang berusia 60 – 65 tahun.

Cigna Care and Save

Cigna Care and Save adalah produk asuransi yang ditujukan untuk memberikan perlindungan bagi kesehatan diri, pasangan dan anak dengan manfaat utama tunjangan biaya rawat inap akibat penyakit, kecelakaan maupun santunan ICU.

Adapun nominal manfaat utama yang diberikan, yaitu hingga Rp90 juta dengan masa perlindungan hingga 65 tahun.

Cigna EaziHealth

Produk Asuransi Kesehatan Individu yang terakhir, yaitu Cigna EaziHealth. Produk yang bisa diajukan oleh masyarakat berusia 18 – 59 tahun ini, menawarkan manfaat utama hingga Rp165 juta, dengan masa perlindungan satu tahun.

Cigna EaziHealth sendiri, memberikan manfaat rawat inap serta pembedahan di seluruh jaringan rumah rekanan.

Bahkan, produk ini juga menyediakan akses yang mudah di lebih dari 700 rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia, melalui layanan cashless.

4. Asuransi Kesehatan Karyawan/Kumpulan/Employee Benefit (EB)

Untuk kategori Asuransi Kesehatan Karyawan/Kumpulan/Employee Benefit (EB), produk yang ditawarkan hanya satu, yaitu Cigna Active Pro Health. Jika ingin tahu rincian dari produk satu ini, yuk simak penjelasan berikut ini.

Cigna Active Pro Health

Cigna Active Pro Health adalah produk yang dihadirkan sebagai solusi perlindungan untuk karyawan, beserta anggota keluarganya. Sebab, produk ini menanggung biaya perawatan yang disebabkan oleh kecelakaan, maupun penyakit secara komprehensif dan terencana.

5. Asuransi Kesehatan Gigi dan Mulut

Selain empat kategori di atas, asuransi kesehatan Cigna juga memiliki kategori Asuransi Kesehatan Gigi dan Mulut, dengan produknya yang bernama Cigna Senyum Sehat.

Produk Asuransi Kesehatan Gigi dan Mulut ini, selanjutnya akan diuraikan secara lengkap informasinya sebagai berikut.

Cigna Senyum Sehat

Produk yang mendukung fasilitas cashless ini, hadir sebagai jawaban untuk kamu yang ingin memperoleh berbagai layanan perawatan kesehatan gigi dan mulut, seperti pengecekan gigi rutin dan pembersihannya, yang bisa digunakan di Indonesia maupun di luar negeri.

6. Asuransi Kesehatan sebagai Manfaat Tambahan (Riders)

Kategori terakhir yang akan diulas, yaitu asuransi kesehatan sebagai manfaat tambahan (riders), dengan produknya yang bernama Cigna Infinite Healthcare.

Cigna Infinite Healthcare

Sebagai produk asuransi kesehatan tambahan, Cigna Infinite Healthcare memberikan manfaat berupa penggantian biaya rumah sakit, dengan nominal sesuai jumlah yang ditagihkan pihak rumah sakit.

Diluncurkannya produk ini tidak lain karena realita, di mana biaya perawatan kesehatan di Indonesia rata-rata terus meningkat sebesar 15 persen per tahunnya.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Cigna

Nah, informasi terkait produk asuransi kesehatan Cigna sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Itu artinya, ini saatnya untuk CekAja.com menepati janji di awal pembahasan, yaitu akan memberitahukan cara klaim asuransi kesehatan Cigna.

Seperti yang diketahui, ada dua cara klaim asuransi kesehatan Cigna yang bisa dilakukan, yaitu mengikuti prosedur reguler atau speedy klaim.

Sebenarnya, cara yang harus dilakukan di prosedur reguler dan speedy klaim tidak jauh berbeda. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk proses klaim di prosedur reguler lebih lama dibandingkan speedy klaim.

Jika ingin tahu lebih rinci, mengenai cara klaim asuransi kesehatan Cigna di kedua jenis prosedur tersebut, di bawah ini CekAja.com akan mengulasnya satu-persatu sebagai berikut.

Prosedur Klaim Reguler

  • Nasabah harus mengirimkan formulir dan dokumen yang dibutuhkan melalui kurir POS/Portal, atau datang langsung ke kantor pusat/cabang asuransi kesehatan Cigna
  • Pihak asuransi kesehatan Cigna akan menerima dan memeriksa formulir serta dokumen dari nasabah
  • Setelah itu, nasabah akan menerima pesan pemberitahuan, bahwa formulir dan dokumen yang dikirim sudah diterima oleh Cigna
  • Adapun nasabah menerima pemberitahuan keputusan klaim melalui SMS untuk klaim diterima, SMS atau email apabila klaim ditunda (bisa juga telepon jika dibutuhkan), email atau surat apabila klaim ditolak
  • Jika klaim yang diajukan disetujui, maka nasabah akan menerima SMS pemberitahuan terkait pembayaran dana klaim
  • Pembayaran dana klaim pun nantinya akan diterima nasabah.

Prosedur Speedy Klaim

  • Untuk mengajukan klaim, nasabah harus datang langsung ke kantor pusat/cabang asuransi kesehatan Cigna, dan membawa formulir serta dokumen yang dibutuhkan
  • Jika sudah, pihak Cigna akan menerima dan memeriksa semua dokumen yang dikirim nasabah dalam waktu 30 atau 45 menit, apabila memenuhi syarat yang ditentukan
  • Untuk informasi terkait keputusan klaim, dalam waktu 30 atau 45 menit nantinya nasabah akan dihubungi oleh Customer Service Cigna
  • Kemudian, pembayaran dana klaim pun diterima nasabah.

Sebagai informasi tambahan, prosedur speedy klaim ini tidak membutuhkan waktu yang lama, yaitu 30 menit untuk keputusan klaim rawat inap, dan 45 menit untuk keputusan klaim meninggal dunia.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Mengajukan Klaim

Ketika hendak mengajukan klaim asuransi kesehatan Cigna, sebaiknya kamu perhatikan dulu empat hal berikut ini, yaitu:

  • Pastikan kalau polis asuransi perlindungan yang diajukan dalam keadaan aktif
  • Pastikan pengajuan klaim dilakukan maksimal 30 hari setelah kejadian
  • Pastikan formulir dan dokumen klaim yang dibutuhkan lengkap
  • Pastikan data-data yang tercantum dalam formulir klaim asuransi adalah data asli
  • Untuk dokumen pendukung lainnya, boleh menggunakan dokumen fotokopi yang sudah dilegalisir.

(Baca Juga: Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Pekerja Milenial)

Itulah beberapa informasi seputar cara klaim asuransi kesehatan Cigna, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya itu, kamu pun sudah tahu apa saja produk yang ditawarkan asuransi kesehatan Cigna, beserta informasi pendukung lainnya.

Jika dari semua informasi tersebut, kamu tertarik dengan salah satu produknya dan ingin segera memilikinya, maka kamu bisa langsung berkunjung ke situs CekAja.com untuk melakukan pengajuan.

Pasalnya, CekAja.com memiliki proses pengajuan yang sangat mudah, cepat dan aman, karena sudah terdaftar secara resmi, serta diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan Cigna terbaikmu sekarang juga!