5 Cara Membuat Laporan Keuangan untuk Perusahaan Jasa dengan Cepat

Ada beberapa cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa dengan cepat dan akurat, karena peran laporan sangat penting. Jadi kecepatan pun sangat dibutuhkan untuk melakukan update demi kemajuan perusahaan.

Untuk mengetahui bagaimana pergerakan suatu perusahaan kita membutuhkan yang namanya laporan keuangan. Laporan keuangan itu sendiri adalah sebuah catatan informasi mengenai keuangan suatu perusahaan dalam satu periode yang bisa menjadi gambaran bagaimana kinerja perusahaan tersebut.

Perusahaan jasa adalah organisasi yang tidak menjual barang untuk menghasilkan uang, melainkan mengandalkan ketangkasan analitis dan inovasi personilnya untuk menyediakan layanan yang diinginkan dan dinikmati klien.

Begitu juga dalam perusahaan jasa kita juga butuh laporan keuangan. Kali ini kita akan memberikan informasi cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa dengan cepat.

Jadi jangan lewatkan langkah cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa ini ya!

(Baca Juga: Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek ini Menguntungkan)

Cara Membuat Laporan Keuangan Untuk Perusahaan Jasa

Seperti yang sudah diketahui kalau perusahaan jasa tidak menjual barang tetapi menjual keahlian atau pelayanan misalnya saja jasa desain, jasa bengkel, jasa kecantikan dan lainnya.

Laporan keuangan untuk perusahaan jasa juga tidak ada bedanya dengan laporan keuangan perusahaan lainnya tentang keluar masuknya aliran uang dan setiap kegiatannya dalam satu periode waktu.

Berikut cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa dengan cepat:

1. Tentukan laporan keuangan utama perusahaan jasa

Tentukan laporan - Cara Membuat Laporan Keuangan

Cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa yang pertama adalah menentukan laporan keuangan utama bagi perusahaan jasa. Ini karena dalam setiap perusahaan kita butuh laporan yang berbeda-beda.

Disini kita harus memutuskan laporan apa saja yang harus kita tampilkan untuk perusahaan jasa. Sangat disarankan kita memiliki bagian-bagian utama dalam membuat laporan keuangan.

Misalnya saja Laporan Neraca atau Balance Sheet, Laporan Laba-Rugi atau Profit and Loss Statement, Laporan Perubahan Modal, dan Laporan Arus Kas atau Cash Flow Statement.

2. Membuat Balance Sheet

Balance Sheet - Cara Membuat Laporan Keuangan

Cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa selanjutnya adalah dengan membuat Balance Sheet atau Laporan Neraca.

Ini adalah laporan keuangan yang menunjukkan bagaimana posisi keuangan perusahaan jasa pada akhir periode waktu yang ditentukan.

Ada 3 unsur dalam menyusun neraca ini yaitu aset, utang usaha (piutang) dan modal. Laporan neraca disusun dengan mengambil saldo-saldo dari kertas kerja termasuk dari ketiga unsur tadi. 

3. Menyusun Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi - Cara Membuat Laporan Keuangan

Selanjutnya cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa adalah menyusun laporan laba rugi. Laporan laba rugi ini mempunyai 3 unsur yaitu pendapatan jasa, biaya dan laba atau rugi.

Cara menyusunnya juga mudah karena kita hanya mengambil saldo dari akun pendapatan serta biaya dari kertas kerja.

Dalam laporan laba rugi ini kita bisa melihat bagaimana kondisi keuangan perusahaan jasa, berapa jumlah pajak yang harus dibayar semuanya, serta menjadi acuan untuk investor dalam mengetahui perkembangan kegiatan perusahaan.

Untuk perusahaan jasa, tidak adanya persediaan berarti piutang merupakan proporsi yang lebih besar dari total aset.

4. Membuat Laporan Perubahan Modal

Perubahan Modal - Cara Membuat Laporan Keuangan

Cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa berikutnya adalah membuat laporan perubahan modal. Ini adalah laporan keuangan mengenai apa saja tentang modal perusahaan jasa.

Semua yang terjadi pada modal perusahaan seperti alasan kenapa modal bisa berubah masuk dalam laporan perubahan modal ini. Untuk laporan perubahan modal kita perlu memasukkan modal awal, setoran/penarikan, laba/rugi bersih sampai modal akhir.

Jika nominal laba lebih besar daripada pengambilan maka modal bisa meningkat. Tapi kalau nominal laba lebih sedikit dari pengambilan maka modal bisa berkurang apalagi kalau rugi ditambah pengambilannya.

5. Menyusun Laporan Arus Kas

Arus Kas - Cara Membuat Laporan Keuangan

Cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa selanjutnya adalah menyusun laporan arus kas. Laporan ini berisi jumlah kas masuk dan kas keluar pada satu periode waktu tertentu.

Laporan arus kas ini juga mencakup investasi, kegiatan operasional dan keuangan. Dengan adanya laporan arus kas ini kita bisa menilai bagaimana kegiatan yang ada di perusahaan jasa itu mempengaruhi posisi keuangan perusahaan jasa tersebut. 

Nah itu dia cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa dengan cepat. Dengan adanya laporan keuangan pada perusahaan jasa tentu ini akan membuat pengambil keputusan lebih mengerti bagaimana kondisi perusahaannya.

Ini sesuai dengan tujuan laporan keuangan yaitu ini bisa bermanfaat untuk pengambilan keputusan. 

Dengan tahu cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa ini kita juga lebih tahu kondisi keuangan perusahaan.

Laporan keuangan yang dibuat juga menunjukkan bagaimana tanggung jawab manajemen atas sumber daya yang diberikan kepadanya. Ini juga akan mempengaruhi para pengambil keputusan di perusahaan jasa. 

Bagaimanapun laporan keuangan sama pentingnya dengan informasi yang ada didalamnya. Jika laporan keuangan tidak lengkap, tidak akurat, tidak dapat diandalkan, atau usang, laporan tersebut dapat merusak operasional perusahaan dan sangat menyesatkan orang di dalam dan di luar perusahaan.

Dari perencanaan dan penganggaran yang buruk hingga manajemen hubungan investor yang sulit, informasi keuangan yang buruk bisa menyebabkan banyak masalah bagi bisnis kita.

Selain itu, tanpa laporan keuangan yang akurat, kita tidak bisa dengan andal menyiapkan dan mengajukan SPT tahunan atau memenuhi kewajiban hukum lainnya.

(Baca Juga: Perbedaan Founder dan Jabatan C-Level dalam Perusahaan)

Kerja keras memang sangat diperlukan untuk meningkatkan laju perusahaan. Namun saat berfokus pada target dan pelaporan, jangan sampai kita mengabaikan kesehatan.

Karena kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting dalam hidup, dan tentu saja dengan kesehatan yang baik, akan menghasilkan pekerjaan yang baik pula.

Untuk memastikannya, sebagai seorang pekerja atau bahkan pemilik perusahaan, memiliki asuransi kesehatan adalah hal yang wajib pada saat ini. Karena dengan memiliki asuransi kesehatan, kita akan lebih mudah mengakses layanan kesehatan.

Saat ini mendapatkan asuransi kesehatan bukanlah hal yang sulit, kita bisa mengajukannya melalui CekAja.com, sebagai salah satu financial marketplace yang bekerja sama dengan broker asuransi resmi.

Tak hanya itu, CekAja.com juga terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Jadi, yuk ajukan asuransi kesehatan melalui CekAja.com dan dapatkan kemudahan memperoleh akses kesehatan di banyak rumah sakit.