5 Cara Mendapatkan Pinjaman KTA untuk Freelancer Termudah dan Cepat

Ada beberapa cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer yang harus kamu ketahui. Sebab, sebagai pekerja lepas yang tidak terikat dengan perusahaan manapun, terkadang sulit mengajukan KTA dengan cepat.

Advertisement

Tips dan cara mendapatkan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk freelancer terbilang sedikit berbeda dengan calon debitur yang berpenghasilan tetap. Cara termudahnya yakni kamu harus membangun kepercayaan pada kreditur alias penyedia pinjaman, dengan menjaga imej profil finansialmu.

Mengenal Produk Pinjaman KTA

Di industri keuangan dan perbankan, berbagai jenis produk kredit atau pinjaman kini makin mudah ditemui. Mulai dari kredit modal usaha, kredit kendaraan bermotor, kredit pemilikan rumah, kredit dengan agunan, hingga kredit tanpa agunan.

Kredit tanpa agunan (KTA) tentu saja menjadi salah satu kredit yang paling diminati calon debitur karena tidak memerlukan agunan atau jaminan apapun untuk mendapat dana segar sebagai pinjaman.

Selain itu, penggunaan dana pinjaman yang didapat juga bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja, tidak ada batasan. Seperti untuk mencukupi biaya sekolah, modal nikah, membayar biaya kesehatan, atau sekadar membeli kebutuhan harian.

Meskipun besaran angka pinjaman yang ditawarkan terbatas, namun syarat pengajuan KTA terbilang mudah. Jadi, siapa saja termasuk freelancer pun bisa mengajukannya.

Maka dari itu, cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer wajib diketahui agar pengajuan berjalan lancar dan dana pinjaman cepat cair.

Produk pinjaman KTA tersedia di berbagai lembaga keuangan, mulai dari bank sampai penyedia jasa pinjaman online alias pinjol.

Jenis KTA yang umum diajukan ada dua. Yakni KTA Reguler untuk debitur yang merupakan nasabah atau non-nasabah bank, serta KTA Payroll untuk karyawan sebuah perusahaan.

(Baca Juga: Pinjaman KTA OK Bank untuk Bisnis Laundry, Gak Butuh Jaminan Apapun!)

Cara Mendapatkan Pinjaman KTA untuk Freelancer

Setelah membahas secara singkat soal produk pinjaman KTA, ini saatnya mengulas cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer.

Sebagai pekerja lepas yang memiliki pendapatan bulanan yang tak menentu, terkadang para freelancer ragu untuk mengajukan pinjaman lantaran khawatir tidak diterima oleh pihak kreditur.

Padahal, jika kamu mengetahui cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer yang tepat, maka pinjaman bisa didapatkan dengan mudah dan proses cepat. Berikut informasi selengkapnya.

1. Jaga Profil Finansial Tetap Baik

Cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer yang pertama adalah dengan menjaga profil finansialmu tetap baik.

Sebab, kunci dari diterimanya pengajuan kredit jenis apa saja adalah profil finansial dari calon debitur yang sehat. Sehingga kreditur dapat diyakinkan bahwa kamu mampu membayar cicilan KTA sesuai masa tempo atau tenor serta besaran bunga yang disepakati nantinya.

Berikut ini ciri-ciri calon debitur yang memiliki profil finansial yang baik:

  • Memiliki saldo rekening tabungan yang stabil dan terbilang cukup untuk kebutuhannya.
  • Memiliki riwayat dan catatan kredit yang baik. Jadi, pastikan kamu rutin membayar tagihan tepat pada waktunya, dan tidak pernah mengalami kredit macet atau hutang yang belum terselesaikan.
  • Rutin membayar pajak.
  • Memiliki pendapatan rata-rata setiap bulannya yang sesuai dengan besaran pinjaman yang akan diajukan.

2. Tentukan Penyedia KTA yang Dipilih

Kamu bisa memilih bank atau penyedia jasa pinjol sebagai kreditur dari produk KTA. Cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer yang tepat adalah dengan mempertimbangkan besaran bunga yang ditawarkan, serta masa tenornya.

Karena setiap lembaga keuangan memiliki syarat pengajuan, bunga, dan masa tenor yang berbeda-beda.

Produk KTA seringkali ditawarkan dengan iming-iming persyaratan mudah, bahkan ada pula yang hanya membutuhkan fotokopi KTP saja.

Jangan tertipu dengan persyaratan mudah. Kamu harus tetap cerdik memastikan bahwa penyedia pinjaman yang dipilih adalah lembaga yang legal, terpercaya, berbadan hukum, dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Sesuaikan Besaran Pinjaman dengan Pendapatan

Meskipun freelancer tidak memiliki pendapatan tetap setiap bulannya, namun kamu pasti dapat menentukan nilai rata-rata pendapatan yang didapat.

Buatlah nilai pendapatan bulanan rata-rata berdasarkan jumlah proyek yang kamu dapatkan, lalu jadikan nilai ini sebagai bukti bahwa kamu tetap berpenghasilan setiap bulannya.

Dengan begitu, calon kreditur dapat memberikan kepercayaan padamu untuk mendapatkan pinjaman dan mampu membayar tagihan.

Namun perlu diketahui, biasanya para kreditur mematok angka penghasilan rata-rata minimal Rp2,5 juta per bulan untuk mencairkan pinjaman KTA.

Kemudian, cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer yang perlu dilakukan selanjutnya yakni menyesuaikan besaran pinjaman dengan nilai pendapatan rata-rata tersebut.

Angka yang masuk akal tentu akan menjadi pertimbangan utama bagi kreditur. Hal ini penting agar meminimalisir risiko kredit macet selama proses penyelesaian kredit, mengingat jenis pinjaman yang diambil tidak menyertakan jaminan apapun.

4. Siapkan Dokumen yang Disyaratkan

Jika kamu sudah mantap memilih lembaga penyedia pinjaman dan menentukan besaran pinjaman yang ingin diajukan, maka cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer yang terpenting yakni menyiapkan dokumen.

Dokumen yang disyaratkan saat pengajuan pinjaman KTA pada umumnya di antaranya sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP, kartu keluarga, dan surat nikah (jika sudah berkeluarga)
  • Fotokopi NPWP pribadi/SPT PPh 21
  • Cetak rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan kerja dan slip gaji asli
  • Tagihan kartu kredit terakhir (jika memiliki)
  • Salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta)
  • Salinan izin praktik profesional
  • Salinan laporan keuangan (perusahaan/wiraswasta)
  • Materai

(Baca Juga: Intip, 10 Bank yang Tawarkan KTA Bunga Rendah, Beserta Tipsnya)

5. Ketahui Hak dan Kewajiban Debitur

Cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer yang terakhir adalah dengan mengetahui dan memahami seluk beluk informasi soal hak dan kewajiban debitur.

Sebelum pengajuan pinjaman KTA diproses lebih lanjut, biasanya debitur akan diinfokan dengan jelas soal hak dan kewajibannya.

Hak tersebut di antaranya seperti info terkait lamanya waktu pencairan dana pinjaman, hal-hal yang mungkin saja membuat kreditur menolak pengajuan pinjaman KTA, pilihan masa tenor pembayaran cicilan, keringanan bunga apabila kredit dilunasi lebih cepat, kesempatan pengajuan kredit kembali, dan lain sebagainya.

Sedangkan kewajiban debitur misalnya meliputi besaran bunga dan biaya tambahan yang wajib dibayarkan, denda keterlambatan, konsekuensi jika terjadi kredit macet atau pelanggaran lainnya, dan lain sebagainya.

Dengan memahami hak dan kewajiban debitur, maka risiko kesalahpahaman atau kerugian kedua belah pihak dapat diminimalisir karena adanya kesepakatan yang disetujui.

Sehingga cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer dapat berjalan lancar, mudah, dan proses pencairan dana pinjaman akan lebih cepat.

Ajukan KTA Secara Mudah Lewat CekAja.com

Itu dia lima cara mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer yang bisa membuat proses pengajuan lebih mudah dan cepat.

Untuk kemudahan mendapatkan pinjaman KTA untuk freelancer, kamu bisa mengajukannya lewat perusahaan financial technology (fintech) seperti CekAja.com.

Bunga dari pinjaman KTA di CekAja.com dijamin ringan, mulai dari 0,65 persen, proses pencairan yang cepat, serta metode pembayaran cicilan yang mudah.

CekAja.com akan membantumu memilih produk KTA yang tepat sesuai dengan profil finansial dan kebutuhanmu. Kamu bisa membandingkan beberapa produk pinjaman di dalam sistem canggih yang memudahkanmu.

Jika kamu sudah memilih produk, ajukan saja secara mudah dengan mengisi data diri di dalam formulir online. Segala proses pengajuan pinjaman KTA dari lembaga terpercaya dilakukan cepat, dan mudah, karena hanya melalui gadget.

Jadi, kamu tak perlu lagi repot-repot mendatangi kantor cabang penyedia pinjaman KTA yang dituju. Praktis, kan?

Segala proses pengajuan pinjaman di CekAja.com terjamin keamanannya, dan semua partner adalah lembaga keuangan legal yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tunggu apa lagi? Segera cek perbandingan produk KTA terbaik, pilih, lalu ajukan hanya lewat CekAja.com!

Advertisement