Cara Mengakses Pinjaman Untuk Alumni Kartu Prakerja yang Sudah Berwirausaha

Ada beberapa cara mengakses pinjaman untuk alumni Kartu Prakerja. Jadi, bisa buat tambahan modal bisnis kamu yang sudah mulai atau baru mau berjalan nih.

Advertisement

Setelah mengikuti program Kartu Prakerja selama enam bulan, ternyata ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya adalah mendapatkan akses pinjaman yang memang dikhususkan untuk alumni Kartu Prakerja.

Ya, para alumni Kartu Prakerja sekarang mendapatkan kabar baik dari Pemerintah. Saat ini alumni Kartu Prakerja sudah bisa mengakses pinjaman untuk usaha alias Kredit Usaha Mikro.

KUR ini mengizinkan para alumni Kartu Prakerja untuk mengajukan KUR Super Mikro. KUR Super Mikro ini memiliki plafon sampai dengan Rp 10 juta.

Dengan adanya akses pinjaman usaha ini diharapkan bahwa pelatihan yang sudah pernah dilakukan oleh bisa dimanfaatkan dengan baik. Saat ini sudah ada sekitar 17 persen dari penerima Kartu Prakerja ini berubah statusnya dari yang tidak memiliki pekerjaan menjadi wirausaha.

Maka dari itu ini adalah kesempatan bagi pemerintah untuk menyalurkan pinjaman ke wirausaha alumni dari Kartu Prakerja. Cara mengakses pinjaman untuk alumni kartu prakerja juga sangat mudah.

(Baca juga: Ide Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa)

Nah disini kita akan berbagi informasi tentang cara mengakses pinjaman untuk alumni Kartu Prakerja. Jadi jangan lewatkan artikel ini ya!

Cara Mengakses Pinjaman Untuk Alumni Kartu Prakerja

Ada sekitar 70 persen dari penerima Kartu Prakerja yang mendapatkan insentif Rp 2,4 juta memakainya untuk membuka usaha. Sebagian besar dari penerima bantuan Kartu Prakerja benar-benar memanfaatkan untuk mencari penghasilan.

Sampai saat ini sudah ada 16 gelombang Kartu Prakerja dengan jumlah penerima sebanyak 8,2 juta orang. 

Penyaluran pinjaman KUR untuk alumni Kartu Prakerja ini dilakukan oleh bank mitra pemerintah. KUR Super Mikro ini bisa dijadikan sebagai modal usaha bagi alumni Kartu Prakerja karena maksimal dana pinjamannya sampai Rp 10 juta rupiah.

Tapi kita harus tahu dulu bagaimana cara mengakses pinjaman untuk alumni Kartu Prakerja. Ternyata caranya cukup mudah loh. Apalagi ini pemerintah sudah mendata alumni Kartu Prakerja dan datanya diserahkan kepada perbankan.

Bagi alumni yang sudah punya usaha dan berminat dengan pinjaman KUR nantinya akan didatangi oleh petugas dari bank.

Perbankan yang sudah menerima data selanjutnya akan mengirim informasi mengenai KUR Super Mikro ini. Pihak bank yang bermitra dengan pemerintah sudah mengirim informasi itu melalui sms atau Whatsapp kepada alumni Kartu Prakerja.

Langkah Untuk Mengakses Pinjaman Alumni Kartu Prakerja

Lalu bagaimana cara mengakses pinjaman untuk alumni Kartu Prakerja ini? Berikut langkah cara mengakses pinjaman untuk alumni Kartu Prakerja 

  • Alumni Kartu Prakerja akan mendapatkan sms atau chat Whatsapp dari bank tentang penawaran KUR Super Mikro
  • Klik link yang dikirimkan kepada kita yang bersamaan dengan sms atau chat tersebut
  • Mengisi database yang terdiri dari nomor telepon, bidang usaha yang sedang dijalankan, serta berapa omzet usahanya
  • Menunggu notifikasi dari bank ke nomor telepon yang dipakai
  • Bank akan memverifikasi data-data yang sudah diisi
  • Jika disetujui maka pencairan segera dilakukan

Nah itu dia cara mengakses pinjaman untuk alumni Kartu Prakerja yang mesti diketahui. Jika kita sebagai alumni Kartu Prakerja belum mendapatkan notifikasi lebih lanjut dari bank untuk segera datang ke kantor bank tersebut.

Kalau datanya lengkap, dan SLIK bagus pasti akan mendapatkan notifikasi lebih lanjut dari bank. SLIK menjadi syarat juga alumni Kartu Prakerja mendapatkan KUR.

Ini adalah catatan informasi mengenai bagaimana riwayat kredit kita dan pembayarannya lancar atau tidak. Selain SLIK yang harus bersih, sertifikat dari pelatihan Kartu Prakerja juga menjadi syarat untuk bisa mengajukan KUR Super Mikro ini.

Jadi jangan lupakan syarat dan cara mengakses pinjaman untuk alumni Kartu Prakerja ya!

Kriteria Alumni Kartu Prakerja yang Bisa Mendapatkan Pinjaman

Lalu apakah semua alumni Kartu Prakerja bisa mendapatkan KUR Super Mikro ini? tentu saja hanya yang memenuhi syarat dan kriteria yang sudah ditentukan yang bisa lolos.

Kriteria ini sudah diatur dalam Permenko 15/2020 tentang Perubahan Permenko 8/2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang menambahkan alumni Kartu Prakerja sebagai salah satu kriterianya.

Sasaran sebenarnya untuk alumni Kartu Prakerja adalah para pekerja yang di-PHK atau ibu rumah tangga yang mempunyai usaha. Jadi kelompok yang bisa mendapatkan akses pinjaman usaha ini adalah mereka yang berwirausaha. 

Setelah tahu cara mengakses pinjaman untuk alumni Kartu Prakerja tentu kita harus tahu bahwa syarat utamanya adalah harus pelaku usaha mikro. Syarat keduanya lama usaha yang dijalani tidak dibatasi.

Jadi jika usaha kita sudah 3 bulan kita bisa akses pinjaman usaha itu, atau kita bergabung dalam kelompok usaha atau anggota keluarga kita ada yang memiliki usaha.

Sedangkan syarat ketiganya bagi pekerja yang di-PHK tidak harus punya usaha, atau yang baru memulai usahanya. Lalu syarat terakhir adalah belum pernah menerima pinjaman usaha KUR sebelumnya.

Dengan banyaknya alumni Kartu Prakerja yang ternyata menjadi wirausaha maka pinjaman usaha KUR ini melengkapi usaha yang tengah dijalankan. Jadi tahu cara mengakses pinjaman untuk alumni Kartu Prakerja juga penting agar usahanya bisa berjalan dengan baik.

Banyaknya alumni Kartu Prakerja yang menyatakan kalau sekarang berprofesi sebagai wirausaha menunjukkan bahwa program Kartu Prakerja berhasil melahirkan wirausaha-wirausaha baru.

Semoga informasi mengenai cara mengakses pinjaman untuk alumni Kartu Prakerja ini bisa menambah wawasan kita tentang pinjaman usaha.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Tanpa Agunan Untuk Mahasiswa)

Dan yang terpenting bisa menjadi alternatif sumber tambahan modal untuk mengembangkan usaha.

Namun tak perlu khawatir, jika kamu masih gagal terus untuk lolos di program Kartu Prakerja dan ingin menjalankan bisnis atau usahamu, kamu tetap bisa mendapatkan tambahan modal dengan dana tunai.

Beberapa pinjaman dana tunai bisa kamu dapatkan melalui CekAja.com. Jadi tak perlu pesimis lagi, karena proses pinjaman dana tunai ini juga cepat dan prosesnya mudah.

Dan pastinya legal dibawah naungan OJK. Jadi tunggu apalagi? Tak perlu ragu untuk mengajukan pinjaman dana tunai melalui CekAja.com.

Advertisement