7 Cara Sederhana Mengapresiasi Diri Sendiri, Harus Coba Agar Makin Bahagia!

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah pada

Sebelum membahagiakan orang lain, kita harus berbahagia dengan diri sendiri dulu. Salah satunya dengan menerapkan cara sederhana mengapresiasi diri sendiri.

Enggak pake ribet, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana yang dijamin bikin tambah bahagia.

Menjaga kesehatan mental kini menjadi isu yang marak dikampanyekan banyak pihak. Di tengah berbagai tekanan dari luar, terkadang kita hanya berfokus pada target pencapaian besar.

Misalnya sibuk mengejar peringkat di kelas, ingin menjadi tulang punggung yang berpenghasilan besar untuk keluarga, ingin memiliki karir dengan jabatan tinggi, memforsir diri untuk menjadi ibu rumah tangga dengan segudang urusan domestik rumah tangga, dan lain sebagainya.

Padahal, tanpa disadari, ada banyak hal yang sudah dengan hebat kita lalui dan hal ini patut diapresiasi, setidaknya oleh diri sendiri.

Maka dari itu cara sederhana mengapresiasi diri sendiri wajib kamu ketahui dan terapkan agar kamu sadar betapa banyaknya hal-hal berharga yang ada pada dirimu.

Sebab semua orang tentu memiliki perjuangannya sendiri untuk mencapai keinginan, target, dan cita-citanya.

Manfaat Mengapresiasi Diri Sendiri

Sebelum membahas mengenai cara sederhana mengapresiasi diri sendiri, kamu harus mengetahui dulu betapa pentingnya tindakan mengapresiasi diri sendiri untuk kesehatan mentalmu. Berikut penjelasannya.

Menjadi momen menghargai diri sendiri

Dengan mengapresiasi diri sendiri, kamu bisa lebih menghargai segala usaha yang telah dilakukan selama ini.

Semua kerja keras akan terbayarkan saat kamu menyadari kehebatanmu untuk bertahan dan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai hal-hal yang diinginkan, meskipun tidak semuanya tercapai sekalipun.

Misalnya saat kamu sangat ingin mengubah kulit berjerawat menjadi mulus dan sehat, namun target itu belum tercapai, setidaknya kamu sudah berusaha.

Nah, usaha itu pun patut diapresiasi karena tidak semua orang memiliki kemauan yang kuat untuk meningkatkan kesehatan kulitnya.

Meningkatkan semangat mencapai keinginan lainnya

Saat kamu melakukan cara sederhana mengapresiasi diri sendiri, maka motivasi dan optimisme pun akan muncul.

Kamu akan lebih bersemangat melanjutkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan dan keinginan yang diharapkan, atau makin percaya diri untuk meraih impian barumu.

Motivasi sangat penting, agar kamu tumbuh menjadi manusia yang berkembang dari masa ke masa.

Lebih mudah berbagi kebahagiaan pada orang lain

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menerapkan cara sederhana mengapresiasi diri sendiri akan menjadi momen yang tepat untuk membahagiakan diri sendiri.

Jika kamu sudah berbahagia dengan diri sendiri, maka akan lebih mudah pula untuk membahagiakan orang lain. Seperti orang tua, keluarga, sahabat, dan rekan-rekan lainnya.

Tidak ada lagi alasan untuk tidak ikhlas atau merasa terbebani untuk membahagiakan orang lain, lantaran kamu sudah kebih dulu berbahagia dengan diri sendiri.

(Baca Juga: Perbedaan Gangguan Jiwa dan Gangguan Mental)

Cara Sederhana Mengapresiasi Diri Sendiri

Berikut ini beberapa cara sederhana mengapresiasi diri sendiri yang mudah dilakukan dan bikin kamu lebih bahagia. Wajib dicoba!

1. Memberi Pujian Setiap Hari

Cara sederhana mengapresiasi diri sendiri yang pertama adalah dengan memberi pujian untuk diri sendiri. Kamu bisa melakukan ini setiap bangun tidur di pagi hari.

Caranya mudah saja, setiap terbangun dari tidur, menghadaplah ke depan cermin sambil melontarkan pujian secara lisan untuk diri sendiri.

Misalnya seperti “Kamu itu layak untuk dicintai”, “Kamu hebat, keren, kece!”, “Perjuangan yang bagus. Ingat, enggak semua orang bisa sekuat kamu!”, “Kamu pasti bisa menjalani hari ini dengan sebaik mungkin”, dan lain sebagainya.

Memberi pujian akan meningkatkan semangat untuk menjalani aktifitas setiap harinya.

2. Melakukan Self Healing

Selain memuji, kamu juga bisa melakukan ritual self healing sebagai cara sederhana mengapresiasi diri sendiri.

Self healing adalah proses pemulihan diri dari gangguan psikologis, trauma, atau hal semacamnya yang biasanya disebabkan oleh luka batin di masa lalu yang masih terasa hingga kini.

Sisihkan waktumu untuk merileksasi diri. Tenangkan pikiran, tarik napas panjang dan hembuskan, lalu lakukan proses memaafkan diri sendiri.

Segala trauma ataupun kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu terkadang memang menghantui diri kita di masa sekarang. Hilangkan segala pikiran negatif, dan cobalah untuk memaafkan diri sendiri.

Kesalahan atau peristiwa tidak menyenangkan di masa lalu boleh jadi pernah membuatmu menyesal atau bahkan membencinya. Namun, ingatlah bahwa masa depan bisa kamu capai dengan peristiwa baik.

Karena masa lalu tidak akan mempengaruhi masa depan, jika kita mau mengusahakan yang terbaik, serta berubah menjadi pribadi yang lebih baik pula.

3. Meluangkan Waktu untuk Me Time

Segala rutinitas yang memakan waktu terkadang bikin kita lupa menyisihkan waktu untuk me time alias waktu berkualitas untuk diri sendiri.

Cara sederhana mengapresiasi diri sendiri cukup efektif menaikkan kembali mood-mu yang kurang bagus.

Lakukanlah hal-hal yang kamu suka, mulai dari sekadar tidur atau rebahan seharian di kamar, nonton film, belanja, bertemu sahabat dan orang terdekat, pergi ke salon, melakukan hobi, dan lain-lain.

4. Berpakaian Rapi dan Dandan untuk Pergi ke Suatu Tempat

Punya barang kesayangan tapi jarang digunakan karena merasa enggak percaya diri? Ini saatnya untuk kamu dressed up alias berpakaian rapi sekaligus dandan untuk bepergian ke manapun kamu suka.

Jika biasanya kamu bepergian dengan gaya yang biasa, maka saat meluangkan waktu untuk mengapresiasi diri sendiri, pakailah pakaian serta dandanan terbaik.

Dijamin, tingkat kepercayaan diri akan meningkat, dan ini bisa menjadi mood booster untukmu.

(Baca Juga: Asuransi untuk Penyakit Psikologis, Serta Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental)

5. Ceritakan Pencapaianmu ke Orang Terdekat

Momen curhat ke orang terdekat juga bisa menjadi cara sederhana mengapresiasi diri sendiri.

Di momen tertentu saat kamu mendapat berita baik akan pencapaianmu, kamu bisa segera membagikan kabar bahagia ini ke orang yang kamu percaya.

Misalnya saat meraih nilai bagus di kelas, mendapatkan kesempatan menggarap proyek atau tugas penting, mendapat promosi kerja, dan hal-hal lainnya.

Dengan bercerita, kamu bisa melepaskan emosi (dalam hal ini rasa dan ekspresi senang), yang membuatmu lebih lega setelah berbagi ke orang lain.

Jadi, perlu diperhatikan bahwa ini bukan momenmu untuk pamer, ya.

6. Membuat Konten untuk Diri Sendiri

Cara sederhana mengapresiasi diri sendiri lainnya adalah dengan membuat konten untuk diri sendiri.

Pada metode zaman dulu, seseorang biasanya disarankan untuk mencatatkan momen penting atau catatan motivasi pada buku jurnal.

Tapi di era serba konten digital seperti sekarang, tak ada salahnya membuat konten untuk diri sendiri di media sosial atau catatan digital di gadget-mu.

Misalnya dengan posting foto untuk mengapresiasi diri di Instagram, membuat catatan khusus di blog, dan lain sebagainya.

7. Membeli Barang Idaman sebagai Hadiah Diri Sendiri

Cara sederhana mengapresiasi diri sendiri yang terakhir adalah denga membeli barang idaman sebagai hadiah. Eits, jangan artikan barang idaman sebagai barang yang melulu mahal, ya.

Kamu bisa membeli barang dengan menyisihkan uang jajan, atau gaji bulanan. Barang ini akan makin berkesan jika kamu membelinya dari tabungan khusus untuk hadiah dalam rangka mengapresiasi diri.

Itulah beberapa cara sederhana mengapresiasi diri sendiri yang bisa kamu lakukan.

Jaga kesehatan fisik dan mentalmu dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, dan meningkatkan pikiran positif.

Berikan lindungan ekstra dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa kamu bandingkan dan ajukan via CekAja.com.

Sistem online CekAja.com akan memberikan rekomendasi produk asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Premi dijamin terjangkau, dengan nilai uang pertanggungan yang menarik.

Semua proses pengajuan produk finansial di CekAja.com dijamin aman, karena CekAja.com dan produk-produk rekanannya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, segera cek rekomendasi asuransi kesehatan terbaik dan ajukan hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah