4 Cokelat yang Bagus untuk Diet beserta Tips Mengonsumsinya

Meski seringkali dianggap sebagai makanan pemicu kegemukan, namun ternyata ada beberapa jenis cokelat yang bagus untuk diet. Namun tentu saja, jenis-jenis cokelat tersebut jarang ditemukan di minimarket atau swalayan pada umumnya.

Untuk bisa menemukan cokelat yang bagus untuk diet, kamu bisa mencarinya di beberapa supermarket besar, yang mungkin memiliki berbagai jenis cokelat lengkap.

Seperti misalnya cokelat dengan kandungan susu tinggi, cokelat bubuk, cokelat premelted dan cokelat hitam atau dark chocolate.

Tetapi dari semua cokelat yang disediakan tersebut, tentunya tidak semuanya bisa kamu konsumsi.

Hanya ada beberapa jenis cokelat yang bisa kamu konsumsi, karena mampu menurunkan berat badan.

Nah, untuk tahu apa saja cokelat yang bagus untuk diet, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apakah Benar Cokelat Bisa untuk Diet?

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis-jenis cokelat yang bagus untuk diet, ada baiknya jika kamu ketahui terlebih dahulu apakah benar cokelat bisa untuk diet atau tidak.

Jika melihat stereotype masyarakat, sebagian besar dari mereka memandang cokelat sebagai salah satu makanan yang mampu menyebabkan kegemukan.

Namun faktanya, stereotype masyarakat tersebut tidak semuanya benar. Sebab nyatanya ada beberapa jenis cokelat yang bagus untuk diet, karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Melansir dari hellosehat.com, fakta terkait cokelat yang satu ini sejatinya ditemukan oleh seorang ahli saraf bernama Will Clower, Ph.D., yang juga merupakan penerbit buku Eat Chocolate, Lose Weight.

Dalam penemuannya, Will Clower, Ph.D. mengatakan kalau mengonsumsi cokelat 20 menit sebelum dan 5 menit setelah makan siang dan makan malam, mampu menurunkan nafsu makan hingga 50 persen.

Nah dari penemuan tersebut, bisa dibilang kalau cokelat dapat dijadikan sebagai salah satu cemilan yang tepat, untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

Apalagi, para peneliti dari Institute of Diet and Health di Mainz, Jerman, melakukan penelitian terhadap peserta yang menjalankan tiga jenis diet, yaitu diet rendah karbohidrat, diet rendah karbohidrat sekaligus diet cokelat sebanyak 425 gram, dan kelompok kontrol yang tidak melakukan diet apapun.

Selama tiga minggu penelitian, didapatkan hasil kalau peserta yang menjalankan diet cokelat, mengalami penurunan berat badan sekitar 10 persen lebih cepat, dibandingkan diet rendah karbohidrat dan kelompok kontrol berat badan.

(Baca Juga: Jenis-jenis Cokelat)

Tidak hanya itu, peserta yang menjalankan diet cokelat juga merasakan kalau kualitas tidurnya lebih baik dan meningkat, serta kadar kolesterol yang dimilikinya pun cenderung lebih stabil.

Jika dilihat dari cara kerjanya, sebenarnya cara kerja cokelat dalam menurunkan berat badan belum diketahui secara jelas.

Namun, salah satu peneliti bernama Johannes Bohanon menduga, kalau kandungan flavonoid yang terdapat dalam biji kakao adalah penyebab terjadinya hal tersebut.

Sebab, flavonoid sendiri merupakan salah satu jenis antioksidan kuat yang terbukti ampuh menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, flavonoid yang terkandung dalam cokelat hitam (dark chocolate), juga mampu menghambat pemecahan lemak serta karbohidrat dalam tubuh.

Dengan kata lain, mengonsumsi cokelat hitam membuat sistem pencernaan akan lebih sedikit menyerap jumlah asupan lemak, serta karbohidrat dari makanan yang dikonsumsi.

Jadi, bisa disimpulkan kalau mengonsumsi cokelat, khususnya cokelat hitam dapat mengurangi timbunan lemak dalam tubuh.

Kemudian, mengonsumsi cokelat hitam juga membuat kamu merasa lebih cepat kenyang, bahkan sebelum mulai menyantap makanan utama.

Sehingga, konsumsi cokelat hitam ini sangat cocok untuk kamu yang ingin atau sedang menjalankan program diet, karena membantu menahan dan mengurangi rasa lapar.

4 Cokelat yang Bagus untuk Diet

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui fakta terkait cokelat yang dapat menurunkan berat badan, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa jenis cokelat yang bagus untuk diet.

Mungkin sebagian dari kamu bingung dan bertanya, “memang ada cokelat yang bagus untuk diet?”. Eits, jawabannya ada!

Bahkan, ada empat jenis cokelat yang bagus untuk diet yang bisa dikonsumsi. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak bersama-sama ulasannya berikut ini!

1. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

Posisi pertama ditempati oleh cokelat hitam (dark chocolate), sebagai cokelat yang bagus untuk diet.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau cokelat hitam mengandung flavonoid, yang membantu menghambat pemecahan lemak serta karbohidrat dalam tubuh.

Namun tidak hanya itu, cokelat hitam juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat (LDL), serta berperan sebagai antidepresan.

Dengan semua kandungan dan manfaat tersebut, maka cokelat hitam memang sangat cocok untuk dijadikan pilihan cokelat yang aman dikonsumsi saat diet.

2. Cokelat Premelted

Berikutnya adalah cokelat premelted. Buat kamu yang belum tahu, ini merupakan jenis cokelat yang memiliki kandungan serat tinggi. Sehingga, sangat wajar apabila cokelat ini cocok dikonsumsi untuk diet.

Dan seperti yang diketahui, serat merupakan kandungan yang membantu proses pencernaan makanan, agar lebih mudah diserap oleh tubuh.

Selain serat, cokelat premelted juga mengandung kalori. Hanya saja, kalori yang dimiliki cokelat ini jauh lebih rendah dibandingkan jenis cokelat lainnya.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu merasa khawatir jika ingin mengonsumsi cokelat ini. Sebab, cokelat premelted tidak akan menambah berat badan dalam waktu singkat secara signifikan.

Sebagai informasi tambahan, mengonsumsi cokelat premelted dalam takaran sedikit, mampu membuat fungsi kerja jantung dan pernapasan semakin meningkat.

3. Cokelat Bubuk

Selain dua cokelat di atas, cokelat bubuk juga menjadi cokelat yang bagus untuk diet, yang wajib dicoba.

Pasalnya, cokelat ini mengandung banyak nutrisi baik, seperti vitamin A, B, C, D, magnesium, seng, dan natrium.

Dengan semua kandungan nutrisi tersebut, maka cokelat yang sering dijadikan bahan untuk membuat kue, cemilan dan minuman ini, sangat aman dikonsumsi. Khususnya, bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

Tetapi tentu saja, untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, cokelat bubuk tidak bisa dikonsumsi dengan tambahan gula dan susu, agar diet program diet berjalan lancar.

4. Cokelat Tanpa Kandungan Gula

Jenis cokelat yang bagus untuk diet terakhir, yaitu cokelat tanpa kandungan gula. Sebab, kandungan pada cokelat yang membuat berat badan bertambah, yaitu gula, susu dan pemanis lainnya yang berkalori tinggi.

Maka dari itu, buat kamu yang sedang menjalankan program diet, namun tetap ingin mengonsumsi cokelat dengan aman dan tanpa rasa takut akan bertambahnya berat badan, bisa coba konsumsi cokelat tanpa kandungan gula.

Jika dirasa terlalu pahit atau kurang sedap disantap, kamu bisa menambahkan beberapa bahan pangan yang sehat ke dalam olahan cokelat, yang tidak membuat berat badan bertambah, seperti misalnya yogurt atau buah-buahan.

Tips Mengonsumsi Cokelat untuk Diet

Sebelum memutuskan untuk membeli sejumlah cokelat yang bagus untuk diet, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu tips mengonsumsi cokelat untuk diet yang benar.

Sebab jika dilakukan sembarangan, maka kamu tidak bisa mendapatkan manfaatnya secara signifikan, atau bahkan tidak terjadi perubahan apapun.

Oleh karena itu, agar manfaat cokelat untuk diet bisa didapat dengan maksimal, di bawah ini CekAja.com akan memberikan beberapa tips mengonsumsi cokelat, yang di antaranya yaitu:

  • Konsumsi satu potong kecil cokelat setelah makan malam
  • Konsumsi cokelat yang tidak mengandung gula dalam bentuk minuman cokelat panas
  • Saat bangun tidur, usahakan selalu minum air putih terlebih dahulu, lalu dilanjut dengan konsumsi beberapa potong cokelat hitam untuk sarapan pagi
  • Konsumsi beberapa potong cokelat hitam dengan buah-buahan saat makan siang
  • Konsumsi cokelat hitam dengan yogurt saat makan malam
  • Jadikan cokelat hitam sebagai cemilan, dibandingkan mengonsumsi cemilan tinggi karbohidrat dan lemak
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Rekomendasi Biskuit Terbaik untuk Diet)

Nah, itulah beberapa informasi terkait cokelat yang bagus untuk diet, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya jenis-jenis cokelatnya saja, kamu juga sudah mengetahui fakta mengenai cokelat yang bisa dikonsumsi untuk diet, beserta tips mengonsumsinya.

Untuk jenis cokelatnya sendiri, pada dasarnya semua jenis cokelat tersebut bisa kamu temukan dan beli di banyak supermarket maupun ecommerce, yang menjual berbagai jenis cokelat.

Agar kegiatan belanja lebih praktis dan hemat, kamu bisa membelinya menggunakan kartu kredit.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan banyak promo belanja menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Untuk itu, buat kamu yang juga ingin mendapatkan dan menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit khusus belanja terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan segudang promo menariknya!