Coba Cek, Tips Belanja Pakai Kartu Kredit di Luar Negeri

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Saat kita sedang berada di luar negeri tentunya kita akan melakukan berbagai transaksi seperti belanja. Untuk alasan kepraktisan belanja pakai kartu kredit di luar negeri adalah sebuah kemudahan yang sangat memanjakan. Tidak ada salahnya memanfaatkan keuntungan satu ini, karena kita tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak dan hanya tinggal geser saja transaksi sudah selesai.

Cobe Cek, Tips Belanja Pakai Kartu Kredit di Luar Negeri  

Siapa yang tak ingin belanja di luar negeri, apalagi jika banyak barang-barang yang menggiurkan dengan berbagai promo. Pasti banyak orang yang ingin belanja karena ingin membawa oleh-oleh saat pulang dari luar negeri ke Indonesia. Sama halnya seperti di dalam negeri di Indonesia Kita juga bisa menggunakan kartu kredit saat berbelanja di luar negeri.

Hal yang Perlu di Perhatikan

Akan tetapi jika kita berbelanja di luar negeri perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak terjadi kerugian finansial. Salah satunya kamu juga harus memastikan saat belanja pakai kartu kredit di luar negeri, kamu menggunakan kartu kredit yang aktif dan kamu sudah memberitahukan perihal kepergianmu ke negara terkait kepada bank penerbit kartu kredit.

Dengan memberikan informasi rencana kepergianmu ke luar negeri entah dalam perjalanan wisata maupun perjalanan bisnis maka hal tersebut tentunya akan memudahkan bank untuk menyetujui transaksi pembayaran yang kamu lakukan. Sebab, jika kamu tidak menginformasikan rencana kamu pergi ke negara lain atau wisata ke luar negeri transaksi mu bisa saja malah dicurigai sehingga kartu kredit tidak langsung bisa digunakan saat itu juga. Sehingga, dengan begitu kamu wajib memberitahukan rencana wisata mau ke luar negeri atau ke negara terkait kepada bank penerbit kartu kredit terlebih dahulu.

(Baca Juga: Ingin Kredit Cepat untuk Belanja Tanpa Kartu Kredit? Gunakan Saja Kredivo!)

Pastikan kamu selalu mencatat nomor kartu kredit dan call center Bank penerbit sebelum berangkat wisata ke luar negeri. Hal ini cukup berguna dalam keadaan darurat jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa menyimpan catatan nomor kartu kredit dan call center Bank penerbit kartu kredit itu di tempat yang terpisah dari dompet. Sehingga jika pada suatu waktu kartu kredit menghilang atau ada yang mencuri identitas kartu kredit mu segera laporkan saja ke bank penerbit.

Tindakan ini cukup bermanfaat untuk berjaga-jaga jika suatu ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Selain mencatatnya pada tempat yang terpisah dari dompet kamu juga bisa menyimpannya di penyimpanan yang cukup pribadi seperti email atau secarik kertas yang kamu simpan dengan aman.

Selain kedua hal tersebut, ada beberapa tips penting buat kamu yang belanja dan membayar dengan kartu kredit:

1. Teliti Merchant Sebelum Belanja

Saat kamu berada di luar negeri dan berencana untuk belanja, sebelumnya kamu bisa merencanakan beberapa menit saja untuk melihat Di mana toko toko yang menerima pembayaran dengan kartu kredit atau dengan uang tunai. Dengan melakukan hal ini kamu jadi tidak terlalu banyak membawa uang tunai dan bisa memanfaatkan kartu kredit mu dengan sebaik-baiknya. Selain itu kamu juga bisa menyimpan beberapa Kartu penting dan Jangan membawa semua kartu kredit saat belanja pakai kartu kredit di luar negeri. Bawa hanya satu atau dua kartu kredit yang digunakan untuk pembayaran.

Saat sudah berbelanja lalu kamu sedang melakukan transaksi jangan ragu untuk bertanya jika merchant melakukan dua kali gesek pada kartu kredit mu. Sebab, bukan tidak mungkin ada beberapa merchant yang ‘nakal’ untuk menggerus keuntungan lebih dari turis yang tidak kritis.

2. Aktifkan Notifikasi

Untuk mengantisipasi kartu kredit dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atau oknum tertentu. Kamu bisa mendaftarkan nomor teleponmu di bank agar kamu bisa menerima notifikasi dari setiap transaksi yang dilakukan. Dengan begini, kamu bisa lebih mengontrol apa saja transaksi yang telah dilakukan, dan meminimalisir kecurangan merchant ‘nakal’.

3. Ubah Transaksi Jadi Cicilan 0%

Saat kamu berada di luar negeri bukan tidak mungkin kamu bisa mengubah transaksi menjadi cicilan 0%. Setelah memberikan informasi kepada bank penerbit kartu kredit mau bawa kamu akan pergi ke luar negeri dan negara terkait.

Misalnya pada kartu kredit BRI, Kamu bisa belanja di luar negeri dengan lebih ringan karena ada penawaran menarik dari cicilan 0% hingga 24 bulan nilai tukar kurs yang rendah, BRI poin 3 kali lipat dan gratis asuransi perjalanan. Dengan menggunakan kartu kredit ini kamu bisa mengubah transaksi belanja di luar negeri menjadi cicilan 0% bebas biaya administrasi dan berlaku untuk tenor 3 6 atau 12 bulan. Minimum transaksi yang dapat diubah menjadi cicilan yaitu Rp 3 juta.

Tentunya ada beberapa aturan dan promo yang berbeda pada setiap bank penerbit Kartu kredit. Kamu bisa menghubungi call center Bank penerbit kartu kredit untuk mendapatkan informasi terkait promo maupun jenis penawaran menarik lainnya yang bisa diberikan oleh bank apabila kamu akan melakukan transaksi belanja di luar negeri.

4. Biaya Transaksi di Luar Negeri

Akan lebih baik jika kamu mengetahui berapa biaya transaksi saat kamu belanja pakai kartu kredit di luar negeri. Berapa biaya yang akan kamu keluarkan dengan melihat biaya administrasi atau nilai kurs, tarik tunai dan berbagai biaya lainnya penggunaan ATM sehingga kamu lebih nyaman dan tenang saat bertransaksi.

Dengan mengetahui berbagai jenis biaya ini kamu juga bisa membuat anggaran dan perencanaan keuangan berapa jumlah dana yang akan kamu gunakan saat belanja di luar negeri. Sehingga kamu bisa memanfaatkan promo maupun diskon yang ada dari kartu kredit tanpa kebobolan biaya lainnya.

5. Pilih ATM yang Aman

Agar kamu bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman maka sebaiknya lakukan tarik tunai di ATM yang yang berada di keramaian seperti pusat perbelanjaan, stasiun, atau di tempat tertentu yang terlihat oleh banyak orang. Minimal ada petugas yang berjaga di sana dan jangan memilih tempat penarikan tunai yang sepi karena bisa saja membahayakan keselamatanmu.

Pastikan kamu menarik uang tunai di ATM dengan logo yang sama di kartu kredit mu. Setelah melakukan tarik tunai di ATM simpan bukti transaksi dan jangan langsung membuangnya, kamu bisa mencocokkan bukti transaksi itu dengan transaksi yang telah tercatat pada tagihan. Begitu pula jika kamu belanja dan menggunakan kartu kredit, simpan terlebih dahulu bukti transaksi untuk berjaga-jaga di kemudian hari apabila terjadi perbedaan tagihan atau lonjakan tagihan yang tidak wajar.

6. Limit Kartu Kredit

Sebelum berangkat ke luar negeri kamu bisa berkonsultasi dengan bank penerbit kartu untuk menaikkan limit kartu kredit mu. Hal ini terkait dengan kurs mata uang destinasi negara tujuan mu karena kurs rupiah yang dibandingkan dengan beberapa negara seperti Amerika maupun Inggris tentunya sangat rendah. Sehingga untuk berjaga-jaga lebih baik kamu naikkan saja limit kartu kredit mu agar transaksi pembayaran tetap lancar.

Pastikan kamu juga memeriksa tanggal kadaluarsa dari kartu kredit untuk menghindari masalah yang bakal menimpa saat kamu belanja pakai kartu kredit di luar negeri. Cek tanggal berlaku kartu kredit mu di bagian depan kartu. Apabila kartu kredit harus segera diganti, kamu bisa segera menghubungi bank penerbit kartu kredit. Jangan anggap sepele masalah masa berlaku kartu kredit ini sebab jika kartu kredit mu sudah melewati masa kadaluarsa kamu tidak bisa melakukan transaksi apapun untuk belanja di luar negeri.

7. Rahasiakan PIN

Merahasiakan nomor PIN kartu kredit mu adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan dimanapun kamu berada baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sebab nomor PIN kartu kredit mobil bisa disalahgunakan untuk hal yang merugikanmu di kemudian hari.

Petugas bank tidak akan pernah meminta nomor PIN begitu pula merchant yang bekerjasama dengan bank Jangan biarkan orang lain bisa melihat card verification code atau nomor CVC pada kartu kredit mu. 3 digit angka terakhir yang terletak di belakang kartu ini digunakan untuk melakukan pengecekan kartu kredit apabila transaksi di EDC tidak bisa dilakukan.

Nah, demikian adalah 7 tips berbelanja di luar negeri dengan menggunakan kartu kredit. Meskipun kamu memiliki keleluasaan, jangan sampai kamu tergoda untuk belanja dengan berlebihan. Karena jika terlalu banyak barang yang kamu beli tentunya kamu akan repot dan membawa begitu banyak barang saat pulang ke Indonesia selain itu kamu juga memiliki pinjaman yang lebih banyak karena tentunya transaksi yang dilakukan semakin tinggi.

Bijak Berbelanja dengan Kartu Kredit

Kemudahan belanja pakai kartu kredit di luar negeri memang akan memancing keinginan belanja kita menjadi lebih besar. Namun jika kamu bijak tentunya tidak akan mudah tergoda belanja terlalu banyak. Sehingga, lebih baik pikirkan apa yang menjadi prioritas utama dalam kebutuhan saat kamu berada di luar negeri. Apa saja yang perlu kamu beli selain baju dan oleh-oleh?

Tentu kamu bisa mengutamakan kebutuhan yang lebih penting seperti makan, tempat tinggal, dan transportasi yang dibutuhkan. Buat perencanaan keuangan dengan rinci dan detail sebelum kamu pergi ke luar negeri agar pengeluaran lebih terjaga. Sehingga kamu bisa menyisihkan uang saat akan kembali ke Indonesia. Ingatlah ah buang yang kamu gunakan dari kartu kredit adalah dana yang harus dikembalikan.

Mengajukan Kartu Kredit

Jika kamu belum memiliki kartu kredit dan berencana ke luar negeri, kamu bisa mengajukan kartu kredit untuk bertransaksi belanja sebelum berangkat. Untuk mengajukan kartu kredit sama kamu hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen pendukung. Namun sebelumnya kamu bisa melihat bank penerbit kartu mana yang akan kamu pilih produk kartu kreditnya.

Untuk mendapatkan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu, jangan ragu untuk membandingkan kartu kredit dari setiap bank penerbit kartu. Pasalnya setiap kartu kredit memiliki kelebihan masing-masing yang bisa kamu manfaatkan. Bandingkan setiap kartu kredit dengan fasilitas apa saja yang diberikan hingga biaya-biaya yang perlu dikeluarkan seperti biaya administrasi atau iuran tahunan hingga bunga atau denda keterlambatan.

Agar kamu bisa mendapatkan kartu kredit yang dapat digunakan untuk belanja di luar negeri, konsultasikan kepada pihak bank penerbit kartu. Untuk melihat berbagai perbandingan Kartu kredit kamu bisa melihatnya di Cekaja.com. Ajukan kartu kredit untuk mendapatkan bunga yang kompetitif dan promo, serta fasilitas kartu kredit menarik.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas