4 Daftar Kartu Kredit Virtual Di Indonesia Terbaik

Selain kartu kredit biasa, sejumlah daftar kartu kredit virtual di Indonesia juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi online ke hampir seluruh dunia. Bagi sebagian orang, keberadaan kartu kredit virtual mungkin belum banyak diketahui.

Namun faktanya, kartu kredit virtual atau yang juga disebut dengan VCC, sudah sangat populer di Indonesia.

Apalagi, sejumlah bank ternama juga sudah banyak mengeluarkan produk yang satu ini. Sehingga, jika ingin memilikinya, kamu bisa langsung datang ke bank terkait, untuk mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit virtual.

Agar memudahkanmu mengetahui apa saja bank serta daftar kartu kredit virtual di Indonesia, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu Kartu Kredit Virtual?

Sebelum membahas lebih jauh daftar kartu kredit virtual di Indonesia, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu, informasi dasar tentang kartu kredit virtual itu sendiri.

Buat kamu yang belum tahu, kartu kredit virtual atau virtual credit card (VCC), merupakan salah satu bentuk alat sah pembayaran, yang tentunya tidak memiliki bentuk fisik, layaknya kartu kredit biasa.

Tetapi meski begitu, VCC tetap memiliki informasi yang sama seperti kartu kredit, di antaranya seperti nomor kartu, nama pemilik, tanggal kadaluarsa, tiga angka Card Verification Value (CVV) dan data-data lainnya.

Sebagai alat pembayaran yang sah, VCC juga banyak digunakan untuk transaksi online, bahkan ke hampir seluruh dunia.

Adapun contoh transaksi online yang dilakukan, di antaranya yaitu pembayaran web hosting, pembelian domain hosting, belanja online kebutuhan sehari-hari, pembayaran suatu software, verifikasi akun dan lain sebagainya.

Satu hal yang menarik dan menjadi keunggulan dari kartu kredit virtual, yaitu terhindar dari risiko terkena cyber crime.

Hal tersebut dikarenakan kamu tidak perlu mengisi data-data terkait data pribadi, maupun data kartu kreditmu pada saat pengajuan kartu kredit virtual.

Jadi, dengan menggunakan kartu kredit virtual, setidaknya kamu meminimalisir risiko kejahatan dunia maya, seperti pencurian data pribadi atau informasi lengkap kartu kreditmu.

(Baca Juga: Bedanya Kartu Kredit Virtual dengan Kartu Kredit Biasa)

Manfaat Kartu Kredit Virtual

Berbicara tentang manfaat, sebenarnya manfaat yang diberikan kartu kredit virtual sangat banyak.

Di pembahasan sebelumnya saja, kamu sudah tahu satu manfaat yang diberikan kartu kredit virtual, yaitu terhindar dari risiko kejahatan dunia maya.

Selain manfaat yang satu itu, kartu kredit virtual juga memiliki banyak manfaat lainnya, yang bisa kamu dan pengguna lainnya nikmati, seperti:

  • Bisa digunakan untuk semua jenis transaksi online
  • Pengisian saldo VCC bisa dilakukan dengan cara transfer rekening bank lokal, bank internasional, maupun transfer dari kartu kredit atau debit orang lain
  • Kartu kredit virtual (VCC) bisa digunakan secara internasional, tanpa memberikan data pribadi kamu maupun data perbankan
  • Dapat membuat penggunanya lebih hemat, karena mampu menekan konsumsi belanja online, melalui masa kadaluarsa yang diberikan lebih singkat dan limit lebih rendah
  • Bisa digunakan untuk transfer dana ke seluruh dunia.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Penyedia Kartu Kredit Virtual

Sebelum memilih penyedia kartu kredit virtual, ada baiknya kamu memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal, yang menjadi faktor penentu bagus tidaknya penyedia tersebut.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan, karena menjadi faktor penentu bagus tidaknya provider penyedia VCC, yaitu:

Reputasi penyedia VCC

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih penyedia VCC, yaitu reputasinya. Pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu, kalau perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik, sebelum memilihnya.

Kamu bisa menilai baik buruknya reputasi perusahaan penyedia VCC dari lamanya ia berdiri, kemudian kinerjanya, serta komentar atau testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan layanan VCC dari perusahaan tersebut.

Fitur yang diberikan

Selain reputasi, kamu juga perlu mengetahui apa saja fitur yang diberikan. Mengingat, perusahaan penyedia layanan VCC ada sangat banyak, sehingga kamu bisa melakukan perbandingan fitur terlebih dahulu.

Dengan begitu, maka kamu bisa mengetahui dan memiliki fitur dari perusahaan mana, yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Layanan customer service

Tidak hanya reputasi dan fitur saja, layanan customer service nyatanya juga menjadi salah satu hal yang seharusnya tak luput dari perhatian.

Perusahaan penyedia layanan VCC yang memiliki alamat dan kontak yang jelas, biasanya juga memiliki layanan customer service yang baik.

Di mana, layanan customer service tersebut dapat merespon semua pertanyaan dan keluhan dengan cepat, khususnya yang berkaitan dengan VCC yang sudah diterbitkan.

Namun, jika ingin memastikan apakah layanan customer service perusahaan penyedia VCC baik, maka kamu bisa menghubunginya sendiri, dan menilainya dari jawaban-jawaban yang diberikan customer service atas pertanyaanmu.

Daftar Kartu Kredit Virtual Di Indonesia

Nah, setelah di pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui beberapa informasi terkait kartu kredit virtual, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui sejumlah daftar kartu kredit virtual di Indonesia, yang bisa dijadikan pilihan.

Dari banyaknya kartu kredit virtual yang tersedia, di bawah ini CekAja.com telah merangkum empat di antaranya, yang merupakan kartu kredit virtual keluaran bank ternama Indonesia.
Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. BNI Debit Online

Kartu kredit virtual pertama, yang masuk ke dalam daftar kartu kredit virtual di Indonesia versi CekAja.com, yaitu BNI Debit Online.

Jika kamu baru tahu, ini sejatinya merupakan kartu kredit virtual, yang memanfaatkan SMS banking sebagai media transaksinya.

Jadi apabila ingin melakukan transaksi online, bank BNI nantinya akan mengirimkanmu nomor VCC yang bisa digunakan untuk bertransaksi.

Hanya saja, untuk bisa memiliki BNI Debit Online dan menikmati fiturnya, kamu perlu memiliki rekening bank BNI terlebih dahulu.

Cara yang perlu dilakukan sangat mudah. Pertama, kamu harus mendaftar dan melakukan aktivasi, dengan mengetik “REQ VCN ”, lalu kirim ke nomor yang sudah ditentukan.

Setelah proses request selesai dilakukan, maka nomor VCN 16 digit pun akan dikirim ke nomor ponselmu.

Perlu diketahui, kalau nomor VCN tersebut hanya berlaku satu kali selama dua jam, yang terhitung sejak nomor tersebut diterima.

Namun sayangnya, provider yang bekerja sama dengan bank BNI baru Telkomsel, Indosat dan XL.

2. Mandiri Debit Online

Berikutnya ada Mandiri Debit Online, yang juga masuk ke dalam daftar kartu kredit virtual di Indonesia.

Sebenarnya, antara Mandiri Debit Online dan BNI Debit Online tidak jauh berbeda. Hanya saja, VCC dari bank Mandiri berfokus pada penggunaan One Time Password (OTP), atau yang juga dikenal dengan password sekali pakai.

Selain itu, kamu juga tidak akan dikirimi 16 digit nomor VCN, seperti BNI Debit Online. Sebab, otorisasi pembayaran VCC dari bank Mandiri ini menggunakan tiga digit nomor CVV pada kartu debit Mandiri.

Sementara, otentifikasinya dilakukan menggunakan OTP yang diberikan melalui SMS. Jika kamu tertarik dengan Mandiri Debit Online, maka kamu bisa melakukan pengajuan langsung ke Bank Mandiri, maupun melalui Internet banking.

3. BCA KlikPay

Selain bank BNI dan Mandiri, bank BCA nyatanya juga menyediakan produk kartu kredit virtual yang bisa dinikmati para nasabahnya.

Ya, BCA KlikPay merupakan produk kartu kredit virtual (VCC), yang menjadi bagian dari daftar kartu kredit virtual di Indonesia terbaik.

Bagaimana tidak, VCC yang satu ini pasalnya mengharuskan para penggunanya, untuk memasukkan user ID dan password pada situs KlikPay, agar bisa melakukan transaksi.

Adapun user ID dan password tersebut, bisa didapat dengan cara registrasi dan aktivasi, yang dilakukan melalui KlikBCA.com.

Satu hal yang menarik dari kartu kredit virtual ini, yaitu nasabah bisa memilih sumber dana yang akan digunakan untuk KlikPay, baik dari rekening debit atau kartu kredit BCA.

4. OctoPay

Daftar kartu kredit virtual di Indonesia yang terakhir, yaitu OctoPay. Sebagai salah satu produk keluaran CIMB Niaga Indonesia, OctoPay menjadikan pengguna media sosial Facebook Indonesia sebagai targetnya.

Nah, untuk bisa memiliki dan mendaftar OctoPay, kamu perlu membuat rekening tabungan di CIMB Niaga terlebih dahulu.

Jika rekening sudah berhasil dibuat, maka selanjutnya kamu bisa menggunakannya dengan cara mengunduh aplikasi OctoPay di Facebook, lalu mendaftar.

Setelah proses pendaftaran berhasil dilakukan, maka kamu bisa langsung menggunakan aplikasi OctoPay, untuk transaksi online ke seluruh dunia.

Mengenai uangnya sendiri, nantinya setiap pembayaran atau transaksi yang dilakukan melalui OctoPay, akan dipotong langsung dari rekening tabungan CIMB Niaga.

Kartu Kredit Virtual Gratis

Faktanya, layanan kartu kredit virtual di Indonesia ada banyak. Selain empat bank ternama di atas, VCC juga bisa didapat di empat layanan penyedia VCC gratis terbaik, yang di antaranya yaitu:

  • Payoneer
  • Entropay
  • Yandex Money
  • Neteller.

(Baca Juga: Perbedaan Kartu Debit dan Kredit Secara Fisik)

Beberapa informasi terkait daftar kartu kredit virtual di Indonesia, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya daftar kartu kredit virtualnya saja, kamu juga tahu daftar penyedia VCC gratis dan terbaik yang bisa digunakan.

Sehingga, jika tertarik dengan kartu kredit jenis ini, kamu bisa langsung mengajukannya di beberapa penyedia VCC, baik itu bank maupun layanan penyedia VCC gratis terbaik dan terpercaya.

Namun, apabila kamu juga ingin memiliki kartu kredit biasa, maka kamu bisa langsung mengajukannya dengan mudah, secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!