Daftar Kursus Pajak Online Terbaik untuk Temani Masa #dirumahaja

6 min membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Anak perpajakan kudu tahu kalau sekarang ada banyak daftar kursus pajak online terbaik untuk temani masa isolasi #dirumahaja.

Enggak bisa dipungkiri kalau kursus pajak konvensional memang lebih banyak peminatnya karena metode pembelajarannya sendiri yang langsung tatap muka.

Sehingga, kemungkinan para peserta kursus untuk mendapatkan ilmu jauh lebih besar.

Namun dalam situasi seperti saat ini, rasanya kursus pajak yang langsung tatap muka bukanlah pilihan yang tepat.

Ahli-ahli ingin mendapatkan ilmu, justru kamu bisa tertular virus corona. Hih, serem!

Nah, ketimbang mengikuti kursus langsung, mengapa tak coba mencari informasi di internet mengenai daftar kursus pajak online terbaik saja?

Soalnya, materi yang diajarkan secara daring pun pasti serupa dengan kursus konvensional.

Sehingga, enggak cuma ilmu saja yang kamu dapat, namun kamu juga bisa tetap menjaga kesehatan sembari mengisolasi diri di rumah.

Apa itu Brevet Pajak?

Nah, ngomong-ngomong mengenai daftar kursus pajak online terbaik, kurang afdal kalau kita gak ngomongin mengenai kursus itu sendiri (brevet pajak).

Secara umum, brevet pajak adalah suatu pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak tertentu untuk membantu masyarakat yang membutuhkan ilmu mengenai perpajakan.

Pelatihan ini biasa dilakukan dengan maupun tanpa pengaplikasian langsung terhadap software pajak.

Brevet pajak memiliki beberapa tingkatan dengan pembahasan yang berbeda-beda.

Jadi, sebelum mulai mengikuti kelas dari daftar kursus pajak online terbaik, pastikan kamu sudah tahu akan tingkatan tersebut ya.

Nah, berikut ini 3 tingkatan kursus brevet pajak.

  • Brevet Pajak A

Brevet pajak A adalah kursus pajak paling umum dengan pembahasan berupa materi dasar pajak hingga tata cara perpajakan wajib pajak pribadi.

Pada tingkatan ini, materi yang akan kamu pelajari meliputi ketentuan umum perpajakan, pajak penghasilan orang pribadi, pajak bumi dan bangunan, serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

  • Brevet Pajak B

Tingkatan brevet pajak yang kedua biasanya tidak hanya membahas materi dasar namun juga materi yang tergolong menengah, yakni mengenai ketentuan perpajakan badan atau perusahaan.

Materi yang diajarkan pada brevet B biasanya meliputi pemungutan pajak penghasilan Pasal 21, Pasal 23 dan sebagainya, Pajak Pertambahan Nilai, pajak penjualan barang mewah, pajak penghasilan elektronik, akuntansi pajak, serta pemeriksaan dan penyidikan pajak.

  • Brevet Pajak C

Materi yang dibahas pada brevet C biasanya lebih kompleks dibandingkan dengan brevet pajak A dan brevet pajak B.

Pada tingkatan ini, kamu akan mendapatkan materi pembahasan menengah hingga lanjutan mengenai PPh pribadi, PPh badan/perusahaan, pajak internasional, akuntansi pajak dan tax planning.

Manfaat dari Mengikuti Brevet Pajak

Berikut beberapa manfaat mengikuti brevet pajak bagi kamu yang gemar akan bidang perpajakan:

  • Menambah portfolio khususnya bagi fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan
  • Menambah pengetahuian khususnya bagi karyawan entry level yang ingin mencoba kenaikan jabatan
  • Membuat karyawan menjadi lebih terampil akan persoalan pajak
  • Bisa diaplikaskan ketika ingin menjadi konsultan pajak
  • Memberi wawasan mengenai teknis perhitungan, perencahaan, serta pelaporan pajak

Dengan banyaknya manfaat tersebut, maka inilah saatnya bagi kamu untuk coba mengikuti kelas dari daftar kursus pajak online terbaik, yang sudah CekAja rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

(Baca Juga: Begini Peraturan Pajak Tentang Premi Asuransi)

Daftar Kursus Pajak Online Terbaik

1. SmartTax

Website: https://smarttax.id/my-brevet/

Situs pertama dalam daftar kursus pajak online terbaik yang bisa kamu coba adalah SmartTax.

Situs ini diklaim bisa menjadi tempat pembelajaran pajak yang pastinya hemat waktu, dan hemat biaya.

Melalui SmartTex, kamu bisa mendapatkan materi dasar teori perpajakan, aspek pajak pada ragam transaksi, pajak pusat dan pajak daerah, hingga cara penyusunan sekaligus pelaporan SPT secara elektronik.

Situs yang termasuk dalam daftar kursus pajak online terbaik 2020 ini, juga bakal memberikan kamu sertifikat kursus bervet pajak dalam bentuk hard copy yang diakui oleh lembaga terkait, setelah mengerjakan ujian bervet secara daring.

Sehingga, nantinya sertifikat tersebut bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan atau kenaikan jabatan.

2. Brevet Binus

Website: https://accounting.binus.ac.id/category/brevet-binus/

Mahasiswa maupun alumni Universitas Binus enggak perlu bingung lagi jika harus mencari daftar kursus pajak online terbaik saat ini.

Sebab, universitas yang berkantor pusat di wilayah Jakarta Barat ini menyediakan program pelatihan pajak secara daring.

Pada update-an post terbaru dari situs tersebut, Universitas Binus menyuguhkan brevet online ABC yang akan dimulai pada 20 Agustus 2020 nanti.

Dengan bantuan tim profesional yang berkompeten, brevet Binus dilengkapi berbagai materi menarik seputar perpajakan, diantaranya seperti:

  • PPh Pasal 15
  • PPh Pasal 21
  • PPh Pasal 22 dan sebagainya
  • Ketentuan umum perpajakan
  • PPh Final (Pasal 4 Ayat 2)
  • PPh Orang Pribadi
  • Akuntansi Pajak
  • PBB
  • PPh Badan/Perusahaan
  • PPn dan PPnBM
  • Bea Materai

Selain materinya yang super lengkap, situs yang termasuk dalam daftar kursus pajak online terbaik ini juga dilengkapi dengan pembahasan soal brevet serta materi ujian.

Kamu bisa mengikuti kelas pajak ini kapan saja dan dimana saja bahkan tanpa perlu menggunakan internet.

Jika tertarik untuk mengikuti kursus pajak online yang disediakan oleh Universitas Binus, kamu bisa mendaftarkan diri untuk periode kusus 20 Agustus 2020 hingga 31 Januari 2021 dengan ketentuan biaya:

  • Brevet AB Online: Rp 3.000.000
  • Brevet C online: Rp 2.500.000

3. Makui Tax Institute

Website: https://makuitaxinstitute.co.id/

Makui Tax Institute juga menjadi salah satu dari daftar kursus pajak online terbaik yang menyuguhkan pembahasan materi lengkap berdasarkan tingkatan brevetnya.

Di sini, kamu bisa mendapatkan modul materi brevet praktek/latihan e-SPT dan e-faktur ujian sertifikat.

Selain menyediakan kelas online, Makui Tax Institute juga menerima kelas private bagi organisasi atau perusahaan, dengan suguhan materi dan pengajar dari tim Makui Tax Institute yang profesional.

Untuk biaya pelatihannya sendiri, terbagi menjadi 4 golongan tergantung dari tingkatan brevet yang diambil. Misal, pada brevet A online, biaya kursusnya adalah Rp1,5 juta.

Sementara untuk brevet online B adalah Rp2 juta, brevet online C adalah Rp2,5 juta dan brevet online AB adalah Rp2,5 juta.

4. Tax Training House

Website: https://tth.co.id/

Situs selanjutnya yang termasuk dalam daftar kursus pajak online terbaik adalah Tax Training House.

Di situs ini, kamu bisa mendapatkan kursus brevet pajak secara daring dengan aplikasi zoom sebagai media belajarnya.

Untuk periode Agustus hingga Oktober, situs ini menyediakan 5 kelas dengan pembagian hari dan jam yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lebih detilnya:

  • Kelas 24 Agustus 2020 (Rp2,3 juta): Menggunakan modul detail EX-394-AB dengan durasi pelatihan 3,5 bulan. Pilihan harinya antara Senin dan Rabu, pada jam 18.15-21.15 WIB
  • Kelas 25 Agustus 2020 (Rp2,3 juta): Menggunakan modul detail EX-398-AB dengan durasi pelatihan 3,5 bulan. Pilihan harinya antara Selasa dan Kamis, pada jam 18.15-21.15 WIB
  • Kelas 6 September 2020 (Rp2,3 juta): Menggunakan modul detail EX-399-AB dengan durasi pelatihan 3,5 bulan. Pilihan harinya Minggu Fullday, pada jam 08.00 pagi-17.00 WIB
  • Kelas 29 Agustus 2020 (Rp2,3 juta): Menggunakan modul detail EX-401-AB dengan durasi pelatihan 3,5 bulan. Pilihan harinya Sabtu Fullday, pada jam 08.00 pagi-17.00 WIB
  • Kelas 4 Oktober 2020 (Rp2,3 juta): Menggunakan modul detail EX-402-C dengan durasi pelatihan 2 bulan. Pilihan harinya Minggu Fullday, pada jam 08.00 pagi-17.00 WIB

5. Ikatan Akuntan Indonesia

Website: http://iaiglobal.or.id/v03/PPL/jadwalkursus

Situs yang kelima dalam daftar kursus pajak online terbaik adalah IAIGlobal.

Situs yang dikelola oleh Ikatan Akuntan Indonesia ini menawarkan beberapa paket kursus brevet dari berbagai tingkatan, yakni brevet A, brevet B, brevet AB dan brevet C.

Kamu bisa langsung mengecek jadwal kursus di situs tersebut, dan pilih kursus brevet pajak yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah sebelum memulai kursus, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Microsoft Teams di laptop, sebab pembelajarannya sendiri dilakukan secara daring.

Mengenai periode pembelajaran, IAI sudah menentukan bahwa pelatihan brevet AB dan C bakal dilaksanakan serentak pada 12 dan 15 Agustus, dengan masa berakhirnya pada 2 Oktober 2020 (kursus brevet C) dan 12 Desember 2020 (kursus brevet AB).

(Baca Juga: 6 Cara Melaporkan SPT Online Pajak PPh Badan)

Pakai Kartu Kredit Biar Pembayaran Kursus Pajaknya Lebih Hemat

Itu tadi pembahasan mengenai daftar kursus pajak online terbaik 2020 yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan sertifikat khusus perpajakan.

Biar pembayaran kursusnya semakin hemat, gunakan kartu kredit dari CekAja.com.

Melalui CekAja, kamu bisa mendapatkan kartu kredit dengan promo terbaru dan termurah, serta penawaran terbaik seperti iuran tahun pertama gratis.

Beberapa produk kartu kredit di CekAja bahkan telah dilengkapi dengan asuransi untuk membuat nasabah tetap merasa aman, ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit tersebut.

Tidak hanya apply kartu kredit saja, di CekAja juga kamu bisa membandingkan dulu mana kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Gimana, benar-benar sangat menguntungkan bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera miliki kartu kredit dari CekAja.com dan dapatkan berbagai manfaatnya.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri