10 Daftar Lembaga Beasiswa S2 Luar Negeri Incaran Anak Muda

Daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri khususnya di Indonesia saat ini tersedia sangat beragam. Dan berikut, lembaga-lembaga penyedia beasiswa luar negeri tersebut.

10 Daftar Lembaga Beasiswa S2 Luar Negeri Incaran Anak Muda

Melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, terlebih di luar negeri tentu impian banyak orang. Sayangnya, impian tersebut kadang sulit untuk diwujudkan, tak lain karena keterbatasan biaya yang dimiliki.

Makanya, dibutuhkanlah beasiswa agar keinginan untuk menempuh pendidikan pascasarjana di luar negeri dapat terwujud.

Beasiswa S2 luar negeri ini banyak ragamnya di Indonesia. Bahkan, beberapa diantara lembaga yang menyediakan beasiswa tersebut, tidak hanya memberikan fasilitas kuliah gratis, namun juga menawarkan biaya tunjangan hidup selama menempuh pendidikan.

Tips Dapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

Nah, sebelum kita bahas mengenai daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri, baiknya kamu ketahui dulu mengenai caranya mendapatkan beasiswa tersebut seperti yang dikutip dari Go Kampus.

  • Lakukan riset mengenai universitas dan bidang studi yang dipilih
  • Persiapkan TOEFL (minimal skor 550) dan IELTS (minimal skor 6.0), serta kemampuan bahasa utama dari universitas yang dipilih.
  • Punya pengalaman kerja yang mumpuni dan terkait dengan bidang studi S2 yang diambil
  • Perkaya tulisan atau karya-karya ilmiah yang dimiliki
  • Memiliki surat rekomendasi paling tidak ditulis oleh dua orang yang paham mengenai kemampuanmu.
  • Lakukan konsultasi secara berkala dengan orang-orang yang berpengalaman

(Baca Juga: 10 Pendidikan Vokasi Terbaik)

Daftar Lembaga Beasiswa S2 Luar Negeri

Setelah mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa S2 luar negeri, sekarang di poin ini CekAja bakal menjabarkan tentang daftar lembaga beasiswa S2 luar negerti itu sendiri. Yuk, simak.

1. LPDP

Situs: https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/home

Dalam daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri ini, CekAja merekomendasikan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan alias LPDP.

Lembaga ini dikelola oleh Kementerian Keuangan RI, di mana program beasiswanya sendiri terdiri dari Beasiswa Reguler dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia.

Beasiswa Reguler adalah program beasiswa yang ditujukan bagi WNI yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister dan doktor, baik dalam maupun luar negeri.

Komponen biaya yang diberikan pada program Beasiswa Reguler diantaranya biaya pendidikan termasuk SPP dan biaya pendukung termasuk asuransi kesehatan dan tunjangan bulanan.

Sedangkan, untuk program Perguruan Tinggi Utama Dunia, beasiswanya diperuntukan bagi mereka yang memperoleh Letter of Admission or Acceptance Unconditional dari perguruan tinggi utama dunia, untuk menempuh jenjang pendidikan Magister dan Doktor.

2. AUN/SEED-Net

Situs: https://seed-net.org/

Daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri yang berikutnya adalah AUN/SEED-Net. Lewat lembaga ini, kamu dapat menempuh pendidikan Magister di sejumlah kampus di wilayah ASEAN.

Untuk beasiswa S2 nya, lembaga ini menyediakan tiga program, yaitu Graduate Degree Programs, Collaborative Research, dan Short-Term Study in Japan Program.

Khusus program Graduate Degree, benefit yang akan kamu dapatkan diantaranta beasiswa penuh, tunjangan bulanan, asuransi kesehata, dan hibah penelitian kolaboratif maksimum USD3 ribu.

3. Chevening

Situs: https://www.chevening.org/

Apabila kamu ingin menempuh pendidikan di Inggris, terutama kampus bergengsi seperti University of Cambridge ataupun University of Oxford, maka cobalah apply di lembaga beasiswa S2 luar negeri ini.

Lembaga beasiswa Chevening sendiri hadir untuk membantu calon mahasiswa-mahasiswi yang tertarik mengemban pendidikan di Inggris.

Didanai oleh Foreign and Commonwealth Office dan organisasi mitra, beasiswa ini sepenuhnya membiayai para mahasiswa, termasuk biaya penerbangan, akomodasi, dan biaya kursus.

Sehingga, peserta beasiswa hanya perlu fokus untuk memaksimalkan pendidikannya hingga lulus.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa Chevening, kamu bisa langsung mengakses newsletter mereka, The Alphagram di situs resmi Chevening.

4. Aminef

Situs: https://www.aminef.or.id/

Aminef juga termasuk dalam daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri yang dikhususkan untuk calon mahasiswa yang tertarik mengenyam pendidikan di negeri Paman Sam.

Lembaga yang telah ada sejak 1992 ini, merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah Amerika Serikat dengan Indonesia.

Program beasiswa yang tersedia khusus untuk masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 adalah Fulbright Scholarship.

Tidak hanya itu saja, Aminef juga menyediakan program beasiswa khusus S3 yaitu Fulbright Doctoral Degree Scholarship dan Fulbright Visiting Scholar Program.

5. Inpex Group

Situs: https://www.inpex-s.com/en/

Selain keempat daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri di atas, CekAja juga merekomendasikan kamu untuk mencoba layanan Inpex Group.

Organisasi nirlaba yang telah berdiri sejak 26 Maret 1981 di Jepang ini, sepenuhnya mendapat sumbangan dana dari Indonesia Petroleum, Ltd.

Beasiswa yang diberikan khusus ditujukan bagi pelajar Indonesia yang ingin mengejar gelar Master dari universitas di Jepang, dan sebaliknya.

Untuk pelajar Indonesia, program beasiswa yang diberikan termasuk uang pendidikan, tunjangan bulanan sebesar 160 ribu Yen, hingga tiket penerbangan Jakarta-Tokyo.

6. Kedutaan Besar Jepang

Situs: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rsu.html

Beasiswa Jepang lainnya yang direkomendasikan dan masuk dalam daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri adalah dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Program yang disediakan dari lembaga ini adalah MEXT atau Monbukagakusho. Beasiswa ini diperuntukan bagi pelajar Indonesia yang ingin belajar di Jepang untuk jenjang S2 dan S3.

Jalur yang tersedia untuk program beasiswa tersebut adalah dengan menjadi research student (mahasiswa peneliti) ataupun tanpa jalur research student, dengan catatan sudah mendapat izin dari profesor pembimbing di universitas yang ada di Jepang.

Dalam program MEXT ini, kamu sebagai penerima beasiswa bakal mendapatkan beberapa fasilitas, seperti biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, tanpa ikatan dinas, asrama untuk universitas tertentu, bebas biaya pengurusan visa pelajar, tiket pesawat PP Indonesia-Jepang, serta tunjangan hidup.

7. Nuffic Neso

Situs: https://www.studyinholland.nl/finances/stuned-scholarships

Masuk dalam daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri, Nuffic Neso menawarkan beasiswa yang khusus bisa kamu gunakan untuk berkuliah di Belanda.

Beasiswa ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap bagi calon mahasiswa, mulai dari biaya hidup maksimum 20 ribu Euro per tahun, biaya perjalanan, hingga biaya studi.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa StuNed, pelamar mesti mengambil bidang-bidang yang diproritaskan dan berkaitan dengan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Belanda, seperti perdagangan internasional, infrastruktur, serta ekonomi.

8. European Commission

Situs: https://ec.europa.eu/programmes/erasmus-plus/node_en

Dalam daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri ini, CekAja juga memasukkan lembaga European Commission yang juga menyediakan program khusus bagi pelajar di seluruh dunia yang ingin meraih gelar Magister.

Programnya sendiri adalah Erasmus Mundus. Beasiswa ini diberikan bagi pelajar dengan masa program selama 24 bulan.

Fasilitas yang tersedia hampir serupa dengan lembaga beasiswa pada umumnya. Di mana, kamu akan menerima uang tunjangan pendidikan, akomodasi, tunjangan bulanan, hingga 24.000 Euro untuk program pendidikan satu tahun.

9. Open Doors

Situs: https://www.od.globaluni.ru/en/

Daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri selanjutnya adalah Open Doors.

Lembaga ini difasilitasi Pemerintah Rusia dengan skema program berupa kompetisi, di mana para pemenang dan runner-up bisa mendapat beasiswa S2 dan S3 di Rusia.

Peserta yang ikut dalam program ini nantinya tidak perlu membayar lagi biaya kuliah dan tanpa perlu mengikuti ujian masuk dari universitas tersebut.

Kemudian, peserta yang lolos juga akan mendapat uang akomodasi, asuransi, hingga biaya hidup.

(Baca Juga: 10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia)

10. Australia Awards

Situs: https://www.australiaawardsindonesia.org/

Lembaga beasiswa yang terakhir dalam daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri adalah Australian Awards.

Lembaga ini secara khusus menyediakan tiga jenis beasiswa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelajar, seperti beasiswa khusus uang kuliah, beasiswa hanya biaya hidup dan tempat tinggal, serta beasiswa untuk menanggung biaya keseluruhan.

Tersedia Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masa Depan

Nah, itu dia daftar lembaga beasiswa S2 luar negeri yang bisa kamu jadikan pilihan jika ingin berkuliah di luar.

Meski mendapat biaya tambahan dari beasiswa tersebut, namun enggak ada salahnya lho kalau kamu mempersiapkan dana cadangan seperti pinjaman dana pendidikan, terlebih bila kamu gagal mendapatkan beasiswa tersebut.

Pinjaman dana pendidikan ini bisa kamu dapatkan lewat layanan CekAja.com. Selain pengajuan, kamu pun dapat membandingkan dulu mana jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

Untuk informasi lebih lanjut, yuk langsung klik tabel pengajuan di bawah ini.