Daftar Menu Makanan Sehat dan Bergizi untuk Kuatkan Imun

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, kamu dituntut harus lebih bijaksana memilih menu makanan sehat dan bergizi untuk menjaga kekebalan sistem imun tubuh. Selain rutin olahraga, memperhatikan pola makan dan apa saja yang dikonsumsi sehari-hari sangat diperlukan.

Makanan yang kaya lemak dan gula atau cepat saji (fast food) cenderung menyebabkan stress pada sistem imun, sehingga lebih mudah menginisiasi penyakit. Jadi, jangan hanya menuruti keinginan tapi tidak mempertimbangkan baik buruknya untuk kesehatan loh ya!

6 Daftar Menu Makanan Sehat dan Bergizi

Nih, ada beberapa daftar menu makanan sehat dan bergizi, untuk bantu memperkuat sistem imun tubuh, yang bisa mudah kamu konsumsi dari rumah. Simak yuk!

1. Ikan

Menu makanan sehat dan bergizi yang pertama adalah ikan. Tentu, ikan menjadi salah satu sumber protein dan nutrisi berkualitas tinggi, karena ikan mengandung protein tinggi, lemak Omega- 3, asam lemak tak jenuh, vitamin A, D, B6, B12 serta mineral baik untuk sistem imun tubuh.

Khususnya ikan salmon, kaya akan asam lemak Omega-3 yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Asam lemak Omega-3 berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap lembab, kenyal, dan bersih.

Faktanya, kekurangan asam lemak Omega-3, bisa menyebabkan kulit kering. Selain itu, lemak Omega-3 pada ikan bisa berguna untuk mengurangi peradangan kulit wajah, yang menyebabkan kemerahan dan jerawat.

Jadi, merawat kondisi kulit agar tetap bersih dan lembab jangan hanya dari luar saja ya.

Pada tahun 2020, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di tengah pandemi Covid-19. Kampanye ini sebagai upaya meningkatkan sistem imun tubuh pencegahan penyebaran virus Covid-19.

(Baca Juga: 8 Jenis Alpukat Paling Populer)

2. Oatmeal

Menu makanan sehat dan bergizi selanjutnya adalah oatmeal. Seperti yang diketahui bahwa kandungan serat yang tinggi, membuat oatmeal menjadi menu sarapan yang ideal di pagi hari.

Selain berguna untuk melancarkan pencernaan, kandungan dari oatmeal juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe II, menurunkan kolesterol dan risiko penyakit tekanan darah tinggi.

Bahkan saat ini, pelaku diet yang menjadikan oatmeal sebagai pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbo dalam tubuh. Menu diet ini tetap aman dan nikmat dikonsumsi.

3. Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang kurang diminati, padahal memiliki kandungan vitamin K, A, C, folat dan serat makanan yang tinggi, ini adalah brokoli. Menu makanan sehat dan bergizi dari brokoli ini juga, bisa dijadikan lauk lezat, hingga dijadikan campuran jus loh.

Brokoli mengandung serat glukorafanin yang dapat merangsang enzim detoksifikasi tubuh dan merupakan bentuk alami senyawa anti-kanker sulforafan (sulforaphane).

Tips agar sayur tidak kehilangan nutrisinya, jangan merebus terlalu lama ya!

3. Yoghurt

Jenis makanan fermentasi seperti yoghurt dan kombucha mengandung probiotik yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan usus, dan sistem pencernaan. Menu makanan sehat dan bergizi ini mengandung vitamin A, D, B12, kalium, fosfor, dan zinc.

Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seperti diare, ISPA, dan infeksi saluran kemih.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, direkomendasikan untuk mengkonsumsi yoghurt Yunani (Greek Yoghurt), rasa plain agar tidak terlalu banyak kandungan gula tambahan dan mendapat ekstra protein.

4. Bawang Putih

Bawah Putih menjadi rempah yang paling sering digunakan dan ada di berbagai jenis masakan. Selain menambah cita rasa, bawang putih juga sangat baik dijadikan menu sehat dan bergizi untuk kekebalan tubuh karena menjadi sumber vitamin C, B6, Selenium, Mangan, dan kandungan tinggi senyawa yang mengandung sulfur seperti Allicin.

Zat tersebut mampu menjaga fungsi kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih untuk membasmi virus, bakteri dan parasit dalam tubuh serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mengkonsumsi bawah putih secara mentah karena dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kekebalan tubuh di tengah pandemic Covid-19.

5. Teh Hijau

Jenis teh ini lebih berkhasiat untuk tubuh dibanding teh biasa karena mengandung antioksidan dan mengurangi inflamasi. Seringkali teh ini dikonsumsi sebagai menu sehat dan bergizi untuk meredakan pusing atau mual.

Jika dikonsumsi secara rutin setelah makan atau beberapa jam sebelum tidur, teh hijau dipercaya dapat mengikat lemak-lemak berlebih dalam tubuh dan melancarkan pencernaan. Sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang ingin menurunkan atau menjaga berat badan.

Nah, itu dia beberapa daftar menu makanan sehat dan bergizi yang bisa kamu konsumsi dengan mudah dari rumah. Yuk, konsumsi menu makanan sehat dan bergizi setiap hari.

Seimbangkan Makanan Bergizi dengan Pola Hidup Sehat

Eits, tapi bukan hanya memperhatikan menu makanan sehat dan bergizi loh ya, meningkatkan kekebalan tubuh harus di seimbangi dengan pola hidup sehat juga.

Nih, beberapa pola hidup yang harus kamu terapkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh:

  • Tidak Begadang dan Tidur cukup

Bang Rhoma Irama pernah bilang “jangan begadang jika tidak ada gunanya” tentu lirik tersebut bertujuan untuk mengingatkan kita khususnya generasi Millenial untuk memiliki pola hidup sehat dan tidur cukup agar meningkatkan imunitas tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Seringkali generasi saat ini rela begadang untuk sekedar game atau bermain gadget. Padahal tidur yang cukup membuat tubuh lebih banyak memproduksi antibodi yang dapat mencegah infeksi virus dan tidak mudah stress.

Oleh karena itu, istirahat dan tidurlah dengan cukup 6-8 jam per hari agar kekebalan tubuh terjaga.

  • Olahraga

Olahraga rutin dapat merangsang kinerja sel darah putih untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, menurunkan berat badan, memperkuat otot dan tulang serta bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Tidak mesti ke tempat gym, kamu bisa mulai olahraga di sekitar rumah di tengah pandemic ini, seperti berjalan kaki, senam aerobic, yoga, hingga workout via youtube. Waktu olahraga yang disarankan 20-30 menit setiap hari, disarankan pagi hari ketika udara dan kondisi tubuh masih segar.

  • Kelola Stress dan Bahagia

Kondisi psikis yang stres dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormone kortisol. Kadar hormone kortisol yang tinggi dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Oleh karena itu meluangkan waktu untuk melakukan hal yang disenangi seperti hobi, refreshing, aktif bersosialisasi diperlukan untuk meredakan penat atau stress.

Kondisi psikis yang bahagia pun berpengaruh besar pada sistem imun tubuh agar tetap terjaga, seperti tertawa. Manfaat tertawa bisa meningkatkan produksi hormone endorphin yang bisa meredakan stress dan membuat mood jadi lebih baik.

Selain dengan beberapa cara di atas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga dapat diperkuat dengan rutin konsumsi air putih minimal 3 liter sehari, imunisasi, dan konsumsi suplemen tertentu.

(Baca Juga: Hari Gizi Nasional, Ini Sejarah yang Wajib Diketahui)

Kesehatan memang aspek termahal yang seringkali kita tidak sadari. Menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan pun harus dilakukan untuk mencegah penyakit di kemudian hari.

Akan tetapi, mencegah virus atau penyakit dengan makanan sehat dan bergizi atau pola hidup sehat tidaklah cukup.

Di sini, kamu membutuhkan proteksi tambahan, dalam bentuk asuransi kesehatan selain mencegahnya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Dengan asuransi kesehatan, kamu bisa meringankan beban ketika terserang penyakit, yang tidak diduga-duga. Asuransi kesehatan juga, bisa membantumu untuk menemukan rumah sakit terbaik, di seluruh Indonesia, dengan fasilitas yang mumpuni.

Di mana kamu bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan terbaik? Pasalnya, memilih produk asuransi kesehatan terbaik, adalah hal penting. Jadi, cermatlah juga memilih asuransi kesehatan yang tepat dengan cara yang mudah, secara online melalui di CekAja.com.

CekAja.com, juga banyak menyediakan produk asuransi kesehatan terbaik, dari berbagai perusahaan asuransi kesehatan ternama Indonesia. Jadi, kamu tidak perlu lagi khawatir akan kualitas dan layanannya.

Jadi, tunggu apalagi? Segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu hanya di CekAja.com, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial kamu!