11 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Tak banyak yang tahu mengenai manfaat kayu manis untuk kesehatan. Padahal, rempah-rempah alami ini punya segudang manfaat baik bagi tubuh, salah satunya untuk mencegah kanker.

Bagi yang hobi memasak, pasti sudah enggak asing lagi dengan rempah-rempah alami beraroma khas ini.

Bukan hanya berfungsi sebagai penyedap rasa saja, kayu manis juga biasa dipakai dalam adonan kue untuk menambah aroma harum.

Selain itu, tak jarang pula kayu manis diolah menjadi bubuk minuman herbal untuk dikonsumsi saat tubuh meriang.

Jenis dan Nutrisi yang Terdapat pada Kayu Manis

Mungkin kamu mengira bahwa kayu manis itu hanya memiliki satu jenis saja. Namun kenyataannya sendiri, rempah alami ini punya dua jenis yang berbeda dengan nutrisi yang tak sama pula.

Jenis yang pertama dan paling banyak dijual di pasaran adalah Cassia Cinnamon. Jenis ini sebelum diolah menjadi bentuk bubuk, memiliki tampilan bentuk yang menyerupai kulit pohon bertekstur kasar.

Cassia cinnamon yang ada di Indonesia biasanya memiliki cita rasa manis dan lembut, ketimbang jenis Cassia cinnamon lainnya yang dijual di pasar China dan Saigon.

Sementara itu, jenis lainnya dari kayu manis adalah Ceylon cinnamon. Dari segi kualitas, kayu manis jenis ini justru lebih bagus dan dengan harga jual yang cenderung mahal.

Ceylon cinnamon sendiri tidak berasal dari Indonesia, melainkan dari Sri Lanka. Sehingga, varietas kayu manis ini memang agak sulit untuk ditemukan di supermarket biasa.

Aroma yang dihasilkan dari Ceylon cinnamon cenderung lembut dengan tambahan wangi bunga.

Makanya jenis kayu manis yang satu ini lebih banyak digunakan sebagai tambahan bahan dalam membuat adonan kue.

Menyoal nutrisi, secara umum kayu manis mentah maupun yang sudah diolah menjadi bubuk, mengandung banya nutrisi baik, diantaranya:

  • Vitamin B, A, dan K
  • Beta karoten
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Kalium
  • Alfa karoten
  • Lutein
  • Zeaxanthin

Sederet Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang banyak itu, kayu manis menyimpan beragam manfaat baik untuk kesehatan tuibuh. Mau tahu apa sajakah itu? Cek penjelasannya di bawah ini.

1. Mencegah risiko kanker

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang pertama dan sebelumnya tadi sudah dibahas sedikit adalah untuk mencegah risiko kanker.

Seperti yang kita tahu, kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti oleh manusia.

Kondisi ini bisa terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh, yang sifatnya ganas dan sulit dikendalikan.

Untuk menghindari diri dari risiko kanker, kita haruslah pandai dalam menjaga kesehatan.

Salah satunya dengan mengonsumsi kayu manis bubuk sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

Menurut sebuah penelitian, dengan mengonsumsi minuman bubuk kayu manis, tubuh akan terhindar dari pertumbuhan sel kanker yang ganas, karena sifatnya detoksifikasi usus.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Kecerdasan Otak)

2. Menurunkan tingkat kolestrol jahat

Kolestrol jahat atau istilah medisnya low-density lipoprotein (LDL) dapat menyebabkan beragam masalah buruk pada kesehatan.

Idealnya, kadar LDL normal pada orang dewasa adalah 100 md/dL ke bawah.

Jika melebihi angka 129 md/ dL, otomatis angka tersebut perlu diturunkan agar risiko serangan jantung ataupun stroke dapat dihindari.

Di sini, manfaat kayu manis untuk kesehatan diketahui untuk menurunkan kadar kolestrol jahat dan sebaliknya meningkatkan kolestrol baik pada tubuh.

Kamu bisa mencoba minuman herbal dari campuran kayu manis bubuk, madu, dan lemon.

Cara membuatnya juga mudah, didihkan ½ sdt bubuk kayu manis dalam air hangat, kemudian tambahkan 1 sdt madu serta irisan lemon di atasnya.

3. Mengurangi nyeri menstruasi

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Nyeri yang tak tertahankan di masa awal menstruasi ini biasanya diakibatkan oleh peradangan rahim, tumor jinak, hingga stenosis leher rahim.

Untuk mengurangi rasa sakitnya sendiri selain menggunakan obat-obatan, sangat disarankan bagi wanita untuk mengonsumsi air rebusan kayu manis yang dicampur dalam teh.

Kandungan serat yang terdapat dalam kayu manis ini dapat membantu meluruhkan rasa nyeri dari kontraksi otot rahim saat masa menstruasi dialami.

4. Memelihara kesehatan jantung

Tak hanya bersifat anti-kanker saja, manfaat kayu manis untuk kesehatan yang lainnya dan mungkin saja belum kamu ketahui adalah untuk memelihara kesehatan jantung.

Hal ini lagi-lagi karena beragam nutrisi baik yang dimiliki oleh kayu manis tersebut. Di mana, rempah alami ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus kadar kolestrol jahat.

Dengan begitu, sirkulasi pembuluh darah pada arteri jantung pun akan tetap terjaga, dan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

5. Bantu mengurangi resistensi insulin

Resistensi insulin adalah kondisi di mana sel tubuh menolak hormon insulin. Sehingga, respon yang diberikan tubuh pada hormon ini terbilang tak wajar atau abnormal.

Penderita yang mengalami kondisi resistensi insulin sangat berisiko mengalami pre-diabetes, yang mana akhirnya gejala tersebut dapat berkembang menjadi diabetes tipe-2.

Untuk mengurangi risiko tersebut, seseorang yang mengalami masalah resistensi insulin dianjurkan agar mengonsumsi air rebusan kayu manis.

Minuman herbal ini efekftif untuk meningkatkan sensitivitas insulin sekaligus menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

6. Mencegah bau mulut

Punya masalah bau mulut memang bisa membuat rasa percaya diri menurun.

Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena adanya bakteri akibat sisa makanan yang mengendap terlalu lama di dalam mulut.

Sebuah studi menunjukkan bahwa salah satu rempah-rempah yang sanggup mengatasi permasalahan bau mulut ini adalah kayu manis.

Selain itu, manfaat kayu manis untuk kesehatan mulut juga diketahui untuk mencegah kerusakan pada gigi.

Hal itu diyakini karena adanya sifat anti-mikroba yang terkandung dalam kayu manis.

Untuk membuktikan anggapan tersebut, coba saja kamu kunyah batang kayu manis, dijamin setelahnya bakteri yang menempel dalam mulut akan hilang.

7. Menangkal dan melawan infeksi bakteri

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang tak kalah penting untuk diketahui adalah mampu membantu menangkal sekaligus melawan infeksi bakteri dalam tubuh.

Berkat komponen aktif, Cinnamaldehyde yang ada pada kayu manis, rempah alami ini konon diyakini dapat meningkatkan sistem imun untuk melawan berbagai jenis infeksi.

Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi air rebusan kayu manis maupun menggunakan minyak kayu manis, untuk mengobati gejala infeksi pada saluran pernapasan.

8. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat kayu manis untuk kesehatan salah satunya adalah mengatasi masalah pada sistem pencernaan.

Karena kandungan antioksidannya, kayu manis juga sering digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional untuk atasi masalah pencernaan.

Sensasi hangat dari mengonsumsi teh rebusan kayu manis dipercaya dapat membunuh virus maupun kuman penyakit yang terdapat dalam pencernaan.

Sehingga setelah kamu mengonsumsinya, sistem pencernaan dijamin tak lagi bermasalah.

9. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang kesembilan adalah untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kayu manis disebut-sebut efektif untuk mencegah kerusakan atau hilangnya fungsi pada sel-sel otak.

Sehingga, berbagai penyakit yang umum terjadi seperti Parkinson dan Alzheimer bisa diminimalisir sedini mungkin.

10. Melawan radikal bebas

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang paling umum berikutnya adalah untuk melawan radikal bebas.

Kandungan antioksidan seperti polifenol yang cukup tinggi dalam kayu manislah, yang dianggap mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dari luar.

Radikal bebas sendiri sebetulnya tidak berbahaya jika kapasitasnya masih dalam batas normal.

Bahkan keberadaannya banyak dimanfaatkan untuk melawan peradangan, membunuh kuman penyakit, hingga detoksifikasi.

(Baca Juga: 8 Efek Kemoterapi bagi Pasien Kanker)

11. Efektif untuk memelihara kesuburan

Terakhir manfaat kayu manis untuk kesehatan adalah memelihara kesuburan.

Manfaatnya ini bahkan telah terbukti dengan banyaknya pasangan suami istri yang mencoba mengonsumsi rebusan kayu manis rutin setiap hari.

Pasalnya bagi wanita, kayu manis berfungsi untuk meregulasi siklus menstruasi sekaligus meningkatkan fungsi ovarium.

Nah itulah sederet manfaat kayu manis untuk kesehatan. Mulai dari sekarang cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat, agar tubuh terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Selain itu, agar perlindungannya kian maksimal, sebaiknya miliki asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Sebab CekAja menawarkan banyak sekali manfaat baik dari produk asuransi kesehatan yang dimiliki.

Bukan hanya cakupan perlindungannya saja yang terbaik, namun untuk proses klaim pun CekAja tergolong cepat.

Bahkan saat ingin membeli polis asuransinya, kamu hanya perlu mengakses laman CekAja dan membandingkannya.

Jadi, enggak ada lagi deh yang namanya ‘kerepotan’ untuk mengurus pembelian polis asuransi kesehatan.