Ini Daftar Operator Seluler Tercepat Versi OpenSignal

Sebagai operator seluler yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, Telkomsel, XL, Indosat, 3 (Tri) serta Smartfren sudah sangat dikenal. Namun, dari lima operator tersebut, siapakah yang menjadi daftar operator seluler tercepat?

Pariwara
Ini Daftar Operator Seluler Tercepat Versi OpenSignal

Penemuan Terbaru OpenSignal

OpenSignal sebagai standar global independen yang menganalisis pengalaman seluler pelanggan, pada akhir tahun 2019 mengeluarkan penemuan terbarunya terkait pengalaman jaringan seluler masyarakat Indonesia, dengan judul Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2019.

Penelitian yang dilakukan sejak 1 Agustus – 29 Oktober 2019 itu, menjabarkan hasil riset OpenSignal terhadap lima operator seluler Indonesia, yang di antaranya yaitu Telkomsel, XL, Indosat, 3 (Tri), dan Smartfren.

Beberapa hasil riset yang dijabarkan pada laporan tersebut yaitu berupa kecepatan kemampuan mengunduh, kecepatan mengunggah, ketersediaan jaringan 4G, kecepatan streaming video, cakupan jaringan 4G, dan sebagainya.

Untuk meneliti kecepatan streaming video sendiri, OpenSignal menggunakan metode yang mengacu pada standar International Telecommunication Union (ITU).

Beberapa poin yang diuji dan dinilai diantaranya adalah resolusi video, loading dan stalling pada jaringan 3G maupun 4G.

Tidak hanya itu, OpenSignal juga menguji sebanyak 1.854.821 perangkat untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih akurat.

Di mana, OpenSignal akan menguji serta mengukurnya secara langsung pengalaman mu selama streaming video.

Lantas, dari penelitian yang sudah dilakukan, maka siapa yang menjadi operator seluler tercepat diantara Telkomsel, XL, Indosat, 3 (Tri), dan Smartfren?

Daftar Operator Seluler Tercepat

Sebelumnya, kamu sudah mengetahui sekilas informasi terkait hasil temuan OpenSignal terkait operator seluler yang berjudul Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2019.

Dari laporan yang telah dihimpun tersebut, maka didapatkan data siapa saja operator seluler yang menjadi operator seluler tercepat.

Oleh karena itu, melansir dari opensignal.com, di bawah ini merupakan data terkait operator seluler tercepat, di antaranya yaitu:

Operator Seluler Tercepat untuk Pengunduhan

Jika melihat dari kecepatan mengunduh, maka Telkomsel memenangkannya sebagai operator seluler tercepat dalam pengalaman kecepatan mengunduh. Di mana, Telkomsel memiliki kecepatan mengunduh sebesar 12.0 Mbps.

Tidak heran apabila Telkomsel memenangkan poin yang satu ini, pasalnya Telkomsel melakukan lompatan yang cukup besar selama enam bulan terakhir dari kemampuan mengunduh sebelumnya, yaitu hampir 23%.

Meski begitu, namun Telkomsel hanya satu dari empat operator seluler yang mengalami peningkatan persentase. Sebab, posisi kedua untuk pengalaman kecepatan mengunduh diduduki oleh XL dengan 8.7 Mbps.

Kemudian di posisi selanjutnya diikuti oleh Indosat, 3 (Tri) dan Smartfren dengan kecepatan mengunduh masing-masing sebesar 6.6 Mbps, 6.5 Mbps dan 4.7 Mbps.

(Baca Juga: Cara Cek Imei HP Android dan iOS Lewat Ponsel serta Situs Kemenperin)

Operator Seluler Tercepat untuk Pengunggahan

Poin selanjutnya adalah kecepatan mengunggah. Poin ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan, seiring dengan meningkatnya penggunaan aplikasi media sosial. Terlebih bagi pengalaman jaringan seluler untuk pengguna saat ini.

Operator seluler tercepat yang lagi-lagi memenangkan pengalaman kecepatan mengunggah adalah Telkomsel. Bagaimana tidak, Telkomsel memiliki kemampuan mengunggah dengan kecepatan sebesar 5.4 Mbps.

Posisi ini didapatkan Telkomsel setelah melakukan lompatan besar yang mendekati 46%. Telkomsel juga menjadi satu-satunya operator seluler yang mampu melampaui angka 5 Mbps dari keempat operator seluler lainnya.

Kamu bisa melihat di posisi kedua yang ditempati oleh XL dengan kecepatan mengunggah sebesar 4.5 Mbps. Selanjutnya diikuti oleh 3 (Tri), Indosat dan Smartfren dengan kecepatan mengunggah masing-masing sebesar 4.0 Mbps, 3.6 Mbps dan 1.4 Mbps.

Dari data tersebut dapat dilihat bahwa Smartfren jauh tertinggal dari operator lainnya dalam pengamalan kecepatan mengunggah.

Ketersediaan Jaringan 4G

Meski jauh tertinggal dari beberapa poin, seperti pengalaman kecepatan mengunduh dan mengunggah, tetapi untuk poin yang satu ini Smartfren unggul dibandingkan operator seluler lainnya.

Sebagai pemenang dalam ketersediaan jaringan 4G, Smartfren mendapatkan skor yang sangat tinggi, yaitu sebesar 96.4%.

Hal tersebut dikarenakan, pada 2017 Smartfren menutup semua jaringan 3G miliknya dan merubah semuanya menjadi jaringan 4G.

Untuk posisi kedua, diikuti oleh 3 (Tri) dengan skor yang didapatkan sebesar 90.9%. Selanjutnya posisi ketiga, keempat dan kelima ditempati oleh XL, Telkomsel, dan Indosat dengan masing-masing skor yang didapatkan sebesar 87.0%, 86.7%, dan 86.3%.

Meski ketersediaan jaringan 4G dimenangkan oleh Smartfren, namun nyatanya operator seluler yang lain pun mengalami kenaikan skor hingga 2-4 poin, yang dilakukan oleh Indosat, XL, dan 3 (Tri).

Sedangkan untuk Telkomsel sendiri, kenaikan skor yang ia lakukan cukup tinggi, yaitu mendekati 6 poin.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa lima operator seluler tersebut dapat terhubung ke jaringan 4G hingga lebih dari 86%.

Operator Seluler Tercepat untuk Streaming Video

Operator seluler tercepat yang memenangkan streaming video adalah Telkomsel. Operator seluler yang memiliki warna dominan merah ini unggul dengan skor yang didapatkan sebesar 58.8.

Hal tersebut dikarenakan, Telkomsel mengalami peningkatan skor sebesar 4.5 dari skor yang didapatkan sebelumnya.

Tidak hanya itu, skor tersebut juga menunjukkan bahwa pengguna operator seluler Telkomsel menikmati pengalaman streaming video yang diberikan secara mobile.

Selanjutnya, untuk posisi kedua ditempati oleh operator seluler XL dengan skor yang didapatkan sebesar 50.8.

Posisi ketiga hingga kelima ditempati oleh 3 (Tri), Indosat, dan Smartfren dengan skor yang didapat sebesar 47.6, 41.7, dan 34.3.

Skor-skor tersebut, menunjukkan seberapa besar pengguna operator seluler itu menikmati pengalaman streaming video yang diberikan.

Hal itu ditunjukkan mulai dari peringkat baik yang didapatkan Telkomsel, peringkat sedang yang didapatkan 3 (Tri) dan Indosat, hingga peringkat buruk yang didapatkan Smartfren.

Untuk Cakupan 4G

Operator seluler tercepat selanjutnya untuk cakupan 4G di duduki oleh Telkomsel dengan skor sebesar 7.9. Skor ini jauh melampauinya empat operator seluler lainnya. Pasalnya, XL, Indosat, Smartfren dan 3 (Tri) memiliki skor di bawah 7.

Hal tersebut bisa kamu lihat dari skor yang didapatkan XL, yang menempati posisi kedua sebesar 5.9.

Selanjutnya, di posisi ketiga ditempati oleh Indosat dengan skor 5.6. Kemudian diikuti oleh Smartfren dan 3 (Tri) yang mendapatkan skor sebesar 4.8 dan 4.1

Pengalaman Voice App

Untuk pengalaman voice app sendiri, operator seluler tercepat yang memenangkan posisi ini adalah Telkomsel yang unggul dengan skor sebesar 77.3.

Selanjutnya untuk di posisi kedua, pengalaman voice app ditempati oleh 3 (Tri) dengan skor 73.3.

Lalu untuk posisi ketiga hingga kelima diduduki oleh XL, Indosat, dan Smartfren dengan skor yang didapatkan masing-masing sebesar 71.4, 68.3, dan 68.1.

Pengalaman voice app sendiri mengukur kualitas pengalaman dari layanan suara over-the-top atau yang disingkat dengan OTP, seperti Skype, Facebook Messenger dan Whatsapp.

Proses pengukuran kualitas panggilan suaranya pun menggunakan model yang mengacu pada International Telecommunication Union (ITU), secara menyeluruh dengan serangkai parameter teknis terkalibrasi.

Nah, dari poin-poin tersebut yang merupakan bagian dari hasil penemuan OpenSignal dapat diambil kesimpulan bahwa operator seluler tercepat hingga saat ini dimenangkan oleh Telkomsel.

Di mana, Telkomsel menduduki peringkat pertama pada beberapa poin di atas selain ketersediaan jaringan 4G.

Sebab, poin ketersediaan jaringan 4G dimenangkan oleh Smartfren, seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya.

Meski begitu, Telkomsel hingga saat ini masih menduduki posisi tertinggi sebagai operator seluler tercepat di Indonesia.

Oleh karena itu, Telkomsel menjadi salah satu operator seluler yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia.

(Baca Juga: Tips Agar Tidak Tertipu Saat Membeli iPhone Bekas)

Nah, untuk kamu yang ingin berpindah operator seluler ke Telkomsel, kamu bisa membeli nomor beserta kuota dan pulsa dengan mudah.

Sebab, kamu bisa membelinya di beberapa counter pulsa, mobile banking, e-commerce atau pun website resmi Telkomsel.

Apabila membelinya melalui e-commerce, kamu bisa loh membayarnya menggunakan kartu kredit. Sebab, cara bayar yang perlu kamu lakukan sangat mudah. Namun, kamu tidak perlu khawatir apabila belum memiliki kartu kredit.

Kini kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com. Terlebih, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Pariwara