Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Dampak Buruk Kebanyakan Minum Kopi, Pecinta Kopi Wajib Tahu

by Estrin Vanadianti Lestari on 10 Maret, 2020

Dewasa ini, mengkonsumsi kopi tidak hanya dijadikan sebagai kebutuhan pangan saja, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Sehingga sangat penting bagi kamu untuk mengetahui dampak buruk kebanyakan minum kopi.

dampak buruk minum kopi

Namun, jika kita kembali ke masa lalu, kopi biasanya hanya bisa dinikmati oleh orang tua saja, dengan varian rasa kopi hitam pahit atau manis. Terlebih juga, dahulu varian kopi belum terlalu banyak seperti sekarang, di mana kopi sudah memiliki banyak inovasi baru, dengan varian rasa yang bisa dinikmati oleh semua kalangan khususnya anak muda.

Kopi Hits Makin Banyak Bermunculan

Tidak hanya itu, dari banyaknya brand-brand kopi hits yang muncul dengan varian rasa yang menarik, juga membuat kopi makin dicintai. Sebut saja seperti brand kopi Kenangan, Janji Jiwa, Fore, Soe, Tuku dan masih banyak lagi.

Variannya juga sangat bervariasi, mulai dari varian kopi susu, moka, latte, hingga kopi tiramisu. Bahkan, hal tersebut juga membuat orang yang tadinya tidak suka kopi, menjadi suka dan ketagihan.

Sehingga gaya hidup minum kopi hits saat ini, sudah seperti sebuah keharusan. Minum kopi hits juga sering dilakukan untuk menemani kegiatan sehari-hari, seperti menemani bekerja, kongko, meeting, dan lain-lain. Bagaimana denganmu?

Nah, dengan gaya hidup minum kopi di atas, ternyata tidak selalu memberikan rasa nikmat saja loh, melainkan ada juga dampak buruk kebanyakan minum kopi yang bisa terjadi. Bahkan, salah satu dampak kebanyakan minum kopi tersebut juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuhmu.

(Baca Juga: Ini Ciri-ciri Kolesterol Tinggi Yang Patut Diwaspadai)
Dampak Kebanyakan Minum Kopi

Daripada penasaran, yuk langsung saja intip dampak buruk kebanyakan minum kopi, mulai dari insomnia hingga bisa meningkatkan produksi asam lambung.

1. Insomnia

Dampak buruk kebanyakan minum kopi yang pertama dan paling sering dirasakan adalah insomnia. Pasalnya, kopi mengandung banyak kafein yang dapat membantu tubuh kamu tetap terjaga. Sehingga, akan berpengaruh terhadap porsi tidur.

Nah, jika kebanyakan minum kopi, itu artinya akan ada banyak kafein yang masuk ke tubuh kamu. Hal tersebut akan membuat tubuh tidak dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu, kurang tidur juga akan memberikan pengaruh kurang baik

2. Peningkatan detak jantung

Selain insomnia, dampak buruk kebanyakan minum kopi juga bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, karena efek stimulasi kafein yang ada di dalam kopi.

Bahkan, sebuah studi pernah dilakukan yang menyatakan bahwa, jika seseorang terlalu banyak minum kopi, dapat menyebabkan fibrilasi atrium atau irama detak jantung yang berubah pada anak muda.

Nah, bagi kamu yang tidak terbiasa dengan kopi, lalu jadi sering minum kopi, mungkin dampak ini akan sangat terasa.

3. Bisa menimbulkan masalah pencernaan

Selanjutnya, dampak buruk kebanyakan minum kopi juga bisa menimbulkan masalah pencernaan. Di mana kafein dapat merangsang gerakan usus dengan meningkatkan gerak peristaltik atau kontraksi.

Terlebih, dosis kafein yang tinggi ternyata dapat menyebabkan buang air besar atau bahkan diare, seperti yang dikutip dari situs kesehatan Health Line.

Tidak hanya itu, beberapa penelitian juga mendapati kopi dan minuman berkafein lainnya dapat memperburuk penyakit GERD. Penyakit ini merupakan penyakit asam lambung yang bisa memunculkan rasa terbakar di dada, akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan.

4. Meningkatkan tekanan darah

Dampak buruk kebanyakan minum kopi berikutnya, yang juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh adalah, bisa meningkatkan tekanan darah. Pasalnya, minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah karena adanya efek stimulasi pada sistem saraf.

Tidak hanya itu, tekanan darah yang meningkat, bahkan bisa menjadi salah satu faktor risiko, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

5. Mudah gelisah

Dikenal dengan kandungan kafein yang tinggi, kopi juga biasa dikonsumsi untuk meningkatkan kewaspadaan, karena bisa memblokir efek adenosin, yaitu zat kimia otak yang membuat Anda merasa lelah.

Namun, dampak buruk kebanyakan minum kopi atau mengonsumsi kafein dalam jumlah besar, dapat menyebabkan Anda gelisah. Nah, kondisi gelisah dan cemas akibat terlalu banyak mengonsumsi kopi dikenal sebagai caffeinism. Pernah merasakannya?

6. Jadi sering buang air kecil

Ada lagi dampak buruk yang juga perlu diketahui, yakni kamu jadi sering buang air kecil. Peningkatan frekuensi buang air kecil adalah efek samping yang umum dari mengonsumsi kopi, karena sifat diuretik kafein yang memberikan efek stimulasi pada kandung kemih.

Bahkan, kamu mungkin secara tidak sengaja merasakan bahwa, kamu menjadi lebih sering buang air kecil ketika kamu minum lebih banyak kopi atau teh daripada biasanya.

Nah, itulah beberapa dampak buruk dari kebanyakan minum kopi, yang wajib kamu tahu, terutama yang menjadikan kopi sebagai gaya hidup sehari-hari. Selain harus mengetahui dampaknya, penting bagi kamu juga untuk melindungi diri dengan memiliki asuransi.

Pasalnya, akan ada banyak manfaat asuransi kesehatan yang bisa kamu dapatkan, terlebih soal kesehatan yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Nah, dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu jadi merasa terjaga dan terlindungi. Apa lagi buat kamu yang tidak memiliki dana darurat.

Yuk ajukan segera asuransi kesehatan pilihanmu, hanya di situs Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk