Dampak Corona Terhadap Harga Asuransi, dan Cara Memilihnya

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Pandemi global virus corona memiliki banyak dampak yang cukup signifikan terhadap harga asuransi. Selain itu, harga kebutuhan pokok juga sempat melambung dan beberapa komoditas juga anjlok karena virus corona. Terlebih sejak diberlakukan aturan karantina mandiri dan imbauan dari pemerintah untuk berada di dalam rumah agar bisa memutus rantai penularan. Hal ini sangat berimbas pada beberapa lini usaha dan bisnis seperti bisnis kuliner, hingga bisnis lainnya di bidang jasa seperti asuransi.

Dampak Corona Terhadap Harga Asuransi, dan Cara Memilihnya

Kesadaran masyarakat untuk memiliki produk asuransi kini semakin meningkat. Sebab, hal ini mengingat virus corona bisa menyebar dengan mudah dan bisa mengakibatkan kematian di berbagai dunia. Pada orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah atau kurang baik dengan komplikasi dari penyakit lain, kondisi tubuhnya sangat rentan hingga kemungkinan sembuhnya sangat kecil.

Diketahui virus corona ini menyerang saluran pernafasan atas dan langsung menuju paru-paru. Pada kasus yang berat, virus corona bisa mengakibatkan pneumonia. Hal inilah yang mengakibatkan penderita mengalami sesak nafas dan demam tinggi. Oleh karena itu, banyak yang kemudian memutuskan untuk segera memiliki asuransi kesehatan agar mendapatkan manfaat perlindungan yang maksimal.

Akan tetapi, meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap asuransi ini tidak membuat asuransi kesehatan jadi naik harga preminya. Justru, harga premi asuransi kesehatan kemungkinan akan turun. Apalagi kegiatan operasional asuransi di zona merah sudah mulai berkurang akibat aturan pembatasan tatap muka. Sementara pada beberapa produk asuransi kesehatan dibutuhkan tatap muka agar transaksi produk asuransi berlangsung dengan baik dan tidak terjadi salah jual.

Oleh karena itu, buat kamu yang saat ini belum memiliki asuransi kesehatan yang memberikan cover perlindungan terhadap perawatan kesehatan akibat virus corona, ini adalah saat yang tepat. Pastikan kamu membeli produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat maksimal. Kamu bisa memilih asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan, sesuai dengan kebutuhan. Sebab, pada beberapa perusahaan asuransi juga memberikan asuransi kesehatan, selain asuransi jiwa dan  santunan yang diberikan jika tertanggung meninggal dunia karena virus corona.

Agar tidak salah pilih produk asuransi dan mendapatkan perlindungan yang maksimal, kamu bisa mencoba beberapa tips memilih asuransi saat wabah corona, berikut ini:

1. Ajukan Asuransi Saat Masih Sehat

Apapun kondisinya, asuransi memang menjadi produk yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini karena asuransi memberikan perlindungan akibat kerugian finansial yang diderita atas kejadian  yang tak bisa diduga, salah satunya yaitu terpapar virus corona. Sebab, kita pun tidak bisa memastikan seseorang terkena virus corona meski tak ada gejala. Apabila seorang pasien tertular virus dan dalam kondisi sehat lalu melakukan perjalanan, bukan tak mungkin ia menjadi pembawa virus yang menularkannya kepada orang lain.

Hal itulah yang kemudian menjadi pertimbangan, mengapa kita perlu memilih produk asuransi saat masih sehat. Sebab, sakit bisa datang kapan saja, apalagi sakit karena virus corona. Kita bisa saja terlihat sehat tanpa gejala, namun saat imunitas tubuh menurun, virus ini bisa menyerang ke paru-paru langsung sehingga menyebabkan sesak nafas dan berbagai gejala lainnya. Jadi, bila kamu ingin membeli produk asuransi, jangan tunggu sakit baru beli. Sebaiknya beli produk asuransi saat kamu masih sehat agar bisa mendapatkan manfaat perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa perusahaan asuransi di Indonesia telah menyediakan pilihan buat kamu yang ingin mengajukan asuransi kesehatan dengan mudah. Salah satunya adalah PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Kini, Allianz telah menetapkan kebijakan untuk mengcover nasabah apabila terinfeksi corona. Kamu yang mengambil asuransi di Allianz ini bisa memilih fasilitas cashless untuk rawat inap maupun rawat jalan bagi yang berobat di klinik rujukan yang telah bekerjasama dengan Allianz.

Selain itu perlu kamu ketahui, Allianz juga membebaskan waiting period untuk diagnosa Covid-19 hingga 31 Mei mendatang. Tak hanya asuransi kesehatan saja. Nasabah yang memiliki produk asuransi Allianz ini bakal di fasilitas dan diberikan santunan tambahan sebesar 50 persen dari nilai pertanggungan yang dimiliki nasabah.

Mengajukan asuransi kesehatan saat masih sehat juga menjadi salah satu syarat dari perusahaan asuransi terkait. Sebab, dalam kondisi tubuh yang masih sehat, perlindungan asuransi kesehatan juga bisa lebih maksimal ketimbang mengajukannya dalam kondisi sakit. Jika kamu sakit, sebaiknya jangan ajukan polis karena kemungkinan besar polis asuransi ditolak. Akibatnya, kamu jadi tidak bisa mendapatkan perlindungan. Oleh karena itu, segera ajukan polis asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa agar kamu maupun keluarga tersayang bisa terproteksi lebih dini.

2. Pilih Layanan Asuransi Sesuai Kebutuhan

Agar manfaat asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa yang kamu dapatkan lebih maksimal di tengah pandemi virus  corona, maka hal terbaik saat ini adalah memilih layanan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu perlu mengetahui, ada dua jenis klaim pada asuransi kesehatan, yakni cashless dan reimbursement. Keduanya memberikan manfaat yang sama pada penggantian kerugian. Akan tetapi, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu saja.

Apabila mendadak kamu sakit dan tidak menyediakan uang tunai, maka kamu bisa melakukan transaksi cashless. Transaksi ini bisa dilakukan di berbagai rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Allianz. Apabila kamu dirawat di rumah sakit yang tidak bekerjasama dengan Allianz, maka kamu bisa menggunakan layanan asuransi reimbursement. Sehingga jumlah uang yang kamu keluarkan selama masa perawatan berlangsung akan digantikan oleh pihak asuransi.

Namun, ingat untuk selalu menyediakan berkas asuransi maupun dokumen yang digunakan untuk klaim asuransi dengan baik. Untuk itu, segera daftarkan diri dan keluarga tersayang agar mendapatkan perlindungan dan aktivitas pun bisa dilakukan dengan lebih tenang, tanpa adanya rasa was-was yang berlebihan karena virus corona.

3. Baca Polis

Membaca polis adalah hal yang paling membosankan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak heran jika banyak yang kurang paham dengan beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh pihak asuransi. Padahal, membaca polis dengan lengkap akan membantumu di masa yang akan datang kelak.

Membaca polis juga bisa membuatmu lebih memahami apa saja hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh pemegang polis. Selain itu, kamu juga akan lebih paham dan tahu apa saja resiko yang akan kamu dapatkan saat membeli produk asuransi tersebut. Sebab, masing-masing perusahaan asuransi memiliki produk asuransi kesehatan yang berbeda. Apalagi, terkait asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan untuk nasabah yang terkena Covid-19.

Jadi, pastikan kamu selalu membaca polis dengan teliti agar mengetahui apa saja perlindungan yang akan didapatkan setelah pembelian polis asuransi berlangsung. Setiap perusahaan asuransi akan memberikan waktu yang cukup untuk membaca polis asuransi. Hal ini bertujuan agar pembeli produk asuransi atau nasabah bisa memahami apa saja yang menjadi kewajiban perusahaan asuransi selama masa perlindungan berlangsung.

4. Jangan Terkecoh Harga

Tentu kamu pernah mendengar peribahasa, ada barang, ada rupa. Ya, setiap premi asuransi memiliki manfaat yang berbeda. Apabila harga premi murah, pastinya layanan atau perlindungan yang diberikan pada nasabah dengan harga premi yang mahal akan sangat berbeda. Sehingga, meski harga premi asuransi kemungkinan akan turun karena dampak virus corona, segera pastikan harga premi dan perlindungan apa saja yang akan didapat.

Lebih baik jangan mudah terkecoh oleh harga premi yang murah. Setiap premi pasti memberikan manfaat dan perlindungan yang berbeda tergantung dari jenis premi asuransi yang dibeli. Sehingga, pastikan kamu tahu apa saja manfaat yang didapatkan dalam memilih asuransi kesehatan. Sebaliknya, premi asuransi yang mahal pun juga belum tentu memiliki layanan sebaik asuransi kesehatan yang harganya lebih murah. Jadi, kamu harus jeli dan teliti dalam melihat polis asuransi kesehatan.

5. Ajukan Secara Online

Untuk menghindari interaksi sosial, maka kamu bisa mengajukan asuransi secara online. Pengajuan asuransi secara online ini bakal lebih memudahkan kamu nantinya. Sebab beberapa perusahaan asuransi juga memilih pemasaran produk melalui kanal digital. Selain itu, tatap muka juga bisa diganti dengan video conference. Dengan demikian proses penjualan asuransi pun jadi lebih lancar. Selain itu. Ada juga produk asuransi mikro. Dengan asuransi mikro ini, jumlah premi akan lebih murah ketimbang asuransi biasa, kemudian premi asuransi juga dibayarkan per tahun. Pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika kamu melakukan pengajuan asuransi kesehatan secara  online, jangan lupa berikan seluruh dokumen yang menjadi syarat dari pembelian produk asuransi. Pastikan dokumen persyaratan sudah lengkap dan segera ajukan. Apabila dokumen lengkap, maka asuransi juga akan lebih cepat untuk disetujui. Pengajuan asuransi secara online ini juga lebih mudah dan sudah banyak dilakukan. Kamu juga bisa mengajukannya di Cekaja.com agar bisa membandingkan berbagai premi asuransi sesuai kebutuhan.

(Baca Juga: Biar Gak Stres, Simak 7 Kabar Baik Seputar Virus Corona Ini)

Itulah beberapa tips yang perlu kamu ketahui, jika ingin segera mengajukan asuransi kesehatan di tengah wabah corona yang sedang melanda. Perlu kamu ketahui, saat ini Otoritas Jasa Keuangan juga memberikan stimulus pada setiap pelaku jasa keuangan berupa sejumlah keringanan, salah satunya perpanjangan batas waktu kepada pemegang polis maupun nasabah selama empat bulan. Sedangkan pelaksanaan penilaian kemampuan dan kepatutan pihak utama perusahaan perasuransian, kini bisa dilakukan di video conference.

Ajukan Asuransi

Wabah corona memberikan dampak pada harga premi asuransi. Kemungkinan, premi asuransi akan turun, jadi ini adalah saat yang paling tepat buat kamu mengajukan asuransi. Apalagi di tengah pandemi corona yang belum usai dan korban yang masih terus berjatuhan setiap harinya. Resiko kematian pun bisa mengintai sewaktu-waktu, tak ada salahnya kamu mulai melindungi diri dan keluarga dengan memiliki asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, hidup jadi makin tenang tanpa was-was.

Sebab, ketika lonjakan angka pasien yang terinfeksi virus corona semakin tinggi, maka bisa saja permintaan asuransi makin naik. Hal ini juga akan berimbas pada harga premi asuransi. Sebelum preminya turut merangkak naik, kamu bisa membelinya sekarang juga. Jangan bingung jika kamu tak bisa keluar rumah untuk mendapatkan layanan informasi maupun pengajuan asuransi kesehatan.

Kamu bisa mengajukannya dengan mudah di Cekaja.com dan bandingkan setiap harga asuransi yang ada, untuk mendapatkan manfaat terbaik sesuai kebutuhan.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas