Ditawari Kartu Kredit Gratis, Mending Terima atau Tolak? Cek Ulasannya di Sini!

Pernah enggak mengalami ditawari kartu kredit gratis dari bank? Terus, apa jawaban kamu, menerima atau menolak?

Penggunaan kartu kredit di kalangan masyarakat urban sekarang ini kian melonjak. Hal itu dikarenakan beragam faktor, dan diantaranya ialah karena kemudahan fitur yang ditawarkan.

Bahkan, tak jarang bank penerbit meluncurkan berbagai penawaran menarik bagi pengguna kartu kredit. Mulai dari peniadaan biaya tahunan hingga diskon dan cashback besar-besaran.

Alhasil, peminat kartu kredit pun semakin bertambah setiap tahunnya. Namun, karena keunggulannya itulah, tak jarang kartu kredit dianggap dapat memicu defisit bagi penggunanya.

Apalagi bagi mereka yang punya gaya hidup konsumtif. Bukannya untung, justru kartu kredit membuat risiko keuangan kian merosot.

Waspada Penipuan Berkedok Kartu Kredit Gratis

Bukan hanya dari segi internal saja. Masyarakat umumnya mengurangi atau bahkan menghindari pemakaian kartu kredit, dikarenakan banyaknya penipuan yang terjadi.

Mereka yang melakukan penipuan seperti itu biasanya untuk menyadap informasi pribadi seseorang dan menggunakannya kembali untuk kepentingan sendiri. Salah satu contohnya adalah ditawari kartu kredit gratis.

Dengan iming-iming bebas biaya tahunan dan ditambah promo berlimpah, tak jarang masyarakat tergiur untuk mengajukannya.

Nah, orang-orang yang tertipu ini biasanya cuma teralihkan perhatiannya karena penawaran menarik tersebut.

Mereka bahkan tidak memperhatikan dengan seksama mengenai syarat-syarat pengajuan, yang terkadang berbeda dari pembuatan kartu kredit di bank.

Oleh karena itu, lebih baik jika ingin mengajukan kartu kredit, datangi langsung pihak bank terkait.

Bawa semua dokumen pendukung yang dibutuhkan, agar proses apply berjalan lancar.

Lalu, bagaimana jika tiba-tiba ditawari kartu kredit gratis? Mending langsung ditolak atau terima? Cek jawabannya di bawah ini.

(Baca Juga: 8 Biaya Kartu Kredit selain Bunga)

Pertimbangkan Hal Ini saat Ditawari Kartu Kredit Gratis

Ditawari kartu kredit gratis sebenarnya enggak selalu penipuan. Ada juga kok sales dari kartu kredit tersebut yang memang benar menawarkan produk mereka.

Selama kamu paham akan kondisi finansial sendiri, merespon penawaran kartu kredit gratis sah-sah saja.

Nah untuk memudahkan kamu menentukan pilihan yang tepat, berikut ini CekAja coba bagikan informasi mengenai tips merespon penawaran kartu kredit gratis.

1. Pertimbangkan terlebih dulu kebutuhan

Pesona kartu kredit sebagai alat transaksi non-tunai memang tak bisa dielakan.

Beragam penawaran menariknya, mulai dari cicilan 0%, diskon, reward, hingga cashback, tentu saja menarik perhatian.

Namun, satu hal yang mesti diingat, bahwa kartu kredit juga bisa menjadi boomerang tersendiri untuk kondisi keuanganmu.

Apabila nantinya kamu ditawari kartu kredit gratis, coba pikirkan dulu mengenai fungsinya dalam kehidupan. Kalau dirasa belum terlalu dibutuhkan, maka kamu berhak menolaknya.

Jangan sampai, hanya karena iming-iming reward, diskon, dan sebagainya, justru membuat kamu terjebak dalam kehidupan yang konsumtif sekaligus terlilit banyak utang.

Namun beda ceritanya, jika kamu merasa sangat terbantu dengan memiliki kartu kredit. Maka, tak ada salahnya untuk mengambil penawaran tersebut.

2. Pertimbangkan kondisi finansial

Kemampuan membayar dalam hal kartu kredit bisa dibilang sangat krusial. Bagi sebagian orang, memiliki lebih dari satu kartu kredit bukanlah suatu beban.

Tapi, anggapan tersebut hanya berlaku untuk mereka yang sudah bergaji tinggi, maksimal puluhan juta ke atas. Lain ceritanya kalau semisal kamu yang baru bergaji Rp10-Rp15 juta.

Saat ditawari kartu kredit gratis, coba pastikan dulu bahwa kamu mampu untuk membayar tagihan yang dibebankan setiap bulan.

Terlebih jika memiliki dua kartu kredit, yang mana otomatis gaya hidup pun pasti akan mengalami perubahan. Jangan sampai nantinya persentase utang kamu lebih dari 30 persen.

(Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian Menaikkan Limit Kartu Kredit)

3. Cek fitur dan biaya yang dibebankan

Bukan hanya mempertimbangkan tujuan penggunaan ataupun kondisi keuangan, saat ditawari kartu kredit gratis pun, ada baiknya kamu mengecek fitur sekaligus biaya yang dibebankan dari produk tersebut.

Apabila fitur yang dimiliki jauh lebih banyak dan memang kamu butuhkan, maka tak ada salahnya untuk mendengarkan lebih detil lagi mengenai kartu kredit yang ditawarkan.

Tetapi, jika kartu kredit tersebut justru sama saja dengan yang kamu miliki saat ini, dan juga fasilitasnya tidak terlalu kamu butuhkan, jangan sungkan untuk menolaknya ya. Begitupun saat kita berbicara mengenai biayanya.

Tiap kartu kredit umumnya memiliki sejumlah biaya yang mesti dibayar oleh pengguna, seperti biaya tahunan dan biaya tarik tunai.

Apabila biaya-biaya tersebut dirasa jauh lebih mahal dari biaya kartu kredit yang sekarang digunakan, kamu berhak menolaknya tanpa ragu-ragu. Dan begitupun sebaliknya.

4. Pahami aturan bunganya

Kemudian yang terkahir mesti kamu pertimbangkan adalah masalah aturan suku bunganya.

Karena termasuk produk kredit tanpa agunan, suku bunga dari kartu kredit bisa dibilang agak besar, yakni sekitar 2-2,5 persen.

Makanya, kalau kamu ditawari kartu kredit gratis dan berencana untuk memilikinya, pastikan bahwa kamu paham akan aturan suku bunganya sekaligus sesuaikan dengan kemampuan bayar.

Jangan sampai nantinya membayar tagihan dengan minimum payment yang justru membuat bunganya terus berbunga, dan akhirnya kamu terlilit utang.

Nah, itu dia informasi seputar kartu kredit jika sewaktu-waktu kamu mendapatkan tawaran kartu kredit gratis.

Untung tidaknya memiliki lebih dari satu kartu kredit memang hanya kamulah yang tahu.

Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit agar tidak menimbulkan masalah pada kondisi finansialmu.

Dan apabila kamu tengah mencari produk kartu kredit yang bagus dengan berbagai penawaran terbaik serta berbunga rendah, atau setidaknya bebas biaya tahunan, maka cek pilihannya di laman CekAja.com.

Di CekAja, kamu enggak cuma bisa apply kartu kredit, namun juga membandingkannya dulu. Yang memang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, dan kondisi finansialmu.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk langsung kepoin sederet produk kartu kreditnya di laman utama CekAja.com, dan apply sesuai keinginan.