Keuntungan dan Kerugian Menaikkan Limit Kartu Kredit yang Perlu Diketahui

Sebelum menaikkan limit kartu kredit, alangkah baiknya kamu selaku pemilik mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian menaikkan limit kartu kredit yang diberikan. Sebab, limit kartu kredit sendiri tidak diberikan ke sembarang orang.

Sebelum menyetujui permohonan kenaikan limit kartu kredit, pihak bank tentu mempertimbangkan beberapa hal dari pemilik dan aktivitasnya, selama menggunakan kartu kredit.

Seperti misalnya rekam jejak mu sebagai debitur, apakah pernah menunggak cicilan atau tidak, kemudian pendapatan per bulan, hingga status tempat tinggal.

Dari beberapa poin tersebut, nantinya pihak bank akan mempertimbangkan dan memutuskan, apakah kamu layak diberikan kenaikan limit atau tidak.

Jika layak, maka kamu harus memanfaatkan kesempatan itu sebijak mungkin. Ini bisa kamu lakukan, apabila kamu terlebih dahulu keuntungan dan kerugian menaikkan limit kartu kredit.

Nah, untuk memudahkan mu mengetahui keuntungan dan kerugian tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Pentingnya Menaikkan Limit Kartu Kredit

Sebelum membahas lebih jauh tentang keuntungan dan kerugian menaikkan limit kartu kredit, hal pertama yang harus kamu ketahui lebih dulu, yaitu pentingnya menaikkan limit kartu kredit.

Mungkin sebagian orang akan bertanya, “Apakah menaikkan limit kartu kredit itu harus?”, jawabannya tentu tidak. Ini bukanlah sebuah kewajiban, yang harus dilakukan oleh setiap pemilik kartu kredit.

Namun ini menjadi penting, pada saat kamu dihadapkan dengan kondisi dan situasi tertentu. Sebagai contoh ketika ada anggota keluarga yang sedang sakit kritis, dan memerlukan pengobatan dengan biaya besar.

Kamu mungkin membutuhkan keberadaan kartu kredit dengan limit besar, untuk membayar semua biaya pengobatan dan perawatan pasien, selama di rumah sakit.

Tetapi jika biaya yang harus dibayarkan pakai kartu kredit sudah over limit, maka kamu tidak bisa lagi menggunakan kartu kredit tersebut.

Satu-satunya jalan yang bisa kamu lakukan, untuk kembali menggunakan kartu kredit, yaitu dengan mengajukan kenaikan limit kartu kredit kepada bank penerbit.

Oleh karena itu, untuk beberapa kondisi dan situasi, menaikkan limit kartu kredit menjadi sangat penting.

Dan ini merupakan hal yang sah untuk dilakukan, mengingat limit kartu kredit sendiri sifatnya dinamis. Pemilik bisa memperkecil atau memperbesar limit maksimum pada kartu kreditnya.

(Baca Juga: Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit)

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menaikkan Limit

Setelah mengetahui pentingnya menaikkan limit kartu kredit, selanjutnya kamu akan mengetahui apa saja hal yang harus diperhatikan ketika hendak menaikkan limit kartu kredit.

Karena seperti yang diketahui, sebelum menyetujui kenaikan limit kartu kredit yang diajukan, bank akan terlebih dahulu mempertimbangkan beberapa hal.

Maka dari itu, agar nantinya limit yang diajukan disetujui, kamu harus memperhatikan dan mempersiapkan semuanya dengan baik, sebelum menaikkan limit kartu kredit.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin menaikkan limit kartu kredit, yaitu:

  • Lama waktu dalam menggunakan kartu kredit. Apabila kamu pengguna baru, sebaiknya terima saja dulu limit awal yang diberikan bank. Jika sudah lama, sekitar dua sampai tiga tahun, maka kamu boleh mengajukan kenaikan limit kartu kredit.
  • Tujuan meminta kenaikan limit kartu kredit, apakah untuk keadaan darurat, memburu mileage dan lain sebagainya.
  • Perhatikan siapa pengguna kartu kredit yang nantinya akan dinaikkan limitnya. Apabila kamu sendiri atau pasangan, maka kenaikan limit sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.
  • Perhatikan kemampuan melakukan pelunasan. Jangan sampai nantinya kamu tidak bisa melakukan pelunasan cicilan, karena limit yang diberikan tidak sesuai dengan kemampuan finansial.

Tips Menaikkan Limit Kartu Kredit Agar Disetujui

Kamu ingin agar pengajuan kenaikan limit kartu kredit cepat disetujui oleh bank? Sebaiknya ketahui beberapa tips menaikkan limit kartu kredit berikut ini, yang di antaranya yaitu:

  • Disiplin membayar cicilan kartu kredit, agar riwayat keuangan yang kamu miliki baik dan bank tertarik untuk segera menyetujui pengajuan mu.
  • Sering bertransaksi menggunakan kartu kredit, karena pihak bank akan menilai performa pengguna dari banyak aspek, salah satunya yaitu keaktifan pengguna dalam bertransaksi pakai kartu kredit.
  • Membayar cicilan lebih dari jumlah yang seharusnya. Seperti misalnya total cicilan Rp1,2 juta per bulan, maka sebaiknya kamu membayarnya sebesar Rp2 juta per bulan, agar cicilan cepat lunas dan citra baik mu di pihak bank tidak rusak.
  • Hindari kredit macet, dengan memastikan kalau pemasukan lebih besar dari pengeluarannya setiap bulan.

Keuntungan dan Kerugian Menaikkan Limit Kartu Kredit

Nah, di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa hal, seputar kenaikan limit kartu kredit.

Dari semua pembahasan tersebut, kamu mungkin semakin tertarik untuk segera mengajukan kenaikan limit kartu kredit.

Tetapi tunggu dulu, sebelum benar-benar yakin, ada baiknya kamu ketahui sederet keuntungan dan kerugian menaikkan limit kartu kredit yang akan kamu dapatkan.

Sebab, keuntungan dan kerugian menaikkan limit kartu kredit ini cukup banyak, beberapa di antaranya akan diulas secara lengkap sesuai kategori, yaitu kategori keuntungan dan kerugian berikut ini.

1. Keuntungan

Kategori pertama yang akan dibahas dari keuntungan dan kerugian menaikkan limit kartu kredit, yaitu keuntungannya.

Di mana, keuntungan dari menaikkan limit kartu kredit, ternyata cukup banyak yang bisa kamu dapatkan, di antaranya yaitu:

Biaya over limit dapat dihindari

Ketika kamu berhasil menaikkan limit kartu kredit, maka keuntungan yang bisa kamu dapatkan pertama, yaitu terhindar dari biaya over limit.

Ini merupakan satu keuntungan yang sangat diinginkan para pengguna kartu kredit, mengingat biaya over limit yang diberikan cukup memberatkan pengguna.

Biaya over limit sendiri biasanya dikenakan, ketika kamu bertransaksi melebihi limit kartu kredit yang ditentukan.

Untuk besarannya sendiri, setiap bank penerbit memiliki ketentuannya masing-masing. Namun secara umum, biaya yang diberikan untuk over limit, yaitu mulai dari Rp50 ribu sampai lima persen dari total transaksi yang dilakukan di atas limit.

Semakin besar peluang mendapat promo dan rewards

Keuntungan menaikkan limit kartu kredit berikutnya, yaitu kamu akan memiliki peluang yang semakin besar dalam mendapatkan promo dan rewards.

Sebab, dengan limit yang besar, kamu bisa belanja dengan lebih leluasa. Secara tidak langsung, hal itu dapat membawa mu mendapatkan berbagai macam promo dan rewards yang semakin besar.

Meski begitu, namun tetap saja kamu perlu menggunakan kartu kredit dengan bijak. Agar nantinya, semua pengeluaran mu terkendali dengan baik, dan kamu bisa berhemat dengan lebih efektif.

Menaikkan skor kredit dengan cepat

Keuntungan terakhir yang akan kamu dapatkan dari menaikkan limit kartu kredit, yaitu kamu bisa meningkatkan skor kredit dengan lebih cepat.

Buat kamu yang belum tahu, skor kredit adalah salah satu acuan bank, dalam menilai kelayakan nasabah untuk mendapat pinjaman.

Sehingga dengan skor kredit yang bagus, maka pengajuan pinjaman mu nantinya akan berjalan mulus, dan cepat disetujui bank.

Tetapi di luar itu kamu harus tau, kalau skor kredit akan lebih cepat naik, jika dibarengi dengan pembayaran cicilan kartu kredit yang lancar.

Apabila pembayaran cicilan kartu kredit mu sering bermasalah, atau hanya membayar cicilan dalam jumlah minimum, maka itu artinya kamu memasukkan diri ke dalam daftar hitam bank, yang nantinya akan mempersulit dirimu untuk mendapatkan layanan bank.

2. Kerugian

Sejumlah keuntungan menaikkan limit kartu kredit, sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya.

Maka ini adalah saat yang tepat untuk kamu mengetahui, apa saja kerugian yang akan didapatkan dan dirasakan, ketika pengajuan limit kartu kredit mu berhasil disetujui.

Adapun beberapa kerugian menaikkan limit kartu kredit, di antaranya yaitu:

Semakin konsumtif

Ini merupakan salah satu bentuk kerugian menaikkan limit kartu kredit, yang sudah pasti semua orang ketahui.

Bagaimana tidak, setelah limit kartu kredit bertambah, hasrat untuk berbelanja pun semakin tinggi.

Apalagi jika kamu menjadikan kartu kredit sebagai dana cadangan, yang bisa dipakai sewaktu-waktu. Maka jangan heran, apabila nantinya pengeluaran dan tagihan mu membengkak.

Oleh karenanya, sebelum hal itu terjadi, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu tujuan dari menaikkan limit kartu kredit, agar bisa digunakan sebaik dan sebijak mungkin.

Iuran tahunan yang semakin mahal

Satu-satunya hal yang sangat tidak diinginkan oleh para pengguna kartu kredit ketika menaikkan limit, yaitu iuran tahunan yang semakin mahal.

Namun adalah risiko yang harus diterima para pengguna, mengingat prinsip kartu kredit “semakin besar limit kartu kredit, semakin besar pula iuran tahunan yang harus dibayar”.

Tetapi menariknya, mahalnya iuran tahunan itu ternyata bisa diatasi, dengan memilih kartu kredit yang bebas iuran tahunan, maupun memanfaatkan fitur rewards point untuk membayar iuran tersebut.

(Baca Juga: Biaya Kartu Kredit Selain Bunga)

Itulah beberapa informasi seputar kenaikan limit kartu kredit, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya soal pentingnya menaikkan limit kartu kredit, tetapi juga tentang hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin menaikkan limit, tips yang bisa dilakukan, serta keuntungan dan kerugian menaikkan limit kartu kredit.

Jika dari semua informasi tersebut, kamu semakin untuk tetap menaikkan limit kartu kredit, maka kamu bisa segera melakukan pengajuan ke bank penerbit.

Salah satu syarat untuk bisa melakukan pengajuan kartu kredit, tentu kamu harus memiliki kartu kreditnya terlebih dahulu.

Saat ini, kamu bisa loh memilih, menentukan dan mengajukan pembuatan kartu kredit secara online, salah satunya di CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaik mu sekarang juga!