Gejala Batu Ginjal Ini Harus Diwaspadai Dari Sekarang

Kesehatan menjadi satu prioritas yang tak terelakan bagi semua orang. Beberapa penyakit yang timbul pasti menunjukkan gejala yang harus kita sadari, seperti gejala jantung, hipertensi, bahkan gejala batu ginjal.

Bagi kita semua kesehatan adalah yang terpenting. Dengan kita sehat tentu kita bisa melakukan aktivitas dengan nyaman.

Namun ada kalanya kita merasakan sakit. Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang adalah penyakit batu ginjal.

Kenali Gejala Batu Ginjal Yang Tak Boleh Disepelekan

Biasanya sakit batu ginjal disebabkan karena dalam tubuh kandungan mineral dan garamnya sangat tinggi. Ukuran batu ginjal juga beragam.

Ada yang kecil seperti butiran garam sampai ada yang sebesar biji jagung. Selain karena pola makan yang selalu mengkonsumsi makanan tinggi protein, garam serta mineral, penyakit batu ginjal juga bisa disebabkan karena keturunan, obesitas, konsumsi vitamin atau suplemen dosis tinggi sampai kurang minum.

Nah gejala batu ginjal juga harus kita ketahui agar penyakit ini tidak menjadi parah. Biasanya batu ginjal yang berada di dalam ginjal tidak menimbulkan penyakit.

Namun batu ginjal yang terendap di ureter malah bisa menghalangi aliran urine dan membuat rasa kita. Maka dari itu dengan kita mengenali gejala batu ginjal kita bisa lebih waspada.

Apa saja gejalanya? Simak terus di tulisan ini ya!

(Baca Juga: Gejala Kram Otot Ini Wajib Diperhatikan)

Gejala Batu Ginjal

Beberapa orang yang mengalami penyakit batu ginjal biasanya mengabaikan gejala batu ginjal yang dirasakan. Jadi jangan sepelekan gejala batu ginjal seperti dibawah ini:

1. Sakit di beberapa bagian tubuh

Salah satu gejala batu ginjal yang pertama dirasakan adalah rasa sakit pada beberapa bagian tubuh seperti pada bagian pinggang atau punggung. Tapi beberapa orang banyak yang menganggap ini sakit punggung biasa daripada menyangka itu gejala batu ginjal.

Bagian tulang punggung yang terasa sakit yaitu tulang punggung sedikit ke atas. Karena ginjal itu terletak di bagian bawah tulang rusuk di bagian belakang. Sakit yang terasa bahkan bisa menjalar ke bagian perut sampai selangkangan.

Biasanya ini terjadi karena batu ginjal yang berpindah. Bayangkan saja kalau batu ginjal itu turun ke ureter dan akan keluar lewat urine tentu akan terasa sakit. Rasa sakit ini membuat kita sangat sulit untuk duduk atau tidur dengan posisi yang enak.

Jika sudah mengubah posisi tapi rasa sakitnya masih terasa ini bisa jadi gejala batu ginjal.

2. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil juga menjadi salah satu gejala batu ginjal yang sering disepelekan. Jika kita tidak dalam kondisi banyak minum tapi selalu ingin buang air kecil maka mungkin ini adalah gejala batu ginjal yang sedang terjadi.

Bahkan kadang rasa ingin buang air kecil tidak tertahankan. Ini disebabkan karena batu ginjal yang sedang berpindah ke saluran kemih sehingga rasanya kita selalu ingin buang air kecil sepanjang hari.

3. Kencing muncul busa

Urine yang sehat berwarna bening dan tidak berbau tajam. Urine yang keruh atau berbau busuk atau berbusa bisa jadi merupakan tanda infeksi pada ginjal atau bagian lain dari saluran kemih.

Di beberapa penelitian menemukan bahwa ada setidaknya 8 persen orang yang memiliki batu ginjal akut biasanya juga mengalami infeksi saluran kemih. Urine yang keruh adalah tanda adanya nanah dalam urin, atau disebut piuria.

Bau tersebut bisa berasal dari bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Bau juga bisa berasal dari urin yang lebih pekat dari biasanya karena kandungan mineralnya yang sangat tinggi.

Jika menemukan kondisi seperti ini bisa jadi kita sedang mengalami gejala batu ginjal.

4. Rasa sakit atau panas saat buang air kecil

Apakah kamu pernah mengalami rasa nyeri atau panas saat buang air kecil? Saat batu ginjal berada di persimpangan antara ureter dan kandung kemih, maka kita akan mulai merasakan sakit saat buang air kecil.

Biasanya ini  disebut disuria. Rasa nyeri ini bisa terasa tajam atau terbakar. Jika kita tidak tahu bahwa kita memiliki batu ginjal, kita mungkin salah mengira itu sebagai infeksi saluran kemih.

Terkadang kita juga bisa mengalami infeksi bersamaan dengan batu tersebut. Rasa sakit ini kadang diikuti dengan keluarnya batu-batu ginjal bersama urine.

(Baca Juga: Tren Makanan Yang Membuat Tubuhmu Sehat)

5. Buang air kecil berdarah

Saat kita buang air kecil yang normal maka urinnya berwarna kuning atau bening. Tapi jika ada gejala batu ginjal maka warna urine bisa jadi berubah menjadi warna darah.

Ini menjadi gejala batu ginjal yang termasuk parah. Kondisi air kencing yang berwarna merah muda, merah terang atau bahkan kecoklatan maka kita sedang menderita penyakit batu ginjal.

Kondisi ini disebut hematuria. Hematuria adalah kondisi dimana didalam urine terdapat sel darah merah. Ini terjadi karena ada luka saat batu ginjal berpindah dari ginjal menuju ureter atau saluran kemih.

Batu ini bisa membuat luka di bagian sepanjang yang dilewatinya dan darah akan ikut keluar bersama urine. Warna merah urine juga bisa berbeda-beda tergantung dari berat atau tidaknya perdarahan yang terjadi.

Karena itu jika ada darah yang terlihat di urine maka itu adalah gejala batu ginjal yang lumayan parah.

6. Buang air kecil sedikit-sedikit

Kondisi buang air kecil yang sedikit-sedikit atau biasa disebut dengan anyang-anyangan juga menjadi salah satu gejala batu ginjal loh. Ini dikarenakan adanya batu ginjal yang tersangkut di ureter dan ini menghambat aliran kencing yang akan keluar.

Jadi buang air kecilnya sedikit-sedikit. Batu ginjal yang besar malahan bisa menyumbat seluruh saluran kencing. Pada kondisi yang parah kita bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali. Kondisi ini memerlukan pertolongan medis darurat.

7. Mual, muntah dan demam

Orang yang memiliki penyakit batu ginjal sering mengalami rasa mual dan muntah. Adanya gejala mual dan muntah terjadi karena hubungan saraf antara ginjal dan saluran GI.

Batu di ginjal juga bisa membuat saraf di saluran pencernaan yang memicu sakit perut. Mual dan muntah juga bisa menjadi cara tubuh kita merespons rasa sakit yang hebat.

Demam dan menggigil adalah tanda bahwa kita mengalami infeksi di ginjal atau bagian lain dari saluran kemih. Ini bisa menjadi komplikasi serius pada batu ginjal. Setiap demam yang disertai nyeri harus segera menjadi perhatian medis segera.

Beberapa batu akan keluar dengan sendirinya. Orang lain membutuhkan perawatan dengan gelombang suara atau operasi untuk memecah atau menghilangkannya.

Untuk pengobatannya, segera hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit. Biasanya jika kita memiliki asuransi kesehatan tentu akan lebih mudah dan cepat.

Namun, jika belum memiliki asuransi kesehatan, kita bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com. Karena penyakit batu ginjal ini tak bisa dianggap remeh.

Jadi tunggu apalagi? Demi kelancaran pengobatan dan kesehatan yang terjamin. Asuransi kesehatan adalah fasilitas yang sangat membantu.